News Ticker
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
  • Berkah Ramadan, Petani Blewah di Blora Mengaku Untung Besar
  • Kembali Targetkan Raih Opini WTP, Ini yang Dilakukan Pemkab Blora
  • Diduga Sakit Epilepsi Kambuh, Warga Bubulan, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Sungai
  • Gebyar Ramadan Blora 2024 Kini Dikonsep Semakin Matang
  • Tinjau Tebing Sungai Longsor di Cepu, Blora, Bupati Koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo
  • Tergerus Banjir Bengawan Solo, Akses Jalan Kedungtuban-Cepu, Blora Terancam Putus
  • Tebing Bengawan Solo Longsor, Empat Rumah Warga di Blora Terancam
  • Berjalan Kaki saat ke Sekolah, Siswi SMK dapat Sepeda dari Ka SPKT Polsek Blora
  • Polisi di Bojonegoro Bagikan 3.000 Nasi Bungkus bagi Warga Terdampak Banjir Bengawan Solo
  • Seorang Anak di Kanor, Bojonegoro Tenggelam di Halam Rumah yang Tergenang Banjir Bengawan Solo
  • 42 Desa di 11 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Banjir Luapan Sungai Bengawan Solo
  • DPRD Blora Apresasi Pemkab Blora Raih Anugerah Adipura
  • Bupati Minta Tempat Hiburan Malam di Blora Tutup selama Ramadan
  • Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Kota Masuk Status Siaga Merah, Tren Masih Naik
  • Pemkab Blora Kirab Adipura bersama Petugas Sapu Keliling Jalan Protokol
  • Sesosok Mayat Laki-laki Ditemukan di Pinggir Sungai di Padangan, Bojonegoro
  • Peringatan HPN 2024 dan HUT PWI ke-78, Bupati Apresiasi PWI Blora Hijaukan Kawasan Wisata
  • Targetkan Raih Adipura Kencana Tahun Depan, Ini Pesan Bupati Arief pada Jajarannya
  • Sidang Pertama Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro, Pengadilan Tempuh Upaya Diversi
  • Penutupan Bulan K3 Nasional, SIG Pabrik Tuban Gelar Safety Challenge
  • Tanggul Waduk di Padangan, Bojonegoro Jebol, Belasan Hektare Sawah Siap Panen Tergenang
Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, telah dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018). Sejumlah prosesi kegiatan digelar hingga puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja yang dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro.

Berikut ini foto-foto prosesi kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016.

 

Kegiatan diawali dengan prosesi pengambilan Api Abadi di lokasi Wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM.

Baca: Prosesi Pengambilan Api Abadi Peringatan HJB ke 341, di Lokasi Wisata Khayangan Api  

 

 

 

Sebelum pelaksanaan prosesi pengambilan api abadi atau api semangat, terlebih dulu dilaksanakan ritual mengitari api abadi Khayangan Api sebanyak tujuh kali, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM, bersama Muspika Ngasem dan diikuti kepala desa di wilayah Ngasem bersama istri serta diikuti oleh waranggana.

 

 

Selanjutnya, dilaksanakan pengambilan pengambilan api abadi atau api semangat dari lokasi Khayangan Api dilaksanakan oleh juru kunci Khayangan Api, menggunakan obor. Selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut oleh juru kunci Khayangan api diserahkan kepada Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem.

 

 

Oleh Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasemselanjutnya  obor api abadi atau api semangat tersebut diserahkan kepada Camat Ngasem.

 

 

Setelah diterima oleh Camat Ngasem, obor api abadi atau api semangat tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Aiptu Fauzi, untuk selanjutnya api di bawa menuju Balai Desa Ngunut Kecamatan Dander.

 

 

Sesampai di Balai Desa Ngunut, obor api abadi atau api semangat tersebut diserah kembali oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi kepada Camat Ngasem Machmuddin AP MM, yang selanjutnya diserahkan kepada Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM.

 

 

Kemudia obor tersebut diserahkan kembali kepada petugas pembawa obor api abadi, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dan Aiptu Fauzi bersama pasukan pengawaln untuk selanjutnya dikirab menuju Bojonegoro melalui jalan raya Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya api akan sampai di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Kapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi, Peringatan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut - Pasar Dander - Jalan Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya obor api abadi atau api semangat tersebut untuk sementara akan disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan. Warga di sepanjang rute kirab juga tidak menyia-nyiakan momen tahunan ini. Mereka rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

 

 

Sesampai di Kantor Bakorwil Bojonegoro, selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut diserahterimakan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto SSos, kepada Pj Sekda Bojonegoro, Yayan Rohman AP MM.

 

 

Setelah obor api abadi atau api semangat tersebut diterima oleh Pj Sekda Bojonegoro, selanjutnya diserahkan kepada Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, untuk selanjutnya disemayamkan sementara di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Rangkaian kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 kembali dilanjutkan setelah salat Magrib yaitu Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Bupati Pimpin Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro

 

Prosesi penyemayaman Api Semangat tersebut diawali dengan penyerahan Obor Api Abadi dari Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sigit Kusharijanto SE MM yang dilanjutkan dengan penyerahan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah.

 

Dengan dihadir dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, seluruh anggota Forkompimda, Seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemkab Bojonegoro, Camat, Kepala Desa berikut Perangkat Desa dan para tamu undangan lainnya sera ribuan warga masyakat Kabupaten Bojonegoro, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyemayakan Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Setelah dilakukan penyemayaman Api Semangat, kegiatan dilanjutkan dengan Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja di Alun-alun Bojonegoro. Seidaknya 29 Gunungan, yaitu 28 gunungan yang berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan 1 gunungan dari Pemkab Bojonegoro, telah disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat Bojonegoro.

 

 

Dengan diiringi oleh seluruh tamu dan undangan, selanjutnya 29 gunungan tersebut dikirab dari Pendapa Pemkab Bojonegoro, menuju Alun-alun Bojonegoro.

 

Bupati bersama para tamu undangan dengan berjalan kaki menuju Alun-alun Bojonegoro, start dari Pendapa Pemkab Bojonegoro dan melewati rute Jalan Mas Tumapel, berjalan ke arah utara lalu belok kiri ke  Jalan Imam Bonjol, kemudian belok kiri  ke Jalan KH Hasyim Asyari, belok kiri lagi ke Jalan Pahlawan dan Finish di Tribun Alun-alun.

 

 

Kemudian para tamu undangan menuju panggung yang telah disiapkan di Alun-alun Bojonegoro. Sementara puluhan gunungan, disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat. Ribuan warga masyarakat tampak memadati Alun-alun untuk turut merayaka puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja.

Baca juga: Grebeg Berkah Jonegaran, Puluhan Gunungan Diperebutkan Warga 

 

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah di dampingi Wakil Bupati Bojoengoro,  Drs Budi Irawanto MPd, menyempatkan memberi sambutan.

 

 

Dalam sambutannya Bupati menyapaikan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Bojonegoro yang antusias menghadiri Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja tersebut.

 

 

Bupati juga berharap agar warga Bojonegoro berkenan hadir dalam apel pagi dalam rangka HUT Bojonegoro ke 341 sekaligus bisa berpatisipasi dalam rangka HUT ke 341 Kabupaten Bojonegoro.

 

 

Di akhir acara, dilaksanakan Rebutan Gunungan Kaya Praja. Ribuan warga yang hadir berebut agar mendapatkan berkah dari aneka makanan yang disediakan. Menurut sebagian warga, mereka sangat antusia untuk mendapatkan isi dari gunungan tersebut dengan harapan agar mendapatkan berkah tersendiri.

 

Tidak ingin melewatkan momen tersebut, tidak sedikit warga yang turut mengabadikan puluhan gunungan yang di arak tersebut dengan menggunakan handphone. (red/imm)

Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1710820918.2423 at start, 1710820918.545 at end, 0.30277609825134 sec elapsed