News Ticker
  • Bom yang Ditemukan di Blora Berhasil Diledakkan Unit Penjinak Bom Polda Jateng
  • Identifikasi Benda Diduga Bom yang Ditemukan di Blora Tunggu Tim Jihandak Polda Jateng
  • Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan Warga Blora
  • Penerbangan Wings Air dari Bandara Ngloram ke Pondok Cabe Dibuka Setiap Jumat
  • Penerbangan Pondok Cabe-Ngloram Diharapkan Jadikan Kawasan Blora dan Sekitarnya Makin Berkembang
  • Hari Ini, Wings Air Lakukan Penerbangan Perdana dari Bandara Pondok Cabe ke Ngloram, Blora
  • EMCL Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Bojonegoro
  • Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan
  • Gugatan Sementara Ditangguhkan, Luas Lahan Objek Wisata Pantai Semilir Tuban Diukur Ulang
  • Idap Penyakit Komplikasi, Bocah 9 Tahun di Blora Ini Alami Gagal Tumbuh
  • 2 Pelaku Penganiayaan yang Viral di Parengan, Tuban Terancam 5 Tahun Penjara
  • Polres Tuban Berhasil Ungkap 7 Kasus Pencurian dengan 11 Tersangka
  • Cabuli Tetangganya yang Masih di Bawah Umur, Pria di Tuban Ditangkap Polisi
  • Bupati Blora Dorong Ruwatan Suran Ageng Sedulur Sikep Karangpace Jadi Event Tahunan
  • Menteri Perdagangan Siap Dukung Peningkatan Produk Ekspor Blora
  • Jelang Agustusan, Bupati Blora Dukung Gerakan Pemasangan 10 Juta Bendera Merah Putih
  • KPU Bojonegoro Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022
  • Para Pelaku Industri Migas Indonesia Apresiasi Perempuan Perajut Bojonegoro dan Tuban
  • Tabrakan 2 Truk di Kalitidu, Bojonegoro, Seorang Pengemudi Luka-luka
  • Mutasi Pejabat Polres Blora, Kasat Reskrim dan Kasat Lantas Diganti
  • Petani Lokal Bojonegoro Jalin Kerja Sama Pasok Beras untuk Katering di Lapangan Minyak Banyu Urip
  • Menparekraf Sandiaga Uno Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan STEBIA Bojonegoro
  • Anggota Dewan Pers, Sapto Anggoro, Ajak Insan Pers Berjuang dan Kritisi RKUHP
  • Berkunjung ke Bojonegoro, Menparekraf Sandiaga Uno Beri Motivasi Pelaku Ekonomi Kreatif

Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora

Blora - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (05/01/2022), kembali melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora untuk meresmikan salah satu proyek strategi nasional (PSN) yakni Bendungan Randugunting, di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora
 
Bendungan Randugunting, memiliki kapasitas tampung air sebanyak 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektare sawah.
 
Bendungan ini mulai dibangun tahun 2018 dan selesai di awal 2022, dengan biaya dari APBN tahun jamak 2018-2022 dengan nilai kontrak sebesar Rp 880 miliar.
 
 
Kedatangan Presiden menggunakan heli super puma TNI AU di helipad Bendungan Randugunting bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Ganjar Pranowo, Pangdam dan Kapolda Jateng, disambut Bupati H Arief Rohman SIP MSi, dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM.
 
Selain dari Blora, Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi, Bupati Rembang H Abdul Hafidz, juga ikut menyaksikan peresmian bendungan Randugunting.
 
Setibanya di Bendungan Randugunting, Presiden langsung melakukan pelepasan ikan nila di dermaga bendungan dilanjutkan menyeberang ke dermaga dua menggunakan perahu naga, untuk melaksanakan penanaman pohon jati, baru kemudian melakukan peresmian Bendungan Randugunting yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.
 
Tidak hanya Bendungan Randugunting, di lokasi yang sama Presiden juga menandatangani prasasti peresmian Embung Kedungsambi yang berada di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.
 
"Alhamdulillah hari ini kami bisa hadir ke Blora lagi. Bendungan ini bisa segera dimanfaatkan. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sekitar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Pati dan Rembang," kata Presiden Jokowi.
 
 
Presiden berharap dengan selesainya waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini ketahanan dan kemandirian pangan nasional akan semakin baik.
 
"Kunci dari ketahanan pangan adalah air. Dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya," kata Presiden Jokowi.
 
Tak hanya itu keberadaan Bendungan Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora.
 
"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirohhim waduk Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan," tutur Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR, Gubernur, dan Bupati Blora.
 
Presiden juga berkesempatan melakukan dialog bersama perwakilan petani yang akan mendapatkan manfaat dari keberadaan Bendungan Randugunting.
 
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat meresmikan Bendungan Randugunting, di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Rabu (05/01/2022) (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menerangkan bahwa pekerjaan fisik bendungan dengan kapasitas tampung 14,43 juta meter kubik ini telah rampung lebih cepat 10 bulan dari jadwal kontrak yang seharusnya berakhir pada November 2022.
 
“Bendungan ini bisa selesai lebih cepat 10 bulan dari kontrak yang jatuh pada tahun 2022. Bendungan ini sudah sejak tahun 1990-an direncanakan untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan sekitarnya.
 
Pada pembangunan dapat dikerjakan pada 2018 dan selesai di awal 2022 tanpa kendala teknis untuk konstruksi dan sosial dalam pembebasan lahan.
 
"Kita tahu bahwa Blora dan sekitarnya ini termasuk rawan atau langka air. Nantinya bendungan ini bisa memberikan suplai air baku 200 liter per detik dan irigasi 670 hektare, selain juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata,” tutur Menteri Basuki.
 
Pembangunan Bendungan Randugunting berada di bawah tanggungjawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air, Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya - PT Andesmont Sakti (KSO) dengan biaya APBN 2018-2022 dengan nilai kontrak sebesar Rp 880 miliar.
 
 
Selain penyediaan air baku dan irigasi, Bendungan Randugunting dengan luas genangan 187,19 hektare juga akan berfungsi untuk mereduksi banjir sebesar 75 persen atau sebesar 81 meter kubik per detik dengan pengurangan luas areal terdampak banjir dari 4.604 hektare menjadi 2.285 hektare.
 
Menteri Basuki menambahkan Bendungan Randuguting juga memiliki potensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan sistem solar panel. 
 
“Bendungan ini memiliki potensi untuk solar energi. Jadi kita akan coba memasang floating solar panel di bendungan. Saat ini kita punya 231 bendungan, jika ditambah 61 bendungan yang akan selesai 2024, kita akan punya 292 bendungan. Jika semua kita pasang floating solar panel, energi terbarukan akan bisa berkembang dari bendungan,” tutur Menteri Basuki.
 
 

Bendungan Randugunting, di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Rabu (05/01/2022) (foto: dok istimewa)

 
Bupati Blora Arief Rohman mengucapkan terimakasih sekaligus rasa bangganya atas hadirnya kembali Presiden Jokowi ke Kabupaten Blora untuk meresmikan proyek nasional.
 
“Maturnuwun, terimakasih Pak Presiden Jokowi, Pak Menteri PUPR, Gubernur dan rombongan atas kehadirannya di Blora. Bendungan ini meskipun terletak di Blora, namun manfaatnya dapat dirasakan juga oleh Pati dan Rembang. Ini merupakan bukti bahwa pembangunan dilaksanakan atas azas kebermanfaatan yang melebihi batas wilayah. Semangat pembangunan kawasan,” tutur Bupati Arief.
 
 
Saat ini, pihaknya mengaku juga sedang mengawal proses satu bendungan lagi yang akan dibangun di Blora wilayah selatan, yang mana selama ini wilayah Blora bagian selatan juga selalu susah air ketika kemarau, yakni Bendung Gerak Karangnongko yang akan membendung Sungai Bengawan Solo.
 
“Kami sangat berharap nanti Bapak Presiden dan Menteri PUPR bisa membantu kami. Keberadaan bendung gerak Karangnongko ini nanti akan memberikan manfaat juga bagi beberapa kabupaten, tidak hanya Blora saja, namun Bojonegoro, Ngawi, bahkan Tuban,” kata Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.
 
Usai berkunjung di Blora, Presiden dan rombongan kemudian terbang kembali menggunakan heli super puma TNI AU menuju Semarang untuk meresmikan pembangunan Pasar Johar. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Berita Video

Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Tuban - Sebuah rekaman video memperlihatkan perkelahian antara dua orang pengemudi, di Jalan Pantura, turut Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Peringatan tersebut diprakarsai oleh World Stroke Organization ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Sosok

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Wahyu Agung Nugroho

Penerima Ganti Rugi Terbesar Perluasan Bandara Ngloram Sebesar Rp 2 Miliar

Blora - Pembebasan lahan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah saat ini sudah memasuki ...

Berita Foto

Foto Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora

Berita Foto

Foto Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora

Blora - Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan warga sekitar terus melakukan pencarian terhadap serpihan pesawat tempur T-50i Golden ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Religi

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro Akan Gelar Salat Iduladha 9 Juli 2022

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro Akan Gelar Salat Iduladha 9 Juli 2022

Bojonegoro - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bojonegoro, akan menggelar Salat Iduladha 1443 Hijriah pada Sabtu 9 Juli 2022. Khusus ...

Wisata

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Desa Bangsri, Blora Luncurkan Agrowisata Petik Buah Semangka

Blora- Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora untuk menyejahterakan masyarakat patut diacungi ...

1659928999.6029 at start, 1659928999.8975 at end, 0.29466199874878 sec elapsed