News Ticker
  • Ketua MUI Bojonengoro Prihatin dan Kecam Perusuh di Aksi 21 dan 22 Mei di Jakarta
  • Undang Awak Media, Pemkab Bojonegoro Ingin Tingkatkan Kemitraan dengan Media Siber
  • Pemkab Bersama Polres Bojonegoro Gelar Rakor Pengamanan Mudik Lebaran 2019
  • Peringati Nuzulul Quran, Polres Bojonegoro Gelar Tabligh Akbar Bersama KH Anwar Zahid
  • AMSI Imbau Publik Baca Berita dari Sumber Yang Dipercaya
  • Pembuat Kue Kering di Blora, Kebanjiran Order Hingga Kuwalahan Penuhi Pesanan
  • Warga Boyolali Ditemukan Meninggal Dunia di Pinggir Jalan di Kedungadem Bojonegoro
  • Aula Belajar Maslakul Huda Gayam Bojonegoro Resmi Dibuka untuk Kegiatan Belajar Mengajar
  • Antisipasi Mobilisasi Massa, Polres Bojonegoro Lakukan Penyekatan Jalur Menuju Jakarta
  • Ketua DPRD Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Kepada Jokowi - Makruf Amin
  • Pemerikssaan Kesiapan Armada Mudik Lebaran di Blora, Petugas Dapati Bus di Luar Trayek
  • Untuk Kelima Kalinya, Pemkab Bojonegoro Raih Predikat Opini WTP atas LKPD
  • Antisipasi People Power, Polres Bojonegoro Kembali Lakukan Penyekatan Jalur Menuju Jakarta
  • Pantau Stabilitas Harga Sembako, Kapolres Patroli di Pasar Kota Bojonegoro
  • Bulan Mei: Hari Buku dan Kebangkitan Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban
  • Kejar Target Drilling 2019, Pertamina EP Cepu Lakukan Sinergi dengan PDSI
  • Selama Ramadan dan Jelang Idulfitri, Polres Blora Giatkan Patroli Dini Hari
  • 9.953 Rumah Tangga Miskin di Blora Akan Terima Bantuan Ternak Ayam Joper
  • Polres Bojonegoro Gelar Razia Penumpang Kereta Api, Cegah Mobilisasi Massa People Power
  • Penyelengara Pemilu asal Bojonegoro Yang Meninggal, Terima Santunan dari Gubernur Jatim
  • Aliansi Mahasiswa di Bojonegoro Tolak People Power
  • Gelar Aksi Damai, Aliansi Mahasiswa di Bojonegoro Beri Dukungan pada KPU
  • Motor Tabrak Pejalan Kaki di Kepohbaru Bojonegoro, 2 Orang Luka Berat
  • Perbedaan Gugatan Cerai dan Permohonan Cerai Talak
  • Kapolres Bersama Komunitas Offroad, Bagi Takjil di Alun-Alun Bojonegoro

Berita Foto

Inilah Prosesi Kegiatan Menuju Grebeg Berkah Jonegaran, HJB ke 341

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, telah dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018). Sejumlah prosesi kegiatan digelar hingga puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja yang dilaksanakan di Alun-alun Bojonegoro.

Berikut ini foto-foto prosesi kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016.

 

Kegiatan diawali dengan prosesi pengambilan Api Abadi di lokasi Wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM.

Baca: Prosesi Pengambilan Api Abadi Peringatan HJB ke 341, di Lokasi Wisata Khayangan Api  

 

 

 

Sebelum pelaksanaan prosesi pengambilan api abadi atau api semangat, terlebih dulu dilaksanakan ritual mengitari api abadi Khayangan Api sebanyak tujuh kali, yang dipimpin oleh Camat Ngasem, Machmuddin AP MM, bersama Muspika Ngasem dan diikuti kepala desa di wilayah Ngasem bersama istri serta diikuti oleh waranggana.

 

 

Selanjutnya, dilaksanakan pengambilan pengambilan api abadi atau api semangat dari lokasi Khayangan Api dilaksanakan oleh juru kunci Khayangan Api, menggunakan obor. Selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut oleh juru kunci Khayangan api diserahkan kepada Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem.

 

 

Oleh Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasemselanjutnya  obor api abadi atau api semangat tersebut diserahkan kepada Camat Ngasem.

 

 

Setelah diterima oleh Camat Ngasem, obor api abadi atau api semangat tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Aiptu Fauzi, untuk selanjutnya api di bawa menuju Balai Desa Ngunut Kecamatan Dander.

 

 

Sesampai di Balai Desa Ngunut, obor api abadi atau api semangat tersebut diserah kembali oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi kepada Camat Ngasem Machmuddin AP MM, yang selanjutnya diserahkan kepada Camat Dander, Nanik Lusetiyani SSos MM.

 

 

Kemudia obor tersebut diserahkan kembali kepada petugas pembawa obor api abadi, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dan Aiptu Fauzi bersama pasukan pengawaln untuk selanjutnya dikirab menuju Bojonegoro melalui jalan raya Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya api akan sampai di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Kapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi, Peringatan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut - Pasar Dander - Jalan Bojonegoro - Nganjuk hingga nantinya obor api abadi atau api semangat tersebut untuk sementara akan disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan. Warga di sepanjang rute kirab juga tidak menyia-nyiakan momen tahunan ini. Mereka rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

 

 

Sesampai di Kantor Bakorwil Bojonegoro, selanjutnya obor api abadi atau api semangat tersebut diserahterimakan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto SSos, kepada Pj Sekda Bojonegoro, Yayan Rohman AP MM.

 

 

Setelah obor api abadi atau api semangat tersebut diterima oleh Pj Sekda Bojonegoro, selanjutnya diserahkan kepada Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, untuk selanjutnya disemayamkan sementara di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Rangkaian kegiatan menuju Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja, dalam memparingati dan memeriahkan Hari Jadi ke 341 Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 kembali dilanjutkan setelah salat Magrib yaitu Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Baca juga: Bupati Pimpin Prosesi Penyemayaman Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro

 

Prosesi penyemayaman Api Semangat tersebut diawali dengan penyerahan Obor Api Abadi dari Camat Bojonegoro, Ir Moch Farid Naqib MSi, kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sigit Kusharijanto SE MM yang dilanjutkan dengan penyerahan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah.

 

Dengan dihadir dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, seluruh anggota Forkompimda, Seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemkab Bojonegoro, Camat, Kepala Desa berikut Perangkat Desa dan para tamu undangan lainnya sera ribuan warga masyakat Kabupaten Bojonegoro, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyemayakan Api Semangat di Pendapa Pemkab Bojonegoro.

 

 

Setelah dilakukan penyemayaman Api Semangat, kegiatan dilanjutkan dengan Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja di Alun-alun Bojonegoro. Seidaknya 29 Gunungan, yaitu 28 gunungan yang berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan 1 gunungan dari Pemkab Bojonegoro, telah disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat Bojonegoro.

 

 

Dengan diiringi oleh seluruh tamu dan undangan, selanjutnya 29 gunungan tersebut dikirab dari Pendapa Pemkab Bojonegoro, menuju Alun-alun Bojonegoro.

 

Bupati bersama para tamu undangan dengan berjalan kaki menuju Alun-alun Bojonegoro, start dari Pendapa Pemkab Bojonegoro dan melewati rute Jalan Mas Tumapel, berjalan ke arah utara lalu belok kiri ke  Jalan Imam Bonjol, kemudian belok kiri  ke Jalan KH Hasyim Asyari, belok kiri lagi ke Jalan Pahlawan dan Finish di Tribun Alun-alun.

 

 

Kemudian para tamu undangan menuju panggung yang telah disiapkan di Alun-alun Bojonegoro. Sementara puluhan gunungan, disiapkan untuk diperebutkan oleh warga masyarakat. Ribuan warga masyarakat tampak memadati Alun-alun untuk turut merayaka puncak acara Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja.

Baca juga: Grebeg Berkah Jonegaran, Puluhan Gunungan Diperebutkan Warga 

 

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah di dampingi Wakil Bupati Bojoengoro,  Drs Budi Irawanto MPd, menyempatkan memberi sambutan.

 

 

Dalam sambutannya Bupati menyapaikan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Bojonegoro yang antusias menghadiri Grebeg Berkah Jonegaran atau Rebutan Gunungan Kaya Praja tersebut.

 

 

Bupati juga berharap agar warga Bojonegoro berkenan hadir dalam apel pagi dalam rangka HUT Bojonegoro ke 341 sekaligus bisa berpatisipasi dalam rangka HUT ke 341 Kabupaten Bojonegoro.

 

 

Di akhir acara, dilaksanakan Rebutan Gunungan Kaya Praja. Ribuan warga yang hadir berebut agar mendapatkan berkah dari aneka makanan yang disediakan. Menurut sebagian warga, mereka sangat antusia untuk mendapatkan isi dari gunungan tersebut dengan harapan agar mendapatkan berkah tersendiri.

 

Tidak ingin melewatkan momen tersebut, tidak sedikit warga yang turut mengabadikan puluhan gunungan yang di arak tersebut dengan menggunakan handphone. (red/imm)

Berita Terkait

Videotorial

Ketua DPRD Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Kepada Jokowi - Makruf Amin

Ketua DPRD Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Kepada Jokowi - Makruf Amin

Bojonegoro - Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Sigit Kushariyanto SE MM, mengucapkan selamat atas terpilihnya Ir H ...

Berita Video

Antisipasi Mobilisasi Massa, Polres Bojonegoro Lakukan Penyekatan Jalur Menuju Jakarta

Antisipasi Mobilisasi Massa, Polres Bojonegoro Lakukan Penyekatan Jalur Menuju Jakarta

Polres Bojonegoro pada Selasa (21/05/2019), kembali gelar penyekatan dan sweeping kendaraan, di sejumlah titik jalur menuju Jakarta. Kegiatan penyekatan tersebut ...

Teras

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Kejadian bunuh diri atau gantung diri di wilayah Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2018, menunjukkan angka yang relatif cukup tinggi. Lantas ...

Opini

Stroke, Komplikasi Hipertensi

Hari Hipertensi Sedunia

Stroke, Komplikasi Hipertensi

Hari ini 17 Mei, diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Penyakit yang menempati 10 besar penyakit di hampir setiap rumah sakit. ...

Quote

Perbedaan Gugatan Cerai dan Permohonan Cerai Talak

Perbedaan Gugatan Cerai dan Permohonan Cerai Talak

Ketika memberi sosialisasi Undang Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dan Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun ...

Sosok

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Serba-Serbi Pemilu 2019

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Bojonegoro - Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 telah usai dilaksananan dan perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat ...

Eksis

Kombat, Komunitas Pecinta Musang Dari Bojonegoro

Kombat, Komunitas Pecinta Musang Dari Bojonegoro

Bojonegoro - Setiap malam minggu, di seputar Taman Rajekwesi yang terletak di Jalan Rajekwesi Bojonegoro, tampak perkumpulan anak-anak millennial, bercengkerama ...

Infotorial

Bulan Mei: Hari Buku dan Kebangkitan Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban

Bulan Mei: Hari Buku dan Kebangkitan Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban

Bulan Mei merupakan bulan penting dalam dunia pendidikan. Selain memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, juga ada ...

Berita Foto

Kebakaran Sepeda Motor di SPBU Padangan Bojonegoro

Berita Foto

Kebakaran Sepeda Motor di SPBU Padangan Bojonegoro

Satu unit sepeda motor yang usai mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada ...

Feature

Pembuat Kue Kering di Blora, Kebanjiran Order Hingga Kuwalahan Penuhi Pesanan

Pembuat Kue Kering di Blora, Kebanjiran Order Hingga Kuwalahan Penuhi Pesanan

Blora - Memasuki pertengahan di bulan Ramadan, sejumlah pembuat kue kering di Blora mulai kebanjiran order. bahkan begitu banyaknya pesanan ...

Religi

Meminta dan Memberi Maaf

Quote Islami

Meminta dan Memberi Maaf

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh. (QS. Al-A raf ...

Pelesir

Migas Cepu Edupark Resmi Dibuka, Jadi Tempat Wisata Baru di Blora

Migas Cepu Edupark Resmi Dibuka, Jadi Tempat Wisata Baru di Blora

Blora - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada Minggu (31/3/2019), meresmikan Migas Cepu Edupark (MC Edupark), objek wisata ...

Hiburan

Marching Band Taruna Satlak Hiu Latsitardanus ke-39, Pukau Warga Kota Bojonegoro

Marching Band Taruna Satlak Hiu Latsitardanus ke-39, Pukau Warga Kota Bojonegoro

Bojonegoro - Marching Band gabungan Taruna Akademi TNI, Akpol dan Praja IPDN, yang tergabung dalam Satlak Hiu Latihan Integrasi Taruna ...

Statistik

Hari ini

146 kunjungan

278 halaman dibuka

47 pengunjung online

Bulan ini

153.272 kunjungan

265.429 halaman dibuka

Tahun ini

911.798 kunjungan

1.479.698 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 668.531

Indonesia: 9.905

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015