News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bojonegoro Gelar Pesta Siaga 2018

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bojonegoro Gelar Pesta Siaga 2018

Oleh Muliyanto

Bojonegoro - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (22/12/2018) pagi, bertempat di lapangan Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro, menggelar Pesta Siaga 2018.

Pembukaan acara tersebut dilaksanakan oleh Wakil Bupati Bojonegoro Drs  Budi Irawanto MPd, dihadiri Forpimda Bojonegoro, Ketua dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bojonegoro, Ketua dan Pengurus Kwartir Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-kwarcab Bojonegoro, Ketua Mabigus, Pembinan Gugus Depan, dan anak-anak peserta pesta siaga.

 

 

Ketua Kwartir Cabang Bojonegoro, Drs H Hanafi dalam laporannya menyampaikan bahwa menjadi tanggungjawab gerakan pramuka untuk senantiasa mempersiapkan berbagai kegiatan edukatif yang menarik dan rekreatif. Sesuai dengan definisi kepanduan dari World Organization Of The Scout Movement, bahwa organisasi pramuka adalah organisasi yang mengemban misi untuk memberikan kontribusi pendidikan kepada generasi muda, melalui sistem nilai yang berdasarkan pada kode penghormatan pramuka, sebagai upaya untuk membangun dunia menjadi lebih baik.

“Acara ini untuk mengajak anak-anak untuk berpartisipasi aktif dalam berpramuka. Selain itu juga untuk memberikan wawasan kepada anak-anak agar kegiatan pramuka bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.” tutur Hanafi dalam laporannya.

Lebih lanjut Hanafi menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut diikuti 1.294 peserta, dengan rincian 635 peserta putradan 659 peserta putri, terbagi dalam 161 barung, yang terdiri dari 79 barung putra dan 82 barung putri.

Masih menurut Hanafi, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut antara lain adalah untuk Membangun citra pramuka sebagai alternatif unggul pendidikan non-formal bagi anak dan remaja di luar sekolah dan diluar rumah; Menjadikan pesta siaga sebagai media bertukar kegiatan dan menjadi contoh alternatif untuk kegiatan pramuka, anak dan remaja; Memberi media bekerjasama, saling pengertian dan saling menghormati bagi anak dan remaja dengan beragam asal dan latar belakang; Peningkatan kualitas kepengalaman yang meliputi mental spiritual, berfikir, bertindak, berbudi pekerti dan Peningkatan persaudaraan dan persahabatan sesama siaga;

“Selain itu juga sebagai ajang untuk njuk prestasi dan kreasi pramuka siaga serta penguatan pengalaman siaga.” tutur Hanafi.

Dalam Pesta Siaga 2018 akan dilaksanakan ada dua jenis kegiatan yaitu, yang pertama, bidang pengetahuan dan kecerdasan meliputi: golden scout chalange, lomba mewarnai, english competition, ranking satu dan yang kedua bidang seni, ketrampilan, ketangkasan dan olahraga meliputi lomba balap karung estafet, lomba balap egrang estafet, lomba lempar bola, lomba memasukan paku dalam botol.

 

 

Wakil Bupati Bojonegoro Drs. Budi Irawanto MPd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Kepribadian mulia dan berkecakapan hidup, adalah satu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat undang-undang gerakan pramuka,  yang merupakan dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia. ” tutur Wakil Bupati.

Gerakan Pramuka, lanjut Wakil Bupati, adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. Melalui organisasi gerakan pramuka ini dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, di antaranya belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajarbermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggungjawab serta belajar memimpin anggota yang lain. Semuanya itu menempa anggota pramuka untuk mandiri, berani, bertanggungjawab, berdisiplin dan terampil.

“Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka. Oleh karena itulah, melalui kegiatan pesta siaga, karakter bangsa perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang kontinyu, dalam rangka menguatkan pendidikan karakter dan kebangsaan.” kata Wakil Bupati menambahkan.

Tema pesta Siaga Tahun 2018 adalah Terampil, Bersahabat, dan Berprestasi. Anak-anak peserta siaga harus terampil dalam melaksanakan kegiatan yang ada. Menemukan sahabat sahabat yang baru untuk saling mengenal dan menyapa dari seluruh Kabupaten Bojonegoro, selanjutnya harapannya adalah anak anak dapat berprestasi dan menunjukkan kelas, menjadi anak anak yang berprestasi.

Usia siaga adalah usia pendidikan penuh rasa gembira dan masih dalam tahap pendampingan yang masih melekat pada ayah dan bundanya. Pembina siaga harus memahami karakter peserta didik di usia siaga.

“Kakak pembina harus terus mendampingi peserta didik usia siaga dengan selalu mengajak bergembira dan bahagia.” pungkas ” kata Wakil Bupati mengakhiri sambuttannya. (red/imm)

 

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714140883.7902 at start, 1714140884.054 at end, 0.26379108428955 sec elapsed