News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Kabupaten Bojonegoro Raih Penghargaan Kategori Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik Jatim

Kabupaten Bojonegoro Raih Penghargaan Kategori Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik Jatim

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, meraih penghargaan tertinggi dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Jawa Timur, untuk kategori Badan Publik Informatif Tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.
 
Penganugrahan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik "KI Award" 2021 tersebut digelar di Hotel Santika, Surabaya, Rabu (01/12/2021), dan dilaksanakann secara semi virtual.
 
 
Penganugrahan penghargaan tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim Imadoeddin dan Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Timur, A Nur Aminuddin. Sementara secara virtual dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati dan Walikota atau perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota se-Jatim, Kepala OPD, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Kepala Desa atau yang mewakili se-jawa Timur.
 
Adapun capaian Kabupaten Bojonegoro meraih kategori tertinggi (A) sebagai Badan Publik Informatif Terbaik Kedua tingkat Kabupaten/Kota se-Jatim, dengan kualifikasi penilaian antara 97-100, di mana Kabupaten Bojonegoro mendapat nilai 98.63.
 
 

Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Jawa Timur, untuk Kabupaten Bojonegoro sebagai Badan Publik Informatif Tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. (foto: dok istimewa)

 
Ketua KI Jatim Imadoeddin dalam sambutannya menuturkan, puncak rangkaian penganugrahan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik "KI Award" 2021 ini merupakan agenda rutin KI Provinsi Jawa Timur.
 
Selain itu juga merupakan amanah dari Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Komisi Informasi yang saat ini masih menggunakan peraturan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010. Namun, untuk ke depannya, dasar penilaian instrumen yang digunakan akan berpedoman pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021, tentang Standar Pelayanan Informasi Publik.
 
"Kita akan berkolaborasi dengan Pemprov Jatim untuk kemudian penyampaian piala maupun piagam penghargaan pada masing-masing pemenang di masing-masing badan publik yang sudah ditentukan siang hari ini," tutur Ketua KI Jatim Imadoeddin.
 
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono mengatakan, bahwa Gubernur Jawa Timur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap jajaran KI Provinsi Jatim yang terus berupaya untuk memberikan edukasi terkait keterbukaan informasi pada seluruh badan publik yang ada di lingkungan Pemprov Jatim.
 
"Kegiatan penganugrahan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi badan publik untuk terus berbenah dalam mewujudkan KIP sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP," ucapnya.
 
Menurut Hudiyono, KIP menjadi hal yang sangat penting untuk mewujudkan good government dalam mendorong tata kelola pemerintah yang baik, transparan, partisipatif dan akuntabel. KIP dinilai menjadi faktor utama dalam menyelenggarakan pelayanan publik berkualitas. Ditambah lagi dengan modernisasi teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat.
 
"Melihat hal tersebut, pemerintah dituntut membuka diri kepada masyarakat untuk memberikan informasi dan kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana saja." kata Hudiyono.
 
Hudiyono  menambahkan bahwa tujuan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP telah sangat jelas dan tegas mengatur hak dan kewajiban badan publik dalam melakukan KIP.
 
"Maka, tidak ada alasan bagi badan publik baik itu pemprov, pemkab, pemdes, KPU, dan Bawaslu, untuk tidak menjalankan badan publik yang enggan mematuhi UU KIP." kata Hudiyono.
 
 
Sementara itu, Kabid PIKP Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro Nanang Dwi Cahyono, selaku Perwakilan Pemkab Bojonegoro yang hadir dalam penganugerahan penghargaan tersebut menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi luar biasa kepada Pemkab Bojonegoro.
 
"Ibu Bupati berpesan, tetap semangat dalam melayani masyarakat dan mengukir prestasi. Penganugrahan dari Komisi Informasi ini sebagai bukti nyata adanya transparency and government accountability di Pemkab Bojonegoro," kata Nanang. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714154473.7364 at start, 1714154473.9665 at end, 0.23009300231934 sec elapsed