News Ticker
  • Update Penemuan Bayi di Dander, Bojonegoro, Polisi Masih Belum Temukan Ibu Kandung Bayi
  • Operasi Zebra Semeru 2022 Mulai Digelar, Berikut 7 Pelanggaran Prioritas yang Akan Ditindak
  • Diduga Lupa Matikan Kompor, Satu Rumah di Blora Ludes Terbakar
  • Perangkat Desa di Semanding, Tuban Ini Kaget Saldo Tabungannya Jadi Rp 14,8 Triliun
  • Blora Fashion Week, Diharapkan Jadi Titik Awal Bangkitnya Industri Fashion di Blora
  • Kepergok Curi Uang Kotak Amal di Musala, Pria di Blora Jadi Bulan-bulanan Warga
  • Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas
  • Dapur Milik Warga Bojonegoro Kota Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 35 Juta
  • Puluhan Emak-emak di Todanan, Blora Gelar Aksi Demo, Tuntut Penutupan Karaoke CI
  • Musim Panen, Harga Jual Tomat di Tingkat Petani di Bojonegoro Tinggal Rp 1.000 per Kilogram
  • Polisi: Foto yang Beredar di Medsos Bukan Ibu Kandung Pembuang Bayi di Dander, Bojonegoro
  • Sejumlah Saksi Dipanggil, Polisi Belum Temukan Ibu Kandung yang Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Belasan Keluarga Ingin Mengadopsi Bayi yang Ditemukan di Dander, Bojonegoro, Begini Caranya
  • Polisi Masih Mencari Ibu Kandung yang Tega Buang Bayinya di Dander, Bojonegoro
  • Diduga Sengaja Dibuang, Sesosok Bayi Perempuan Ditemukan di Dander, Bojonegoro
  • Ops Sikat Jaran Candi 2022, Polres Blora Tangkap 6 Tersangka dengan Barang Bukti 6 Motor
  • BLT DD di Blora Dipotong, Bupati Perintahkan Dikembalikan dan Awasi Pengembalian Potongan
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Avanza Tabrak Truk di Baureno, Bojonegoro, 3 Orang Tewas
  • Diterjang Angin Kencang, Sejumlah Bangunan di Ngasem, Bojonegoro Rusak hingga Roboh
  • Pulang dari Sawah, Seorang Petani di Dander, Bojonegoro, Tewas Disambar Petir
  • Sebuah Truk Terperosok dan Terguling di Galian Pelebaran Jalan di Sumberrejo, Bojonegoro
  • Berkunjung ke Blora, MenPAN RB Minta Reformasi Birokrasi Tak Hanya Sekadar Tumpukan Kertas
  • Kapolres Bojonegoro Pimpin Upacara Sertijab Kasat Samapta dan Kapolsek Kalitidu
  • Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Minta Semua Pihak Tidak Lakukan Pemotongan Bantuan Sosial

Inilah Sejumlah Fasilitas Yang ada di Taman Lokomotif Bojonegoro

Bojonegoro - Diberitakan sebelumnya, Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, pada Jumat (24/01/2020) pagi, resmikan pembukaan Taman Lokomotif yang berada di Jalan Teuku Umar Bojonegoro.
 
Pembangunan Taman Lokomotif merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam rangka menambah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Bojonegoro, sekaligus sebagai sarana persediaan taman dan sarana edukasi, khususnya terkait dengan masalah kereta api.
 
Lantas, Apa saja fasilitas yang ada di Taman Lokomotif tersebut?
 
 
 
 
 
 
Dari data yang dihimpun awak media ini dari Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitriama SSTP, bahwa di dalam Taman Lokomotif tersebut terdapat sejumlah spot atau taman, diantaranya: Sculpture Lokomotif, Spot Taman Lansia, Spot Taman Hutan Kota, Spot Taman Olahraga, Spot Watertorn Photoboth, Spot Taman Vegetasi Lokal, dan Spot Diorama Kereta Api.
 
Selain itu, Taman Lokomotif dilengkapi juga dengan fasilitas penunjang, seperti toilet, pos keamanan, dan area parkir serta nantinya juga akan dibangun Spot Pujasera.
 
"Sculpture Lokomotif itu lokomotif asli yang sengaja ditempatkan di Taman Lokomotif. Itu tadi yang baru saja diresmikan oleh Bupati Bojonegoro," kata Welly Fitrama kepada beritabojonegoro.com, Jumat (24/01/2020).
 
 
 
 
Sculpture Lokomotif yang ada di Taman Lokomotif Bojonegoro. Jumat (24/01/2020).
 
Sementara untuk Spot Taman Hutan Kota, saat ini belum bisa kelihatan karena masih belum tumbuh dengan sempurna, karena masih membutuhkan watu untuk tumbuh dari tanaman itu sendiri.
 
Kemudian Spot Taman Olahraga, dan Spot Watertorn Photoboth. "Ini yang ada di sini torn yang sangat lama sekali, yang memang sudah berada di lokasi tersebut, sehingga tetap dibiarkan agar menjadi peninggalan yang sangat luar biasa." kata Welly mengimbuhkan.
 
Selanjutnya ada Spot Taman Vegetasi Lokal, di mana dalam Taman Lokomotir tersebut ada 16 jenis tanaman dan bunga, yaitu 7 jenis pohon dan 9 bunga, totalnya ada 1.804 tanaman.
 
"Sedangkan untuk rumput, ditanam di areal kurang lebih 1.235 meter persegi." katanya.
 
Masih menurut Welly bahwa yang kemungkinan akan menjadi spot yang sangat luar biasa adalah Diorama Kereta Api.
 
"Di situ ada semacam sepur mainan, tapi itu berbentuk suatu yang menggambarkan pegunungan, dan jembatan yang mungkin nanti seandainya dibuka, saya yakin bahwa anak-anak akan banyak yang ke sana." kata Welly.
 
 
 
 
Layout Taman Lokomotif tampak samping (design: Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro)
 
 
Berikut ini fasilitas atau konsep yang ada di Taman Lokomotif Bojonegoro:
 
1).Sculpture Lokomotif
 
Lokomotif asli yang sengaja didatangan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari Depo Sidotopo Surabaya, untuk ditempatkan di Taman Lokomotif tersebut.
 
Spot Sculpture Lokomotif, menampilkan Ikon lokomotif yang diwadahi bentukan dari ide turntable atau meja putar sebagai ikon yang paling mudah diingat. Taman turntable yaitu wadah lokomotif berupa dudukan beton serupa turntable ikonik yang diperindah dengan kolam dan lampu untuk spot untuk swafoto malam sehingga instagramable.
 
Spot foto disediakan spot foto bentuk hati, bentuk ikon taman lokomotif yang eyecathing dan rel kereta api bekas untuk pagar dan jalan setapak.
 
2).Konsep Taman Lansia:
 
Terdapat area tempat duduk mengelilingi kelompok tatanan vegetasi bunga, dikelilingi jalan setapak dengan finishing batu refleksi natural, batu alam permukaan rata, dan koral sikat.
 
Untuk accessible lokasi paling depan, dan paling mudah diakses. Sirkulasi lebar 3 sampai 4 meter, material batu alam bertekstur rata, namun tetap kasar, tidak licin, aman untuk yang berkebutuhan khusus dan untuk kursi roda.
Ramp (jalur) sirkulasi penghubung dominan ramp, bukan tangga, accessibel untuk kursi roda dab lansia. Ergonomis sirkulasi, tempat duduk, ramp, sesuai standar teknis difabel, aman dilengkapi hand railling, grab bar serta nyaman, teduh, sejuk, aman, dan humanis.
 
 
3).Konsep Taman Hutan Kota:
 
Taman hutan kota sebagai upaya mempertahankan tanaman langka, khas Kabupaten Bojonegoro, tanaman buah lokal, dan tanaman unik khas. Vegetasi dominan mengupayakan dominasi area terbuka 80 persen, penanaman vegetasi besar didatangkan dari luar tapak. Nantinya direncanakan spot foto dari tanaman yang unik dan instagramable, seperti jelutung, tanaman rambat yang dibentuk unik, atau pot bunga yang disusun dengan komposisi menarik
 
4).Konsep Taman Olahraga:
 
Taman olahraga diutamakan bagi lansia yaitu taman dengan fasilitas khusus untuk olahraga lansia, dengan alat-alat olahraga outdoor yang aman untuk para lansia.
 
Taman dapat difungsikan bagi klub olahraga seperti klub senam jantung, senam lansia, penyuluhan kesehatan, dan   pemeriksaan kesehatan. Spot foto instagramable bagi para lansia.
 
 
5).Konsep Water Torn :
 
Water torn eks fasilitas sumur sumber air bersih bagi rumah dinas PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebelumnya, dengan pagar bekas rel kereta api dan vegetasi bambu, ditanam di sisi luar pagar untuk fungsi kamuflase. Spot foto dari tatanan lansekap dan pot bunga warna-warni yang ditanam berundak.
 
6).Konsep Taman Vegetasi Lokal:
 
Area bermain edukatif, bersosialisasi, keberanian, ketangkasan dan olahraga. Climate control taman vegetasi lokal dengan tanaman asli setempat, berfungsi menciptakan kelembaban udara agar sejuk dan nyaman.
 
7).Konsep Spot Diorama Kereta Api
 
Diorama Kereta Api tersebut dibangun sebagai upaya mengingatkan sejarah kereta api dan Kabupaten Bojonegoro, serta untuk memperkuat  branding Taman Lokomotif.
 
Dalam Diorama Kereta Api ini terdapat miniatur kereta api berikut kelengkapan stasiun, rel, lansekap pendukung dan aksesoris pendukungnya, dengan ukuran skalatis, untuk memperkuat branding taman lokomotif, yang merupakan bentuk mini dari Taman Lokomatif.
 
 
 
 

Diorama Kereta Api dalam Taman Lokomotif Bojonegoro.

 
Selain spot-spot tersebut, pada Taman Lokomotif juga dibangun fasilitas penunjang dan jalur penghubung, antara lain:
Pos jaga untuk petugas (Satpol PP), toilet ukuran 3 kali 4 meter, menyatu dengan konsep hutan kota, bersih, modern, aman, terbuka, dengan closet duduk.
 
Sementara untuk jalur penghubung, lebar sirkulasi 3 hingga 4 meter, arsitektural. Ramp (jalur) mengoptimalkan ramp daripada tangga. Trap tangga sirkulasi penghubung antar spot  lebar 3 hingga 4 meter, dominan ramp.
Hand railling desain sirkulasi, fasilitas dibuat senyaman mungkin, sesuai kebutuhan pengguna, dan untuk material finishing dominan paving block, tekstur kasar, low maintenance.
 
Ke depan, akan dibangun Spot Pujasera yang menurut rencana berada di sisi selatan tapak, dengan desain oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). (dan/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Berita Video

Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Viral, 2 Pengemudi di Tambakboyo, Tuban Berkelahi di Tengah Jalan

Tuban - Sebuah rekaman video memperlihatkan perkelahian antara dua orang pengemudi, di Jalan Pantura, turut Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Peringatan tersebut diprakarsai oleh World Stroke Organization ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Infotorial

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Infinix Note 12 dengan Fitur dan Sensor yang Berkualitas

Jakarta - Infinix Note 12 menjadi bagian penting dari koleksi brand smartphone Infinix yang merilis beberapa ponsel pada tahun 2022 ...

Berita Foto

Foto Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora

Berita Foto

Foto Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora

Blora - Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan warga sekitar terus melakukan pencarian terhadap serpihan pesawat tempur T-50i Golden ...

Feature

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Hari Raya Iduladha, Bawa Berkah bagi Produsen Besek Bambu di Blora

Blora - Hari Raya Iduladha, membawa berkah bagi sejumlah perajin besek (anyaman bambu) di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah ...

Religi

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro Akan Gelar Salat Iduladha 9 Juli 2022

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro Akan Gelar Salat Iduladha 9 Juli 2022

Bojonegoro - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bojonegoro, akan menggelar Salat Iduladha 1443 Hijriah pada Sabtu 9 Juli 2022. Khusus ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1664855399.1438 at start, 1664855399.324 at end, 0.18024706840515 sec elapsed