News Ticker
  • Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Blora Berlangsung Khidmat
  • Upacara Bendera Digelar di Lapangan Banyu Urip dan FSO Gagak Rimang
  • Kapolres Tuban Raih Juara Pertama, Busana Adat Terbaik
  • Puluhan Kios di Pasar Sukodadi Lamongan Terbakar, Kerugaian Ditaksir Capai Rp 300 Juta
  • Pj Bupati Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Alun-Alun Bojonegoro
  • 200 Narapidana di Lapas Kelas IIA Bojonegoro Terima Remisi
  • Tabrak Truk Parkir, Seorang Pemotor di Temayang Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Ceria Menyambut Hari Kemerdekaan di SD Mudabo
  • 2 Orang Pelaku Jambret Warga Bojonegoro Kota, Diamankan Polisi
  • IGF Kunjungi Blora
  • SMKN 3 Bojonegoro Mampu Rakit Laptop Mandiri
  • Pergantian Musim, Picu Timbulnya Berbagai Penyakit
  • Empati
  • Bawa Kabur Barang-Barang Milik Hotel, 2 Orang di Bojonegoro Diamankan Polisi
  • Inilah Nama-Nama Anggota Paskibraka Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018
  • 2 Orang Pelajar Asal Bojonegoro Terpilih Menjadi Anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur
  • Pendaftaran Gerak Jalan 8 dan 17 Kilometer Kabupaten Bojonegoro, Mulai Dibuka
  • Ratusan Sapi Ukuran Besar di Blora, Dilombakan
  • Simpati
  • Anggota Paskibraka 2018 Kabupaten Bojonegoro Dikukuhkan

Merayakan HUT RI ke-72 Bersama Masyarakat

*Oleh Imam Nurcahyo

Semarak Hari Kemerdekaan di Lapangan Banyu Urip

SEMARAK peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia meliputi hampir seluruh pelosok negeri ini. Seluruh kalangan berlomba-lomba untuk mengapresiasi jasa perjuangan para pendahulu kita melalui serangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI juga berlangsung meriah di sekitar wilayah operasi minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Banyu Urip yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Semangat juang para pahlawan dan spirit bakti kepada negeri Indonesia terus menggelora dalam berbagai kegiatan. Mulai dari upacara bendera hingga kegiatan-kegiatan lomba yang menanamkan sikap juang sekaligus menghibur.

Upacara bendera dilaksanakan di area perkantoran EMCL Lapangan Banyu Urip. Ratusan karyawan dan kontraktor mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Unit Percepatan Proyek Lapangan Banyu Urip dan Jambaran Tiung Biru SKK Migas, Agus Budianto.

Dalam amanat upacara, dia menjelaskan bahwa penerimaan negara dari sektor hulu migas pada semester pertama tahun ini sudah melebihi target dari yang telah ditetapkan, yaitu sekitar 59% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2017.

“Semangat para pahlawan harus menjadi inspirasi bagi kita untuk terus berkarya agar dapat memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ucapnya.

Semangat yang sama juga terasa di atas Kapal Alir Muat Terapung Gagak Rimang. Di atas kapal penyimpanan sementara minyak dari Lapangan Banyu Urip ini puluhan karyawan EMCL mengikuti upacara kenaikan bendera. Pada kesempatan itu, tampak hadir perwakilan SKK Migas, perwakilan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan Syahbandar serta para kontraktor EMCL.

Upacara yang dipimpin Offshore Installation Manager EMCL Singgih Sugiharto itu berlangsung khidmat. Dalam amanatnya, Singgih menyampaikan bahwa upacara ini merupakan upaya menjaga semangat kerja bersama dalam mengisi kemerdekaan.

"Yaitu dengan menjamin operasional FSO Gagak Rimang dilaksanakan secara aman, efisien, dan efektif," katanya.

Singgih juga mengajak seluruh peserta upacara terus menjaga spirit kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang berdaulat dan siap bekerja maksimal agar menjadi kebanggaan Indonesia.

 

 

Aktif Bersama Masyarakat

Selain melibatkan karyawan untuk membuat berbagai kegiatan tersebut, EMCL bersama SKK Migas juga mendukung kegiatan-kegiatan peringatan Hari kemerdekaan RI di masyarakat. Setidaknya lebih dari 60 kegiatan dari berbagai desa dan Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Blora didukung EMCL.

"Kami mendukung kegiatan positif di masyarakat dan kita bersama-sama meningkatkan nasionalisme kita, mencintai bangsa dan negara, termasuk mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi nasional melalui proyek negara di Lapangan Banyu Urip ini," ungkap External Affairs Manager EMCL Dave Ardian Seta.

Selain mendukung kegiatan yang ada, EMCL juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan peringatan Hari kemerdekaan RI di masyarakat. Pada upacara bendera kemarin, personil EMCL nampak hadir di berbagai tempat. Seperti di upacara pengibaran bendera Kecamatan Gayam, upacara bendera Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Blora.

Selain itu, seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, karyawan EMCL turut aktif mengikuti lomba dan berbagai aktivitas bersama masyarakat. Antara lain, kegiatan tasyakuran di Kecamatan, pertandingan sepakbola, lomba tarik tambang, sepeda santai, dan jalan sehat di desa-desa tetangga seperti Gayam, Mojodelik, Bonorejo, dan Brabowan.

"Dalam kegiatan ini kami berbaur, membina hubungan yang hangat, semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan untuk bekerja bersama membangun negeri Indonesia tercinta," imbuh Dave.

Ungkapan senada disampaikan ketua Karang Taruna Desa Gayam, Muhammad Aris. Bagi Aris, momen tujuh belasan menjadi kesempatan untuk berinteraksi dengan karyawan EMCL. Dia mengakui, dukungan dari EMCL pada perayaan hari kemerdekaan di desanya sangat berarti bagi warga. “Setiap tahun EMCL selalu berpartisipasi,” katanya.

Menurut Aris, partisipasi dan kebersamaan dalam kegiatan sangat penting. Maka pada dua tahun terakhir ini, EMCL dan Pemerintah Desa beserta tokoh masyarakat selalu mengikuti lomba bersama. “Dua tahun terakhir ini kita bertanding sepak bola persahabatan,” ucapnya mengiyakan.

 

 

Industri Hulu Migas Berkontribusi Membangun Bojonegoro

Industri hulu migas telah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk terus membangun daerah dan masyarakatnya. Kontribusi langsung maupun tidak langsung tersebut dapat dilihat dari berbagai perubahan dan pembangunan yang terjadi sejak dimulainya pembangunan Proyek Banyu Urip. Mulai dari pembangunan infrastruktur berupa jalan, gedung-gedung pelayanan, jembatan, rumah sakit, puskesmas, sarana olahraga, gedung sekolah, dan fasilitas penunjang lainnya.  

Tidak hanya infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga menyiapkan sumber daya manusianya. Pemkab menyelenggarakan berbagai jenis pelatihan yang melibatkan ribuan orang, memberi bantuan dana pendidikan, hingga beasiswa. Dengan pengembangan aplikasi teknologi, akses informasi mengenai lowongan pekerjaan juga lebih mudah. Pengusaha-pengusaha kecil, mikro dan menengah juga mendapat berbagai kemudahan dan dorongan positif dalam menjalankan usahanya.

Bermacam kemajuan yang ada, mendorong masyarakat untuk semakin sejahtera. Kesejahteraan yang diciptakan dari harmonisasi multi pihak. Dukungan dari masyarakat kepada pemerintah maupun swasta, telah memberikan manfaat bagi semua. Saat pembangunan melaju positif, masyarakat pun bisa menikmati manfaatnya.

Di hari kemerdekaan ini, kita semua bersatu melangkah maju, bekerja bersama membangun desa untuk Bojonegoro semakin matoh! (*/imm)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Teras

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro Apa yang dilakukan oleh Kang Yoto, sapaan Suyoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode yakni 2008-2013 dan ...

Opini

Manajemen Pelayanan Publik

Manajemen Pelayanan Publik

*Oleh Moh. Lutfi PELAYANAN publik merupakan suatu pelayanan yang wajib dilakukan oleh pemerintah sebagai manivestasi keperdulian kepada masyarakatnya. Pelayanan publik ...

Quote

Empati

Empati

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd.I Empati adalah kemampuan merasakan perasaan atau pikiran yang sama dengan apa yang dirasakan orang ...

Sosok

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Lobak, Timun, Batang, Sawi, Wortel dan aneka buah serta sayur ternyata tak hanya difungsikan menjadi sayur ...

Eksis

Petani Asal Bojonegoro Ini Tak Menyangka Anaknya Lulus Seleksi Akpol 2018

Petani Asal Bojonegoro Ini Tak Menyangka Anaknya Lulus Seleksi Akpol 2018

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Suwito (56), warga Desa Sumberejo RT 002 RW 001 Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, yang sehari-hari ...

Religi

Gelar Tabligh Akbar, Kapolres Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Kebhinnekaan

Gelar Tabligh Akbar, Kapolres Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Kebhinnekaan

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro Kota - Sebagaimana telah direncanakan sebelumnya, pada Senin (30/07/2018) mulai pukul 19.00 WIB tadi malam, Polres ...

Berita Foto

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Pilkada Serentak 2018

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro (Tambakrejo) - Perjuangan mengawal logistik pilkada serentak 2018 menuju tempat pemungutan suara (TPS) di daerah sangat ...

Resensi

Alice in Cheongdam Dong 2

Alice in Cheongdam Dong 2

Oleh Delfariza Amaliya Penulis : Ahn Jae Kyung Penerjemah : Dwita Rizki Nientyas Tahun : 2014 Penerbit : Qanita, PT ...

Pelesir

Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk Bojonegoro, Kembangkan Wisata Agro Jambu Kristal

Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk Bojonegoro, Kembangkan Wisata Agro Jambu Kristal

Oleh Muliyanto Bojonegoro (Trucuk) -Di Kabupaten Bojonegoro terdapat tiga desa yang yang mengembangkan Wisata Agro Jambu Kristal, yaitu di Desa ...

Statistik

Hari ini

2.818 kunjungan

5.444 halaman dibuka

80 pengunjung online

Bulan ini

68.067 kunjungan

120.868 halaman dibuka

Tahun ini

881.452 kunjungan

1.547.698 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 638.390

Indonesia: 11.433

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015