News Ticker
  • 'Reseller' Investasi Bodong asal Tuban Sebut Jumlah Member 700 Orang, Total Investasi Rp 42 Miliar
  • 'Reseller' Investasi Bodong asal Tuban Laporkan 'Owner Invest Yuks' Lamongan ke Polisi
  • Puluhan Korban Investasi Bodong asal Tuban Lapor Polisi
  • Bikin Resah Warga, Ratusan Motor Berknalpot Brong Diamankan Polres Blora
  • Korban Investasi Bodong Lamongan asal Tuban Diperkirakan 700 Orang dengan Nilai Puluhan Miliar
  • Polisi Minta Warga Tuban yang Menjadi Korban Investasi Bodong di Lamongan Segera Lapor
  • Mengaku Anggota TNI dan Tipu Warga Todanan, Blora, Pria Asal Grobogan Ditangkap Polisi
  • Polres Blora Reka Ulang Kasus Penculikan Pria Bojonegoro yang Culik Istrinya Sendiri
  • Sukses Bertahan Hingga 15 Tahun Beroperasi, Berikut Tips Soto Angkring Mas Boed dalam Menjaga Eksistensinya
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, 3 Unit Bangunan Rumah Warga Kalitidu, Bojonegoro, Terbakar
  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Resmikan Jembatan Terusan Bojonegoro-Tuban
  • Ratusan Buruh di Tuban Gelar Aksi Demo, Jalur Pantura Surabaya-Semarang Macet Total
  • Jenuh di Awal Tahun? Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Bangkitkan Semangat
  • Diduga Tenggelam, Warga Sekar, Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai Ngambon, Bojonegoro
  • Polisi Blora Dibantu Polisi Pekalongan, Bekuk 4 Tersangka Komplotan Pembobol Konter HP
  • Kedatangan Kapolres Blora yang Baru, AKBP Aan Hardiansyah Disambut Tradisi Pedang Pora
  • Bupati Pastikan Renovasi Rumah Pemain Timnas Asal Blora, Pratama Arhan, Segera Dilakukan
  • Kandang Warga Baureno, Bojonegoro Terbakar, 21 Ribu Ayam Terpanggang Api, Kerugian Capai Satu Miliar
  • Pemain Timnas Indonesia Asal Blora, Pratama Arhan Pulang Kampung
  • Terjaring Razia Gunakan Knalpot Brong saat Malam Tahun Baru, 77 Motor di Tuban Dikembalikan
  • Resmi Jabat Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad Siap Lanjutkan Program AKBP EG Pandia
  • PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan
  • Aksi Pencurian Sepeda Motor di Tuban Terekam Kamera CCTV
  • Bupati Anna Mu'awanah Resmikan Pasar Wisata Bojonegoro

Penyelesaian Proyek Gas Jambaran-Tiung Biru di Bojonegoro Dikhawatirkan Molor

Bojonegoro - Pemerintah Pusat berharap Proyek Pengembangan Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur Sub Holding Upstream Pertamina, di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dapat on-stream pada akhir November 2021.
 
Namun, penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan kontraktor utama (main kontraktor) PT Rekayasa Industri (Rekind) tersebut dikhawatirkan molor dari jadwal yang telah ditentukan, yaitu 25 November 2021.
 
 
Filed Manager PT Rekayasa Industri (Rekind), Zainal Arifin, saat ditanya terkait harapan Pemerintah Pusat agar Proyek JTB dapat segera on-stream pada akhir November 2021 pihaknya meminta awak media ini untuk langsung menanyakan kepada pihak PT Pertamina EP Cepu (PEPC).
 
Namun demikian pihaknya mengungkapkan bahwa sampai sekarang ini progres pekerjaan proyek J-TB sudah mencapai 94 persen, untuk pekerjaan EPCC (Engineering, Procurement, Construction & Commisioning).
 
"Kalau bicara construction sendiri, kami masih sekitar 91 persen sampai dengan akhir September," tutur Zainal. Jumat (01/10/2021) lalu.
 
 

Filed Manager PT Rekayasa Industri (Rekind), Zainal Arifin, saat beri keterangan. (foto: Dok Istimewa)

 
Saat ditanya apakah dengan prosentase tersebut dimungkinkan adanya pergeseran target waktu penyelesaianProyek J-TB. Zainal mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 tampaknya berpengaruh terhadap pekerjaan Proyek J-TB.
 
“Kami tetap berusaha maksimal dulu. Pengaruhnya besar masa pandemi ini. Terkait dengan performance tenaga kerja karena terbatas. Dia harus melakukan screening, harus melakikan vaksin, harus melakukan antigen setiap dua minggu sekali. Sehingga mereka harus aktif dulu mengikuti kegiatan antigen untuk memastikan dia tidak terkena COVID,” kata Zaenal.
 
 
Zainal juga menjelaskan bahwa target awal penyelesaian Proyek J-TB adalah 25 November 2021. Namun terdapat sejumlah kendala yang dihadapi, antara lain adanya equipment (peralatan) yang pengirimannya mengalami keterlambatan karena COVID-19.
 
 
"Kemarin banyak equipment yang terlambat datang ke Indonesia karena COVID sehingga pabrikasi di luar negeri sempat lockdown, terlambat, sehingga kami mundur pengirimannya. Sehingga pelaksanaannya juga akan mundur. Selain itu, beberapa equipment juga harus mengalami perubahan pengiriman dari sebelumnya menggunkan kapal, harus dengan pesawat. sehingga ongkosnya lebih tinggi lagi." tutur Zainal.
 
Untuk mengejar target penyelesaian tersebut, Zainal menyampaikan bahwa pihaknya harus melakukan dobel sif.
 
"Kita harus melakukan dobel sif, 24 jam. Jadi jam kerja sudah kami sesuaikan dari jam 7 sampe jam 8 malam dan jam 8 malam sampai jam 7 pagi. Jadi ada 2 sif, sif pagi dan sif malam. Untuk mengejar target, apalagi ini sudah mulai musim hujan. Jadi harus bisa menyiasatinya," kata Zainal.
 
 

General Manager Gas Project Jambaran-Tiung Biru (J-TB) PT Pertamina EP Cepu, Regional Indonesia Timur Zona 12 J-TB Subholding Upstream, Charles Tobing, saat beri keterangan. (foto: Dok Istimewa)

 
General Manager Gas Project Jambaran-Tiung Biru (J-TB) PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Regional Indonesia Timur Zona 12 J-TB Subholding Upstream, Charles Tobing menyampaikan perkembangan projek J-TB sampai saat ini progresnya telah mencapai lebih dari 90 persen.
 
"Kami bersama kontraktor Rekind, berupaya untuk terus bisa menyelesaikan proyek ini sesuai dengan waktu yang di tentukan. Memang sama-sama kita pahami saat ini pandemi COVID sudah mulai bisa terkendali. Tapi, kami terus senantiasa waspada terhadap COVID ini." kata Charles Tobing. Sabtu (09/10/2021)
 
Terkait pembayaran, PEPC telah melaksanakan kewajiban dan pembayaran tepat waktu kepada PT Rekayasa Industri (Rekind) selaku main kontraktor proyek Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB), sesuai dengan kontraktual.
 
"Kami berharap Rekind bisa melakukan tanggungjawabnya juga kepada para sub kon dan para vendor yang ada." tutur Charles Tobing.
 
Charles Tobing juga menjelaskan bahwa PEPC senantiasa menyampaikan informasi secara berkala dan terbuka terkait perkembangan Proyek J-TB.
 
"PEPC mengutamakan komunikasi yang baik dengan mitra kerja dan seluruh pihak yang terlibat sebagai salah satu stakeholder dari projek ini." kata Charles Tobing.
 
 
 
 
 

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, saat lakukan kunjungan kerja ke Proyek J-TB yang dioperatori oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) di Bojonegoro. Kamis (08/04/2021) (foto: Dok Istimewa)

 
Diberitakan sebelumnya, Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero), dipimpin Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih akrab dipanggil Ahok, pada Kamis (08/04/2021) melakukan kunjungan kerja ke Proyek Pengembangan Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) yang dioperatori yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur Sub Holding Upstream Pertamina.
 
Dalam kunjungan tersebut, Basuki Tjahaja Purnama berharap bahwa kegiatan Proyek J-TB dapat segera on-stream pada bulan November 2021, sehingga dengan target on-stream tersebut, diharapkan kebutuhan energi khususnya dari sektor gas dapat segera terakomodasi.
 
 
Untuk diketahui, Pertamina mengembangkan Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (J-TB) untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Kedepan, Proyek J-TB dapat menyumbangkan energi gas sebesar 192 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD) atau juta standar kaki kubik per hari (gas) pada masa produksi.
 
Proyek J-TB akan memberikan efek pengganda (multiplier effect) dalam memberikan pasokan gas bagi berbagai sektor industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
SKK Migas - Pertamina EP
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Peringatan tersebut diprakarsai oleh World Stroke Organization ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Eksis

Siswa SMAN 1 Bojonegoro Raih Medali Perak di Ajang Kompetisi Sains Nasional 2021

Farryzki Noor Thoriq

Siswa SMAN 1 Bojonegoro Raih Medali Perak di Ajang Kompetisi Sains Nasional 2021

Bojonegoro - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bojonegoro, kembali meraih prestasi yang sangat membanggakan sekaligus mengharumkan sekolah di ...

Infotorial

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Bojonegoro - Pembangunan berkelanjutan saat ini dipandang sebagai sebuah DNA bagi keberadaan perusahaan migas. Komitmen pembangunan berkelanjutan menjadi suatu keniscayaan ...

Berita Foto

Sinergi Pertamina dengan Masyarakat Desa

Berita Foto

Sinergi Pertamina dengan Masyarakat Desa

Bojonegoro - Senior Production Engineer Pertamina EP Sukowati Field, Hafis Anshari, di dalam waktu senggangnya Kamis (22/7/2021), bercengkrama dengan petani ...

Religi

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Bojonegoro - Jemaah atau warga Muhammadiyah di Kota Bojonegoro, pada Rabu (26/05/2021) malam atau usai sala magrib, menggelar salat gerhana ...

1642466275.1411 at start, 1642466275.4511 at end, 0.30999517440796 sec elapsed