News Ticker
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 6
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 5
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 4
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 3
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 2
  • Berikut ini Caleg yang Diperkirakan Lolos Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 1
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 6
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 5
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 4
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 3
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi, Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 2
  • Berikut ini Estimasi Perolehan Kursi Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Bojonegoro Dapil 1
  • Kasus Dugaan Korupsi Mobil Siaga Desa di Bojonegoro, Kejari Panggil Sejumlah ‘Sales’ Mobil
  • Sesosok Mayat Perempuan Ditemukan di Area Persawahan Kalitidu, Bojonegoro
  • Kecelakaan di Sukosewu, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal di TKP
  • Tenggelam di Embung, Seorang Bocah di Sumberrejo, Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Ratusan Peserta Ikuti Pesta Siaga Kwarcab Blora
  • Dirut Perum Bulog Serahkan Bantuan pada Korban Kebakaran Pasar Ngawen, Blora
  • Kunjungi Blora, Dirut Bulog Pastikan Utamakan Beras Lokal
  • Bawaslu Blora Rekomendasi 18 TPS untuk Dilakukan Penghitungan Ulang
  • Bawaslu Blora Rekomendasikan Penghitungan Suara Ulang di 8 TPS
  • Bupati Lantik 7 Pejabat Eselon II di Linkungan Pemkab Blora
  • Bupati Harap Pembangunan Bendungan Cabean, Todanan, Blora Bisa Dipercepat
  • Warga Desa Karangdinoyo, Sumberrejo, Bojonegoro Tangkap Seekor Ular Piton Sepanjang 3,5 Meter
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Beri Apresiasi Program Bojonegoro Peduli Emisi Karbon

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Beri Apresiasi Program Bojonegoro Peduli Emisi Karbon

Bojonegoro – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) dalam upaya penurunan emisi karbon melalui Program Adibuana Carbon Award 2023.
 
Hal tersebut disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Penganugerahan Adibuana Carbon Award 2023 yang digelar di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Kamis (14/09/2023).
 
“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemerintah Daerah [Pemkab Bojonegoro] dan BUMD [PT Asri Dharma Sejahtera] atas terselenggaranya acara dan agenda carbon award tersebut,” tutur Siti Nurbaya Bakar.
 
 
Siti Nurbaya juga menyampaikan bahwa BUMD cukup strategis dalam mengajak masyarakat untuk bekerja dalam hal mitigasi dan adaptasi iklim.
 
“Yang tentu dalam hal ini kita mengharapkan bahwa akan ada reward atau hasil dari nilai ekonomi dari karbon, dari hasil kerja keras masyarakat, yang kita sebut nilai ekonomi karbon,” tutur Siti Nurbaya.
 
Di akhir sambutannya, Menteri Siti Nurbaya mengajak masyarakat desa dalam agenda Program Kampung Iklim di Desa di Kabupaten Bojonegoro. “Itu betul-betul langkah strategis dan kami sangat mendukung.” tutur Siti Nurbaya.
 
 

Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional KLHK Wahyu Marjaka saat memberikan sambutan dalam acara Penganugerahan Adibuana Carbon Award 2023, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Kamis (14/09/2023).

 
 
Hal senada juga disampaikan Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wahyu Marjaka.
 
“Ini merupakan aksi konkret, jika tidak dilakukan upaya penurunan emisi gas rumah kaca, ada banyak potensi bencana yang mengancam. Semoga kesuksesan Adibuana Carbon Award mendorong daerah lain untuk melakukan hal serupa,” kata Wahyu Marjaka.
 
 

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, saat memberikan penghargaan kepada pemenang Adibuana Carbon Award 2023, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Kamis (14/09/2023).

 
 
Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, dalam sambutannya menuturkan bahwa sejak awal Pemkab Bojonegoro berkomitmen untuk mewujudkan Bojonegoro zero emission carbon. Menurutnya untuk mewujudkan komitmen tersebut tidak sulit jika seluruh pihak sadar dan terlibat dan dalam 37 tahun lagi Bojonegoro zero emission carbon akan dapat terwujud.
 
“Ini sangat mudah jika semua pihak terlibat dan menyadari rencana ini. Semoga ikhtiar kita ini bisa terencana dan terlaksana. Dan semoga bisa memberikan kesejukan bagi Bojonegoro dan sekitarnya,” tutur Bupati Anna Mu’awanah.
 
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro Dandy Suprayitno menyampaikan bahwa tiap generasi harus turut serta dalam satu gerakan langkah untuk memitigasi perubahan iklim dengan aksi nyata.
 
“DLH selaku Pemerintah Daerah memberikan kebijakan program berbasis lingkungan, PT ADS selaku Badan Usaha Milik Daerah mendukung penuh pelaksanaan program, masyarakat dan generasi mudanya juga bergotong-royong bersama menyukseskan program lingkungan,” kata Dandy
 
 
 

Direktur Utama PT ADS Muhammad Kundori, saat memberikan penghargaan kepada pemenang Adibuana Carbon Award 2023, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Kamis (14/09/2023).

 
Direktur Utama PT ADS Muhammad Kundori menyampaikan bahwa di tengah isu iklim dunia yang sedang tidak baik-baik saja akibat gelombang El-nino yang kian memuncak dan berakibat pada kekeringan, krisis air bersih, dan maraknya wabah penyakit, maka sepatutnya seluruh elemen bergerak bersama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta bersama mewujudkan lingkungan yang tinggi serapan karbon.
 
Kundori menambahkan bahwa sebagai mitra kolaborator Pemkab Bojonegoro, PT Asri Dharma Sejahtera menekankan komitmen Good Corporate Governance dalam pelaksanaan terhadap dukungan inisiatif yang dijalankan oleh Pemkab Bojonegoro melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang berkelanjutan.
 
“Sebagai Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Bojonegoro yang core bisnisnya pengelolaan Investasi Participating Interest (PI) Blok Cepu, sudah sepatutnya menyambut baik kolaborasi yang diinisiasi Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Lingkungan Hidup” ujar Kundori.
 
 
Sekadar diketahui, salah satu strategi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam upaya pengendalian perubahan iklim adalah melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2022 tentang Tata Laksana Penerapan Nilai Ekonomi Karbon.
 
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro turut berkomitmen dalam upaya tersebut melalui peningkatan serapan karbon. Komitmen ini diwujudkan dalam program Bojonegoro peduli emisi karbon dengan memberikan apresiasi atas upaya kontribusi dan aksi mitigasi perubahan iklim melalui Adibuana Carbon Award 2023.
 
Program Bojonegoro peduli emisi karbon ini melibatkan seluruh desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro atau sejumlah 430 desa, dan telah dipilih 30 penerima penghargaan Adibuana Carbon Award dengan 10 kategori penyerapan emisi karbon tinggi, 10 kategori penyerapan emisi karbon sedang, dan 10 kategori penyerapan emisi karbon cukup.
 
Kolaborasi ini merupakan kerja sama antara pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro dan PT Asri Dharma Sejahtera sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) selaku mitra kolaborator yang mendukung penuh pelaksanaan Bojonegoro Peduli Emisi Karbon. (ads/imm)
 
Reporter: Rina Handayani
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Blora- Sejumlah musisi terbaik tanah air dan artis sinetron memeriahkan Karnaval SCTV yang digelar selama dua hari di Lapangan Kridosono,Blora, ...

1709402082.5409 at start, 1709402084.8913 at end, 2.3503229618073 sec elapsed