News Ticker
  • Pertandingan Perdana Pegadaian Liga 2, Persibo Bojonegoro Ungguli Gresik United 2-1
  • Safari Politik, Bacabup Setyo Wahono Bersama PCNU Bojonegoro Konsolidasi dengan MWC NU
  • Adira Finance Rayakan Hari Pelanggan Nasional Melalui "Adira Menyapa Sahabat"
  • Tenggelam di Galian Pembuangan Air, Seorang Bocah di Kalitidu, Bojonegoro Meninggal
  • Bupati Blora Apresiasi PT SPHC Bangun 20 Jamban untuk Keluarga Kurang Mampu
  • Pedayung Blora, Rifki Bagus Winulyo, Raih Medali Perunggu di PON 2024
  • Daulat Rakyat, Bukan Daulat Raja
  • Kecelakaan di Bojonegoro, Seorang Pembonceng Motor Meninggal Terlindas Truk
  • Ditinggal Pergi ke Luar Kota, Rumah Warga Kedungadem, Bojonegoro Terbakar
  • Kebakaran Oven di Sugihwaras, Bojonegoro, 6 Ton Daun Tembakau Terbakar, Kerugian Rp 45 Juta
  • Peringati HUT Ke-79 Kejaksaan RI, Kejari Blora Bagikan Air Bersih
  • Bacabup dan Bacawabup Setyo Wahono-Nurul Azizah Jenguk dan Bagikan Susu pada Pasien RSUD Bojonegoro
  • Polsek Gayam, Bojonegoro, Gelar Sosialisasi Larangan Penggunaan Listrik untuk Jebakan Tikus
  • Kecelakaan Motor dengan Truk di Kalitidu, Bojonegoro, Seorang Pemotor Luka Berat
  • Bacabup Bojonegoro Setyo Wahono, Tunjukkan Pembelajaran Berpolitik yang Baik ke Publik
  • Petani di Gayam, Bojonegoro, Meninggal Akibat Tersengat Listrik Jebakan Tikus di Sawah
  • Sudah Ada 2 Bakal Pasangan Calon yang Mendaftar, KPU Bojonegoro Tutup Masa Pendaftaran Pilkada
  • Diusung PDIP dan Perindo, Bapaslon Teguh Haryono-Farida Hidayati Maju Pilkada Bojonegoro
  • Pilkada Bojonegoro, Rekomendasi PKB Akhirnya Diberikan pada Bapaslon Setyo Wahono-Nurul Azizah
  • Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Setyo Wahono-Nurul Azizah Mendaftar ke KPU Bojonegoro
  • Seorang Petani di Kedungadem, Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik Pompa Air
  • KPU Bakal Perpanjang Waktu Pendaftaran Jika Hanya Satu Bakal Pasangan Calon yang Mendaftar
  • Hari Pertama Pendaftaran Pilkada di Bojonegoro, Belum Ada Bakal Pasangan Calon yang Mendaftar
  • Hari Pertama Pendaftaran, KPU Blora Siap Terima Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati
Usai Membela Timnas U-16, Pemain Sepak Bola asal Bojonegoro, Fadly Alberto Kembali ke Sekolah

Olahraga

Usai Membela Timnas U-16, Pemain Sepak Bola asal Bojonegoro, Fadly Alberto Kembali ke Sekolah

Bojonegoro - Usai membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024, Fadly Alberto Hengga, pada Selasa pagi (16/07/2024) kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Dander, Bojonegoro, Jawa Timur.
 
Suasana ceria bercampur haru menyambut kedatangan Fadly di sekolah yang telah ia tinggalkan beberapa minggu belakangan ini, karena dirinya harus membela Timnas U-16 saat berlaga di turnamen tersebut.
 
Kedatangan Fadly Alberto ke sekolah tersebut tentunya sudah ditunggu-tunggu, baik oleh guru dan teman-temannya.
Ribuan siswa-siswi sekolah tersebut dengan antusias menyambut kedatangan Fadly. Tampak belasan teman Fadly membawa banner dengan berbagai tulisan untuk menyambut kedatangannya tersebut. Tak hanya teman-temannya, para guru juga antusias meminta foto bersama Fadly yang telah mengharumkan nama sekolah mereka.
 
 
Saat ini, Fadly Alberto tercatat sebagai murid Kelas XI SMK Negeri Dander, Bojonegoro, jurusan Teknik Kendaraan Ringan.
 
Saat datang ke sekolah tersebut, Fadly Alberto didampingi orang tua angkatnya, Budiono, yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur.
 
Saat tiba di halaman sekolah, tampak Kepala Sekolah SMK Negeri Dander, Bojonegoro, Mulyono didampingi seluruh guru sekolah tersebut menyambut kedatangan Fadly. Sementara seluruh siswa-siswi SMK Negeri Dander telah berkumpul di halaman sekolah tersebut untuk menyambut kedatangannya.
 
Acara dilanjutkan dengan penyambutan Fadly yang dilaksanakan di halaman sekolah dan dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah itu Fadly diantar ke kelasnya untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar seperti biasanya.
 
 
 

Fadly Alberto, saat tiba di sekolah dan memberikan salam kepada guru-guru SMK Negeri Dander. Selasa (16/07/2024) (Foto: Imam Nurcahyo/BeritaBojonegoro)

 
Kepala Sekolah SMK Negeri Dander, Bojonegoro, Mulyono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu memberikan dukungan dan doa kepada Fadly Alberto saat membela Timnas Indonesia.
 
Menurutnya, saat Fadly bertanding dalam Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024 lalu, para guru dan teman-temannya di SMK Negeri Dander ingin nonton bareng (Nobar) bersama-sama untuk memberikan dukungan langsung dan memberikan doa, namun dirinya meminta agar para guru dan teman-temannya nonton bareng di rumah masing-masing.
 
“Masih ingat dalam ingatan ketika Mas Alberto main kemarin, rasanya kami di sini ingin nonton bareng bersama-sama untuk memberikan support langsung dan memberikan doa kepada ananda Alberto, namun kami instruksikan anak-anak untuk nobar di rumah masing-masing,” kata Mulyono.
 
 
Pada kesempatan tersebut Mulyono juga menyampaikan pesan kepada Fadly Alberto agar terus berlatih dan meningkatkan prestasinya agar nantinya dapat membela Timnas Indonesia, baik di U-19, U-20, U-23, maupun Timnas Senior.
 
“Buat ananda Alberto, saya lihat di data dan catatan kami, umurnya baru 16 tahun 24 hari, artinya masih banyak peluang dan prestasi-prestasi yang bisa kamu raih. Nanti bisa di U-19, U-20, U-23 maupun Senior.” tutur Mulyono.
 
Di akhir sambutannya Mulyono juga mengucapkan terima kasih kepada Budiono selaku orang tua angkat Fadly Alberto, karena telah mempercayakan Alberto untuk bersekolah di SMK Negeri Dander.
 
“Pak Budi. Kedatangan panjenengan membawa berkah. Ini pak keadaan SKM Negeri Dander, mohon nanti kami diberi saran apa yang bisa di kembangkan di SMK Negeri Dander, agar muncul potensi olahraga seperti alberto-alberto yang lainnya,” kata Mulyono.
 
 
 

Orang tua angkat Fadly Alberto, Budiono, saat beri sambutan di sekolah Fadly Alberto. Selasa (16/07/2024) (Foto: Imam Nurcahyo/BeritaBojonegoro)

 
Orang tua angkat Fadly Alberto, Budiono, pada kesempatan tersebut sedikit bercerita terkait sulitnya mencarikan sekolah untuk Fadly Alberto waktu hendak masuk pendidikan sekolah menengah atas beberapa tahun lalu.
 
Menurutnya, waktu itu tidak semua sekolah berkenan untuk menerima Fadly Alberto karena satu dan lain hal, hingga akhirnya Budiono menelepon Kepala SMK Negeri Dander dan meminta tolong agar berkenan menerima Fadly Alberto menjadi siswa sekolah tersebut.
 
“Ternyata Mas Fadly itu waktu saya ‘keliling-keliling’ telepon untuk menerima (sekolah) Mas Fadly itu susah, sehingga waktu itu saya telepon Kepala SMK Negeri Dander. Mas, saya titip anak asuh saya. Langsung dijawab ‘Siap!’. Saya terus begini. Ini siapnya karena ikhlas apa karena takut. Ternyata sekarang terbukti karena ikhlas.” tutur Budiono, yang juga pernah menjabat Ketua Askab PSSI Kabupaten Bojonegoro.
 
 
Budiono menambahkan bahwa kini setelah Fadly Alberto berprestasi, khususnya di bidang olahraga sepak bola, banyak sekolah yang ingin menampung Fadly Alberto. Namun Budiono menegaskan bahwa Fadly Alberto akan tetap bersekolah di SMK Negeri Dander hingga lulus nanti.
 
“Banyak sekolah yang sekarang menghubungi saya. Kok tidak dititipkan ke saya to Pak Budi,” tutur Budiono.
 
 
 

Fadly Alberto, saat foto bersama Kepala Sekolah, Guru, dan teman-temannya di SMK Negeri Dander. Selasa (16/07/2024) (Foto: Imam Nurcahyo/BeritaBojonegoro)

 
Sementara itu, Fadli Alberto saat diminta untuk memberikan sambutan menyampaikan terima kasih sekaligus meminta maaf kepada Kepala Sekolah SMK Negeri Dander karena telah mendukung dan memberikan dispensasi kepada dirinya saat tidak masuk sekolah.
 
“Minta maaf kepada bapak ibu guru, saya tidak bisa sekolah karena membela negara,” tutur Fadly Alberto.
 
Fadly juga menyampaikan terima kasih kepada guru dan teman-temannya yang waktu itu telah hadir di Stadion Manahan Solo untuk mendukung dirinya saat bertanding dalam Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024.
 
“Terima kasih telah datang jauh-jauh untuk melihat saya. Saya juga tidak bisa bertemu soalnya tidak diperbolehkan sama staf dan manajemen dari PSSI.” tutur Fadly Alberto.
 
 
Di akhir sambutannya Fadly mengungkapkan rasa kegembiraannya karena saat ini dirinya telah bisa berkumpul kembali dengan guru dan teman-temannya untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar di SMK Negeri Dander
 
“Saya sangat berterima kasih banyak Kepada Bapak Kepala sekolah dan guru-guru. Saya tidak bisa mengungkapkan perasaan saya bisa kembali lagi di SMK Negeri Dander ini.” kata Fadly Alberto.
 
 
 
 
 
 
Fadly Alberto Hengga, pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 yang berlaga di Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024 adalah warga Kabupaten Bojonegoro, yang saat ini tercatat sebagai warga Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
 
Jika hanya dilihat dari “nama” dan “warna kulitnya” sepintas orang akan mengira kalau Fadly Alberto berasal dari wilayah timur Indonesia. Namun sejatinya Fadly Alberto memiliki darah campuran yaitu Papua dan Jawa.
 
Fadly Alberto Hengga, merupakan anak pertama dari pasangan suami istri John Clif Hengga (49) pria asal Timika, Papua Tengah, dengan Piana (43) perempuan asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
 
Fadly Alberto lahir di Kota Timika, Papua Tengah pada 22 Juni 2008, namun pada pertengahan tahun 2011 atau saat Fadly berusia 3 tahun, karena ibu dan bapaknya harus berpisah, Fadly dan adiknya akhirnya dibawa pulang oleh ibunya ke kampung halamannya di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
 
 
Sejak saat itu lah Fadly tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat Jawa. Bahkan saat ini, selain Bahasa Indonesia, Fadly Alberto hanya bisa berbahasa Jawa dan sama sekali tidak dapat berbahasa Papua. 
 
Sebelum namanya dikenal, Fadly bersama ibu dan adik kandungnya hidup dalam keterbatasan. Namun usai namanya mencuat setelah membela Timnas U-16, kini kondisi keluarga Fadly Alberto perlahan mulai membaik. Bahkan terbaru Fadly Alberto telah menerima hadiah sebuah rumah dari pengusaha Bojonegoro. (ads/red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Berita Video

Kejaksaan Bojonegoro Terima Pelimpahan Kasus Korupsi 4 Kades di Padangan

Bojonegoro - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro terima pelimpahan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan bantuan keuangan khusus desa (BKKD) tahun ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Daulat Rakyat, Bukan Daulat Raja

Daulat Rakyat, Bukan Daulat Raja

*Oleh Muhammad Roqib, S.H.,M.H. Analis Politik dan Pemerintahan Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Gresik Para pendiri bangsa dan negara Indonesia ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Infotorial

Adira Finance Rayakan Hari Pelanggan Nasional Melalui "Adira Menyapa Sahabat"

Adira Finance Rayakan Hari Pelanggan Nasional Melalui "Adira Menyapa Sahabat"

Bojonegoro - Menyambut momentum Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) 2024, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) Cabang Bojonegoro menyelenggarakan ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

16 Finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 Uji Talenta

16 Finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 Uji Talenta

Blora - Sebanyak 16 finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora tahun 2024, beradu kemapuan di Lapangan Tuk Buntung Kecamatan ...

1725751286.9721 at start, 1725751287.1551 at end, 0.18306708335876 sec elapsed