News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
Bupati Anna Muawanah Lakukan Reopening Tempat Wisata di Bojonegoro

Bupati Anna Muawanah Lakukan Reopening Tempat Wisata di Bojonegoro

Bojonegoro - Sebagaimana telah direncanakan semula, pada Sabtu (15/08/2020) pagi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, melakukan Launching Reopening (pembukaan kembali) Tempat Wisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro.
 
 
Acara launching reopening yang dipusatkan di kawasan objek wisata Khayangan Api di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro dilaksanakan oleh Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, didampingi Dandim Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, Kapolres Bojonegoro yang diwakili Wakapolres Bojonegoro, Kompol Rendy Surya Aditama SH SIK MH; Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Sutikno SH MH; Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, Dra Nurul Azizah MM; para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto SPd dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro, serta dihadiri 45 orang perwakilan pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Bojonegoro.
 
 
 
 
 

Kepala Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto SPd, saat beri sambutan dalam acara Launching Reopening Tempat Wisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Sabtu (15/08/2020)

 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto SPd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Launching Reopening Tempat Wisata di Kabupaten Bojonegoro tersebut dalam rangka adaptasi tatanan kenormalan baru (new normal) di Kabupaten Bojonegoro.
 
"Kegiatan Launching Reopening ini dilakukan sebagai upaya untuk pemulihan perekonomian di sektor pariwisata dan budaya di Kabupaen Bojonegoro, dengan dibukanya kembali tempat-tempat wisata, yang berpedoman dan memperhatikan hygiene, health, security, and safety, atau kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keselamatan." kata Budiyanto SPd.
 
Budiyanto mengungkapkan bahwa sejak adanya pandemi Covid-19, roda perekonomian mengalami penurunan yang signifikan, banyak aktivitas terhenti bahkan terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di mana-mana, termasuk sektor pariwisata.
 
"Setelah berjalan kurang lebih 5 bulan, perlahan-lahan mulai terjadi penyesuaian yang lazim kita sebut dengan tatanan kenormalan baru atau new normal, sehingga aktivitas masyarakat dapat dimulai kembali dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai yang telah ditetapkan, seperti menggunakan masker bagi pengelola dan pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir, dan hand sanitizer, serta selalu menjaga jarak," kata Budiyanto.
 
 
Budiyanto juga menjelaskan bahwa kondisi Kabupaten Bojonegoro yang perlahan terlepas dari zona merah menjadi pertimbangan untuk membuka kembali tempat-tempat wisata dan hiburan di Kabupaten Bojonegoro, dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19, demi kebaikan bersama.
 
"Tahapan-tahapan yang telah kami lalui adalah simulasi adaptasi ini tanggal 3 sampai 5 Agutustus 2020, uji coba adaptasi pembukaan tanggal 6 sampai 14 Agustus 2020, dan setelah launching reopening ini nantinya akan kami adakan monitoring dan evaluasi sampai akhir bulan ini," kata Budiyanto SPd.
 
Di akhir sambutannya, Budiyanto menjelaskan bahwa dibukanya kembali tempat-tempat wisata dan hiburan tersebut bertujuan agar roda perekonomian kembali tumbuh dan masyarakat yang terdampat dapat beraktivitas kembali seperti biasa.
 
"Meski demikian diharapkan sektor pariwisata tidak menjadikan klaster baru bagi penularan baru Covid-19," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto SPd.
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat beri sambutan dalam acara Launching Reopening Tempat Wisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Sabtu (15/08/2020)

 
Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mempercepat terhadap kenormalan baru, khususnya di sektor pariwisata di Kabupaten Bojonegoro, maka dilaksanakan reopening tempat pariwisata, sebagai ikhtiar atau usaha bersama, namun Bupati mengingatkan bahwa semua tetap harus menjaga lingkungan dari potensi penyebaran virus Corona (Covid-19).
 
"Jangan sampai setelah dibuka menjadi 'ambyar.' Karena posisi Bojonegoro saat ini belum aman penuh dari pandemi Virus Corona." kata Bupati Anna Muawanah.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa sebelumnya dirinya telah menerima tamu atau kunjungan, antara lain dari pengusaha terop dan sound system, termasuk juga para seniman dan budayawan, yang mana mereka semua tidak bisa tampil dalam waktu lama dan tidak bisa melakukan kegiatan ekonomi maupun usaha.
 
"Maka pada kesempatan ini, hari ini kita reopening kembali. Pertama adalah mengajak kita mulai bisa membuka pariwisata dengan tentunya tetap mengedepankan protokol Covid-19." kata Bupati Anna Muawanah.
 
 
 
Bupati juga berkeyakinan bahwa dengan dibukanya tempat-tempat wisata dan hiburan di Kabupaen Bojonegoro, akan memberikan impact (dampak) pada pemulihan ekonomi, mulai dari pedagang, tukang parkir, tukang kebersihan, pembuat souvenir dan sebagainya.
 
"Sambil menunggu proses, mudah-mudahan ini menjadi tempat yang aman. Bapak ibu sekalian yang tinggal di lingkungan terdekat dari pariwisata yang telah dibuka, untuk saling mengingatkan, saling menjaga, saling menaati peraturan, dan menegor jika ada hal yang memang ada indikasi melakukan pelanggaran protokol Covid-19." kata Bupati Anna Muawanah.
 
Usai sambutan, Bupati Anna Muawanah dengan didampingi Forkopimda Bojongoro melaunching reopening tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro, yang ditandai dengan pemukulan gong. (dan/imm)
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714027225.7049 at start, 1714027225.9777 at end, 0.27273488044739 sec elapsed