News Ticker
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
Lewat keFitrian Mari Kita Sukseskan Gerakan Pembangunan Manusia Unggul Bojonegoro

Sambutan Bupati Bojonegoro pada Idul Fitri 1437 H

Lewat keFitrian Mari Kita Sukseskan Gerakan Pembangunan Manusia Unggul Bojonegoro

Oleh Kang Yoto

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Allahu akbar Allahu Akbar walillahil hamd

Bapak bapak, ibu ibu yang saya hormati

Kaum muda mudi yang saya banggakan

Dan anak anak yang saya sayangi 

Mari kita semua bersyukur kepada Allah, setelah kita semua mendapatkan kesempatan berpuasa selama sebulan, hari ini kita bisa hadir di tempat ini untuk melaksanakan sholat idul fitri. Dalam beberapa hari ini kita juga merasakan suasana idul fitri. Suasana sillaturrahim diantara sesama warga Bojonegoro.

Hadirin kaum muslimin dan muslimat yang saya cintai

Dalam suasana idul fitri ini ijinkan saya mengingatkan kepada semua kita, rakyat Bojonegoro. Bahwa tidak ada masa depan yang lebih baik kecuali kita usahakan bersama. Sejarah telah membuktikan, hanya bangsa yang kuat: hati, pikiran dan kuat dalam berinovasi, yang dapat menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang kuat bukanlah bangsa yang memiliki sumberdaya alam yang melimpah ruah tapi kualitas sumberdaya manusianya rendah. Hanya bangsa yang sanggup mengatasi kesulitannya dan terus mencari terobosan untuk mewujudkan yang terbaik bagi sesamanya yang akan menjadi bangsa yang besar. 

Hadirin yang saya hormati

Dalam kesadaran seperti itulah dan dalam suasana penuh kasih idul fitri, saya memohon seluruh pihak untuk mendukung program gerakan ayo sekolah. Kita berharap agar kelak tidak ada satupun anak Bojonegoro, baik yang berasal dari keluarga berkecukupan maupun yang kurang mampu yang tidak lulus Sekolah menengah atas. Walaupun tahun ini Pemkab telah memberikan beasiswa dua juta rupiah persiswa, namun bila tidak didukung orang tua dan semua lapisan gerakan ayo sekolah ini tidak berhasil. Untuk ini saya mohon:

  1. Yakinkan anak-anak bahwa hanya dengan jiwa yang sehat, fisik yang sehat dan kuat, otak yang hidup, tangan yang terampil, dan pandai berhubungan dengan lain maka anak anak kelak akan dapat hidup lebih baik. Anak anak yang seperti inilah yang kelak dapat hidup mandiri dan bermanfaat. 
  1. Mari kita sama sama menyadari bahwa sumber pendapatan rakyat Bojonegoro kini sudah nyata berubah: dulu mayoritas kita hidup dari pertanian-peternakan, kini mulai ada industri migas, industri padat karya di pedesaan, kita juga merasakan perdagangan dan jasa mulai menggeliat. Begitu juga dengan sektor pariwisata. Perubahan ini merupakan keharusan sejarah, tanah sawah dan ladang tidak lagi cukup menampung tenaga kerja. Rakyat Bojonegoro harus bisa hidup dengan berbagai cara baru, semangat dan mentalitasnya harus lebih kuat, iman dan taqwanya harus lebih baik lagi. Maka anak anak harus menyiapkan diri dan dipersiapkan lebih baik lagi. Anak anak adalah anugerah Allah, tapi bila tidak tumbuh dengan baik, kelak bisa menjadi musibah, finah dan laknat bagi keluarga dan masyarakat.
  1. Kepada bapak ibu mohon saling mengingatkan agar para orang tua tidak menikahkan putra putrinya sebelum lulus SLTA. Sudah cukup banyak bukti bahwa kekerasan dalam keluarga, perdagangan manusia, dan kegagalan keluarga salah satunya dipicu oleh pernikahan dini. Saya telah mengeluarkan kebijakan bahwa bagi anak anak yang terpaksa, sekali lagi terpaksa menikah agar tetap sekolah. Pemkab juga menyediakan paket C secara gratis bagi mereka yang karena sesuatu hal tidak dapat menyelesaikan SLTA.
  1. Mungkin diantara bapak ibu ada yang belum tahu, bahwa Pemkab, dalam hal ini dinas tenaga kerja telah membuka bursa tenaga kerja on line, dan terus menerus. Pemkab juga menyediakan berbagai jenis pelatihan ketrampilan, apa saja yang diinginkan. Bidang pertanian, pengolahan hasil pertanian, service, jasa, wisata atau apa saja yang mungkin dibutuhkan dapat dilayani. Pelatihan ketrampilan ini sungguh penting agar tenaga yang dimiliki semakin produktif. Silahkan dimanfaatkan, tinggal daftar di pemerintah desanya masing masing. 
  1. Saya juga ingin sampaikan bahwa tahun ini Pemkab mulai membangun kampus Akademi Komunitas Negeri di NgumpakDalem Dander. Mudah mudahan akhir tahun depan sudah dapat digunakan. Perkuliahan AKN yang selama ini di SMKN dapat segera pindah. Saya juga berharap kelak akan semakin banyak anak anak Bojonegoro yang lulus minimal D2. Bila tahun ini baru 500an anak yang mendapatkan beasiswa, pada tahun 2018 sangat mungkin Pemkab bisa memberikan beasiswa bagi 10.000 anak anak Bojonegoro yang berkuliah di AKN. AKN ini pulalah yang kita harapkan menjadi salah satu pilar pembangunan sumberdaya manusia Bojonegoro.
  1. Semua rencana ini tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak. Kita juga berharap agar harga minyak tidak jatuh seperti tahun ini, hingga pendapatan Pemkab jauh dibawah target. Kapada para orang tua muda, saya mohon dengan sungguh sungguh memperhatikan kebutuhan gizi dan kebutuhan kasih sayang anak anak. Kepada ibu ibu PKK dan gerakan dasa wisma saya mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya dalam turut membangun keluarga sejahtera bahagia. Jalan masih panjang dan mari kita terus bahu membahu. 

Saya percaya bila para tokoh agama, tokoh politik, para aktifis muda, Pemerintahan Kabupaten dan Desa, para pendidik dan pengusaha saling mendukung, maka keinginan kita semua agar kelak warga Bojonegoro yang hidup miskin semakin sedikit dan yang sejahtera semakin banyak, akan dapat terwujud. Bukankah ini yang menjadi cita-cita kita semua. 

Hadirin bapak ibu yang saya cintai

Tentu! Agar semua cita cita dan gerakan ini dapat kita wujudkan, maka jalinan sillaturrahmi, kasih sayang, saling menghargai dan saling percaya harus terus kita kuatkan. Mudah-mudahan idul fitri ini semakin membawa berkah buat kita semua.

Ijinkan saya, atas nama Pemkab,  Kecamatan, Pemdes, Jajaran Polri, TNI dan penegak hukum menghaturkan selamat idul fitri, semoga seluruh ibadah kita diterima Allah. Mohon maaf lahir dan batin

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Bojonegoro, 1 Syawal 1437 H

Bupati Bojonegoro 

Kang Yoto

 

 

 

 

 

 

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait
  • Keluar

  • Proses

  • Apa yang Terlihat

  • Cerita Kehidupan

  • Sering Kali

  • Apa yang Dicari

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713927277.0754 at start, 1713927277.2493 at end, 0.17384195327759 sec elapsed