News Ticker
  • Menteri Desa PDDT Dorong Pengembangan BUMDes dan Desa Wisata di Blora
  • Datang ke Blora, Menteri Desa PDDT Kunjungi Wisata 'Sumuir Angguk' di Desa Nglobo
  • EMCL: Gas Flare Lapangan Bayu Urip yang Dikeluhkan Warga Kondisinya Sudah Normal
  • Ditabrak Bus, 2 Orang Pengendara Motor di Ngraho, Bojonegoro, Meninggal Dunia di TKP
  • Jelang Porprov 2022, KONI Bojonegoro Gelar Workshop Bersama Pengurus Cabang Olahraga
  • Polres Bojonegoro Gelar Latihan Pra Operasi Patuh Semeru 2021
  • Pemkab Bojonegoro Siapkan BPNT Daerah bagi Warga yang Belum Terima Bantuan dari Kementerian
  • Pemkab dan Kejari Bojonegoro Tandatangani MoU Terkait Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara
  • Polantas Bojonegoro Asuh 55 Anak Yatim Terdampak COVID-19
  • Pasang Surut Bisnis Tak Terelakkan, ShopeePay Talk Ingatkan Pebisnis Pemula Hindari Kesalahan Umum Berbisnis
  • Antisipasi Anjloknya Harga Jual Hasil Pertanian, Pemkab Bojonegoro Berencana Bentuk BUMD
  • Resensi Buku: Guru Aini
  • Melalui Program Aladin, Tahun 2021 Pemkab Bojonegoro Rehabilitasi 3.924 Unit RTLH
  • Yuk, Rayakan Bulan Gemar Membaca dengan 5 Cara Seru Ini
  • Pohon Pule Berusia Ratusan Tahun di Todanan, Blora, Tumbang, 3 Orang Luka-luka
  • Tim Peneliti STIK Lemdiklat Polri Kaji Penerapan ETLE Polres Bojonegoro
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Lomba Desain Logo Hari Jadi Bojonegoro Ke-344
  • Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan
  • Viral Video Warga Protes Saat Ditilang, Kasat Lantas Polres Tuban Beri Penjelasan
  • Diduga Lapuk Dimakan Rayap, Atap Gedung KPU Bojonegoro Ambrol
  • Jembatan Glendeng Penghubung Bojonegoro-Tuban Ditutup, Jasa Perahu Penyeberangan Ketiban Rezeki
  • Sungai Bengawan Solo Tercemar, Bupati Blora Minta Maaf pada Pelanggan PDAM
  • PD BPR Bojonegoro Raih Penghargaan Top BUMD Awards 2021
  • Pemkab Bojonegoro Terima Asset Tanah dan Bangunan dari Keluarga HM Suprapto Santoso

Toko Purnomo Bojonegoro, Eksis di Tengah Pandemi dengan Lanyanan Pembelian Secara Online

Bojonegoro - Sejak merebaknya pandemi virus Corona (Covid-19), yang disusul dengan kebijakan pemerintah agar masyarakat melakukan kegiatan di rumah dengan pemberlakuan social distancing atau physical distancing, menjadi pukulan keras bagi pelaku usaha sektor barang dan jasa. Salah satunya usaha sektor retail dan barang-barang bahan kebutuhan pokok.
 
 
Nanum, hal tersebut bukan menjadi halangan bagi para pegiat usaha sektor ini untuk terus berjuang dan tetap eksis di tengah situasi yang serba tidak pasti, karena belum diketahui sampai kapan kondisi seperti ini akan berlangsung.
 
Salah satunya adalah Hendry Sanjaya dan Rudy Siswanto, dua bersaudara pemilik Toko Purnomo, yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto 142 Bojonegoro, tepatnya di perempatan depan Klenteng Hok Swi Bio Bojonegoro ini berupaya untuk dapat bertahan di masa yang penuh tantangan ini.
 
 

Hendry Sanjaya (kiri berkaca mata) dan Rudy Siswanto (kanan), dua bersaudara pemilik Toko Purnomo, saat beri keterangan. Sabtu (19/09/2020)

 
Agar usahanya dapat terus berjalan, dua orang bersaudara tersebut harus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi lewat strategi baru dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menggerakkan usahanya, yaitu dengan memberikan layanan pembelian secara online, melalui aplikasi pesan WhatsApps di nomor 0812 3332 5510.
 
Sementara untuk daftar harga barang-barang yang dijual, dapat dilihat melalui laman https://www.tokopurnomo.com/, yang diupdate setiap hari, sehingga para pelanggan atau pembeli tinggal menulis jumlah pesanannya dan alamat pengiriman barang. Sedangkan untuk sistem pembayarannya, bisa melalui cash on delivery (COD) atau dibayar setelah barang sampai di tempat tujuan, atau dapat juga melalui transfer.
 
"Kalau dulu para pelanggan dan pembeli di toko kami harus datang ke toko untuk melakukan pembelian barang, selama pandemi ini mereka dapat melakukan pemesanan atau pembelian barang secara online, Namun kami juga masih melayani pembelian secara langsung di toko, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Jaga jarak dan wajib pakai masker," tutur Hendry Sanjaya. Sabtu (19/09/2020)
 
 
 

Aktivitas di Toko Purnomo Bojonegoro. Sabtu (19/09/2020)

 
Saat awak media ini datang di Toko Purnomo, tampak sejumlah pembeli sedang melakukan transaksi pembelian. Selain itu, tampak sejumlah armada, mulai dari kendaraan roda dua hingga truk dengan kapasitas besar, sedang bersiap-siap untuk mengantarkan barang-barang yang dipesan oleh para pelanggan atau pembeli, ke sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro.
 
Adapun barang-barang yang dijual di Toko Purnomo antara lain bahan kebutuhan pokok, mulai dari beras, gula, minyak, tepung, kopi, mie instan, dengan harga terbaik di Bojonegoro.
 
 
 

Aktivitas para pekerja Toko Purnomo Bojonegoro, saat bersiap-siap untuk mengantarkan kiriman barang pesanan para pelanggan atau pembeli. Sabtu (19/09/2020)

 
Sementara untuk area pengiriman barang, tidak terbatas hanya di dalam kota Bojonegoro saja, melainkan hingga wilayah Kecamatan Malo, Kalitidu, Ngasem, Purwosari, Padangan, Ngraho, Tambakrejo, Ngambon dan wilayah Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, untuk wilayah barat. Kemudian Kecamatan Dander, Bubulan dan Temayang, untuk wilayah selatan. Berikutnya Kecamatan Kapas, Sukosewu, Balen, Sugihwaras, Sumberrejo, dan Kecamatan Kanor, untuk wilayah timur. Serta Kecamatan Parengan, Bangilan, Senori, dan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, untuk wilayah utara.
 
"Rata-rata pelanggan kami adalah toko-toko kelontong atau mracang yang ada di desa-desa. Untuk order cukup melalui WhatsApp. Untuk transaksi pembelian di atas 1 juta rupiah, free ongkos kirim." tutur Rudy Siswanto, yang merupakan adik dari Hendry Sanjaya.
 
 
 

Aktivitas para pekerja di salah satu gudang Toko Purnomo Bojonegoro. Sabtu (19/09/2020)

 
Strategi Toko Purnomo yang menyediakan layanan belanja online dan diantar sampai ke tempat para pelanggan atau pembeli, dimaksudkan agar para pembeli yang kebingungan dan ketakutan untuk berbelanja selama pandemi ini, akan merasa aman, karena tetap dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan tidak harus keluar rumah.
 
"Sementara untuk para pelanggan dan pembeli yang tetap menginginkan pembelian secara langsung, juga tidak perlu takut untuk datang dan melakukan pembelian barang secara langsung ke toko, karena kebersihan dan prosedur protokol kesehatan Covid-19 di toko kami, selalu dijaga." kata kata Hendry Sanjaya.
 
Di akhir keterangannya, Hendry Sanjaya mengungkapkan bahwa, Toko Purnomo, yang mempunyai 60 karyawan dan sebagai salah satu toko yang memiliki jaringan distribusi terbesar di Bojonegoro, sangat mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran atau penularan virus Corona (Covid-19), salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tokonya.
 
 
 
Menurutnya, seluruh karyawan dan pengunjung atau pembeli di toko tersebut diharuskan menggunakan masker dan menjaga jarak. Setiap minggu toko dan gudang juga dilakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu, pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan cairan disinfektan. Tidak haya sampai di situ, setiap pelanggan atau pembeli yang melakukan pembelian di toko tersebut juga diberikan masker secara gratis
 
"Tentu saja kami mendukung dengan diberlakukannya pengetatan aktivitas masyarakat di ruang publik, dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19." kata Hendry Sanjaya. "Kami mengajak para pelaku usaha agar menerapkan protokol kesehatan di lingkungan tempat usahanya masing-masing." tutur Rudy Siswanto mengimbuhkan. (adv/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia SIK MM MH, beserta staf dan jajaran sampaikan ucapan Selamat Hari Natal 2020 dan ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Sosok

Cerita Yanuri, Seniman Kentrung asal Blora yang Sepi Tanggapan Selama Pandemi COVID-19

Cerita Yanuri, Seniman Kentrung asal Blora yang Sepi Tanggapan Selama Pandemi COVID-19

Blora - Namanya Yanuri Sutrisno (58), seniman Kentrung asal Desa Sedanggayam, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Tidak banyak anak muda yang ...

Infotorial

Perempuan Berdaya, Perempuan Mandiri

Perempuan Berdaya, Perempuan Mandiri

Paguyuban Kartini Mandiri kini mampu melakukan diversifikasi produk makanan olahan secara mandiri. Dibalik itu ada Soimah, penggerak pemberdayaan perempuan setempat. ...

Berita Foto

Sinergi Pertamina dengan Masyarakat Desa

Berita Foto

Sinergi Pertamina dengan Masyarakat Desa

Bojonegoro - Senior Production Engineer Pertamina EP Sukowati Field, Hafis Anshari, di dalam waktu senggangnya Kamis (22/7/2021), bercengkrama dengan petani ...

Religi

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Bojonegoro - Jemaah atau warga Muhammadiyah di Kota Bojonegoro, pada Rabu (26/05/2021) malam atau usai sala magrib, menggelar salat gerhana ...

Hiburan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Bojonegoro - Sebanyak 50 lukisan hasil karya seni 16 pelukis perempuan Bojonegoro dan 5 pelukis perempuan dari Solo, Surabaya, dan ...

Statistik

Hari ini

486 kunjungan

608 halaman dibuka

42 pengunjung online

Bulan ini

36.023 kunjungan

53.023 halaman dibuka

Tahun ini

744.212 kunjungan

1.050.773 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 1.161.620

Indonesia: 41.606

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1632002712.1816 at start, 1632002712.3595 at end, 0.17785692214966 sec elapsed