News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
Jelang Porprov 2022, KONI Bojonegoro Gelar Workshop Bersama Pengurus Cabang Olahraga

Jelang Porprov 2022, KONI Bojonegoro Gelar Workshop Bersama Pengurus Cabang Olahraga

Bojonegoro - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (18/09/2021) menggelar Workshop dan Pembinaan bagi cabang-cabang olahraga yang menjadi anggota KONI Bojonegoro.
 
Workshop yang digelar di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tersebut dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022 mendatang, dan digelar dengan menerpakan protokol kesehatan yang ketat.
 
 
Ketua Umum KONI Kabupaten Bojonegoro Ali Mahmudi, dalam sambutannya menuturkan bahwa cabang olahraga memiliki posisi yang sangat strategis dalam rangka pembinaan dan pengembangan prestasi atlet di masing-masing cabang olahraga.
 
Menurut Ali Mahmudi, bahwa prestasi itu adalah performa atlet dan pelatih, namun demikian peran dan fungsi organisasi sangat berpengaruh terhadap performa atlet dalam meraih prestasi.
 
Ali Mahmudi juga menyampaikan bahwa kebijakan daerah maupun nasional, sudah mengharuskan masing-masing cabang olahraga untuk mempersiapkan pengelolaan atlet secara modern.
 
"Oleh karena itu KONI menganggap bahwa workshop ini harus dilakukan sehingga nanti di dalam mengelola atlet dapat memperoleh prestasi sesuai target yang diharapkan oleh masing-masing cabang olahraga." kata Ali Mahmudi.
 
 

Ketua Umum KONI Kabupaten Bojonegoro Ali Mahmudi SH MH, saat beri sambutan dalam Workshop dan Pembinaan cabang olahraga. Sabtu (18/09/2021) (foto: imam/beritabojonegoro)

 
Pada kesempatan tersebut Ali Mahmudi juga menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro berencana memberikan apresiasi kepada atlet yang ada di Kabupaten Bojonegoro, yaitu melalui Kartu Potensi Olahraga Bojonegoro (KPOB).
 
Menurutnya, KPOB tersebut nantinya akan memberikan apresiasi kepada anak-anak usian sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bojonegoro.
 
"Ini baru informasi awal saja, nanti pada waktunya dari pihak Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) yang akan memberikan penjelasan, karena kewenangannya natinya ada di Dinpora," kata Ali Mahmudi.
 
 
 
Ali Mahmudi menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan pendataan terhadap anak-anak yang berpotensi menjadi atlet berprestasi. Dan pendataan tersebut bukan hanya dilakukan terhadap atlet atau anak-anak yang sudah berprestasi saja, namun terhadap semua anak yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga yang berpotensi meraih prestasi.
 
"Tentu ini hal yang menggembirakan bagi kita semua, karena nantinya anak-anak kita sejak dini bisa dilakukan inventarisasi terkait bakat dan minatnya di cabang olah raga apa. Jadi nanti masing-masing cabor memiliki peran untuk melakukan pendataan," kata Ali Mahmudi.
 
Di akhir sambutannya, Ali Mahmudi berpesan kepada masing-masing pengurus cabor untuk mulai mempersiapkan atlet-atletnya jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022 mendatang.
 
"Seluruh cabor agar segera melakukan pendataan atlet-atlet yang potensial untuk Porprov 2022. Pendaaan atlet ini bukan berarti bahwa yang didata nanti pasti akan diberangkatkan, namun tentunya melalui proses verifikasi dan seleksi, untuk kemudia dilakukan pemusatan latihan terhadap atlet-atlet tersebut," kata Ali Mahmudi.
 
 

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Syaifuddin SPd, saat beri sambutan dalam Workshop dan Pembinaan cabang olahraga. Sabtu (18/09/2021) (foto: imam/beritabojonegoro)

 
Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Syaifuddin SPd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah mengengembangkan Sport Development Index (SDI) yaitu pembangunan keolahragaan agar menjadi sebuah metode atau alat ukur yang obyektif dan valid untuk mengetahui keberhasilan pembangunan keolahragaan di Indonesia.
 
Menurut Syaifuddin, SDI dapat dijadikan acuan untuk mengetahui perilaku hidup sehat masyarakat Indonesia. Selanjutnya pemerintah dapat mengambil kebijakan mengenai pembangunan olahraga di Indonesia yang berujung pada kualitas SDM yang aktif dan unggul untuk meraih pembangunan nasional secara umum.
 
"Kebetulan kami dari Dispora bersama KONI Bojonegoro besok diundang oleh Kemenpora untuk membahas pelaksanaan Sport Development Index," kata Syaifuddin.
 
Terkait Kartu Potensi Olahraga Bojonegoro (KPOB), Syaifuddin menuturkan bahwa saat ini Pemkab Bojonegoro masih mempersiapkan regulasi atau payung hukumnya, termasuk pembentukan tim.
 
Menurutnya, nantinya yang terlibat dalam tim tersebut bukan hanya dari Dispora saja melainkan ada dari pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), KONI Bojonegoro, termasuk dari masing-masing Pengurus Cabang Olahraga.
 
"Jadi ini baru sepintas saja, karena perangkat hukumnya baru digodok oleh Dispora, bersama Bagian Hukum Setda Pemkab Bojonegoro, untuk membuat Peraturan Bupati terkait KPOB tersebut. Kemungkinan bantuan untuk atlet melalui program KPOB ini baru bisa direalisasikan di tahun 2022," kata Syaifudin.
 
 
 
Usai sambutan, workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi dari 3 narasumber, yaitu Sekretaris KONI, Tony Ade Irawan, Ketua Bidang Organisasi KONI Bojonegoro Zubaidi APtnh mSH MSi, danj Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Bojonegoro Aris Yuliantono MPd.
 
Selain dihadiri Ketua Umum KONI Bojonegoro dan Kabid Olahraga Dispora Bojonegoro, worshop tersebut juga dihadiri Pengurus KONI, dan Ketua serta Sekretaris dari 30 cabang olahraga (Cabor) yang menjadi anggota KONI Kabupaten Bojonegoro. (*)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714186715.4414 at start, 1714186715.5866 at end, 0.14516615867615 sec elapsed