News Ticker
  • Update Corona Blora 3 Juni: OTG 120, ODP 27, PDP 5 Meninggal 15, Positif 30 Sembuh 5 Meninggal 3
  • Bupati Bojonegoro Bersama Wakil Ketua DPRD Hadiri Penyaluran BLT Dana Desa di Margomulyo
  • Tertabrak Kereta Api, 2 Orang di Balen Bojonegoro Tewas di TKP, 1 Orang Meninggal di Rumah Sakit
  • Ditiadakan, 617 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Blora Gagal Berangkat
  • Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, 1.361 Jemaah Calon Haji asal Bojonegoro Gagal Berangkat
  • Jalani Rapid Test, 26 Tahanan Polres Blora Seluruhnya Non Reaktif
  • Jabatan Kasat Reskrim Polres Bojonegoro Diserah Terimakan dari AKP Rifaldhy kepada AKP Iwan
  • Update Corona Bojonegoro 2 Juni: ODP 26, PDP Nihil, Positif 60 Sembuh 5 Meninggal 10
  • Seorang Pasien Positif Corona Asal Kecamatan Dander Bojonegoro, Dinyatakan Sembuh
  • Update Corona Blora 2 Juni: OTG 124, ODP 25, PDP 7 Meninggal 15, Positif 29 Sembuh 3 Meninggal 3
  • Peras Kepala Desa, 2 Orang Oknum LSM di Bojonegoro Ditangkap Polisi
  • Tingkatkan Imunitas Pasien Covid-19, RS Wahyu Tutuko Bojonegoro Berikan Terapi Pernafasan
  • Pemkab Bojonegoro Tandatangani Nota Kesepahaman Pelayanan Terpadu pada Mall Pelayanan Publik
  • Update Corona Bojonegoro 1 Juni: ODP 26, PDP 2 Meninggal 9, Positif 60 Sembuh 4 Meninggal 10
  • Positif Corona di Bojonegoro Hari Ini Tambah Lagi 4 Orang, Meninggal 1 Orang, Sembuh 1 Orang
  • Kapolda Jatim, Kunjungi Kampung Tangguh Semeru di Desa Campurejo Bojonegoro Kota
  • Update Corona Blora 1 Juni: OTG 141, ODP 28, PDP 7 Meninggal 13, Positif 29 Sembuh 2 Meninggal 3
  • Tambah 5 Orang, Kasus Positif Corona di Blora Jadi 29 Orang, 9 Kecamatan Masuk Zona Merah
  • Lakukan Percobaan Bunuh Diri, Seorang Perempuan di Dander Bojonegoro Berhasil Diselamatkan
  • Update Corona Bojonegoro 31 Mei: ODP 25, PDP 3 Meninggal 10, Positif 56 Sembuh 3 Meninggal 9
  • Hari ini, 2 PDP Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor, Bahas Konsep New Normal Covid-19
  • Update Corona Blora 31 Mei: OTG 150, ODP 30, PDP 10 Meninggal 12, Positif 24 Sembuh 2 Meninggal 3
  • Meninggal di Rumah Sakit, Warga Kedungadem Bojonegoro Dimakamkan Dengan Protokol Covid-19
  • Hendak Perbaiki Lampu Kandang, Warga Sekar Bojonegoro Meninggal Dunia Tersengat Listrik

Merayakan HUT RI ke-72 Bersama Masyarakat

*Oleh Imam Nurcahyo

Semarak Hari Kemerdekaan di Lapangan Banyu Urip

SEMARAK peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia meliputi hampir seluruh pelosok negeri ini. Seluruh kalangan berlomba-lomba untuk mengapresiasi jasa perjuangan para pendahulu kita melalui serangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI juga berlangsung meriah di sekitar wilayah operasi minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Banyu Urip yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Semangat juang para pahlawan dan spirit bakti kepada negeri Indonesia terus menggelora dalam berbagai kegiatan. Mulai dari upacara bendera hingga kegiatan-kegiatan lomba yang menanamkan sikap juang sekaligus menghibur.

Upacara bendera dilaksanakan di area perkantoran EMCL Lapangan Banyu Urip. Ratusan karyawan dan kontraktor mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Unit Percepatan Proyek Lapangan Banyu Urip dan Jambaran Tiung Biru SKK Migas, Agus Budianto.

Dalam amanat upacara, dia menjelaskan bahwa penerimaan negara dari sektor hulu migas pada semester pertama tahun ini sudah melebihi target dari yang telah ditetapkan, yaitu sekitar 59% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2017.

“Semangat para pahlawan harus menjadi inspirasi bagi kita untuk terus berkarya agar dapat memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ucapnya.

Semangat yang sama juga terasa di atas Kapal Alir Muat Terapung Gagak Rimang. Di atas kapal penyimpanan sementara minyak dari Lapangan Banyu Urip ini puluhan karyawan EMCL mengikuti upacara kenaikan bendera. Pada kesempatan itu, tampak hadir perwakilan SKK Migas, perwakilan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan Syahbandar serta para kontraktor EMCL.

Upacara yang dipimpin Offshore Installation Manager EMCL Singgih Sugiharto itu berlangsung khidmat. Dalam amanatnya, Singgih menyampaikan bahwa upacara ini merupakan upaya menjaga semangat kerja bersama dalam mengisi kemerdekaan.

"Yaitu dengan menjamin operasional FSO Gagak Rimang dilaksanakan secara aman, efisien, dan efektif," katanya.

Singgih juga mengajak seluruh peserta upacara terus menjaga spirit kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang berdaulat dan siap bekerja maksimal agar menjadi kebanggaan Indonesia.

 

 

Aktif Bersama Masyarakat

Selain melibatkan karyawan untuk membuat berbagai kegiatan tersebut, EMCL bersama SKK Migas juga mendukung kegiatan-kegiatan peringatan Hari kemerdekaan RI di masyarakat. Setidaknya lebih dari 60 kegiatan dari berbagai desa dan Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Blora didukung EMCL.

"Kami mendukung kegiatan positif di masyarakat dan kita bersama-sama meningkatkan nasionalisme kita, mencintai bangsa dan negara, termasuk mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi nasional melalui proyek negara di Lapangan Banyu Urip ini," ungkap External Affairs Manager EMCL Dave Ardian Seta.

Selain mendukung kegiatan yang ada, EMCL juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan peringatan Hari kemerdekaan RI di masyarakat. Pada upacara bendera kemarin, personil EMCL nampak hadir di berbagai tempat. Seperti di upacara pengibaran bendera Kecamatan Gayam, upacara bendera Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Blora.

Selain itu, seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, karyawan EMCL turut aktif mengikuti lomba dan berbagai aktivitas bersama masyarakat. Antara lain, kegiatan tasyakuran di Kecamatan, pertandingan sepakbola, lomba tarik tambang, sepeda santai, dan jalan sehat di desa-desa tetangga seperti Gayam, Mojodelik, Bonorejo, dan Brabowan.

"Dalam kegiatan ini kami berbaur, membina hubungan yang hangat, semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan untuk bekerja bersama membangun negeri Indonesia tercinta," imbuh Dave.

Ungkapan senada disampaikan ketua Karang Taruna Desa Gayam, Muhammad Aris. Bagi Aris, momen tujuh belasan menjadi kesempatan untuk berinteraksi dengan karyawan EMCL. Dia mengakui, dukungan dari EMCL pada perayaan hari kemerdekaan di desanya sangat berarti bagi warga. “Setiap tahun EMCL selalu berpartisipasi,” katanya.

Menurut Aris, partisipasi dan kebersamaan dalam kegiatan sangat penting. Maka pada dua tahun terakhir ini, EMCL dan Pemerintah Desa beserta tokoh masyarakat selalu mengikuti lomba bersama. “Dua tahun terakhir ini kita bertanding sepak bola persahabatan,” ucapnya mengiyakan.

 

 

Industri Hulu Migas Berkontribusi Membangun Bojonegoro

Industri hulu migas telah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk terus membangun daerah dan masyarakatnya. Kontribusi langsung maupun tidak langsung tersebut dapat dilihat dari berbagai perubahan dan pembangunan yang terjadi sejak dimulainya pembangunan Proyek Banyu Urip. Mulai dari pembangunan infrastruktur berupa jalan, gedung-gedung pelayanan, jembatan, rumah sakit, puskesmas, sarana olahraga, gedung sekolah, dan fasilitas penunjang lainnya.  

Tidak hanya infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga menyiapkan sumber daya manusianya. Pemkab menyelenggarakan berbagai jenis pelatihan yang melibatkan ribuan orang, memberi bantuan dana pendidikan, hingga beasiswa. Dengan pengembangan aplikasi teknologi, akses informasi mengenai lowongan pekerjaan juga lebih mudah. Pengusaha-pengusaha kecil, mikro dan menengah juga mendapat berbagai kemudahan dan dorongan positif dalam menjalankan usahanya.

Bermacam kemajuan yang ada, mendorong masyarakat untuk semakin sejahtera. Kesejahteraan yang diciptakan dari harmonisasi multi pihak. Dukungan dari masyarakat kepada pemerintah maupun swasta, telah memberikan manfaat bagi semua. Saat pembangunan melaju positif, masyarakat pun bisa menikmati manfaatnya.

Di hari kemerdekaan ini, kita semua bersatu melangkah maju, bekerja bersama membangun desa untuk Bojonegoro semakin matoh! (*/imm)

Berita Terkait

Videotorial

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19 kembali meluncurkan konten edukasi bersama, salah satunya melalui video, pada Minggu (29/03/2020) . Kampanye besar kedua ini dilakukan untuk ...

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Covid-19 Warga Kelurahan Ledok Wetan Bojonegoro Kota

Virus Corona

Video Prosesi Pemakaman Positif Covid-19 Warga Kelurahan Ledok Wetan Bojonegoro Kota

Bojonegoro - Seorang warga Bojonegoro Kota yang berstatus terkonfirmasi positif Covid-19, pada Sabtu (23/05/2020), meninggal dunia saat dalam perawatan di ...

Teras

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

DALAM tulisan sebelumnya, untuk kembali membangun Persibo, menurut penulis paling tidak ada tiga hal utama yaitu, pertama aspek legalitas, kedua ...

Opini

Peran Media dalam Mempengaruhi Massa di Tengah Pandemi Covid-19

Opini

Peran Media dalam Mempengaruhi Massa di Tengah Pandemi Covid-19

Di tahun 2020 ini, dunia menghadapi hal sulit yang mungkin jarang sekali dihadapi umat manusia, yaitu pandemi virus Corona atau ...

Quote

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

Quote Islami

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

KONDISI mewabahnya virus Corona (Covid-19) dalam bulan Ramadan ini tidak mengalami penurunan, bahkan semakin meningkat, maka untuk mencegah bahkan memutus ...

Sosok

Mahasiswa Bojonegoro Ini Serahkan Bantuan Sembako ke Masyarakat Tak Mampu

Mahasiswa Bojonegoro Ini Serahkan Bantuan Sembako ke Masyarakat Tak Mampu

Bojonegoro - Salah seorang mahasiswa penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), turut bergerak menggalang dana bantuan bagi masyarakat Bojonegoro ...

Eksis

Perajin Batik Tulis Blora Gigih Bertahan di Tengah Pandemi Virus Corona

Perajin Batik Tulis Blora Gigih Bertahan di Tengah Pandemi Virus Corona

Blora - Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menangah (UMKM) di Kabupaten Blora nampaknya ikut terdampak dampak pandemi virus Corona (Covid-19). ...

Infotorial

Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited: Merajut Asa, Mendobrak Batas

Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited: Merajut Asa, Mendobrak Batas

HARI Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei merupakan momentum bersejarah yang berhasil meletakkan fondasi bagi kemajuan pendidikan bangsa. Salah ...

Berita Foto

Jenazah ODP Asal Surabaya Dimakamkan di Kanor Bojonegoro dengan Protokol Covid-19

Virus Corona

Jenazah ODP Asal Surabaya Dimakamkan di Kanor Bojonegoro dengan Protokol Covid-19

Bojonegoro - Jenazah warga Kota Surabaya yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Virus Corona (Covid-19), yang meninggal di Rumah Sakit ...

Feature

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Bojonegoro - Sebagian masyarakat Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (07/02/2020) pagi, menggelar tradisi Nyadran atau Manganan, dengan ...

Religi

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

Oase Ramadan

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

KARENA pelaksanaan salat idulfitri berjamaah di tanah lapang atau di masjid rentan mengorbankan kepentingan yang lebih utama, yaitu memutus rantai ...

Pelesir

Wakil Bupati Resmikan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora

Wakil Bupati Resmikan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora

Blora - Kabupaten Blora kini punya Wisata Edukasi Kebun Anggur, yang berloksi di Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kota. Kebun anggur ...

Hiburan

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Full Moon Festival #2

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Bojonegoro - Full Moon Festival kembali digelar untuk yang kedua kalinya, Selasa (10/03/2020) malam, di puncak di Negeri Atas Angin ...

Statistik

Hari ini

7.502 kunjungan

10.227 halaman dibuka

691 pengunjung online

Bulan ini

30.785 kunjungan

43.637 halaman dibuka

Tahun ini

2.070.131 kunjungan

2.985.681 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 440.589

Indonesia: 9.744

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1591186013.9405 at start, 1591186014.2348 at end, 0.29433012008667 sec elapsed