News Ticker
  • Jumlah ODP di Kabupaten Blora Bertambah Jadi 466 Orang, PDP dan Positif Nihil
  • Pemkab Bojonegoro Distribusikan Bantuan Paket Sembako bagi Pedagang Terdampak Covid-19
  • Berita Baik, ODP di Kabupaten Bojonegoro Turun, Tersisa 57 Orang, PDP dan Positif Nihil
  • ODP di Blora Masih Bertambah Jadi 457 Orang, PDP dan Positif Nihil
  • Kapolres Bojonegoro Pimpin Sertijab 3 Pejabat Polres dan 1 Kapolsek
  • Pemkab Blora Produksi APD Sendiri untuk Penuhi Kebutuhan Paramedis
  • Jumlah ODP di Blora Masih Alami Peningkatan Jadi 391 Orang, PDP dan Positif Nihil
  • ODP di Bojonegoro Bertambah 12 Orang Menjadi 60 Orang, PDP dan Positif Nihil
  • Bupati Bojonegoro Lantik 24 Kades Terpilih dalam Pilkades 2020, Melalui Video Conference
  • Atasi Dampak Ekonomi Virus Corona, Pemkab Bojonegoro Segera Salurkan Bantuan Rp 38,6 M
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, Warung Milik Warga Gayam Bojonegoro Hangus Terbakar
  • Jenazah Kakek Sebatang Kara Warga Kapas Bojonegoro Telah Diambil Keluarganya
  • Kakek Sebatang Kara di Kapas Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dalam Kondisi Membusuk
  • Hingga Akhir Maret 2020, Pemudik yang Masuk Blora Capai 6.925 Orang
  • Di Tengah Pandemi Covid-19, Bupati Bojonegoro akan Lantik Calon Kades Melalui Video Conference
  • Jumlah ODP di Blora Masih Alami Peningkatan Jadi 333 Orang, PDP 3 Orang, Positif Nihil
  • Akhir Maret 2020, Jumlah ODP di Bojonegoro Sebanyak 49 Orang, PDP dan Positif Nihil
  • Bupati Bojonegoro Perpanjang Status KLB Virus Corona Hingga 29 Mei 2020
  • 1 April 2020, Bupati Bojonegoro Akan Lantik 24 Kades Melalui Video Teleconference
  • Pelantikan Kades Terpilih dalam Pilkades 2020 Bojonegoro, Melalui Video Teleconference
  • Bupati Blora Minta Para Pemudik untuk Tinggal di Rumah Selama 14 Hari
  • Jumlah ODP di Kabupaten Blora Meningkat Jadi 234 Orang, PDP 3 Orang, Positif Nihil
  • Atasi Dampak Ekonomi Covid-19, Pemkab Bojonegoro Segera Kucurkan Kredit Mikro Rp 20 Miliar
  • Kabar Baik, Jumlah ODP di Kabupaten Bojonegoro Berkurang Jadi 44 Orang

Polres Bojonegoro Kembali Luncurkan Aplikasi Digital Bernama “Madrim”

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro Kota - Guna mendukung tugas pokok polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta dalam rangka memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, jajaran Polres Bojonegoro kembali menciptakan terobosan atau inovasi dengan membuat aplikasi digital berbasis android, yang diberi nama “Madrim” (Multi Application Digital Integrated System) atau Beragam Sistem Aplikasi Digital Terpadu.

Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan pada Rabu (11/07/2018), bersamaan dengan tasyakuran perayaan peringatan hari Bhayangkara ke 72 yang diselenggarakan di Mapolres Bojonegoro.

Kapolre Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, kepada awak media menjelaskan bahwa saat ini Polres Bojonegoro telah memiliki sejumlah aplikasi pelayanan masyarakat secara online.

“Hadirnya berbagai aplikasi tersebut, dikandung maksud guna memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan kepolisian dengan lebih cepat dan efisien.” terang Kapolres.

Dengan adanya berbagai aplikasi tersebut, lanjut Kapolres, jarak kini bukan lagi jadi halangan. Waktu untuk mengurus kebutuhan administrasipun dapat dipangkas. Tak ada lagi calo dan layanan koruptif, karena pengurusan administrasi kepolisian kini bisa dilakukan sendiri dimana saja dan kapan saja secara online, mudah dan murah. Bahkan untuk memanggil polisi terdekat, saat terjadi tindak kejahatan, masyarakat hanya perlu menyentuh satu tombol di perangkat handphone-nya.

Namun banyaknya aplikasi pelayanan yang dimiliki Polres Bojonegoro, sering membuat masyarakat bingung. HP menjadi penuh dengan berbagai aplikasi yang sebenarnya sangat dibutuhkan masyarakat dan aplikasi Madrim ini hadir sebagai jawaban atas keluhan tersebut.

“Jika dulu beragam aplikasi tersebut terpisah-pisah dan harus diunduh satu per satu, kini dengan Madrim, semuanya terintegrasi hanya dengan satu aplikasi.” tegas AKBP Ary Fadli.

Masih menurut Kapolres, bahwa aplikasi Madrim ini masih dalam tahap soft launching atau perkenalan, karena masih ada beberapa fitur yang masih harus disempurnakan, namun pada dasarnya aplikasi tersebut sudah siap untuk diluncurkan.

“Peluncuran secara resmi akan kami laksanakan secepatnya,” imbuh Kapolres.

 

Berdasarkan uji coba yang dilakukan awak media ini, fitur atau di dalam aplikasi Madrim tersebut terdapat sejumlah aplikasi diantaranya:

CAS (Crime Alarm System), merupakan menu untuk melaporkan dan mengetahui kejadian kriminalitas  serta kejadian lainnya, yang membutuhkan penanganan segera dari kepolisian di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Dengan aplikasi ini pelapor hanya perlu melengkapi data pelaporan kejadian sesuai format yang ada dan dikirimkan. Selanjutnya setelah laporan dikirim, maka alarm kejadian akan terkirim di command center Polres Bojonegoro.

Batik (Bojonegoro Aplikasi Tinjau Indek Kepuasan Masyarakat), berisi rekapitulasi indek kepuasan masyarakat yang terkoneksi secara live dari masing masing lokasi pelayanan polri, meliputi SPKT, SIM, Reskrim, SKCK dan layanan jenguk tahanan.

Ledre (Lost Electronic Digital Report), merupakan menu untuk mempercepat pengurusan surat kehilangan yang mana masyarakat dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dan akan mendapatkan kode unik untuk dibawa ke kantor polisi terdekat. Pemohon hanya perlu mengklik menu Ledre dan mengisi form yang ada, selanjutnya pemohon akan mendapatkan kode unik untuk diberikan kepada petugas di Polres atau Polsek terdekat, guna diterbitkan Surat Kehilangan.

Mliwis (Modern Legal Investigation With Increase System), merupakan layanan informasi kepada pelapor terkait perkembangan penanganan penyidikan atau Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan  (SP2HP), baik perkara pidana dari Sat Reskrim Polres Bojonegoro dan penanganan perkara kecelakaan lalu-lintas dari Sat Lantas Polres Bojonegoro, dimana dengan aplikasi ini dapat diketahui seberapa jauh perkembangan penanganan kasus tersebut. Pelapor cukup memasukan kode unik yang di kirim oleh sistem aplikasi SP2HP Online melalui SMS, dengan cara mengklik menu Meliwis SP2HP.  Kemudian masukan kode unik yang diterima pelapor lalu klik cari, maka akan muncul SP2HP tersebut.

SKCK Online, dipergunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Bojonegoro, yang mana pemohon hanya cukup melakukan registrasi melalui handphonenya dan pemohon akan mendapatkan kode unik. Selanjutnya pemohon hanya perlu menunjukan kepada petugas Pelayanan SKCK di Polres Bojonegoro dan SKCK-pun segera diproses.

TACS (Traffict Accident Claim System), merupakan aplikasi kerjasama dari Polres Bojonegoro, Jasa Raharja Bojonegoro dan sejumlah rumah sakit di wilayah Bojonegoro, untuk mengecek proses klaim Asuransi Jasaraharja, terkait kecelakaan lalu lintas. Dengan aplikasi ini, korban atau keluarga korban tinggal masuk ke menu TACS, kemudian klik search tulis nomor induk kependudukan korban, maka akan muncul data status klaim asuransi tersebut.

LAPOR, merupakan menu layanan dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan Polres Bojonegoro.

SIM Online, aplikasi ini untuk memudahkan pengurusan surat ijin mengemudi (asim) baik perpanjangan maupun baru. Pemohon hanya cukup registrasi dengan cara melengkapi data yang tersedia untuk mendapatkan kode unik, untuk dibawa ke satuan penyelenggara administrasi (Satpas) SIM. Selanjutnya pemohon hanya cukup meberikan kode unik kepada petugas Satpas dan mengikuti prosedur yang ada.

Tracker Jono, aplikasi ini berisi edukasi dalam berlalu lintas, tips aman berkendara dan terapi kesadaran dalam berlalu-lintas.

Pengaduan, menu ini untuk memudahkan pelaporan pengaduan masyarakat. Cukup klik menu pengaduan dan lengkapi form yang tersedia, kemudian kirim . Maka laporan anda akan diterima oleh petugas untuk segera dilakukan penanganan .

Berita, menu ini berisi tentang update informasi dan peristiwa terbaru yang terjadi di wilayah Bojonegoro dari portal tribratanewsbojonegoro.com  

Kantor, berisi informasi terkait lokasi GPS dan nomor telepon dari kantor kepolisian di seluruh wilayah kabupaten Bojonegoro. Menu ini berguna sebagai informasi titik lokasi kantor polisi terdekat di wilayah pengguna aplikasi.

Panic Button, dalam keadaaan darurat, masyarakat pengguna aplikasi Madrim dapat menekan tombol darurat tiga kali dan alarm yang ada di ruang command center Polres Bojonegoro akan berbunyi sehingga  akan ditindak lanjuti oleh petugas Polres Bojonegoro.

Diharapkan dengan diluncurkannya aplikasi tersebut, dapat mempermudah masyarakat bojonegoro dalam mendapatkan pelayanan kepolisian khususnya dari Polres Bojonegoro. (red/imm)

 

Berita Terkait

Videotorial

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19 kembali meluncurkan konten edukasi bersama, salah satunya melalui video, pada Minggu (29/03/2020) . Kampanye besar kedua ini dilakukan untuk ...

Berita Video

Cegah Corona, Polisi di Bojonegoro Ciduk Belasan Pemuda Saat Berkumpul di Warung Kopi

Berita Video

Cegah Corona, Polisi di Bojonegoro Ciduk Belasan Pemuda Saat Berkumpul di Warung Kopi

Bojonegoro - Aparat Kepolisian Resor (Polres Bojonegoro) mulai bertindak tegas, dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) khususnya di Kabupaten ...

Teras

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

DALAM tulisan sebelumnya, untuk kembali membangun Persibo, menurut penulis paling tidak ada tiga hal utama yaitu, pertama aspek legalitas, kedua ...

Opini

Tuntas Stunting Untuk Investasi Bangsa

Opini

Tuntas Stunting Untuk Investasi Bangsa

"Tulisan ini menyembung tulisan saya terdahulu terkait penanganan stunting atau tengkes." Dari riset gizi tahun 2019, di Indonesia besaran prevalensinya ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Blora - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora, pada Jumat (17/01/2020), menerima kepulangan Sri Naning Wahyu Kurniawati (26) ...

Eksis

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Bojonegoro - Komunitas otomotif yang tergabung dalam Suzuki Jimny Katana Indonesia (SKIN) Chapter Bojonegoro dan Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengcab ...

Infotorial

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Bojonegoro - Zumba Party, sebagai rangkaian Road to Anniversary Aston Bojonegoro City Hotel and Fave Hotel Sudirman Bojonegoro, dalam rangka ...

Berita Foto

Bupati Bojonegoro Gelar Video Conference Terkait Virus Corona

Berita Foto

Bupati Bojonegoro Gelar Video Conference Terkait Virus Corona

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah pada Kamis (19/03/2020) siang, bertempat di Command Center Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Kabupaten ...

Feature

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Bojonegoro - Sebagian masyarakat Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (07/02/2020) pagi, menggelar tradisi Nyadran atau Manganan, dengan ...

Religi

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Bojonegoro - Nyai Dr HC Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke-4, Almarhum KH Abdurrahman Wahid; Gubernur Jawa ...

Pelesir

Wakil Bupati Resmikan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora

Wakil Bupati Resmikan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora

Blora - Kabupaten Blora kini punya Wisata Edukasi Kebun Anggur, yang berloksi di Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kota. Kebun anggur ...

Hiburan

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Full Moon Festival #2

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Bojonegoro - Full Moon Festival kembali digelar untuk yang kedua kalinya, Selasa (10/03/2020) malam, di puncak di Negeri Atas Angin ...

Statistik

Hari ini

7.338 kunjungan

10.077 halaman dibuka

418 pengunjung online

Bulan ini

46.026 kunjungan

65.367 halaman dibuka

Tahun ini

1.101.950 kunjungan

1.581.583 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 480.792

Indonesia: 8.767

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1585895172.5581 at start, 1585895173.6196 at end, 1.0614919662476 sec elapsed