News Ticker
  • Porprov Jatim 2022, Kontingen Bojonegoro Raih 2 Emas dan 2 Perunggu dari Atletik
  • Sepak Takraw Beregu Putri Bojonegoro Raih Medali Perunggu Porprov Jatim 2022
  • Atlet Sepatu Roda Bojonegoro Raih Satu Medali Perak Porprov Jatim 2022
  • Hari Ketiga Porprov Jatim 2022, Kontingen Bojonegoro Tambah 3 Medali Perunggu
  • Judo Bojonegoro Kembali Sumbang Satu Medali Perunggu di Porprov Jatim 2022
  • Atlet Panahan Bojonegoro Sumbang Satu Medali Perunggu di Porprov Jatim 2022
  • Diprotes Finish di Urutan Pertama, Atlet Sepatu Roda Bojonegoro Hanya Raih Medali Perunggu
  • Pecatur Bojonegoro Raih Satu Medali Perak di Ajang Porprov Jatim 2022
  • Atlet Judo Bojonegoro Sumbang Satu Medali Perak dan Dua Perunggu di Porprov Jatim 2022
  • Hari Kedua Porprov Jatim 2022, Bojonegoro Duduki Peringkat 7 dalam Perolehan Medali Sementara
  • Di Luar Dugaan, Atlet Taekwondo Bojonegoro Raih Satu Medali Perak di Porprov Jatim 2022
  • Porprov Jatim 2022, Atlet Angkat Besi Bojonegoro Sumbang 7 Emas, 5 Perak, dan 7 Perunggu
  • Wagub Jateng dan Bupati Blora Launching Vaksinasi PMK di Desa Jepangrejo
  • Cabor Esports Bojonegoro Raih Satu Perunggu dalam Pertandingan Ekshibisi Porprov Jatim 2022
  • Hari Pertama Porprov Jatim, Kontingen Bojonegoro Sementara Aman di Posisi 10 Besar
  • Hari Pertama Porprov Jatim, Atlet Angkat Besi Bojonegoro Borong 4 Medali Emas
  • Tim Sepakbola Putri Bojonegoro di Porprov Jatim 2022, Susul Pulang Tim Putra
  • Gubernur Khofifah Indar Parawansa Buka Porprov Jatim 2022 di Jember
  • Kapolres Bojonegoro Jenguk Balita di Desa Purwosari yang Alami Kelainan Jantung
  • Atlet Gantolle Bojonegoro Raih 2 Emas dan 2 Perak dalam Pertandingan Ekshibisi Porprov Jatim 2022
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, Sebuah Rumah di Trucuk, Bojonegoro Hangus Terbakar
  • EMCL Raih Penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022
  • Usai Anaknya Tewas Tertembak di Tuban, Suasana Duka Masih Selimuti Keluarga Buya Arrazy
  • 753 PPPK Guru Terima SK Pengangkatan dari Bupati Blora

Polres Bojonegoro Kembali Luncurkan Aplikasi Digital Bernama “Madrim”

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro Kota - Guna mendukung tugas pokok polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta dalam rangka memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, jajaran Polres Bojonegoro kembali menciptakan terobosan atau inovasi dengan membuat aplikasi digital berbasis android, yang diberi nama “Madrim” (Multi Application Digital Integrated System) atau Beragam Sistem Aplikasi Digital Terpadu.

Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan pada Rabu (11/07/2018), bersamaan dengan tasyakuran perayaan peringatan hari Bhayangkara ke 72 yang diselenggarakan di Mapolres Bojonegoro.

Kapolre Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, kepada awak media menjelaskan bahwa saat ini Polres Bojonegoro telah memiliki sejumlah aplikasi pelayanan masyarakat secara online.

“Hadirnya berbagai aplikasi tersebut, dikandung maksud guna memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan kepolisian dengan lebih cepat dan efisien.” terang Kapolres.

Dengan adanya berbagai aplikasi tersebut, lanjut Kapolres, jarak kini bukan lagi jadi halangan. Waktu untuk mengurus kebutuhan administrasipun dapat dipangkas. Tak ada lagi calo dan layanan koruptif, karena pengurusan administrasi kepolisian kini bisa dilakukan sendiri dimana saja dan kapan saja secara online, mudah dan murah. Bahkan untuk memanggil polisi terdekat, saat terjadi tindak kejahatan, masyarakat hanya perlu menyentuh satu tombol di perangkat handphone-nya.

Namun banyaknya aplikasi pelayanan yang dimiliki Polres Bojonegoro, sering membuat masyarakat bingung. HP menjadi penuh dengan berbagai aplikasi yang sebenarnya sangat dibutuhkan masyarakat dan aplikasi Madrim ini hadir sebagai jawaban atas keluhan tersebut.

“Jika dulu beragam aplikasi tersebut terpisah-pisah dan harus diunduh satu per satu, kini dengan Madrim, semuanya terintegrasi hanya dengan satu aplikasi.” tegas AKBP Ary Fadli.

Masih menurut Kapolres, bahwa aplikasi Madrim ini masih dalam tahap soft launching atau perkenalan, karena masih ada beberapa fitur yang masih harus disempurnakan, namun pada dasarnya aplikasi tersebut sudah siap untuk diluncurkan.

“Peluncuran secara resmi akan kami laksanakan secepatnya,” imbuh Kapolres.

 

Berdasarkan uji coba yang dilakukan awak media ini, fitur atau di dalam aplikasi Madrim tersebut terdapat sejumlah aplikasi diantaranya:

CAS (Crime Alarm System), merupakan menu untuk melaporkan dan mengetahui kejadian kriminalitas  serta kejadian lainnya, yang membutuhkan penanganan segera dari kepolisian di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Dengan aplikasi ini pelapor hanya perlu melengkapi data pelaporan kejadian sesuai format yang ada dan dikirimkan. Selanjutnya setelah laporan dikirim, maka alarm kejadian akan terkirim di command center Polres Bojonegoro.

Batik (Bojonegoro Aplikasi Tinjau Indek Kepuasan Masyarakat), berisi rekapitulasi indek kepuasan masyarakat yang terkoneksi secara live dari masing masing lokasi pelayanan polri, meliputi SPKT, SIM, Reskrim, SKCK dan layanan jenguk tahanan.

Ledre (Lost Electronic Digital Report), merupakan menu untuk mempercepat pengurusan surat kehilangan yang mana masyarakat dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dan akan mendapatkan kode unik untuk dibawa ke kantor polisi terdekat. Pemohon hanya perlu mengklik menu Ledre dan mengisi form yang ada, selanjutnya pemohon akan mendapatkan kode unik untuk diberikan kepada petugas di Polres atau Polsek terdekat, guna diterbitkan Surat Kehilangan.

Mliwis (Modern Legal Investigation With Increase System), merupakan layanan informasi kepada pelapor terkait perkembangan penanganan penyidikan atau Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan  (SP2HP), baik perkara pidana dari Sat Reskrim Polres Bojonegoro dan penanganan perkara kecelakaan lalu-lintas dari Sat Lantas Polres Bojonegoro, dimana dengan aplikasi ini dapat diketahui seberapa jauh perkembangan penanganan kasus tersebut. Pelapor cukup memasukan kode unik yang di kirim oleh sistem aplikasi SP2HP Online melalui SMS, dengan cara mengklik menu Meliwis SP2HP.  Kemudian masukan kode unik yang diterima pelapor lalu klik cari, maka akan muncul SP2HP tersebut.

SKCK Online, dipergunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Bojonegoro, yang mana pemohon hanya cukup melakukan registrasi melalui handphonenya dan pemohon akan mendapatkan kode unik. Selanjutnya pemohon hanya perlu menunjukan kepada petugas Pelayanan SKCK di Polres Bojonegoro dan SKCK-pun segera diproses.

TACS (Traffict Accident Claim System), merupakan aplikasi kerjasama dari Polres Bojonegoro, Jasa Raharja Bojonegoro dan sejumlah rumah sakit di wilayah Bojonegoro, untuk mengecek proses klaim Asuransi Jasaraharja, terkait kecelakaan lalu lintas. Dengan aplikasi ini, korban atau keluarga korban tinggal masuk ke menu TACS, kemudian klik search tulis nomor induk kependudukan korban, maka akan muncul data status klaim asuransi tersebut.

LAPOR, merupakan menu layanan dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan Polres Bojonegoro.

SIM Online, aplikasi ini untuk memudahkan pengurusan surat ijin mengemudi (asim) baik perpanjangan maupun baru. Pemohon hanya cukup registrasi dengan cara melengkapi data yang tersedia untuk mendapatkan kode unik, untuk dibawa ke satuan penyelenggara administrasi (Satpas) SIM. Selanjutnya pemohon hanya cukup meberikan kode unik kepada petugas Satpas dan mengikuti prosedur yang ada.

Tracker Jono, aplikasi ini berisi edukasi dalam berlalu lintas, tips aman berkendara dan terapi kesadaran dalam berlalu-lintas.

Pengaduan, menu ini untuk memudahkan pelaporan pengaduan masyarakat. Cukup klik menu pengaduan dan lengkapi form yang tersedia, kemudian kirim . Maka laporan anda akan diterima oleh petugas untuk segera dilakukan penanganan .

Berita, menu ini berisi tentang update informasi dan peristiwa terbaru yang terjadi di wilayah Bojonegoro dari portal tribratanewsbojonegoro.com  

Kantor, berisi informasi terkait lokasi GPS dan nomor telepon dari kantor kepolisian di seluruh wilayah kabupaten Bojonegoro. Menu ini berguna sebagai informasi titik lokasi kantor polisi terdekat di wilayah pengguna aplikasi.

Panic Button, dalam keadaaan darurat, masyarakat pengguna aplikasi Madrim dapat menekan tombol darurat tiga kali dan alarm yang ada di ruang command center Polres Bojonegoro akan berbunyi sehingga  akan ditindak lanjuti oleh petugas Polres Bojonegoro.

Diharapkan dengan diluncurkannya aplikasi tersebut, dapat mempermudah masyarakat bojonegoro dalam mendapatkan pelayanan kepolisian khususnya dari Polres Bojonegoro. (red/imm)

 

SKK Migas - Pertamina EP
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Peringatan tersebut diprakarsai oleh World Stroke Organization ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Eksis

Mengenal Achmad Teguh Wibowo, Satu-satunya Atlet Layang Gantung asal Bojonegoro

Porprov Jatim 2022

Mengenal Achmad Teguh Wibowo, Satu-satunya Atlet Layang Gantung asal Bojonegoro

Bojonegoro - Achmad Teguh Wibowo, merupakan satu-satunya atlet gantolle atau layang gantung yang dipunyai Kabupaten Bojonegoro, karena cabang oleahraga tersebut ...

Infotorial

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Bojonegoro - Swiwings Indonesia, salah satu bisnis waralaba yang telah memiliki cabang di sejumlah kota di Pulau Jawa, kini membuka ...

Berita Foto

Foto Mobil Tertabrak Kereta Api di Kalitidu, Bojonegoro

Berita Foto

Foto Mobil Tertabrak Kereta Api di Kalitidu, Bojonegoro

Bojonegoro - Sebuah mobil Daihatsu Grandmax pikap yang hendak melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di kilometer 112+300, ...

Feature

Terkendala Batasan Usia, Pasutri Lansia asal Blora ini Gagal Berangkat Haji

Terkendala Batasan Usia, Pasutri Lansia asal Blora ini Gagal Berangkat Haji

Blora - Harapan untuk berangkat menunaikan ibadah haji nampaknya pupus bagi pasangan suami istri (pasutri) asal Kabupaten Blora ini, setelah ...

Religi

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Bojonegoro - Jemaah atau warga Muhammadiyah di Kota Bojonegoro, pada Rabu (26/05/2021) malam atau usai sala magrib, menggelar salat gerhana ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1656526828.4098 at start, 1656526828.6864 at end, 0.27652096748352 sec elapsed