News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
9.953 Rumah Tangga Miskin di Blora Akan Terima Bantuan Ternak Ayam Joper

9.953 Rumah Tangga Miskin di Blora Akan Terima Bantuan Ternak Ayam Joper

Blora - Ribuan rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Blora, dalam waktu dekat akan menerima bantuan ternak ayam Jowo Super (Joper) dari Kementerian Pertanian, melalui Balai Besar Veteriner Wates. Rencana penyaluran bantuan ini dikoordinasikan bersama jajaran Pemkab Blora dalam forum Koordinasi Pengembangan Unggas pada Kegiatan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) pada Senin (20/05/2019).
 
Koordinasi dilangsungkan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, yang dihadiri langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, jajaran Forkopimda, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Balai Besar Veteriner Wates dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora. Serta Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, para Camat dan Kades, serta Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Petugas Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) yang masyarakat desanya akan menerima bantuan.
 
 
Kepala Balai Besar Veteriner Wates, drh Bagoes Poermadjaja MSc menyampaikan bahwa program BEKERJA berupa pengembangan ternak unggas untuk RTM, yang dalam hal ini ayam joper merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian Pertanian dalam hal pengentasan kemiskinan di daerah.
Program BEKERJA adalah upaya peningkatan produksi komoditas pertanian dan peternakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan, serta pemberdayaan masyarakat miskin.
 
“Kegiatan ini berasal dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, yang dalam pelaksanaannya diserahkan kepada kami di Balai Besar Veteriner Wates,” ucap drh Bagoes Poermadjaja MSc.
 
Menurutnya program ini akan diberikan kepada 9.953 RTM yang ada di Kabupaten Blora,  di mana setiap RTM akan menerima bantuan 50 ekor ayam joper, sekaligus pakan, obat-obatan dan pelatihan pembuatan kandangnya secara gratis.
 
“Total akan ada 497.650 ekor ayam yang dibagikan kepada RTM di Blora. Setelah dibagikan, masing-masing RTM akan didampingi untuk pengembangannya. Diharapkan pengembangan ternak ayam joper ini bisa berkelanjutan dan mendongkrak penghasilan ekonomi RTM sehingga bisa keluar dari garis kemiskinan,” lanjutnya.
 
Untuk data RTM yang akan menjadi sasaran bantuan, menurutnya pihak BB Vet Wates dalam waktu dekat akan melakukan validasi data warga miskin yang diperoleh dari Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial bersama jajaran Dinsos P3A Blora, Pendamping PKH, Kades, beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Sehingga diharapkan bantuan benar-benar tepat sasaran.
 
 
Dijelaskan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, drh Gundala Wijasena MP bahwa bantuan program BEKERJA ini akan diprioritaskan untuk desa-desa miskin di Kabupaten Blora.
 
Menurutnya, kuota untuk 9.953 RTM ini akan kita salurkan ke 17 Desa Miskin baik Desa Miskin Kategori I dan Desa Miskin Kategori II yang telah dipetakan Pemkab Blora.
Asapin ketujuh belas desa miskin yang akan menerima program BEKERJA ini diantaranya Desa Ketileng, Desa Kedungwungu, Desa Ngumbul (Kecamatan Todanan); Desa Pilang (Kecamatan Randublatung); Desa Sidomulyo (Kecamatan Banjarejo); Desa Sumber, Desa Getas, Desa Mendenrejo (Kecamatan Kradenan); Desa Gabusan, Desa Bangkleyan (Kecamatan Jati); Desa Wado (Kecamatan Kedungtuban); Desa Botoreco, Desa Tawangrejo (Kecamatan Kunduran); Desa Kalinanas, Desa Pengkolrejo (Kecamatan Japah); dan Desa Gedebeg, Desa Kedungsatriyan (Kecamatan Ngawen).
 
“Sehingga diharapkan benar-benar berdampak positif untuk pengurangan kemiskinan di Kabupaten Blora,” tutur drh Gundala Wijasena MP.
 
 
Bupati Djoko Nugroho pun menyambut positif program BEKERJA yang diberikan Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Blora melalui BB Vet Wates. Menurut Bupati, ini program yang bagus dan harus didukung penuh agar sasaran pengentasan kemiskinan di Kabupaten Blora benar-benar tercapai.
 
“Program pengentasan kemiskinan berupa bantuan ternak ayam untuk warga miskin dari Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Wates ini harus dikawal bersama. Camat, Kades, bersama Pendamping PKH, Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus bisa sinergi agar program terlaksana dengan baik, tepat sasaran dan berhasil mengurangi kemiskinan hingga dua digit,” ucap Bupati.
 
Menurut Bupati, bantuan ini akan mendorong jiwa wirausaha masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Blora. Bantuan tidak diberikan begitu saja, namun diberikan pendampingan. Sedangkan untuk pemasarannya, Bupati meminta para kades bisa membantu koordinasi dengan Dinas Perdagangan.
 
“Jika program ini berhasil, bukan tidak mungkin Blora bisa menjadi lumbung ayam joper. Tidak hanya lumbung sapi saja. Bayangkan 9.953 RTM jika bisa sukses mengembangkan ternak ayam, akan membuka peluang usaha yang besar. Terimakasih Pak Menteri Pertanian, BB Vet Wates dan Dinas Peternakan Kesehatan Hewan Jateng,” kata Bupati.
 
Acara ditutup dengan sosialisasi teknis dari BB Vet Wates kepada seluruh Camat, Kades, Pendamping PKH, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang desanya menjadi sasaran program BEKERJA. (teg/imm)
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714043266.9852 at start, 1714043267.2645 at end, 0.27924704551697 sec elapsed