News Ticker
  • Diduga Bunuh Diri, Mr X Ditemukan Meninggal Tertabrak Kereta Api di Kalitidu, Bojonegoro
  • Kecelakaan di Kalitidu, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia di Rumah Sakit
  • Ratusan Penyandang Disabilitas di Blora Ramaikan Program Talent Scouting NPCI
  • Wisata Petik Melon di Agrowisata Girli Farm Blora, Tak Sampai 5 Hari Sudah Ludes Terjual
  • Pekerja Lapangan Banyu Urip, Bojonegoro Berbaur dengan Warga Sebagai Relawan Kurban
  • 123 Atlet Popda Kontingen Blora Dilepas, Ini Pesan Bupati Arief
  • Masjid Moetiah Blora, Manfaatkan Daun Jati untuk Bungkus Daging Kurban
  • Momentum Iduladha, Bupati Blora Ingatkan Hikmah Berkurban dan Doakan Jemaah Haji
  • Mendahului Pemerintah, Ratusan Warga di Bojonegoro Gelar Salat Iduladha Hari Ini
  • Diduga Korsleting Listrik, Warung dan Rumah Warga Ngambon, Bojonegoro Terbakar
  • Diterjang Angin Kencang, Sejumlah Rumah Warga Ngasem, Bojonegoro Rusak hingga Roboh
  • Seorang Pekerja Cucian Mobil di Sumberrejo, Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik
  • DLH Blora Bersama Masyarakat Cepu Gelar Aksi Bersih-bersih Sungai Ronggolawe
  • Usai Dibangun, Terminal Bus Cepu, Blora jadi Terminal Terbaik di Perbatasan Jateng-Jatim
  • Hendak Perbaiki Lampu Kandang, Warga Sumberrejo, Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik
  • Hendak Salat, Seorang Pedagang Karpet Keliling di Kedungadem, Bojonegoro Meninggal
  • Perangkat Desa Pelaku Pembacokan di Kalitidu, Bojonegoro Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara
  • Inilah 5 Anggota Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro Periode 2024-2029
  • Seorang Perangkat Desa di Kalitidu, Bojonegoro Bacok Adik Iparnya hingga Luka-luka
  • Kasus Pencurian Ayam, Kejaksaan Bojonegoro Terbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan
  • Ketua DPRD Blora Hibahkan Satu Hektare Tanah milik Pribadi untuk Dijadikan Sekolah
  • Rumah Warga Ngraho, Bojonegoro Terbakar, 3 Ekor Sapi Turut Terpanggang Api
  • Pemkab Blora Perbaiki Akses Jalan Menuju Desa Wisata Bangowan
  • Ratusan Peserta Duta Wisata Blora 2024 Ikuti Tes Tulis
Bangkitkan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Seni Musik SD

Bangkitkan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Seni Musik SD

PENDIDIKAN karakter merupakan hal yang krusial dan wajib untuk dimiliki setiap manusia. Hal ini dimaksudkan karena pendidikan karakter adalah suatu proses pembelajaran yang memungkinkan anak, remaja, maupun orang dewasa untuk memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etika, seperti sopan-santun, keadilan, kebajikan sipil, dan kewarganegaraan, serta tanggung jawab pada diri sendiri dan terhadap manusia lain.
 
Pendidikan karakter juga mengajarkan kebiasaan dalam pikiran dan perbuatan untuk hidup bersama dengan orang lain sebagai keluarga, teman, tetangga, masyarakat, bangsa, dan negara.
 
Untuk membangkitkan karakter dalam jiwa manusia dapat dimulai dari pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Namun hal ini tidak hanya melewati Pendidikan Pancasila saja, melainkan dapat melalui pendidikan seni, salah satunya seni musik.
 
 
Dalam dunia pendidikan, seni memberikan pengaruh penting terhadap perkembangan mental maupun fisik siswa. Bahkan, dengan pendidikan seni, perilaku siswa dapat terbentuk ke arah yang lebih baik karena seni dapat mengenalkan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat kepada siswa.
 
Salah satu cabang pendidikan seni yang sangat berpengaruh yaitu seni musik, di mana musik dapat membawa seseorang kembali ke berbagai masa sehingga orang tersebut dapat memposisikan perilaku sesuai masa itu.
 
Adele, seorang penyanyi ternama, pernah mengatakan di majalah Time, Desember 2015, bahwa musik merupakan ungkapan kegelisahan manusia terhadap masa lalu, masa kini, dan masa depan. Musik adalah bagian dari jalan hidup manusia. Musik merupakan sebuah seni yang memberi warna tersendiri dalam kehidupan manusia.
 
Bahwa manusia tidak bisa lepas dari musik, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Setiap umur dalam kehidupan ini pasti merasakan manfaat dari adanya musik. Hal ini dapat dikatakan begitu karena musik dan manusia itu adalah satu kesatuan. Diri manusia yang hidup dan musik memiliki keterkaitan satu sama lain.
 
Bisa dikatakan seperti itu karena kehidupan manusia terdiri dari berbagai elemen, begitu pun juga musik yang memiliki beberapa elemen seperti melodi, ritme, harmoni, dan warna suara dengan segudang manfaatnya. Elemen-elemen yang dimiliki musik mempunyai banyak manfaat untuk hidup manusia. Dalam kehidupannya, kebudayaan manusia hampir selalu memunculkan keberadaan musik. Karena terkait dengan kehidupan manusia, musik pun terkait dengan karakter manusia.
 
Dengan begitu salah satu manfaat musik yaitu mengubah dan membangkitkan pendidikan karakter manusia. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila manusia bisa menangkap dan memaknai musik, tanpa terlebih dahulu mempelajarinya secara kognitif.
 
 
Dengan musik materi pendidikan akan lebih mudah untuk diserap oleh siswa, hal ini sangat cocok untuk diterapkan mulai dari siswa pendidikan di SD. Penjelasan tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang disampaikan oleh Guru SD Negeri Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Didie Yunanton SPd pada Sabtu (23/09/2023).
 
“Seni musik sangat membantu penanaman karakter siswa, di samping untuk memudahkan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dalam memudahkan penghafalan atau pemahaman siswa,” tuturnya
 
Pendidikan seni musik di sekolah adalah bentuk nyata dalam membangkitkan dan membentuk karakter bangsa yang berbudaya, cinta tanah air, kreatif, kerja sama, disiplin, dan tanggung jawab.
 
Pendidikan musik bukan hanya sekadar untuk memancing siswa semangat dalam belajar namun juga membangkitkan pendidikan karakter siswa. Tujuan pendidikan musik untuk membentuk dan membina kepribadian siswa. Kepekaan estetis atau kepekaan terhadap keindahan dan nilai-nilai positif dari kegiatan musik diharapkan dapat membina perilaku, sikap dan watak siswa. Seni musik membentuk disiplin, toleransi, sosialisasi, sikap demokrasi yang meliputi kepekaan terhadap lingkungan.
 
Berdasarkan jurnal yang ditulis Adi Putra Panjaitan yang berjudul Kekuatan Musik Dalam Pendidikan Karakter ia menuliskan bahwa dalam cita-cita yang muncul dari Paideia Yunani, Humanitas Romawi, dan pedagogi kristiani, pendidikan karakter seseorang ditempa melalui pengajaran musik.
 
Pendidikan karakter melalui musik terinspirasi oleh pandangan Pytagoras mengenai pentingnya musik demi keharmonisan jiwa. Dikatakannya, dengan pembelajaran musik seseorang dapat memahami makna keteraturan, keindahan, dan kehalusan jiwa, sehingga secara tidak langsung karakter seseorang pun dibentuk untuk menampakkan kebaikan. Musik memiliki daya transformatif, dan kekuatan transformatif ini dapat mengarahkan serta mengubah karakter manusia yang mendengarkannya.
 
“Pendidikan seni musik akan menjadikan karakter siswa akan lebih kreatif, kemudian mandiri, nasionalisme, religius dan lain sebagainya,” ujar Bapak Didie Yunanton SPd.
 
 
Pendapat yang hampir sama juga disampaikan oleh beberapa rekan guru SD lain, salah satunya Murkilah SPd, Kepala Sekolah SD Negeri Ngaliyan 03, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, saat ditemui Senin (25/09/2023).
 
“Pendidikan seni musik dapat membantu pendidikan karakter siswa, karena otak kita kan terdiri dari otak kanan dan otak kiri yang harus seimbang, jadi tidak hanya melulu untuk pengetahuan matematika dan IPA, tetapi harus seimbang dengan kesenian, keagamaan, termasuk salah satunya adalah seni musik. Jadi jika seimbang inshaallah nanti emosi anak juga akan terkendali,” ujar Murkilah SPd.
 
Murkilah mengungkapkan bahwa di SD Negeri Ngaliyan 03 sendiri dalam pembelajaran seni musik tidak hanya bernyanyi namun juga bermain alat musik, sehingga pendidikan seni musik dapat mengerem emosi yang meledak-ledak dengan bermain, bernyanyi, dan memainkan alat musik.
 
“Di setiap akhir semester kita mengadakan gelar karya di antaranya seni musik,” tutur Murkilah SPd. (*/imm)
 
 
Penulis: Leny Amalia, Mahasiswi PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang dan Dr Eka Titi Andaryani SPd MPd, Dosen PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

HUT Ke-20, SGGBC Gelar Lomba Burung Berkicau

HUT Ke-20, SGGBC Gelar Lomba Burung Berkicau

Tuban, 24 Mei 2024 - Ratusan burung kicau ikuti lomba yang diselenggarakan oleh Semen Gresik Group Bird Club (SGGBC) di ...

1718947541.2524 at start, 1718947541.58 at end, 0.32766389846802 sec elapsed