News Ticker
  • Pekerja PEPC Bersama Masyarakat, Lakukan Aksi Pelestarian Lingkungan di Bojonegoro
  • Bupati Ajak SKK Migas Jabanusa Dukung Pembangunan Blora
  • Guncangan Gempa di Malang Dirasakan Warga Bojonegoro
  • Jelang Ramadan, Petani Blewah di Desa Kadungrejo, Baureno, Bojonegoro, Raup Berkah
  • Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan
  • Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat
  • Kejaksaan Negeri Bojonegoro Beri Pembinaan Hukum pada Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan
  • Sekjen Kementerian Agama RI Hadiri Launching Kartu Blora Mengaji
  • Kapolres Bojonegoro Ajak Muslimat dan Fatayat NU Bersinergi Tanggulangi Paham Radikalisme dan Intoleran
  • Kapolres Launching Program Orang Tua Asuh bagi Pelajar dan Mahasiswa Papua di Bojonegoro
  • 5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal
  • Inilah Pejabat dan Kepala Sekolah di Lingkup Pemkab Bojonegoro yang Baru Dilantik Bupati
  • Bupati Bojonegoro Lantik 2 Pejabat Administrator dan 131 Kepala Sekolah yang Baru Dimutasi
  • Bupati Bojonegoro Laksanakan Groundbreaking Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, 3 Rumah di Bojonegoro Kota, Terbakar, Kerugian Rp 505 Juta
  • EMCL Beri Pelatihan Relawan Keselamatan Jalur Pipa di Bojonegoro dan Tuban
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek Pengelolaan Bantuan Keuangan Kepada Desa
  • Terkait Larangan Mudik, Bupati Blora Akan Koordinasi dengan Gubernur Jateng
  • Kementerian Pertanian Lakukan Riset Pengembangan Padi Lahan Sawah Tadah Hujan di Blora
  • Komisaris Utama Pertamina, Ahok, Lakukan Kunjungan Kerja ke Proyek JTB di Bojonegoro
  • Kapolres Bojonegoro Beri Bantuan pada Istri Terduga Teroris di Temayang
  • Gedung Sekolah Dasar di Ngasem, Bojonegoro, Ambruk, Kerugian Capai Rp 150 Juta
  • Tips Praktis Menikmati Hiburan di Masa Pandemi
  • TPID Bojonegoro Gelar Pertemuan, Jaga Stabilitas Bahan Pokok Jelang Hari Besar Keagamaan

Bupati Bojonegoro Resmikan Pembukaan Taman Lokomotif

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, pada Jumat (24/01/2020) pagi, resmikan pembukaan Taman Lokomotif yang berada di Jalan Teuku Umar Bojonegoro.
 
 
Pembangunan Taman Lokomotif merupakan salah komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam rangka menambah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Bojonegoro.
 
Selain itu, tujuan dari pembangunan Taman Lokomotir tersebut juga sebagai sarana persediaan taman dan edukasi, khususnya terkait dengan masalah kereta api.
 
 
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat tandatangi prasasti peresmian pembukaan Taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar Bojonegoro. Jumat (24/01/2020)

 
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, Welly Fitriama SSTP dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan Taman Lokomotif dimulai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), tertanggal 4 Januari 2019, tentang Rencana Kerja Sama Pengembangan Perkeretaapian Perkotaan di Bojonegoro, yang didalamnya mencakup rencana Pemkab Bojonegoro untuk memanfaatkan asset PT KAI (Persero) untuk keperluan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
Selanjutnya MoU tersebut ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkab Bojonegoro dengan PT KAI (Persero), dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro, tentang Sewa Asset Tanah milik PT KAI di Jalan Teuku Umar Bojonegoro, untuk pembangunan Taman Lokomotif.
 
Sementara untuk pelaksanaan pembangunan Taman Lokomotif ini dilaksanakan oleh CV. Zaki Putra Utama, selaku pemenang lelang dalam pembangunan taman tersebut, yang mana pekerjaan pembangunannya dimulai tanggal 22 Agustus 2019 hingga 10 Desember 2019.
 
"Dan tentunya, pihak kontraktor masih punya tanggungan atau kewajiban untuk memelihara taman ini sampai 6 bulan ke depan. Jadi kami berharap kontraktor harus memelihara sampai taman ini sempurna sebagaimana rencana yang diharapkan." kata Welly Fitrama.
 
 
Lebih lanjut Welly menyampaikan bahwa pembangunan Taman Lokomotif tersebut merupakan komitmen Pemkab Bojonegoro untuk melaksanakan Undang-undang Nomor 26 tahun 2007, tentang Penataan Ruang, di mana 30 persen dari luas wilayah Bojonegoro ini digunakan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
"Alhamdulillah, di Bojonegoro ini sampai tahun 2019, untuk ruang terbuka hijau dari taman, kurang lebih ada 10,3 hektare. Jadi untuk taman yang menyumbang untuk RTH 30 persen itu, sampai denggan 2019 sudah ada 10,3 hektare." kata Wlly Fitrama.
 
Selain itu, tujuan dari pembangunan Taman Lokomotir tersebut juga sebagai sarana persediaan taman dan sarana edukasi, khususnya terkait dengan masalah kereta api.
 
"Taman Lokomotif ini selama 2 hari dibuka kemarin, sudah banyak masyarakat yang datang, utamanya anak-anak. Ternyata anak-anak kita antusias untuk melihat dan perhatian sekali terhadap kereta api." kata Welly.
 
Pada kesempatan tersebut, Welly juga mengungkapkan bahwa adanya MoU antara Pemkab Bojonegoro dengan PT KAI (Perssero) tersebut merupakan suatu inovasi yang belum dilakukan oleh pemerintah daerah lain.
 
"Selama ini banyak daerah lain yang menanyakan bagaimana ini kok bisa terjadi. Karena dalam penggunaan assetnya itu sangat ringan sekali. Jadi kemarin ada beberapa kawan-kawan dari kota lain yang menanyakan terkait MoU ini," kata Welly.
 
 
Sementara itu, Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero), yang disampaikan oleh Kepala Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia, menjelaskan bahwa pembangunan Taman Lokomotif yang dibangun atas bekersama PT KAI (Persero) dengan Pemkab Bojonegoro tersebut adalah yang pertama kali di Indonesia.
 
Menurutnya banyak tanah milik PT KAI yang di plot sebagai RTH, tapi tidak memiliki konsep, dan tidak dibangun sebagaimana mestinya. Berbeda dengan Taman Lokomotif yang ada di Bojonegoro tersebut, yang ditetapkan sebagai RTH, tapi dibangun oleh Pemkab Bojonegoro, yang dibangun dengan konsep yang matang.
 
"Saya terima kasih dan ini yang pertama kali di Indonesia," tutur Suryawan Putra Hia, yang disambut tepuk tangan tamu undangan. "Ini juga yang pertama kali di PT KAI, di mana asset dikerjasamakan dengan pemerintah daerah dengan pelakuan khusus. Dan ini pertama kali untuk Bojonegoro." tuturnya mengimbuhkan.
 
 
Suryawan mengungkapkan bahwa PT KAI (Persero) sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten  Bojonegoro yang telah merealissikan rencana pembangunan wahana taman lokomotif tersebut. Suryawan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bojonegoro berikut seluruh jajarannya, yang telah merealisasikan pembangunan wahana taman lokomotif tersebut.
 
Dirinya juga berharap kerjasama tersebut menjadi langkah awal antara PT. KAI (Persero) dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk lebih meningkatkan lagi kerjasama di bidang lain.
 
"Ini baru langkah awal kerjasama antara PT KAI dan Pemkab Bojonegoro dan saya yakin masih banyak hal yang dappat kita kerjasamakan, dan step-stepnya sudah mulai berjalan. Semoga kerjasama ini tetap terjaga, dan sukses untukkita semua," kata Suryawan Putra Hia.
 
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat bari sambutan dalam peresmian pembukaan Taman Lokomotif di Jalan Teuku Umar Bojonegoro. Jumat (24/01/2020)

 
Bupati Bojonegoro, Dr Hj Annna Muawanah dalam sambutanya mengatakan, bahwa pembangunan taman lokomotif tersebut merupakan inspirasi dari para Purnawirawan dan Pensiunan untuk membuat ruang terbuka hijau sebagai sarana rekreasi dan olahraga yang aman dan nyaman bagi masyarakat Bojonegoro.
 
"Selama ini saya menyayangkan jika lahan yang begitu luas dan strategis tidak dimanfaatkan dengan baik. Hanya dibiarkan begitu saja. Alangkah baiknya dimanfaatkan. Dan alhamdulillah hari ini kita lihat bersama-sama kerjasama Pemkab dengan PT Kereta Api." kata Bupati Anna Muawanah.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Bojonegoro akan terus berupaya mencari lahan untuk pembangunan ruang terbuka hijau.
 
"Kami juga sudah menyampaikan kepada lurah dan camat. Kalau masih ada tanah atau ruang terbuka, yang idle, tanah yang hanya dipakai untuk membuang sampah, dan tidak berguna, pemkab juga melakukan kerjasama untuk membangun ruang terbuka hijau." kata Bupati.
 
 
Kemudian khusus kepada PT KAI (Persero) Daop 8, Bupati juga mengucapkan terima kasih, di mana telah disampaikan bahwa saat ini masih ada tanah atau lahan kosong yang tidak dimanfaatkan yang bisa dikerjasamakan, untuk membangun ruang terbuka hijau atau taman di lahan tersebut.
 
"Habis ini kita akan keliling, sepanjang stasiun. Karena masih banyak lahan kosong. Nanti akan kita cek, mana yang bisa menambah oksigendan sebagainya,"
 
Diakhir sambutannya Bupati berpesan kepada semua pihak dan masyarakat Kota Bojonegoro khusunya untuk bersama-sama menjaga lingkungan Taman Lokomotif yang akan diresmikan tersebut, agar tetap bersih dan nyaman.
 
"Mudah-mudahan warga sekitar berkenan, kita jaga kebesihan, kelestarian dan keindahan taman ini." tutur Bupati berpesan.
 
 
Turut hadir dalam peresmian pembukaan Taman Lokomotif tersebut, Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawanto MPd; Kapolres Bojonegoro, AKPB M Budi Hendrawan SIK MH; Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Dra Nurul AzizahMM; Asistten Pemerintahan dan Kesra, Djoko Lukito SSos MM; Asisten Perekonomian dan pembangunan, Ir I Nyoman Sudana MM; Asisten Administrasi Umum, Yayan Rohman APMM; Staf Ahli Bupati; Kepala Dinas Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, Welly Fitriama SSTP dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro; Perwakilan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), Camat Bojonegoro Kota; Kepala Kelurahan Kepatihan Kecamatan Bojonegoro Kota; perwakilan dari kontraktor pelaksana pembangunan Taman Lokomotif dan tamu undangan lainnya. (dan/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia SIK MM MH, beserta staf dan jajaran sampaikan ucapan Selamat Hari Natal 2020 dan ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Tuberkulosis, Sang Monster yang Mematikan

Opini

Tuberkulosis, Sang Monster yang Mematikan

SAYA kali ini mencoba membahas penyakit TBC. Apakah nanti COVID-19 ini akan menjadi penyakit TBC yang sudah ratusan tahun kita ...

Quote

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

Quote Islami

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

KONDISI mewabahnya virus Corona (Covid-19) dalam bulan Ramadan ini tidak mengalami penurunan, bahkan semakin meningkat, maka untuk mencegah bahkan memutus ...

Sosok

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Surabaya - Budi Sugiharto yang akrab disapa Uglu, pada Selasa (16/03/2021) sekitar pukul 06.00 WIB, tutup usia. Fotografer sekaligus wartawan ...

Eksis

Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat

Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat

Blora - Setelah belasan tahun numpang di rumah salah satu anggota, Komunitas Difabel Blora Mustika (DBM) akan segera memiliki kantor ...

Infotorial

5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal

5 Kegiatan Bareng Orang Tua Ini Bantu Si Kecil Jalani Puasa Secara Maksimal

BAGI setiap orang tua, keistimewaan untuk dapat menyelesaikan tanggung jawab kantor tanpa perlu berat hati meninggalkan si kecil di rumah ...

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Bojonegoro - Goa Janggut memang masih belum banyak dikenal orang. Namun goa ini menyimpan keindahan berupa stalaktit dan stalagmit berusia ...

Feature

Desa Ngunut, Dander, Bojonegoro, Berupaya Kembangkan Agrowisata Jeruk Keprok

Desa Ngunut, Dander, Bojonegoro, Berupaya Kembangkan Agrowisata Jeruk Keprok

Bojonegoro - Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, selama ini dikenal karena memiliki objek wisata air Grogoland. Namun kini, sejumlah ...

Religi

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

Oase Ramadan

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

KARENA pelaksanaan salat idulfitri berjamaah di tanah lapang atau di masjid rentan mengorbankan kepentingan yang lebih utama, yaitu memutus rantai ...

Pelesir

Melihat Keindahan Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Wisata Alam

Melihat Keindahan Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Bojonegoro - Goa Janggut, merupakan goa yang berada di kawasan hutan lindung milik Perhutani, tepatnya di RPH Ngorogunung, BKPH Cilebung, ...

Hiburan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Bojonegoro - Sebanyak 50 lukisan hasil karya seni 16 pelukis perempuan Bojonegoro dan 5 pelukis perempuan dari Solo, Surabaya, dan ...

Statistik

Hari ini

1.468 kunjungan

2.003 halaman dibuka

57 pengunjung online

Bulan ini

35.102 kunjungan

51.747 halaman dibuka

Tahun ini

378.384 kunjungan

533.555 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 1.513.774

Indonesia: 36.497

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1618053210.8104 at start, 1618053210.9892 at end, 0.17872500419617 sec elapsed