News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
Dinas Pendidikan Bojonegoro Luncurkan Program 'Pedal School' untuk Petakan Kondisi Sekolah

Dinas Pendidikan Bojonegoro Luncurkan Program 'Pedal School' untuk Petakan Kondisi Sekolah

Bojonegoro - Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, membuat inovasi atau program baru yang diberi nama 'Pedal School', atau sepeda jelajah sekolah.
 
 
Pedal School, diagendakan setiap hari Sabtu, dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bojonegoro, mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP, yang bertujuan untuk memetakan kondisi infrastruktur dan mendata kondisi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di tiap-tiap sekolah.
 
Pedal School, digelar mulai pertengahan Agustus 2020 lalu, dan pada Sabtu (12/09/2020) hari ini, merupakan kegiatan yang keempat kalinya, yang digelar di wilayah Kecamatan Ngasem, dengan mengambil start di SD Negeri Jampet 1, dan finish di SMP Negeri 1 Ngasem. Sementara pedal school sebelumya telah digelar di Kecamatan Kapas, Kecamatan Dander, dan Kecamatan Kedungadem.
 
 
 

Kepala Disdik Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno AP MSi bersama jajaran saat laksanakan kegiatan pedal school, di  Kecamatan Ngasem Bojonegoro. Sabtu (12/09/2020)

 
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno AP MSi, menjelaskan bahwa pedal school' atau jelajah sepeda sekolah merupakan upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro untuk mengetahui kondisi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bojonegoro.
 
"Jadi ini salah satu program baru dan inovasi dari Dinas Pendidikan, yang bernama 'pedal school', atau sepeda jelajah sekolah. Kita agendakan setiap Sabtu untuk mengelilingi seluruh sekolah yang ada di Bojonegoro. Mulai PAUD, TK, Sekolah Dasar dan SMP." kata Dandi Suprayitno.
 
 
 
Dandi menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memetakan kondisi infrastruktur sekolah-sekolah yabng ada di Kabupaten Bojonegoro, apakah perlu penambahan dan perbaikan. Kemudian pihaknya juga ingin mendata dan melihat kondisi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di tiap-tiap sekolah yang dikunjungi.
 
"Kami juga akan mendata dan melihat kondisi PTK-nya seperti apa, kalau kelebihan kebijakanya adalah kita distribusikan ke tempat-tempat yang kurang, dan kalau kurang, di sebelah mana, nanti  akan kita lengkapi." kata Dandi.
 
Dandi berharap dengan kegiatan tersebut akan membawa kebijakan yang tepat sasaran dan berkeadilan, serta menentukan skala proritas dalam pengambilan kebijakan.
 
"Dengan kegiatan ini kita sambil berolahraga agar sehat, kemudian menyatukan jajaran pendidikan. Mulai TK, SD, SMP, akan menjadi satu kesatuan. Tidak boleh ada perbedaan, tidak boleh ada pemisahan, yang ada adalah satuan pendidikan yang ada di Bojonegoro." kata Dandi Suprayitno.
 
 

Kepala Disdik Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno AP MSi, saat melihat kondisi salah satu ruang kelas di SMP Negeri 1 Ngasem Bojonegoro. Sabtu (12/09/2020)

 
Dari pantauan awak media ini saat berada di SD Negeri Jampet 1 Kecamatan Kgasem, Kepala Disdik Dandi Suprayitno, menyoroti terkait keamanan di sekolah tersebut, karena kondisi sekolah tersebut tidak memiliki pagar.
Sementara saat berada di SD Bareng 2, Dandi mendapati salah satu ruang kelas yang kondisi dindingnya rusak. Demikian juga saat berada di SMP Negeri 1 Ngasem, Dandi mendapati salah satu ruang kelas di sekolah tersebut plafonnya ambrol.
 
Menurut Dandi, nantinya temuan-temuan tersebut tentunya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan selanjutnya.
 
Sementara, sebelum kegiatan tersebut dimulai, Dandi menekankan kepada seluruh peserta 'pedal school', agar senantiasa berhati-harti saat bersepeda, mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu-lintas, karena rute yang ditempuh merupakan jalan raya poros kecamatan, sehingga para peserta diharapkan juga menghormati sesama pengguna jalan.
 
"Karena melalui jalur ramai, saya berharap bapak-ibu berhati-hati saat bersepeda. Saling mengingatkan, maksimal berjajar 2, usahakan berjajar 1 saat di jalan umum. Kita saling menjaga dan saya tekankan hormati sesama pengguna jalan," kata Dandi Suprayitno.
 
 
 
Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi dan staf Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. (dan/imm)
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714022648.9734 at start, 1714022649.1952 at end, 0.22183799743652 sec elapsed