News Ticker
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Trucuk Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Temayang Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sukosewu Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sekar Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Purwosari Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Ngasem Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Margomulyo Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kepohbaru Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kedungadem Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kasiman Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kapas Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Gayam Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Dander Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Ngraho Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Ngambon Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kedewan Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kalitidu Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Gondang Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Bubulan Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Bojonegoro Kota
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kanor Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Malo Bojonegoro

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, telah dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018). Sejumlah prosesi kegiatan digelar hingga puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja yang dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro.

Berikut ini foto-foto prosesi kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016.

 

Kegiatan diawali dengan prosesi pengambilan Api Abadi di lokasi Wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM.

Baca: Prosesi Pengambilan Api Abadi Peringatan HJB ke 341, di Lokasi Wisata Khayangan Api  

 

 

 

Sebelum pelaksanaan prosesi pengambilan api abadi atau api semangat, terlebih dulu dilaksanakan ritual mengitari api abadi Khayangan Api sebanyak tujuh kali, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM, bersama Muspika Ngasem dan diikuti kepala desa di wilayah Ngasem bersama istri serta diikuti oleh waranggana.

 

 

Selanjutnya, dilaksanakan pengambilan pengambilan api abadi atau api semangat dari lokasi Khayangan Api dilaksanakan oleh juru kunci Khayangan Api, menggunakan obor. Selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut oleh juru kunci Khayangan api diserahkan kepada Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem.

 

 

Oleh Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasemselanjutnya  obor api abadi atau api semangat tersebut diserahkan kepada Camat Ngasem.

 

 

Setelah diterima oleh Camat Ngasem, obor api abadi atau api semangat tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Aiptu Fauzi, untuk selanjutnya api di bawa menuju Balai Desa Ngunut Kecamatan Dander.

 

 

Sesampai di Balai Desa Ngunut, obor api abadi atau api semangat tersebut diserah kembali oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi kepada Camat Ngasem Machmuddin AP MM, yang selanjutnya diserahkan kepada Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM.

 

 

Kemudia obor tersebut diserahkan kembali kepada petugas pembawa obor api abadi, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dan Aiptu Fauzi bersama pasukan pengawaln untuk selanjutnya dikirab menuju Bojonegoro melalui jalan raya Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya api akan sampai di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Kapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi, Peringatan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut - Pasar Dander - Jalan Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya obor api abadi atau api semangat tersebut untuk sementara akan disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan. Warga di sepanjang rute kirab juga tidak menyia-nyiakan momen tahunan ini. Mereka rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

 

 

Sesampai di Kantor Bakorwil Bojonegoro, selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut diserahterimakan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto SSos, kepada Pj Sekda Bojonegoro, Yayan Rohman AP MM.

 

 

Setelah obor api abadi atau api semangat tersebut diterima oleh Pj Sekda Bojonegoro, selanjutnya diserahkan kepada Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, untuk selanjutnya disemayamkan sementara di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Rangkaian kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 kembali dilanjutkan setelah salat Magrib yaitu Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Bupati Pimpin Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro

 

Prosesi penyemayaman Api Semangat tersebut diawali dengan penyerahan Obor Api Abadi dari Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sigit Kusharijanto SE MM yang dilanjutkan dengan penyerahan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah.

 

Dengan dihadir dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, seluruh anggota Forkompimda, Seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemkab Bojonegoro, Camat, Kepala Desa berikut Perangkat Desa dan para tamu undangan lainnya sera ribuan warga masyakat Kabupaten Bojonegoro, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyemayakan Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Setelah dilakukan penyemayaman Api Semangat, kegiatan dilanjutkan dengan Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja di Alun-alun Bojonegoro. Seidaknya 29 Gunungan, yaitu 28 gunungan yang berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan 1 gunungan dari Pemkab Bojonegoro, telah disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat Bojonegoro.

 

 

Dengan diiringi oleh seluruh tamu dan undangan, selanjutnya 29 gunungan tersebut dikirab dari Pendapa Pemkab Bojonegoro, menuju Alun-alun Bojonegoro.

 

Bupati bersama para tamu undangan dengan berjalan kaki menuju Alun-alun Bojonegoro, start dari Pendapa Pemkab Bojonegoro dan melewati rute Jalan Mas Tumapel, berjalan ke arah utara lalu belok kiri ke  Jalan Imam Bonjol, kemudian belok kiri  ke Jalan KH Hasyim Asyari, belok kiri lagi ke Jalan Pahlawan dan Finish di Tribun Alun-alun.

 

 

Kemudian para tamu undangan menuju panggung yang telah disiapkan di Alun-alun Bojonegoro. Sementara puluhan gunungan, disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat. Ribuan warga masyarakat tampak memadati Alun-alun untuk turut merayaka puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja.

Baca juga: Grebeg Berkah Jonegaran, Puluhan Gunungan Diperebutkan Warga 

 

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah di dampingi Wakil Bupati Bojoengoro,  Drs Budi Irawanto MPd, menyempatkan memberi sambutan.

 

 

Dalam sambutannya Bupati menyapaikan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Bojonegoro yang antusias menghadiri Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja tersebut.

 

 

Bupati juga berharap agar warga Bojonegoro berkenan hadir dalam apel pagi dalam rangka HUT Bojonegoro ke 341 sekaligus bisa berpatisipasi dalam rangka HUT ke 341 Kabupaten Bojonegoro.

 

 

Di akhir acara, dilaksanakan Rebutan Gunungan Kaya Praja. Ribuan warga yang hadir berebut agar mendapatkan berkah dari aneka makanan yang disediakan. Menurut sebagian warga, mereka sangat antusia untuk mendapatkan isi dari gunungan tersebut dengan harapan agar mendapatkan berkah tersendiri.

 

Tidak ingin melewatkan momen tersebut, tidak sedikit warga yang turut mengabadikan puluhan gunungan yang di arak tersebut dengan menggunakan handphone. (red/imm)

Berita Terkait

Videotorial

Kalender Event Bojonegoro 2020

Videotorial

Kalender Event Bojonegoro 2020

Kalender Event Bojonegoro 2020 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, pada Jumat (31/01/2020) malam, bertempat di Taman Lokomotif, melaunching Kalender Event Bojonegoro 2020, ...

Berita Video

Ini Kata Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, di Momen Peringatan Hari Ibu 2019

Ini Kata Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, di Momen Peringatan Hari Ibu 2019

Bojonegoro - Nyai Dr HC Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke-4, Almarhum KH Abdurrahman Wahid dan Gubernur ...

Teras

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

HARI INI, 2 Oktober 2019, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini terjadi ketika pada 2 Oktober ...

Opini

Stunting, Masalah Gizi di Era Milenial

Opini

Stunting, Masalah Gizi di Era Milenial

DALAM 10 tahun terakhir, kita ramai mendapat peristilahan baru pada masalah gizi, yaitu istilah stunting, yang seolah-olah istilah baru di ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Blora - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora, pada Jumat (17/01/2020), menerima kepulangan Sri Naning Wahyu Kurniawati (26) ...

Eksis

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Bojonegoro - Komunitas otomotif yang tergabung dalam Suzuki Jimny Katana Indonesia (SKIN) Chapter Bojonegoro dan Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengcab ...

Infotorial

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Bojonegoro - Zumba Party, sebagai rangkaian Road to Anniversary Aston Bojonegoro City Hotel and Fave Hotel Sudirman Bojonegoro, dalam rangka ...

Berita Foto

Serba-Serbi Pilkades Serentak 2020 di Kabupaten Bojonegoro

Berita Foto

Serba-Serbi Pilkades Serentak 2020 di Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu (19/02/2020) hari ini, digelar di 233 desa di ...

Feature

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Bojonegoro - Sebagian masyarakat Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (07/02/2020) pagi, menggelar tradisi Nyadran atau Manganan, dengan ...

Religi

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Bojonegoro - Nyai Dr HC Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke-4, Almarhum KH Abdurrahman Wahid; Gubernur Jawa ...

Pelesir

'Full Moon Golden Festival' Negeri Atas Angin Bojonegoro, Berlangsung Meriah

Wisata

'Full Moon Golden Festival' Negeri Atas Angin Bojonegoro, Berlangsung Meriah

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah benar-benar ingin memajukan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro, salah satunya ...

Hiburan

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Bojonegoro - Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan SIK MH, pada Rabu (04/12/2019) malam, mengajak sejumlah pelajar, netizen dan awak ...

Statistik

Hari ini

16.693 kunjungan

37.507 halaman dibuka

723 pengunjung online

Bulan ini

211.212 kunjungan

319.972 halaman dibuka

Tahun ini

475.778 kunjungan

684.444 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 578.502

Indonesia: 9.789

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1582187818.4721 at start, 1582187820.2181 at end, 1.7460289001465 sec elapsed