News Ticker
  • Truk Tangki Tabrak Motor di Margomulyo, Bojonegoro, 3 Orang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrakan Bus dan Motor di Baureno, Bojonegoro, Kernet Bus dan Pembonceng Motor Meninggal Dunia
  • Warga Kalitidu, Bojonegoro Dilaporkan Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Genap Berusia 74 Tahun, RSUD dr Soetijono Blora Kini Miliki 6 Inovasi Layanan Kesehatan 
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
Bupati Blora Minta Tim Penggerak PKK Kawal Percepatan Vaksinasi dan SDGs Desa

Bupati Blora Minta Tim Penggerak PKK Kawal Percepatan Vaksinasi dan SDGs Desa

Blora - Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, pada Senin (07/02/2022) membuka acara Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora tahun 2022.
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati meminta PKK untuk ikut mengawal vaksinasi agar bisa bersama-sama mensukseskan pencegahan penyebaran COVID-19. Selain itu, PKK diharapkan bisa menjadi motor penggerak untuk untuk mewujudkan SDGs Desa secara berjenjang.
 
 
Acara yang digelar di pendopo Rumah Dinas Bupati tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Sholichah SH MPd AUD MPd BI, Pengurus PKK Kabupaten, OPD terkait, dan seluruh jajaran Camat di Wilayah Kabupaten Blora.
 
Bupati Arief Rohman mengatakan bahwa gerakan PKK merupakan peran penting dalam pemebdayaan keluarga seperti yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.
 
"Program kerja PKK luar biasa, keanggotaan PKK sifatnya sukarela yang anggotanya dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa," kata Bupati.
 
 

Bupati Blora H Arief Rohman saat membuka acara Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora tahun 2022. Senin (07/02/2022) (foto: dok istimewa)

 
Menurut Bupati peran TP PKK ini sangat besar terlebih dimasa pandemi COVID-19 yang saat ini belum hilang sepenuhnya.
 
"Saat ini vaksinasi dosis ke tiga terus berjalan, mohon bantuannya dari PKK untuk ikut mengawal vaksinasi agar bisa bersama-sama mensukseskan pencegahan persebaran COVID-19," ucap Bupati.
 
Dalam sebuah organisasi, lanjut Bupati, PKK merupakan organisasi yang mempunyai kekuatan luar biasa, pkk ini memiliki efek kekuatan paling wow kepada masyakat karena pkk memiliki jaringan hingga bawah.
 
"PKK juga perannya sangat aktif, salah satu yang membranding jalannya pemerintahan, terlebih dalam membantu menyelesaikan masalah yang dihadadapi keluarga dimasa pandemi ini," tuturnya mengimbuhkan.
 
Masih menurut Bupati bahwa saat ini desa sedang mewujudkan delapan tipe Desa SDGs yang diantaranya desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa Ekonomi Tumbuh Merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli Lingkungan Hidup, Desa Peduli Pendidikan, Desa Ramah Perempuan, Desa Berjejaring, Desa Tanggap Budaya.
 
"Dari ini PKK bisa menjadi motor penggerak untuk untuk mewujudkan SDGs Desa secara berjenjang, dari kabupaten hingga tingkat dawis dan harus memiliki pemaham yang sama," kata Bupati.
 
 
Bupati juga berharap kepada para camat untuk bisa terus memantau desa-desa agar memiliki pehatian dengan PKK, sehingga untuk menyamakan pemahaman, harus dilakukan koordinasi yang baik.
 
"Desa juga harus memperhatikan PKK yang ada ditingkat desa, sehingga ikut berjalan dengan baik, oleh karena itu peran dari bapak ibu camat ini harus ikut mengawalnya," kata Bupati.
 
Bupati juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada TP PKK yang telah ikut berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Blora.
 
 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Sholichah saat beri sambutan dalam acara Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora tahun 2022. Senin (07/02/2022) (foto: dok istimewa)

 
Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Sholichah mengucapkan terimakasih atas sinergi yang berjalan baik, dari berbagai pihak.
 
"Meski dimasa pandemi, kita tetap terus melakukan program dan berkat sinergi kita semua, bisa berjalan baik di tahun lalu," katanya.
 
Ainia menjelaskan,setiap tahun terus dilakukan rapat Konsultasi dengan tujuan untuk menyampaikan informasi sesuai situasi dan kondisi dimasyarakat, yang dituangkan didalam program kerja prioritas dan program kerja unggulan dimasing masing pokja.
 
"Kami harapkan kerja samanya, sehingga berbagai program bisa terlaksana dengan baik," katanya.
 
 
Tak hanya itu, bebagai program TP. PKK menetapkan visi dan misi yang merupakan penjabaran visi misi presiden dengan agenda prioritas kegiatan meliputi ketahanan ekonomi, revolusi mental, lingkungan hidup, memperkuat pelayanan dasar seperti, pendidikan,kesehatan sosial dan budaya.
 
"Kami berkomitmen berupaya berkontribusi untuk indonesia maju melalui gerakan keluarga pelopor perubahan dengan sasaran strategis yaitu menjadi mitra pemerintah dalam menjaga kualitas SDM,menurunkan angka kemiskinan,stunting, serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19," tuturnya mengimbuhkan.
 
 
Ainia menjelaskan, untuk Tim Penggerak PKK  saat ini sudah membentuk  keluarga tanggap dan tangguh bencana  khususnya untuk menghadapi COVID-19 dan segala dampak bencana lainnya yang bisa timbul sudah terbentuk di 16 kecamatan.
 
"Berkat kerjasama kita semua, gerakan PKK keluarga tanggap bencana ini sudah terlaksana, dan hingga saat ini baru Blora yang menuntaskan, pembentukan program keluarga tanggap dan tangguh bencana ini," ucapnya.
 
Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan rapat konsultasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora tahun 2022 dimasing masing pokja. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1715052830.7459 at start, 1715052831.0243 at end, 0.27841114997864 sec elapsed