News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
Dimana Bisa Eksis, Disana Pasti Ada Ilmu Yang Bermanfaat

AKP Roro Sri Harwati, Ketua Polwan Polres Bojonegoro

Dimana Bisa Eksis, Disana Pasti Ada Ilmu Yang Bermanfaat

Oleh Linda Estiyanti

POLISI dimanapun mempunyai tugas yang sama tidak peduli polisi laki-laki maupun polisi wanita (polwan). Setidaknya prinsip itulah yang menjadikan AKP Roro Sri Harwati teguh dengan profesinya sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. Sudah 32 tahun lamanya, ia mengabdi untuk negara dengan selalu mengupayakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Wanita polisi kelahiran Tulungagung, 30 Mei 1964 tersebut adalah sosok wanita yang lembut dan sangat penyayang. Meskipun telah berbalut seragam polisi, sosok keibuan tetap saja masih melekat dari seorang AKP Roro Sri Harwati. Namun, meski demikian, kemampuannya dalam melindungi mengayomi dan melayani masyarakat tidak bisa diragukan. Ia pernah menjadi Kapolsek di Sumberrejo pada 1999 dan Kapolsek Kapas pada 2000.

“Saya bukan orang yang penuh prestasi mbak,” ujar AKP Roro Sri Harwati menyambut dengan senyum saat awak mediaberitabojonegoro.com menemuinya di Mapolres Bojonegoro.

AKP Roro Sri Harwati, wanita asli Tulungagung tersebut memulai karir sebagai polisi pada tahun 1984. Pada masa itu, polisi wanita masih sangat jarang, sehingga besar kemungkinan ia pun langsung diterima untuk menjalani pendidikan di Sekolah Polwan di Ciputat, Jakarta. “Pada waktu itu belum tahu Polwan itu seperti apa, di kabupaten belum ada soalnya. Saat diajak teman dan diterima ternyata pendidikan fisiknya cukup berat. Namun saya selalu meyakini bahwa berat yang saya rasa itu karena belum terbiasa, sehingga saya terus berlatih fisik selama pendidikan itu,” kenang AKP Roro Sri Harwati.

Ketika usai menjalani pendidikan selama 9 bulan, pada tahun 1986, ia ditugaskan kembali ke Jawa Timur. Dengan tugasnya diperbantukan sebagai perbentukan DIT personel Binjas di DIT Denma. Hingga setahun kemudian ia ditugaskan di Polres Bojonegoro, di fungsi Intelkam. “Sejak 1987 itu, saya ditugaskan di Polres Bojonegoro. Alhamdulillah hingga sekarang,” tutur polwan yang juga aktif dan pernah menjadi pelatih bela diri anggota Polri tersebut.

Selain melatih bela diri, ia juga mempunyai kesibukan untuk melatih hansip (linmas,red). Dan rupanya kesibukan itu membuat ia bertemu dengan lelaki yang kini menjadi pasangan hidupnya. Lelaki yang juga adalah anggota sesama Polri, Kompol Masduki SH, menjadi pasangan hidupnya hingga kemudian ia dikaruniai dua orang putri, Dewi Indah Setyoutami (28) dan Sinta Aprilia Wirapradhani (22).

Pada tahun 1998, ia menempuh pendidikan Capa (stupa), yakni pendidikan pembentukan perwira di Sukabum. Usai menyelesaikan pendidikan tersebut, ia pun diamanati sebagai Kasat Binmas Polres Bojonegoro. “Yang paling ingat itu saat pendidikan di Stupa, karena anak saya yang nomor dua masih berusia tiga tahun waktu itu, saya sering dilema karena tidak tega meninggalkan anak masih kecil. Tetapi mau bagaimana itu sudah menjadi jalan hidup saya. Akhirnya ketika di sana ternyata ada teman senagkatan yang juga mempunyai anak masih kecil, yang bahkan lebih keecil dari anak saya. Lalu saya yakinkan diri, saya bisa melampaui ini,” bebernya kepadaberitabojonegoro.com.

Ternyata rasa dilema itu belum juga berakhir, AKP Roro melanjutkan, ketika pada tahun 1999 ia ditugasi menjadi KBO satuan Intelkam Polres, tak lama kemudian ia diperbantukan untuk menjadi PJ (penanggung jawab) di Mapolsek Sumberrejo tahun 1999. Disanalah terkadang ia harus menepis perasaan lemah seorang ibu dan bersikap tega kepada anak serta keluarganya. Ia menjelaskan bahwa waktu di Sumberrejo ada konflik antar warga. Ketika itu ada warga yang hendak menggelar pertunjukan tayub saat hajatan, namun ada warga yang menolak sehingga ramailah tuntutan ke Polsek. Hingga kemudian ia yang dari Polsek mencoba menggandeng Muspika dan membuat mediasi untuk menyelesaikan konflik tersebut.

“Saat itu, yang tidak bisa saya hindari adalah anak saya yang merengek dan tidak mau ditinggal, ya bagaimanapun saya adalah seorang ibu, sehingga pada waktu mediasi itu, saya bawa anak. Saya pangku dan saya tidurkan di lantai,” kenang ibu dua anak itu.

Dengan berbagai pertimbangan dan dasar hukum yang mendukung, pengorbanannya tidak sia-sia. Ia berhasil menengahi permaslahan tersebut dan akhirnya warga yang menolak bersedia menerima tayub dengan ketentuan. Akhirnya, yang semula tayub tidak diperbolehkan ada di Sumberrejo, saat ini menjadi boleh ada. Namun tidak berhenti disitu, saat di pindahtugaskan di Kapas pun, ia harus berhadap-hadapan dengan kebringasan warga yang sering bentrok.

“Kalau di Kapas, waktu itu pas gencar-gencarnya reformasi, jadi sering ada bentrokan antar warga. Warga menjadi sangat mudah diprovokasi dan perang menggunakan senjata dan parang antara warga satu dan lainnya. Saya dan anggota selalu patroli malam untuk menjaga situasi. Terkadang muncul rasa takut dan ngeri kalau saya ini hanya seorang perempuan, mereka semua laki-laki, tapi ya kembali lagi, ini sudah menjadi tugas saya,” ujarnya.

Selesai dengan dilematik melawan dirinya sendiri, AKP Roro Sri Harwati, selain sebagai Polwan juga mempunyai peran ganda dalam tubuh Polri. Sebagaimana perempuan istri Polri yang lainnya, ia juga harus menjadi anggota Bhayangkari, organisasi persatuan istri polri. Peran double tersebut, seringkali membuat AKP Roro harus selalu membawa dua seragam yang berbeda di dalam tasnya.

“Ya kalau dipikir itu lucu juga, sering dalam satu acara saya harus berseragam dua. Habis tugas sebagai anggota Polri, saya harus mendampingi suami bertugas sebagai Bhayangkari. Agak ribet namun saya menikmati sekali proses itu, ada banyak ilmu juga yang bisa diambil dari organisasi Bhayangkari,” tutur perempuan yang juga Pengurus Cabang Bhayangkari Bojonegoro tersebut dengan senyum mengembang.

AKP Roro Sri Harwati, dengan pandangan lembut khas milik seorang ibu, dan kebiasaannya yang selalu semangat memotivasi orang menjadi daya pikat tersendiri. Kini ia ditugaskan di bagian Sumber Daya (sumda) Polres Bojonegoro dan dipercaya untuk mengelola mencukup kebutuhan pengembangan SDM personel Polres Bojonegoro. Tidak terasa pengabdian selama 32 tahun dalam tubuh Polri, membuat ia sangat menyayangi Polwan. Sebagai seorang Ketua Polwan Polres Bojonegoro, AKP Roro Sri Harwati harus selalu aktif memberikan sengatan motivasi untuk para anggota.

“Ya kita harus pandai juga mencari bakat dan potensi dari anggota. Itulah yang harus dikembangkan, karena kita polisi dituntut bisa dalam segala hal, makanya kita juga harus terlatih dalam segala hal,” ungkapnya.

Pada HUT Polwan ke-68 yang jatuh pada 1 September ini,AKP Roro Sri Harwati berpesan kepada seluruh anggota Polwan agar bisa selalu eksis dalam segala hal yang berhubungan dengan pengembangan potensi dan tugas-tugas kepolisian.  “Saya harap anggota Polwan, bisa selalu menambah wawasan dan ilmunya, sekecil apapun ilmu itu ia akan sangat berguna  di waktu yang lain. Semoga Polwan kedepan bisa menjadi semakin bagus dan eksis. Dimana kita bisa eksis, disitu pasti ada ilmu bermanfaat yang bisa diambil,” pesannya. (lyn/kik)

Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713588119.9293 at start, 1713588120.1085 at end, 0.17913413047791 sec elapsed