News Ticker
  • Hendak Putar Balik, Mobil Ditabrak Motor di Balen Bojonegoro, Pengendara Motor Luka-Luka
  • Cerita Kehidupan
  • Buka Musrenbang Kabupaten, Bupati Blora Sampaikan Program Prioritas Pembangunan
  • Atlet ISSI Blora Gondol Medali Emas dalam Event Sleman BMX Championship 2019
  • Polres Blora Amankan Seorang Perempuan Pengedar Pil Dobel L
  • Bupati Bojonegoro Hadiri Workshop Manajemen Sumber Daya Berbasis Good Governance
  • Ketua AMSI: Sudah Saatnya Pemerintah Lakukan Pencegahan Hoax
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Diklat Kepemimpinan untuk Pejabat Struktural Eselon IV
  • Kecelakaan Motor di Balen Bojonegoro, Kedua Pengendara Masuk Rumah Sakit
  • Mendadak Belok Beat Ditabrak Mega Pro di Balen Bojonegoro, Kedua Pengendara Luka-Luka
  • Polres Bojonegoro Terjunkan Dua SSK untuk Pengamanan Apel Kebangsaan GP Ansor
  • Acara Karnaval SCTV di Bojonegoro Dimeriahkan Dengan Sejumlah Lomba
  • Warga Baureno Bojonegoro Meninggal Dunia Akibat Tersengat Listrik Tiang Lampu PJU
  • GP Ansor Gelar Apel Kebangsaan dan Deklarasi Gerakan Rabu Putih di Bojonegoro
  • Diduga Serangan Jantung, Warga Kanor Bojonegoro Meninggal Dunia Duduk di Kursi
  • Kebakaran POM Mini di Tambakrejo Bojonegoro, Satu Orang Luka-Luka
  • Bupati Bojonegoro Berangkatkan Jalan Sehat HUT PPNI
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Kemah Karakter Pemuda Bojonegoro 2019
  • Bupati Bojonegoro Resmikan Yayasan Muzalan Mubarokan Desa Selorejo Baureno
  • Polres Bojonegoro Ajak Peserta Pendaftaran Calon Anggota Polri Nobar Film Pohon Terkenal
  • Hadiri Konser Pemilu, Kapolres Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Wilayah
  • Diserempet Truk lalu Ditabrak Motor, Seorang Pemotor di Padangan Bojonegoro Luka Berat
  • Tabrak Truk Parkir, Pemotor di Ngraho Bojonegoro Meninggal Dunia di TKP
  • Sat Narkoba Polres Bojonegoro Beri Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Pada Pelajar
  • Supra Ditabrak Vario di Baureno Bojonegoro, Kedua Pengendara Luka-Luka

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, telah dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018). Sejumlah prosesi kegiatan digelar hingga puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja yang dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro.

Berikut ini foto-foto prosesi kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016.

 

Kegiatan diawali dengan prosesi pengambilan Api Abadi di lokasi Wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM.

Baca: Prosesi Pengambilan Api Abadi Peringatan HJB ke 341, di Lokasi Wisata Khayangan Api  

 

 

 

Sebelum pelaksanaan prosesi pengambilan api abadi atau api semangat, terlebih dulu dilaksanakan ritual mengitari api abadi Khayangan Api sebanyak tujuh kali, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM, bersama Muspika Ngasem dan diikuti kepala desa di wilayah Ngasem bersama istri serta diikuti oleh waranggana.

 

 

Selanjutnya, dilaksanakan pengambilan pengambilan api abadi atau api semangat dari lokasi Khayangan Api dilaksanakan oleh juru kunci Khayangan Api, menggunakan obor. Selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut oleh juru kunci Khayangan api diserahkan kepada Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem.

 

 

Oleh Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasemselanjutnya  obor api abadi atau api semangat tersebut diserahkan kepada Camat Ngasem.

 

 

Setelah diterima oleh Camat Ngasem, obor api abadi atau api semangat tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Aiptu Fauzi, untuk selanjutnya api di bawa menuju Balai Desa Ngunut Kecamatan Dander.

 

 

Sesampai di Balai Desa Ngunut, obor api abadi atau api semangat tersebut diserah kembali oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi kepada Camat Ngasem Machmuddin AP MM, yang selanjutnya diserahkan kepada Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM.

 

 

Kemudia obor tersebut diserahkan kembali kepada petugas pembawa obor api abadi, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dan Aiptu Fauzi bersama pasukan pengawaln untuk selanjutnya dikirab menuju Bojonegoro melalui jalan raya Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya api akan sampai di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Kapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi, Peringatan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut - Pasar Dander - Jalan Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya obor api abadi atau api semangat tersebut untuk sementara akan disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan. Warga di sepanjang rute kirab juga tidak menyia-nyiakan momen tahunan ini. Mereka rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

 

 

Sesampai di Kantor Bakorwil Bojonegoro, selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut diserahterimakan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto SSos, kepada Pj Sekda Bojonegoro, Yayan Rohman AP MM.

 

 

Setelah obor api abadi atau api semangat tersebut diterima oleh Pj Sekda Bojonegoro, selanjutnya diserahkan kepada Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, untuk selanjutnya disemayamkan sementara di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Rangkaian kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 kembali dilanjutkan setelah salat Magrib yaitu Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Bupati Pimpin Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro

 

Prosesi penyemayaman Api Semangat tersebut diawali dengan penyerahan Obor Api Abadi dari Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sigit Kusharijanto SE MM yang dilanjutkan dengan penyerahan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah.

 

Dengan dihadir dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, seluruh anggota Forkompimda, Seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemkab Bojonegoro, Camat, Kepala Desa berikut Perangkat Desa dan para tamu undangan lainnya sera ribuan warga masyakat Kabupaten Bojonegoro, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyemayakan Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Setelah dilakukan penyemayaman Api Semangat, kegiatan dilanjutkan dengan Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja di Alun-alun Bojonegoro. Seidaknya 29 Gunungan, yaitu 28 gunungan yang berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan 1 gunungan dari Pemkab Bojonegoro, telah disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat Bojonegoro.

 

 

Dengan diiringi oleh seluruh tamu dan undangan, selanjutnya 29 gunungan tersebut dikirab dari Pendapa Pemkab Bojonegoro, menuju Alun-alun Bojonegoro.

 

Bupati bersama para tamu undangan dengan berjalan kaki menuju Alun-alun Bojonegoro, start dari Pendapa Pemkab Bojonegoro dan melewati rute Jalan Mas Tumapel, berjalan ke arah utara lalu belok kiri ke  Jalan Imam Bonjol, kemudian belok kiri  ke Jalan KH Hasyim Asyari, belok kiri lagi ke Jalan Pahlawan dan Finish di Tribun Alun-alun.

 

 

Kemudian para tamu undangan menuju panggung yang telah disiapkan di Alun-alun Bojonegoro. Sementara puluhan gunungan, disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat. Ribuan warga masyarakat tampak memadati Alun-alun untuk turut merayaka puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja.

Baca juga: Grebeg Berkah Jonegaran, Puluhan Gunungan Diperebutkan Warga 

 

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah di dampingi Wakil Bupati Bojoengoro,  Drs Budi Irawanto MPd, menyempatkan memberi sambutan.

 

 

Dalam sambutannya Bupati menyapaikan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Bojonegoro yang antusias menghadiri Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja tersebut.

 

 

Bupati juga berharap agar warga Bojonegoro berkenan hadir dalam apel pagi dalam rangka HUT Bojonegoro ke 341 sekaligus bisa berpatisipasi dalam rangka HUT ke 341 Kabupaten Bojonegoro.

 

 

Di akhir acara, dilaksanakan Rebutan Gunungan Kaya Praja. Ribuan warga yang hadir berebut agar mendapatkan berkah dari aneka makanan yang disediakan. Menurut sebagian warga, mereka sangat antusia untuk mendapatkan isi dari gunungan tersebut dengan harapan agar mendapatkan berkah tersendiri.

 

Tidak ingin melewatkan momen tersebut, tidak sedikit warga yang turut mengabadikan puluhan gunungan yang di arak tersebut dengan menggunakan handphone. (red/imm)

Berita Terkait

Videotorial

Kalender Event, Wisata dan Budaya Kabupaten Bojonegoro 2019

Videotorial

Kalender Event, Wisata dan Budaya Kabupaten Bojonegoro 2019

Guna memperkenalkan potensi wisata dan budaya di Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melaunching Kalender Event 2019. Dalam Kalender Event tersebut, ...

Berita Video

Festival Perahu Hias, Bengawan Solo Bojonegoro

Festival Perahu Hias, Bengawan Solo Bojonegoro

Festival Perahu Hias merupakan rangkaian dari Festival Bengawan Bojonegoro 2018, digelar Minggu, 30 Desember 2018. Festival Bengawan Bojonegoro 2018, digelar ...

Teras

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Kejadian bunuh diri atau gantung diri di wilayah Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2018, menunjukkan angka yang relatif cukup tinggi. Lantas ...

Opini

Eksistensi Persibo Bojonegoro Itu Hanya Terkendala Dana

Opini

Eksistensi Persibo Bojonegoro Itu Hanya Terkendala Dana

EKSISTENSI Persibo Bojonegoro, dalam beberapa pekan terakhir ini menjadi perbincangan masyarakat pecinta bola di Kabupaten Bojonegoro. Betapa tidak, klub kebanggaan ...

Quote

Cerita Kehidupan

Cerita Kehidupan

Berbagai cerita kehidupan yang dialami oleh manusia di muka bumi, alurnya juga berbeda beda untuk dijadikan pelajaran bagi penghuninya yang ...

Sosok

Purwadi Setyanto, Melalui Paguyuban Kembang Seroja Populerkan Senam Yoga di Blora

Purwadi Setyanto, Melalui Paguyuban Kembang Seroja Populerkan Senam Yoga di Blora

Blora - Senam yoga bisa membantu manusia untuk segar bugar, awet muda dan seger waras (sehat). Hal itu disampaikan oleh ...

Eksis

Kombat, Komunitas Pecinta Musang Dari Bojonegoro

Kombat, Komunitas Pecinta Musang Dari Bojonegoro

Bojonegoro - Setiap malam minggu, di seputar Taman Rajekwesi yang terletak di Jalan Rajekwesi Bojonegoro, tampak perkumpulan anak-anak millennial, bercengkerama ...

Infotorial

Ibu Inspiratif, Mengubah “Limbah” Menjadi Berkah

Ibu Inspiratif, Mengubah “Limbah” Menjadi Berkah

Oleh Imam Nurcahyo Ngaisah namanya. Perempuan kelahiran 44 tahun lalu ini ibu rumah tangga biasa, layaknya perempuan desa di sekitarnya. ...

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, telah dilaksanakan pada Jumat ...

Feature

Berawal dari Hobi, Bripka Arip Nirwanto Sukses Beternak Burung Lovebird

Berawal dari Hobi, Bripka Arip Nirwanto Sukses Beternak Burung Lovebird

Blora - Pecinta burung memang tidak memandang usia dan kalangan. Peminatnya beragam, mulai dari pelajar, petani, PNS, pedagang, wiraswasta, sampai ...

Religi

Hukum Nikah Sirri

Hukum Nikah Sirri

*Oleh Drs H Sholikin Jamik SH MHes. Istilah nikah sirri atau nikah yang dirahasiakan memang dikenal di kalangan para ulama, ...

Pelesir

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Revitalisasi Wana Wisata Kedungpupur Blora

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Revitalisasi Wana Wisata Kedungpupur Blora

Blora - Pertamina EP Asset 4 Field Cepu melalui progranm Coorporate Social Responsibility (CSR), lakukan revitalisasi Wana Wisata Kedungpupur, yang ...

Hiburan

Acara Karnaval SCTV di Bojonegoro Dimeriahkan Dengan Sejumlah Lomba

Acara Karnaval SCTV di Bojonegoro Dimeriahkan Dengan Sejumlah Lomba

Bojonegoro - Dalam rangkaian acara Karnaval SCTV, yang akan digelar pada Sabtu (30/03/2019) hingga Minggu (31/03/2019) di Alun-alun Bojonegoro, akan ...

Statistik

Hari ini

2.544 kunjungan

3.702 halaman dibuka

129 pengunjung online

Bulan ini

154.613 kunjungan

237.782 halaman dibuka

Tahun ini

524.681 kunjungan

851.555 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 704.825

Indonesia: 10.986

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015