News Ticker
  • Polres Bojonegoro Kembali Salurkan Bantuan Paket Beras pada Warga Terdampak PPKM
  • Pemkab Bojonegoro Kembangkan Kawasan Peternakan Ayam Ras Petelur di Baureno
  • 8 Komunitas di Bojonegoro Rayakan Iduladha Bersama dengan Berbagi 350 Paket Daging Kurban
  • Bupati Bojonegoro Tekankan Pentingnya Kerukunan Antar Umat Beragama
  • Ayo! Warga Bojonegoro yang Sudah Sembuh dari COVID-19 Ikut Donor Plasma Konvalesen
  • PPKM Level 4, Polres Bojonegoro Gelar Patroli Skala Besar Sambil Salurkan Bantuan Sosial
  • AMSI akan Luncurkan Crisis Center COVID-19 bagi Pekerja Media
  • Pemerintah Siapkan Bantuan Sosial 5 Ribu Paket Beras bagi PKL Terdampak PPKM di Bojonegoro
  • Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah Ajak Penyintas COVID-19 Donor Plasma Konvalesen
  • Kapolres Bojonegoro Serahkan Bantuan Sosial pada Pelaku UKM dan Ojek Online
  • Progres Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel, Penghubung Bojonegoro-Tuban Capai 26 Persen
  • Cerita Siswa SMP Negeri 1 Blora Raih Juara Tingkat Nasional
  • Forkopimda Blora Sosialisasi PPKM Level 4 Sambil Bagikan Bansos untuk Pedagang Kaki Lima
  • Pemkab Bojonegoro Genjot Pemasangan Lampu PJU Hingga Jalan Poros Utama Kecamatan
  • Polres Bojonegoro Pinjamkan Tabung Oksigen Gratis bagi Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri
  • Bupati Hadiri Peluncuran Donor Plasma Konvalesen di PMI Bojonegoro
  • Bupati Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan PPKM Level 4 di Kabupaten Bojonegoro
  • Pemkab Bojonegoro Salurkan Bansos 40 Ribu Paket Beras bagi Masyarakat Terdampak PPKM
  • Polres Bojonegoro Salurkan Bantuan Sosial 3 Ton Beras pada Masyarakat Terdampak COVID-19
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Truk Boks Tabrak Truk Gandeng di Jalur Pantura Tuban
  • Polres Bojonegoro Distribusikan 2.500 Paket Daging Kurban untuk Masyarakat Terdampak COVID-19
  • Bupati Blora Laksanakan Salat Iduladha di Pendopo Rumah Dinas
  • PPKM Darurat, Bupati Bojonegoro Laksanakan Salat Iduladha di Halaman Rumah Dinas
  • Rekor Baru, Kasus COVID-19 di Kabupaten Bojonegoro Hari ini Tambah 207, Meninggal 21

Bupati Bojonegoro Resmikan Pembukaan Taman Lokomotif

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, pada Jumat (24/01/2020) pagi, resmikan pembukaan Taman Lokomotif yang berada di Jalan Teuku Umar Bojonegoro.
 
 
Pembangunan Taman Lokomotif merupakan salah komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam rangka menambah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Bojonegoro.
 
Selain itu, tujuan dari pembangunan Taman Lokomotir tersebut juga sebagai sarana persediaan taman dan edukasi, khususnya terkait dengan masalah kereta api.
 
 
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat tandatangi prasasti peresmian pembukaan Taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar Bojonegoro. Jumat (24/01/2020)

 
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, Welly Fitriama SSTP dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan Taman Lokomotif dimulai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), tertanggal 4 Januari 2019, tentang Rencana Kerja Sama Pengembangan Perkeretaapian Perkotaan di Bojonegoro, yang didalamnya mencakup rencana Pemkab Bojonegoro untuk memanfaatkan asset PT KAI (Persero) untuk keperluan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
Selanjutnya MoU tersebut ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkab Bojonegoro dengan PT KAI (Persero), dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro, tentang Sewa Asset Tanah milik PT KAI di Jalan Teuku Umar Bojonegoro, untuk pembangunan Taman Lokomotif.
 
Sementara untuk pelaksanaan pembangunan Taman Lokomotif ini dilaksanakan oleh CV. Zaki Putra Utama, selaku pemenang lelang dalam pembangunan taman tersebut, yang mana pekerjaan pembangunannya dimulai tanggal 22 Agustus 2019 hingga 10 Desember 2019.
 
"Dan tentunya, pihak kontraktor masih punya tanggungan atau kewajiban untuk memelihara taman ini sampai 6 bulan ke depan. Jadi kami berharap kontraktor harus memelihara sampai taman ini sempurna sebagaimana rencana yang diharapkan." kata Welly Fitrama.
 
 
Lebih lanjut Welly menyampaikan bahwa pembangunan Taman Lokomotif tersebut merupakan komitmen Pemkab Bojonegoro untuk melaksanakan Undang-undang Nomor 26 tahun 2007, tentang Penataan Ruang, di mana 30 persen dari luas wilayah Bojonegoro ini digunakan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
"Alhamdulillah, di Bojonegoro ini sampai tahun 2019, untuk ruang terbuka hijau dari taman, kurang lebih ada 10,3 hektare. Jadi untuk taman yang menyumbang untuk RTH 30 persen itu, sampai denggan 2019 sudah ada 10,3 hektare." kata Wlly Fitrama.
 
Selain itu, tujuan dari pembangunan Taman Lokomotir tersebut juga sebagai sarana persediaan taman dan sarana edukasi, khususnya terkait dengan masalah kereta api.
 
"Taman Lokomotif ini selama 2 hari dibuka kemarin, sudah banyak masyarakat yang datang, utamanya anak-anak. Ternyata anak-anak kita antusias untuk melihat dan perhatian sekali terhadap kereta api." kata Welly.
 
Pada kesempatan tersebut, Welly juga mengungkapkan bahwa adanya MoU antara Pemkab Bojonegoro dengan PT KAI (Perssero) tersebut merupakan suatu inovasi yang belum dilakukan oleh pemerintah daerah lain.
 
"Selama ini banyak daerah lain yang menanyakan bagaimana ini kok bisa terjadi. Karena dalam penggunaan assetnya itu sangat ringan sekali. Jadi kemarin ada beberapa kawan-kawan dari kota lain yang menanyakan terkait MoU ini," kata Welly.
 
 
Sementara itu, Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero), yang disampaikan oleh Kepala Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia, menjelaskan bahwa pembangunan Taman Lokomotif yang dibangun atas bekersama PT KAI (Persero) dengan Pemkab Bojonegoro tersebut adalah yang pertama kali di Indonesia.
 
Menurutnya banyak tanah milik PT KAI yang di plot sebagai RTH, tapi tidak memiliki konsep, dan tidak dibangun sebagaimana mestinya. Berbeda dengan Taman Lokomotif yang ada di Bojonegoro tersebut, yang ditetapkan sebagai RTH, tapi dibangun oleh Pemkab Bojonegoro, yang dibangun dengan konsep yang matang.
 
"Saya terima kasih dan ini yang pertama kali di Indonesia," tutur Suryawan Putra Hia, yang disambut tepuk tangan tamu undangan. "Ini juga yang pertama kali di PT KAI, di mana asset dikerjasamakan dengan pemerintah daerah dengan pelakuan khusus. Dan ini pertama kali untuk Bojonegoro." tuturnya mengimbuhkan.
 
 
Suryawan mengungkapkan bahwa PT KAI (Persero) sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten  Bojonegoro yang telah merealissikan rencana pembangunan wahana taman lokomotif tersebut. Suryawan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bojonegoro berikut seluruh jajarannya, yang telah merealisasikan pembangunan wahana taman lokomotif tersebut.
 
Dirinya juga berharap kerjasama tersebut menjadi langkah awal antara PT. KAI (Persero) dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk lebih meningkatkan lagi kerjasama di bidang lain.
 
"Ini baru langkah awal kerjasama antara PT KAI dan Pemkab Bojonegoro dan saya yakin masih banyak hal yang dappat kita kerjasamakan, dan step-stepnya sudah mulai berjalan. Semoga kerjasama ini tetap terjaga, dan sukses untukkita semua," kata Suryawan Putra Hia.
 
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat bari sambutan dalam peresmian pembukaan Taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar Bojonegoro. Jumat (24/01/2020)

 
Bupati Bojonegoro, Dr Hj Annna Muawanah dalam sambutanya mengatakan, bahwa pembangunan taman lokomotif tersebut merupakan inspirasi dari para Purnawirawan dan Pensiunan untuk membuat ruang terbuka hijau sebagai sarana rekreasi dan olahraga yang aman dan nyaman bagi masyarakat Bojonegoro.
 
"Selama ini saya menyayangkan jika lahan yang begitu luas dan strategis tidak dimanfaatkan dengan baik. Hanya dibiarkan begitu saja. Alangkah baiknya dimanfaatkan. Dan alhamdulillah hari ini kita lihat bersama-sama kerjasama Pemkab dengan PT Kereta Api." kata Bupati Anna Muawanah.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro akan terus berupaya mencari lahan untuk pembangunan ruang terbuka hijau.
 
"Kami juga sudah menyampaikan kepada lurah dan camat. Kalau masih ada tanah atau ruang terbuka, yang idle, tanah yang hanya dipakai untuk membuang sampah, dan tidak berguna, pemkab juga melakukan kerjasama untuk membangun ruang terbuka hijau." kata Bupati.
 
 
Kemudian khusus kepada PT KAI (Persero) Daop 8, Bupati juga mengucapkan terima kasih, di mana telah disampaikan bahwa saat ini masih ada tanah atau lahan kosong yang tidak dimanfaatkan yang bisa dikerjasamakan, untuk membangun ruang terbuka hijau atau taman di lahan tersebut.
 
"Habis ini kita akan keliling, sepanjang stasiun. Karena masih banyak lahan kosong. Nanti akan kita cek, mana yang bisa menambah oksigendan sebagainya,"
 
Diakhir sambutannya Bupati berpesan kepada semua pihak dan masyarakat Kota Bojonegoro khusunya untuk bersama-sama menjaga lingkungan Taman Lokomotif yang akan diresmikan tersebut, agar tetap bersih dan nyaman.
 
"Mudah-mudahan warga sekitar berkenan, kita jaga kebesihan, kelestarian dan keindahan taman ini." tutur Bupati berpesan.
 
 
Turut hadir dalam peresmian pembukaan Taman Lokomotif tersebut, Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawanto MPd; Kapolres Bojonegoro, AKPB M Budi Hendrawan SIK MH; Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Dra Nurul AzizahMM; Asistten Pemerintahan dan Kesra, Djoko Lukito SSos MM; Asisten Perekonomian dan pembangunan, Ir I Nyoman Sudana MM; Asisten Administrasi Umum, Yayan Rohman APMM; Staf Ahli Bupati; Kepala Dinas Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, Welly Fitriama SSTP dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro; Perwakilan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), Camat Bojonegoro Kota; Kepala Kelurahan Kepatihan Kecamatan Bojonegoro Kota; perwakilan dari kontraktor pelaksana pembangunan Taman Lokomotif dan tamu undangan lainnya. (dan/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia SIK MM MH, beserta staf dan jajaran sampaikan ucapan Selamat Hari Natal 2020 dan ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Opini

Mengenal Bimbingan dan Konseling di Sekolah

BANYAK orang yang masih belum begitu mengenal apa sesungguhnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan dan konseling (BK) di ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Sosok

Cerita Yanuri, Seniman Kentrung asal Blora yang Sepi Tanggapan Selama Pandemi COVID-19

Cerita Yanuri, Seniman Kentrung asal Blora yang Sepi Tanggapan Selama Pandemi COVID-19

Blora - Namanya Yanuri Sutrisno (58), seniman Kentrung asal Desa Sedanggayam, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Tidak banyak anak muda yang ...

Eksis

Cerita Siswa SMP Negeri 1 Blora Raih Juara Tingkat Nasional

Azfer Anarchia Raheel Al-Makki

Cerita Siswa SMP Negeri 1 Blora Raih Juara Tingkat Nasional

Blora Meski masih dalam masa pandemi COVID 19, namun tidak menyurutkan semangat SMP Negeri 1 Blora untuk menorehkan berbagai prestasi ...

Infotorial

Ibu Endang dan Biogas Limbah Ternak Sapi

Ibu Endang dan Biogas Limbah Ternak Sapi

API berwarna jernih kebiruan memancar dari kompor di dapur Ibu Endang. Perempuan warga Desa Gayam, Kecamatan Gayam, kabupaten Bojonegoro, tersebut ...

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Bojonegoro - Goa Janggut memang masih belum banyak dikenal orang. Namun goa ini menyimpan keindahan berupa stalaktit dan stalagmit berusia ...

Feature

Menengok Keberhasilan Budidaya Jeruk Siam di Desa Tulungrejo, Trucuk, Bojonegoro

Menengok Keberhasilan Budidaya Jeruk Siam di Desa Tulungrejo, Trucuk, Bojonegoro

Bojonegoro - Desa Tulungrejo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, selama ini lebih dikenal sebagai desa penghasil jambu air dan ...

Religi

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Bojonegoro - Jemaah atau warga Muhammadiyah di Kota Bojonegoro, pada Rabu (26/05/2021) malam atau usai sala magrib, menggelar salat gerhana ...

Pelesir

Melihat Keindahan Goa Lowo, Goa Sumber, dan Goa Lawang, di Desa Sumberarum, Dander, Bojonegoro

Melihat Keindahan Goa Lowo, Goa Sumber, dan Goa Lawang, di Desa Sumberarum, Dander, Bojonegoro

Bojonegoro - Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, tenyata menyimpan potensi wisata goa yang luar biasa. Di wilayah ...

Hiburan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Bojonegoro - Sebanyak 50 lukisan hasil karya seni 16 pelukis perempuan Bojonegoro dan 5 pelukis perempuan dari Solo, Surabaya, dan ...

Statistik

Hari ini

356 kunjungan

489 halaman dibuka

28 pengunjung online

Bulan ini

47.841 kunjungan

70.606 halaman dibuka

Tahun ini

632.283 kunjungan

893.285 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 1.063.914

Indonesia: 26.705

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1627271788.4375 at start, 1627271789.728 at end, 1.2905380725861 sec elapsed