News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Penerbangan Komersial Rute Jakarta-Blora Dapat Apresiasi dari Pimpinan Daerah Sekitar

Penerbangan Komersial Rute Jakarta-Blora Dapat Apresiasi dari Pimpinan Daerah Sekitar

Blora - Setelah mangkrak puluhan tahun dan setelah direvitalisasi sejak 2018 oleh Kementerian Perhubungan RI bersama Pemprov Jateng dan Pemkab Blora, kini Bandara Ngloram yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, resmi melayani penerbangan komersial dengan rute Halim Perdana Kusuma, Jakarta-Ngloram, Cepu, Blora.
 
Penerbangan pertama dari maskapai Citilink dilakukan Jumat (26/11/2021) dari Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram, Blora, menggunakan pesawat jenis ATR-72.
 
Setibanya di Ngloram, para penumpang disambut dengan pengalungan untaian bunga dan pertunjukan kesenian Barongan Blora. Sebelum memasuki terminal kedatangan, para tamu menyempatkan diri berfoto bersama dengan latar belakang pesawat Citilink.
 
Kedatangan penerbangan perdana ini juga di sambut oleh Wakil Bupati Blora, Bupati Grobogan, Bupati Rembang, perwakilan Bupati Bojonegoro, Tuban, dan Ngawi, bersama jajaran Forkopimda Blora.
 
 
Sesditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI, Nur Isnin Istiartono mengaku bangga atas beroperasinya kembali lapangan terbang di Kabupaten Blora ini.
 
Menurutnya, Bandara Ngloram bukan bandara baru, namun lapangan terbang khusus di tahun 1970-an yang non aktif di tahun 1984. Kemudian diaktifkan kembali oleh Pemerintah Pusat sebagai bandara komersial atau untuk umum.
 
"Selamat Pak Bupati dan jajarannya. Kami mewakili Pak Menteri Perhubungan sangat mendukung beroperasinya kembali bandara ini. Semoga bermanfaat untuk mendukung konektivitas daerah dan mempercepat pertumbuhan ekonomi," tutur Nur Isnin Istiartono.
 
 

Salah satu warga yang hendak pergi ke Jakarta, menggunakan penerbangan perdana dari Bandara Ngloram, Blora. Jumat (26/11/2021) (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu Bupati Grobogan, Sri Sumarni, dan Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang hadir secara langsung untuk menyambut penerbangan perdana turut mengungkapkan dukungannya pada Bandara Ngloram.
 
"Kami bersama Pak Bupati Rembang mengucapkan selamat kepada Blora atas beroperasinya Bandara Ngloram di Cepu. Tentunya ini tidak hanya untuk Blora saja, namun juga untuk daerah di sekitarnya termasuk Grobogan dan Rembang. Semoga semakin mewarnai pilihan transportasi bagi masyarakat dan membuka peluang investasi daerah," tutur Bupati Grobogan Sri Sumarni.
 
Sementara itu Hardy Classic, salah satu pengusaha interior mobil sukses di Jakarta merasa bangga bisa secepat ini pulang kampung.
 
"Dulu saya dari Jakarta ke Blora naik motor 20 jam, kemudian sejak ada tol sekitar 10 sampai 12 jam. Kini justru tinggal 1,5 jam sudah sampai Blora. Hebat Pak Bupati. Ini kemajuan untuk Blora, sejarah baru," tutur Hardy, diaspora asli Kecamatan Tunjungan, Blora.
 
 
Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pengaktivan kembali Bandara Ngloram dan pembukaan penerbangan perdana ini.
 
"Terimakasih kepada semua pihak, baik pusat maupun di daerah. Awalnya penerbangan ini akan ada subsidi dari pemerintah, namun atas berbagai masukan, akhirnya tidak jadi subsidi dan langsung dilempar ke masyarakat. Alhamdulillah penumpangnya tadi penuh dan ini nanti kembali ke Jakarta juga hampir penuh," tutur Bupati.
 
Menurut Bupati, Bandara ini tidak hanya milik Blora namun merupakan kado dari pemerintah pusat kepada beberapa kabupaten di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk itu pihaknya mengundang para pimpinan daerah di sekitar Blora.
 
"Ini merupakan akses transportasi udara untuk kawasan. Semoga bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi kawasan Blora, Rembang, Grobogan, Ngawi, Bojonegoro, dan Tuban. Kita optimistis kawasan ini akan menjadi pusat ekonomi baru. Apalagi banyak proyek strategis nasional di kawasan ini," tutur Bupati.
 
Masih menurut Bupati bahwa pihaknya masih punya PR lagi untuk memperpanjang landasan dan juga fasilitas-fasilitas lainnya.
 
"Kami mohon berkenan untuk Pak Sesditjen bisa bersinergi dengan Pemkab Blora. Kami berharap Pemprov Jawa Tengah untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di bandara ini," kata Arief Rohman.
 
 
Kepala Bandara Ngloram, Blora, Ariadi Widiawan mengatakan bahwa untuk sementara ini penerbangan baru dilaksanakan sepekan dua kali yakni Jumat dan Senin, pulagn pergi (PP).
 
“Untuk jam penerbangan dan harga tiketnya bisa dibuka langsung di aplikasi pembelian tiket pesawat.” tuturnya. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714126105.5208 at start, 1714126105.7788 at end, 0.2580029964447 sec elapsed