News Ticker
  • Wisata di Tuban Perlu Pengembangan dan Peningkatan Fasilitas
  • Sri Astini Manfaatkan Limbah Sedotan Jadi Tikar Cantik
  • Muspika Gayam Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Aula Belajar Desa Beged
  • Polres Tuban Kembali Ringkus Dua Orang Produsen Miras
  • Mempersiapkan
  • Pemkab Bojonegoro Beri Santunan Kematian bagi Warga Miskin
  • Pemkab Bojonegoro Luncurkan Kartu Pedagang Produktif
  • Hindari Tabrakan, Truk di Margomulyo Bojonegoro Terguling ke Tebing Jalan
  • Diduga Serangan Jantung, Petani di Kanor Bojonegoro Meninggal di Sawah
  • Ketua KONI Bojonegoro yang Dilengserkan, Lukman Wafi, Akan Menghadap Bupati
  • Mosi Tidak Percaya, Ketua KONI Bojonegoro Dilengserkan
  • Urai Sampah, DLH Blora Gunakan Lalat Tentara Hitam
  • Problem Base Solution: Mengubah Masalah Rakyat Sebagai Masalah Pemerintah
  • Pemkab Blora Serahkan Hibah Bongkaran Bangunan Pasar
  • Kedekatan
  • Akibat Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Padangan Bojonegoro Roboh
  • Menghadirkan
  • Bawaslu Undang Anam Warsito, Terkait Dugaan Pelanggaran Pemilu oleh Bupati Bojonegoro
  • Kasus Demam Berdarah di Tuban Meningkat
  • Motor Tabrak Sepeda di Dander Bojonegoro, 2 Orang Luka-Luka
  • Tabrakan Motor di Ngasem Bojonegoro, Seorang Kakek Patah Tulang Kaki
  • Bupati Bojonegoro Serahkan Sertifikat PTSL di Desa Jumput Sukosewu
  • Polisi Bojonegoro Gandeng Komunitas Offroad, Cek TPS Daerah Terpencil
  • Warga Lamongan, Tewas Tertabrak Kereta Api di Baureno Bojonegoro
  • Tabrak Lari di Padangan Bojonegoro, Seorang Pemotor Tewas di TKP

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, telah dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018). Sejumlah prosesi kegiatan digelar hingga puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja yang dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro.

Berikut ini foto-foto prosesi kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016.

 

Kegiatan diawali dengan prosesi pengambilan Api Abadi di lokasi Wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM.

Baca: Prosesi Pengambilan Api Abadi Peringatan HJB ke 341, di Lokasi Wisata Khayangan Api  

 

 

 

Sebelum pelaksanaan prosesi pengambilan api abadi atau api semangat, terlebih dulu dilaksanakan ritual mengitari api abadi Khayangan Api sebanyak tujuh kali, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM, bersama Muspika Ngasem dan diikuti kepala desa di wilayah Ngasem bersama istri serta diikuti oleh waranggana.

 

 

Selanjutnya, dilaksanakan pengambilan pengambilan api abadi atau api semangat dari lokasi Khayangan Api dilaksanakan oleh juru kunci Khayangan Api, menggunakan obor. Selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut oleh juru kunci Khayangan api diserahkan kepada Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem.

 

 

Oleh Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasemselanjutnya  obor api abadi atau api semangat tersebut diserahkan kepada Camat Ngasem.

 

 

Setelah diterima oleh Camat Ngasem, obor api abadi atau api semangat tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Aiptu Fauzi, untuk selanjutnya api di bawa menuju Balai Desa Ngunut Kecamatan Dander.

 

 

Sesampai di Balai Desa Ngunut, obor api abadi atau api semangat tersebut diserah kembali oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi kepada Camat Ngasem Machmuddin AP MM, yang selanjutnya diserahkan kepada Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM.

 

 

Kemudia obor tersebut diserahkan kembali kepada petugas pembawa obor api abadi, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dan Aiptu Fauzi bersama pasukan pengawaln untuk selanjutnya dikirab menuju Bojonegoro melalui jalan raya Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya api akan sampai di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Kapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi, Peringatan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut - Pasar Dander - Jalan Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya obor api abadi atau api semangat tersebut untuk sementara akan disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan. Warga di sepanjang rute kirab juga tidak menyia-nyiakan momen tahunan ini. Mereka rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

 

 

Sesampai di Kantor Bakorwil Bojonegoro, selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut diserahterimakan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto SSos, kepada Pj Sekda Bojonegoro, Yayan Rohman AP MM.

 

 

Setelah obor api abadi atau api semangat tersebut diterima oleh Pj Sekda Bojonegoro, selanjutnya diserahkan kepada Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, untuk selanjutnya disemayamkan sementara di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Rangkaian kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 kembali dilanjutkan setelah salat Magrib yaitu Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Bupati Pimpin Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro

 

Prosesi penyemayaman Api Semangat tersebut diawali dengan penyerahan Obor Api Abadi dari Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sigit Kusharijanto SE MM yang dilanjutkan dengan penyerahan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah.

 

Dengan dihadir dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, seluruh anggota Forkompimda, Seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemkab Bojonegoro, Camat, Kepala Desa berikut Perangkat Desa dan para tamu undangan lainnya sera ribuan warga masyakat Kabupaten Bojonegoro, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyemayakan Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Setelah dilakukan penyemayaman Api Semangat, kegiatan dilanjutkan dengan Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja di Alun-alun Bojonegoro. Seidaknya 29 Gunungan, yaitu 28 gunungan yang berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan 1 gunungan dari Pemkab Bojonegoro, telah disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat Bojonegoro.

 

 

Dengan diiringi oleh seluruh tamu dan undangan, selanjutnya 29 gunungan tersebut dikirab dari Pendapa Pemkab Bojonegoro, menuju Alun-alun Bojonegoro.

 

Bupati bersama para tamu undangan dengan berjalan kaki menuju Alun-alun Bojonegoro, start dari Pendapa Pemkab Bojonegoro dan melewati rute Jalan Mas Tumapel, berjalan ke arah utara lalu belok kiri ke  Jalan Imam Bonjol, kemudian belok kiri  ke Jalan KH Hasyim Asyari, belok kiri lagi ke Jalan Pahlawan dan Finish di Tribun Alun-alun.

 

 

Kemudian para tamu undangan menuju panggung yang telah disiapkan di Alun-alun Bojonegoro. Sementara puluhan gunungan, disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat. Ribuan warga masyarakat tampak memadati Alun-alun untuk turut merayaka puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja.

Baca juga: Grebeg Berkah Jonegaran, Puluhan Gunungan Diperebutkan Warga 

 

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah di dampingi Wakil Bupati Bojoengoro,  Drs Budi Irawanto MPd, menyempatkan memberi sambutan.

 

 

Dalam sambutannya Bupati menyapaikan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Bojonegoro yang antusias menghadiri Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja tersebut.

 

 

Bupati juga berharap agar warga Bojonegoro berkenan hadir dalam apel pagi dalam rangka HUT Bojonegoro ke 341 sekaligus bisa berpatisipasi dalam rangka HUT ke 341 Kabupaten Bojonegoro.

 

 

Di akhir acara, dilaksanakan Rebutan Gunungan Kaya Praja. Ribuan warga yang hadir berebut agar mendapatkan berkah dari aneka makanan yang disediakan. Menurut sebagian warga, mereka sangat antusia untuk mendapatkan isi dari gunungan tersebut dengan harapan agar mendapatkan berkah tersendiri.

 

Tidak ingin melewatkan momen tersebut, tidak sedikit warga yang turut mengabadikan puluhan gunungan yang di arak tersebut dengan menggunakan handphone. (red/imm)

Berita Terkait

Videotorial

Festival Banyu Urip 2018, Destinasi Wisata Hiburan di Bojonegoro

Festival Banyu Urip 2018, Destinasi Wisata Hiburan di Bojonegoro

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Ribuan warga memadati jalan-jalan, warung-warung dan lapangan sepakbola Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro saat digelar perhelatan ...

Teras

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Kejadian bunuh diri atau gantung diri di wilayah Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2018, menunjukkan angka yang relatif cukup tinggi. Lantas ...

Opini

Problem Base Solution: Mengubah Masalah Rakyat Sebagai Masalah Pemerintah

Problem Base Solution: Mengubah Masalah Rakyat Sebagai Masalah Pemerintah

Jumlah lembaga, aparatur dan anggaran masing lembaga boleh dibilang cukup untuk menjalankan misi pemerintahan efektif. Sudah umum didengar keluhan adanya ...

Quote

Mempersiapkan

Mempersiapkan

Dalam menapaki perjalanan hidup dan banyaknya aktivitas, alangkah baik bila diawali dengan kemampuan, pemahamam lebih dan mempersiapkan diri dengan matang, ...

Sosok

Sari Koeswoyo, Antara Seorang Ibu dan Pelaku Seni

Sosok

Sari Koeswoyo, Antara Seorang Ibu dan Pelaku Seni

Oleh Muliyanto Tanggal 22 Desember, diperingati sebagai Hari Ibu. Hari di mana perempuan-perempuan Indonesia menyelenggarakan Kongres Perempuan Pertama pada 22 ...

Eksis

Sepasang Kakak-Adik di Blora Ciptakan Lampu Emergency Hemat Listrik

Sepasang Kakak-Adik di Blora Ciptakan Lampu Emergency Hemat Listrik

Oleh Priyo Spd Blora- Sering terjadinya listrik padam di wilayah Blora, membuat sepasang kakak-adik, warga Kelurahan Jetis Kecamatan Blora, menciptakan ...

Religi

Hukum Nikah Sirri

Hukum Nikah Sirri

*Oleh Drs H Sholikin Jamik SH MHes. Istilah nikah sirri atau nikah yang dirahasiakan memang dikenal di kalangan para ulama, ...

Infotorial

Ibu Inspiratif, Mengubah “Limbah” Menjadi Berkah

Ibu Inspiratif, Mengubah “Limbah” Menjadi Berkah

Oleh Imam Nurcahyo Ngaisah namanya. Perempuan kelahiran 44 tahun lalu ini ibu rumah tangga biasa, layaknya perempuan desa di sekitarnya. ...

Berita Foto

Festival Perahu Hias, Bengawan Solo Bojonegoro

Festival Perahu Hias, Bengawan Solo Bojonegoro

Festival Perahu Hias merupakan rangkaian dari Festival Bengawan Bojonegoro 2018, digelar Minggu, 30 Desember 2018. Festival Bengawan Bojonegoro 2018, digelar ...

Feature

Miniatur Motor Berbahan Limbah Bambu

Miniatur Motor Berbahan Limbah Bambu

Oleh Priyo SPd Blora - Banyaknya pohon bambu yang tumbuh di wilayah Desa Sumurboto Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, membuat warga ...

Resensi

Alice in Cheongdam Dong 2

Alice in Cheongdam Dong 2

Oleh Delfariza Amaliya Penulis : Ahn Jae Kyung Penerjemah : Dwita Rizki Nientyas Tahun : 2014 Penerbit : Qanita, PT ...

Pelesir

Waduk Selo Parang di Blora Pikat Pengunjung Wisata

Waduk Selo Parang di Blora Pikat Pengunjung Wisata

Blora- Masyarakat Desa Tempel Lemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah memanfaatkan kawasan waduk Selo Parang menjadi tempat wisata baru ...

Hiburan

Barista Asal Mojokerto Juarai Latte Art Battle di Bojonegoro

Barista Asal Mojokerto Juarai Latte Art Battle di Bojonegoro

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Dalam partai final Latte Art Battle di KDS Toserba Bojonegoro yang digelar pada Sabtu (01/12/2018) ...

Statistik

Hari ini

3.915 kunjungan

6.413 halaman dibuka

138 pengunjung online

Bulan ini

77.046 kunjungan

133.058 halaman dibuka

Tahun ini

77.046 kunjungan

133.058 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 745.953

Indonesia: 11.435

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015