News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
Pemkab Blora Terima Penghargaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dari BKKBN

Pemkab Blora Terima Penghargaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dari BKKBN

Blora - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pada Selasa (04/08/2020), serahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora atas capaiannya dalam pelaksanaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, yang diselenggarakan dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020, yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2020 lalu.
 
 
Penyerahan penghargaan berupa piagam dan reward tersebut dilakukan oleh Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Tengah, Martin Suanta SE MSi, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora. Selasa (04/08/2020).
 
Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri jajaran Forkopimda, Kepala OPD terkait, petugas PLKB, PPKBD, IBI, dan para Danramil di lingkungan Kodim Blora yang telah mengerahkan Babinsa untuk menyukseskan KB.
 
 
 

Piagam Penghargaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, yang diterima Pemkab Blora. Selasa (04/08/2020)

 
Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Tengah, Martin Suanta SE MSi, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Pemkab Blora yang telah berhasil meraih beberapa capaian prestasi dalam rangka Kegiatan Hari Keluarga Nasional ke 27 tahun 2020 kemarin.
 
“Kami akui perayaan Harganas kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu diacarakan dengan dihadiri Presiden. Namun karena pandemi, Harganas diperingati dengan pelaksanaan layanan langsung serentak ke masyarakat yang dinamakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. Selamat untuk Blora yang dalam Harganas 2020 kali ini meraih beberapa prestasi dalam rangka Pelayanan KB Serentak Nasional Sejuta Akseptor di Jawa Tengah,” ucap Martin Suanta SE MSi.
 
 
Pihaknya menyampaikan  bahwa dalam kegiatan Pelayanan KB Serentak Nasional Sejuta Akseptor tersebut, Jawa Tengah mendapatkan target 147.652 akseptor dan mencapai 173 ribu lebih akseptor (117 persen). Secara nasional tercapai 140 persen, artinya dari target satu juta akseptor tercapai 1,4 juta.
 
“Sedangkan Blora dari target 13 ribuan akseptor tercapai 14 ribuan, tepuk tangan untuk Blora. Terimakasih Bapak Bupati, jajaran Dindalduk KB, Kodim 0721/Blora, Dinas Kesehatan, dan IBI yang sudah berkontribusi aktif menyukseskan kegiatan ini. Apresiasi setinggi-tingginya atas capaian Blora,” tutur Martin Suanta.
 
Pihaknya juga berpesan, meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelayanan KB harus terus dilakukan utamanya untuk mencegah Angka Kematian Ibu dan Bayi serta stunting.
 
"Inovasi harus terus dilakukan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan" kata Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Tengah, Martin Suanta SE MSi.
 
 
 
Bupati Blora, Djoko Nugroho, saat beri sambutan dalam acara penyerahan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, di Blora. Selasa (04/08/2020)
 
Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya menekankan bahwa seluruh kegiatan akan berhasil tergantung pada kualitas manusianya. Sehingga pihaknya merasa penting memperhatikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai hal yang utama, salah satunya melalui kegiatan KB untuk menyiapkan kualitas generasi penerus yang baik.
 
“Terimakasih BKKBN yang telah mengapresiasi pelaksanaan KB di Kabupaten Blora. Ini akan menjadi pendorong kami untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar KB benar-benar bermanfaat untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas,” kata Bupati.
 
Bupati juga berpesan agar seluruh petugas KB bisa melakukan edukasi kepada masyarakat guna menekan pernikahan dini. Pasalnya menurut Bupati saat ini di Blora angka perceraiannya masih tinggi yang dimungkinkan karena pernikahan dini.
 
“Untuk menyikapi hal ini, edukasi dan sosialisasi harus kita gencarkan agar masyarakat tidak terburu-buru menikahkan anaknya. Membentuk keluarga yang sehat dan berkualitas ini sangat penting. Jika ini sukses, maka angka kematian Ibu dan Bayi, serta sunting juga bisa ikut ditekan,” kata Bupati Djoko Nugroho..
 
 
Kepala Dinas Dalduk KB Blora, Achmad Nurhidayat SH MSi MM, menyampaikan bahwa saat ini petugas PLKB di Kabupaten Blora masih terbatas sehingga banyak dibantu oleh petugas kontrak non PNS.
 
“PLKB yang PNS ada 35, dan yang kontrak honorer ada 22, tersebar di 16 Kecamatan (295 Desa/Kelurahan), rata-rata 1 PLKB mengampu 3 Desa/Kelurahan. Kami juga dibantu oleh fasilitas kesehatan (faskes) yang jumlahnya ada 43 di Blora, dan dibantu bidan praktek, sehingga alhamdulillah target yang dibebankan kepada Blora 13.332 akseptor, dan melampaui target mencapai 14.358 akseptor. Terimakasih juga untuk PPKBD yang sudah membantu,” tutur Achmad Nurhidayat.
 
Penyerahan penghargaan berupa piagam dan reward ini dilakukan oleh Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Tengah, Martin Suanta SE MSi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.
 
 
 
Adapun penghargaan yang diserahkan adalah sebagai berikut :
 
1).Piagam Penghargaan untuk Bupati Blora atas Dukungan dan Fasilitasi dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-27 pada 29 Juni 2020.
 
2).Piagam Penghargaan untuk Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora atas Dukungan dan Fasilitasi dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-27 pada 29 Juni 2020
 
3).Sertifikat untuk Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Blora sebagai Terbaik III Tingkat Jawa Tengah atas Partisipasinya dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-27
 
4).Sertifikat untuk Kodim 0721/Blora sebagai Kodim Terbaik III tingkat Jawa Tengah atas Partisipasinya dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-27
 
5).Sertifikat untuk Dinas Dalduk KB Kabupaten Blora sebagai OPD Harapan I tingkat Jawa Tengah atas Partisipasinya dalam Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-27. (teg/imm)
 
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713504837.3165 at start, 1713504837.559 at end, 0.24248003959656 sec elapsed