News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Polres Bojonegoro Gelar FGD Bersama Dinas Pariwisata dan Warga Desa Wedi

Polres Bojonegoro Gelar FGD Bersama Dinas Pariwisata dan Warga Desa Wedi

Bojonegoro - Potensi wisata edukasi salak wedi di Kabupaten Bojonegoro yang saat ini sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sebagai salah satu destinasi wisata edukasi, membuat Polres Bojonegoro menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) bersama Dinas Pariwisata kepada warga Desa Wedi Kecamatan Kapas, pada Jum'at (12/04/2019) siang, di Agro Wisata Salak Desa Wedi Kecamatan Kapas.
 
Tujuan dilaksanakannya Forum Grup Diskusi (FGD) Polres Bojonegoro bersama warga Desa Wedi Kecamatan Kapas adalah untuk meningkatkan peran serta masyrakat dalam rangka pemberdayaan edukasi wisata salak di Agro Wisata Salak di Desa Wedi Kecamatan Kapas.
 
Selain itu, dengan diselenggarakan kegiatan ini juga untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di sekitar Agro Wisata Edukasi Salak serta mengajak kepada warga sekitar lokasi wisata tersebut untuk bersinergi dengan pemerintahan daerah guna melestarikan lingkungan hidup serta memajukan program pemerintah di bidang pariwisata.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Kapolsek Kapas, KBO Binmas Polres Bojonegoro, Kepala Desa beserta perangkat Desa Wedi, Ketua RW dan RT se- Desa Wedi serta Pewakilan Masyarakat di sekitar Wisata Edukasi Salak Desa Wedi.
 
 
 

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, saat beri sambutan dalam FGD di Agro Wisata Salak Desa Wedi Kecamatan Kapas. Jum'at (12/04/2019)

 
Kapolres Bojonegoro dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas Polri adalah masalah mencipkan Harkamtibmas yang tetap kondusif, yang mana nanti bila ada suatu permaslah pasti larinya ke Polisi, melalui Program pemerintah yaitu Nawa Cita Presiden, dimana negara harus hadir di tengah masyarakat oleh karena itu Polri juga Hadir di Agro Wisata edukasi salak ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman.
 
"Dengan hadirnya kami sebagai penjaga keamanan, kami ingin masyarakat bisa juga bersama kami menjaga keamanan," ajak Kapolres.
 
Kapolres juga menekankan bahwa agar narasumber nantinya saat memberikan bimbingan serta ilmu kepada masyarakat bagaimana cara pengelolaan Agro Wisata edukasi Salak ini dan memberikan pendampingan secara berkala sehingga Wisata ini menjadi Destinasi Wisatawan dari Bojonegoro maupun luar Bojonegoro.
 
"Jalin sinergitas antara warga, Pemdes dan Pemda, sehingga agro wisata ini bisa berkembang secara pesat nantinya," imbuh Kapolres.
 
Mengenai situasi di Bojonegoro, Kapolres mengakatakan bahwa situasi di Bojonegoro cukup Kondusif jelang Pemilu 2019, sehingga warga tidak usah risau dengan beredarnya berita - berita di media sosial yang belum tentu benar kebenarannya. 
Agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan adanya berita-berita yang beredar, Kapolres mengajak untuk terlebih dahulu mencari kebenaran berita yang tersebar tersebut dengan cara tabayun terlebih dahulu.
 
"Cek dan ricek terlebih dahulu berita yang tersebar, agar kita tidak mudah terprovokasi," pesan Kapolres.
 
Terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan dengan aman, damai serta kondusif, Kapolres menegaskan bahwa TNI - Polri siap menjamin dan menjaga keamanan Pemilu 2019, oleh karena itu Kapolres mengajak agar seluruh warga yang memiliki hak pilihnya agar menggunakan hak pilihnya dengan cara ikut mencoblos pada Pemilu  tanggal 17 April 2019 yang di mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. 
 
Kapolres juga mengatakan bahwa Pemilu 2019 kali ini berbeda dengan Pemilu sebelum -sebelumnya, dimana durasi waktunya lebih lama karena satu orang pemilih harus mencoblos 5 kartu sekaligus, oleh karena Kapolres mengajak kepada warga agar mengusahakan datang tepat waktu.
 
"Sekali lagi, TNI- Polri siap menjamin keamanan setiap warga, oleh karena itu jangan takut bila ada intimidasi. laporkan saja bila itu terjadi," tegas Kapolres.
 
 
 

Kepala Disbudpar Kabupaten Bojonegoro Amir Syahid SSos MSi, saat beri sambutan dalam FGD di Agro Wisata Salak Desa Wedi Kecamatan Kapas. Jum'at (12/04/2019)

 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Amir Syahid SSos MSi dalam sambutan serta pemberian materi mengatakan uapan terima kasih kepada Kapolres karena sudah sudi memperhatikan obyek agro wisata edukasi salak.
 
Dalam Pariwisata ada namanya Sapta Pesona dan yang mana dalam point  pertama adalah Keamanan merupakan modal awal yang bagus. Dengan adanya forum ini nantinya juga bisa berkesinambungan untuk mencari solusi -solusi terhadal kendala dan masalah kedepan nantinya.
 
"Semoga dalam giat ini ada kesepakatan-kesepakatan, sehingga kegiatan ini tidak berhenti samapai di sini saja," ucap Kadisbudpar
 
Sinergitas Pemdes dan warga sangat di butuhkan dalam menyamakan visi maupun tujuan yaitu agar agro wisata edukasi salak ini menjadi Ikon Bojonegoro dan menjadi tujuan destinasi wisata.
 
"Masalah yang paling utama yaitu siapkan dulu SDM, sehingga bisa mengelola modal yang ada tersebut secara efektif," ucap Kadisbudpar.
 
Dalam menghadapi masalah, menyatukan visi misi yang pas sangat penting, sehingga bisa satu persepsi untuk memajukan bersama - sama.
Menurutnya, ada 3 hal yang harus di perhatikan dalam pengembangan wisata yang biasa di sebut 3 A yaitu yang pertama Akses, dimana harus di perhatikan jalanya bagaimana bagus tidak, macet tidak, yang kedua Aminitas, dimana kesedianya fasilitas umum baik MCK maupun Musolla. Dan yang ketiga yaitu Atraksi, haru membuat atraksi yang menarik semisal cara pengawinan buah salak.
 
"Disbudpar Bojonegoro siap memfasilitasi dan membantu pengembangan agro wisata edukasi salak ini, sehingga menjadi destinasi di Bojonegoro selain kebun blimbing," kata Kadisbudpar.
 
Salah satu warga dan peserta FGD, Yazid mengatakan sebagai salah satu wakil warga menyampaikan ucapakan terima kasih banyak kepada pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, bahwa agenda warga gang salak ingin meningkatkan perekonomian desa dengan pengelolaan salak yang benar agar menjadi salah satu pendongkrak perekonomian, namun kendalanya pada saat panen melimpah harga sangat murah sekali.
 
"Kami sebagai warga Desa wedi ingin menjadikan salak sebagai primadona lagi seperti sekitar tahun 80-an," ucap Yazid. (red/imm)
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714065913.6375 at start, 1714065913.9166 at end, 0.27901983261108 sec elapsed