News Ticker
  • Polres Bojonegoro Ungkap 2 Kasus Curanmor, 3 Tersangka Diamankan
  • Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Pencurian, 4 Orang Tersangka Diamankan
  • Seorang Pekerja Proyek di Jiken, Blora Meninggal Dunia Tertimpa Tiang Bangunan
  • Alami Kecelakaan Tunggal, Seorang Pemotor di Ngraho, Bojonegoro Meninggal di TKP
  • SIG Pabrik Tuban Dukung Evakuasi Korban Kapal Terbakar di Laut Utara Kecamatan Jenu
  • Masuk 50 Besar ADWI, Desa Wisata Bangowan, Blora Siapkan Diri Hadapi Visitasi
  • Kasus Dugaan Korupsi 4 Kades di Padangan Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Bojonegoro
  • Pemkab Blora Gelar FGD, Tawarkan Peluang Investasi untuk Tanam Kacang Tanah
  • Mengenal Fadly Alberto, Pemain Timnas U-16 asal Bojonegoro, Tumbuh di Tengah Keterbatasan
  • Pemain Timnas U-16 Pencetak Gol Ketiga ke Gawang Singapura adalah Warga Bojonegoro
  • 264 Kepala Desa di Blora Terima SK Perpanjangan Jabatan
  • Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Sugihwaras, Bojonegoro Terbakar, Kerugian Capai Rp 650 Juta
  • Melalui Program ‘Ambyar Pak To’, Beli Makanan di Blora Berkesempatan Mendapatkan Hadiah
  • Seorang Balita di Tambakrejo, Bojonegoro Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai
  • Pengemudi Pajero yang Terlibat Kecelakaan di Kalitidu, Bojonegoro, Meninggal di Rumah Sakit
  • Diduga Bunuh Diri, Mr X Ditemukan Meninggal Tertabrak Kereta Api di Kalitidu, Bojonegoro
  • Kecelakaan di Kalitidu, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia di Rumah Sakit
  • Ratusan Penyandang Disabilitas di Blora Ramaikan Program Talent Scouting NPCI
  • Wisata Petik Melon di Agrowisata Girli Farm Blora, Tak Sampai 5 Hari Sudah Ludes Terjual
  • Pekerja Lapangan Banyu Urip, Bojonegoro Berbaur dengan Warga Sebagai Relawan Kurban
  • 123 Atlet Popda Kontingen Blora Dilepas, Ini Pesan Bupati Arief
  • Masjid Moetiah Blora, Manfaatkan Daun Jati untuk Bungkus Daging Kurban
  • Momentum Iduladha, Bupati Blora Ingatkan Hikmah Berkurban dan Doakan Jemaah Haji
  • Mendahului Pemerintah, Ratusan Warga di Bojonegoro Gelar Salat Iduladha Hari Ini
Melalui Program ‘Ambyar Pak To’, Beli Makanan di Blora Berkesempatan Mendapatkan Hadiah

Melalui Program ‘Ambyar Pak To’, Beli Makanan di Blora Berkesempatan Mendapatkan Hadiah

Blora- Sebagai bentuk apresiasi sekaligus upaya meningkatkan wawasan masyarakat terkait pajak restoran sebesar 10 persen, Pemerintah Kabupaten Blora menghadirkan inovasi program “AmByar Pak To” atau Ayo Bayar Pajak Restoran.
 
Peluncuran atau launching program tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Blora H Arief Rohman, didampingi Kepala BPPKAD Blora Slamet Pamuji, di Pendopo Kabupaten Blora. Jumat (21/06/2024).
 
 
Slamet Pamuji mengungkapkan bahwa program ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kewajiban pajak daerah dari sektor restoran. Apresiasi tersebut ditujukan kepada kedua pihak yakni pelaku usaha restoran dan konsumen
 
Menurutnya, “Ambyar Pak To” ini sebenarnya adalah bagi-bagi hadiah. Hadiah tersebut akan diberikan kepada pengusaha atau pemilik warung dan pemilik restoran yang ikut program ini.
 
“Paling tidak ada 35 yang sudah dipasang tapping box ini yang akan kita nilai. Kalau tertib dan bagus akan kami berikan reward berupa. Kemudian pemberian gebyar hadiah kepada konsumen. Ini yang saya harapkan semua konsumen bisa berpartisipasi,” tutur Slamet Pamuji.
 
 
 
 
Pihaknya menambahkan, bahwa pajak restoran sebesar 10 persen sudah banyak diterapkan dan berjalan dengan baik di berbagai daerah lain. Meski demikian, untuk Kabupaten Blora saat ini kesadaran akan pajak tersebut masih perlu untuk terus ditingkatkan, salah satunya lewat program “Ambyar Pak To”.
 
Disampaikan, Pemerintah Kabupaten Blora telah menyiapkan hadiah dengan total nilai Rp 100 juta dalam bentuk Motor Listrik (Hadiah Utama), Sepeda Listrik, smartphone, logam mulia, dan Tabungan Bima yang akan diundi setiap bulan, mulai akhir Juli 2024.
 
 
Slamet Pamuji menjelaskan, untuk mendapatkan hadiah tersebut, caranya gampang, yaitu bagi masyarakat atau konsumen untuk setiap pembelian makanan atau minuman sebesar Rp 20ribu pada restoran atau rumah makan tertentu akan mendapatkan satu lembar kupon. Demikian juga untuk kelipatannya.
 
 
Adapun ketentuannya, yakni pembelian dilakukan pada bulan Juli-Desember 2024, membayar pajak 10 persen dan tercantum dalam nota pembelian, lalu melakukan upload nota pembelian dan mengisi identitas pada aplikasi melalui Barcode yang tersedia di restoran atau tempat makan.
 
“Bagi konsumen yang membeli dengan nilai 20 ribu rupiah dan kelipatannya nanti akan dapat semacam kupon elektrik artinya berhak ikut undian, semakin banyak kuponnya maka kemungkinan mendapatkan hadiah semakin besar, sehingga bisa mengangkat kesadaran masyarakat untuk membayar pajak,” kata Slamet Pamuji.
 
 
Adapun program Ambyar Pak To ini juga ditujukan kepada wajib Pajak, yaitu restoran/rumah makan yang dipasang alat rekam pajak. Penilaian didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu oleh Tim Penilai.
 
Pada launching program tersebut, Pemkab mengundang sebanyak 165 pelaku usaha, dengan rincian sebanyak 35 di antarannya sudah dipasang tapping box, kemudian yang 130 belum dipasang tapping box.
 
“Apabila di luar 165 pelaku usaha tersebut ingin mengikuti program tersebut, kami akan tetap memberikan kesempatan termasuk dengan memasang poster.” tutur Slamet Pamuji.
 
 
 
 
 
Sementara itu, Bupati Blora H Arief Rohman, menyambut baik adanya inovasi yang dilakukan oleh BPPKAD Kabupaten Blora dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pelaku usaha terkait pajak restoran.
 
Bupati berharap adanya inovasi ini bisa berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan daerah khususnya dari sektor pajak restoran.
 
“Karena dari pajak bapak ibu semua ini nantinya akan kembali untuk masyarakat untuk membangun jalan infrakstuktur dan lainnya,” tutur Bupati Arief Rohman.
 
Hal tersebut juga sejalan dengan upaya Bupati Arief dalam memajukan wisata kuliner di Kabupaten Blora ke depan.
 
“Saya bertekad bahwasanya salah satu promosi kita akan kita maksimalkan.” kata Bupati.
 
 
Terkait dengan wisata kuliner yang ditopang oleh para pemilik warung dan restoran, Bupati berjanji akan banyak mengadakan event-event.
 
“Saya mudah mulai lobi-lobi untuk nanti kita geber mulai bulan Agustus 2024 sampai nanti akhir tahun, agar banyak orang berkunjung ke Blora yang muaranya adalah banyak orang yang akan berkuliner di Kabupaten Blora,” kata Bupati Arief Rohman.
 
Bupati yang akrab disapa Mas Arief tersebut siap untuk terjun langsung mengawal pelaksanaan program ini, termasuk ikut membantu warung/tempat makan/restoran yang ada di Kabupaten Blora bisa semakin ramai dan pendapatannya meningkat.
 
“Ini salah satu inovasi dari BPPKAD, saya ucapkan terima kasih untuk memberikan stimulus dengan memberikan hadiah baik untuk pelaku usaha maupun konsumen, potensi dari sektor makanan kita snagat luar biasa,” tutur Bupati.
 
 
Bagi para pelaku usaha tempat makan atau restoran di Kabupaten Blora yang nantinya bisa taat dalam melaksanakan kebijakan pajak restoran, maka Mas Arief siap untuk membantu mempromosikan usaha kuliner mereka dengan menggandeng komunitas Blosmed, agar nantinya bisa dipromosikan semakin luas.
 
“Yang taat pajak nanti saya datangi langsung, saya up langsung, agar yang nonton puluhan ribu, nanti kalau kita arahkan seperti itu InshaAllah warungnya akan nambah pelanggan, saya promosikan, saya laris, tamu-tamu saya akan saya arahkan kesitu,” kata Bupati
 
Bupati menambahkan bahwa dirinya bersama Blosmed di Blora memiliki sekitar 30 lebih akun medsos. “Nanti kita bawa untuk mempromosikan ini. Tapi syaratnya harus membantu kami dalam melaksanakan kebijakan Pajak Restoran,” kata Bupati Arief Rohman. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Story ini telah di-publish di: https://beritabojonegoro.com
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Bojonegoro - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro terima pelimpahan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan bantuan keuangan khusus desa (BKKD) tahun ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

HUT Ke-20, SGGBC Gelar Lomba Burung Berkicau

HUT Ke-20, SGGBC Gelar Lomba Burung Berkicau

Tuban, 24 Mei 2024 - Ratusan burung kicau ikuti lomba yang diselenggarakan oleh Semen Gresik Group Bird Club (SGGBC) di ...

1719819217.608 at start, 1719819217.8378 at end, 0.22987794876099 sec elapsed