News Ticker
  • Forkopimda Blora Gelar Apel Patroli Keamanan Sekolah dan Launching Jawa Tengah Zero Bullying
  • Penerimaan Cukai Hasil Tembakau di Bojonegoro Tahun 2024 Ditargetkan Meningkat
  • Ratusan Siswa Usia Dini di Blora Ikuti Penjaringan Bakat Cabor Angkat Besi dari Kemenpora
  • KPPN Bojonegoro Sampaikan Capaian Kinerja APBN Semester Satu 2024
  • Kemenpora RI Lakukan Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi di Kabupaten Blora
  • Hingga Juli 2024, Kejaksaan Negeri Bojonegoro Tangani 3 Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi
  • Kejaksaan Negeri Bojonegoro Sampaikan Laporan Kinerja Januari hingga Juli 2024
  • Kecelakaan di Balen, Bojonegoro, Seorang Pembonceng Motor Meninggal Dunia
  • Pasangan Arief Rohman-Sri Setyorini Resmi Kantongi Rekom dari PSI pada Pilkada Blora 2024
  • Parade Reog dan Jaranan Awali Pembukaan Bojonegoro Thengul International Folklore Festival
  • Bojonegoro Thengul International Folklore Festival Dihadiri Perwakilan 8 Negara Asing
  • Bojonegoro Gelar Thengul International Folklore Festival
  • Hendak Potong Pohon, Warga Balen, Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik
  • Bupati Arief Sambut Kepulangan Kloter Terakhir Jemaah Haji Blora
  • Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Gondang, Bojonegoro Terbakar, Kerugian Capai Rp 250 Juta
  • Polisi Amankan 9 Tersangka Penganiayaan yang Akibatkan Korban Meninggal di Kanor, Bojonegoro
  • Polisi Temukan Dugaan Pidana dalam Kecelakaan yang Akibatkan Korban Meninggal di Kanor, Bojonegoro
  • Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto Berikan Bonus ke Sejumlah Pemuda Berprestasi
  • Perkuat Komitmen, Sekretariat PPK di 16 Kecamatan di Blora Tandatangani Pakta Integritas
  • Pemkab Blora Telah Anggarkan Pembangunan Sejumlah Ruas Jalan di Tahun 2024
  • Usai Membela Timnas U-16, Pemain Sepak Bola asal Bojonegoro, Fadly Alberto Kembali ke Sekolah
  • Hadiah Rumah untuk Pemain Timnas U-16 asal Bojonegoro, Fadly Alberto, Diserahterimakan
  • Kecelakaan di Jembatan Glendeng Bojonegoro, Seorang Balita Meninggal Dunia Terlindas Truk
  • Polisi Selidiki Dugaan Pidana dalam Kecelakaan yang Akibatkan Korban Meninggal di Kanor, Bojonegoro
Industri Semen Kompetitif, SIG Budayakan Ciptakan Inovasi

Industri Semen Kompetitif, SIG Budayakan Ciptakan Inovasi

Tuban-Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen menjadi perusahaan penyedia bahan bangunan terkemuka di tingkat regional. Salah satu caranya dengan terus mendorong karyawannya untuk melakukan inovasi dalam berbagai bidang.

Hal tersebut disampaikan oleh Human Capital & General Affair Director SIG, Agung Wiharto pada SIG Innovation Award 2023 yang digelar di Ruang Auditorium Lantai 2 Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG) Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (20/09/2023).

“Saat ini perkembangan industri semen sangat luar biasa, banyak perusahaan semen asing dan swasta yang berdiri di negeri kita ini. Sehingga, untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat saat ini kita harus selalu berinovasi,” ungkapnya di depan ratusan inovator.

Agung Wiharto, mengungkapkan bahwa banyak perusahaan yang gagal bersaing karena enggan melakukan inovasi yang berakhir dengan kolaps. Kemudian dia mencontohkan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang elektronik yang persaingannya sangat dinamis.

“Jangan sampai kita kalah bersaing karena puas dengan kondisi kita saat ini. Perusahaan semen sekarang jangan disamakan dengan 10 atau 15 tahun yang lalu. Sangat jauh perbedaannya,” tandas Agung.

Menurutnya, dalam konteks transformasi Sumber Daya Manusia (SDM), inovasi adalah suatu keharusan karena membuat bisnis lebih hemat, cepat, mudah, dan melangkah jauh agar menjadikan perusahaan lebih sustain dan tetap tumbuh. “Melalui inovasi-inovasi yang dicetuskan karyawan perusahaan dapat memperoleh efisiensi yang cukup besar dalam jangka panjang,” ujarnya

Pada kesempatan itu, EVP of Plant Operational SIG GHoPO Tuban, Muchamad Supriyadi juga menyampaikan, dengan innovation award ini, penghargaan yang dilakukan oleh perusahaan merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan semangat bagi seluruh insan SIG untuk tak henti-hentinya melakukan inovasi atau improvement.

“Inovasi yang telah dilakukan oleh insan SIG ini bukan yang rencana akan dilakukan melainkan sesuatu yang telah berhasil dilakukan untuk kebaikan perusahaan. Dan semoga ke depan akan lebih banyak lagi inovator-inovator  yang tumbuh dari SIG,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, GM of Corporate Learning & Development SIG, Muhamad Ikrar menerangkan bahwa kegiatan innovation Award bagi para inovator ini telah dilaksanakan sejak tahun 2010. Kegiatan ini bertujuan untuk memacu semangat karyawan untuk terus berinovasi dan menumbuhkan ide-ide baru demi keberlangsungan perusahaan.

“Pada tahun ini, jumlah inovator yang terdaftar sebanyak 720 peserta dari internal SIG, baik yang berada di Gresik, Tuban, dan Jakarta. Untuk judul inovasi ada 200 judul. Dan inovasi pada tahun ini mengalami kenaikan 17% dibandingkan tahun lalu,” terangnya.

Lebih lanjut Muhamad Ikrar menyampaikan bahwa untuk para inovator yang mendapatkan juara nantinya akan diikutkan pada kompetisi inovasi SIG Group. Kemudian yang mendapatkan juara pertama akan diikutkan untuk mengikuti ajang inovasi tingkat nasional. Apabila lolos akan dilanjutkan pada ajang internasional. “Untuk yang lolos inovasi tahun ini saya ucapkan selamat, dan yang belum lolos untuk terus semangat dan mengikuti kompetisi inovasi lagi di tahun depan,” tandasnya.

Diketahui, pada SIG Innovation Award tahun 2023 ini kategori Teknologi & Inovasi juara pertama diperoleh tim Wisanggeni dengan judul Optimasi Kinerja Pembakaran Kiln Melalui Prediksi Freelime. Untuk kategori Managemen juara pertama diperoleh tim Hybrid D’motions dengan judul Implementasi Hybrid Operation Management Model untuk Mencapai Efisiensi Biaya Pemeliharaan dengan Studi Kasus pada Efisiensi Biaya Pemakaian Firebrick Senilai Rp. 101 M dalam Waktu 2 Tahun.

Untuk kategori Gugus Kendali Mutu – Office juara pertama diperoleh tim Progressive Lab dengan judul Automation XRD Test with LAUNCH Methode for Ecellenct Analysis, sedangkan kategori Gugus Kendali Mutu – Plant juara pertama diperoleh tim Set Limits dengan judul Optimasi Pemakaian Generated Steam dengan Menurunkan Batas Syncron & Unsyncron Generator WHRPG.

Kategori Proyek Kendali Mutu – Office juara pertama diperoleh tim  SIG Kiln Academy dengan judul Upskilling Central Room Operator (CRO) Kiln and Reskilling Future CRO Kiln Program Through Learning Based Simulation (Gamification) in SIG Group for 6 Months. Kategori Proyek Kendali Mutu – Plant juara pertama diperoleh tim PKM by Pass dengan judul Modifikasi Chute 243BC5 untuk Saving Maintenance Cost Sebesar 2,9% dan Electricity Sebesar 18.000 Kwh Selama 30 Minggu.

Selanjutnya Kategori Sistem Saran – Office juara pertama diperoleh tim Karya Citra Mandiri II dengan judul Digitalisasi Navigasi Pemetaan dan Mapping Peta Pertambangan SIG dengan Aplikasi Avenza Maps. Dan Kategori Sistem Saran – Plant juara pertama diperoleh tim Ndependman dengan judul Menghilangkan Potensi Kerusakan DS dan NDS Trafo Line 1 Akibat Short Circuit yang Terjadi karena Tidak Ada Interlock Proteksi Pengoperasin  DS dan NDS  Lewat Panel Control Sebesar 100% dengan Cara Penambahan Wiring Control Selama 1 Tahun.

Sedangkan, pada SIG Innovation Award 2023 Best of The Best diperoleh tim PKM by Pass dengan judul Modifikasi Chute 243BC5 untuk Saving Maintenance Cost Sebesar 2,9% dan Electricity sebesar 18.000 Kwh selama 30 Minggu. (*/toh)

Naskah ini diproduksi oleh Humas PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)

Editor: Mohamad Tohir

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Bojonegoro - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro terima pelimpahan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan bantuan keuangan khusus desa (BKKD) tahun ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Bulan Muharam, Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Bulan Muharam, Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Tanggal 07 Juli 2024, merupakan hari yang cukup istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, karena hari itu bertepatan dengan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

16 Finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 Uji Talenta

16 Finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 Uji Talenta

Blora - Sebanyak 16 finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora tahun 2024, beradu kemapuan di Lapangan Tuk Buntung Kecamatan ...

1721888141.4391 at start, 1721888141.7044 at end, 0.26532793045044 sec elapsed