News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
PEPC Salurkan Akses Sanitasi Bagi Warga Kaliombo Bojonegoro

PEPC Salurkan Akses Sanitasi Bagi Warga Kaliombo Bojonegoro

Bojonegoro - Dalam rangka mendorong dan mempercepat terwujudnya komunitas dan desa ODF (Open Defecation Free) atau bebas buang air besar sembarangan, Pertamina EP Cepu (PEPC) melalui program pengembangan masyarakat berkelanjutan, salurkan bantuan akses sanitasi bagi 130 KK di Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari  Kabupaten Bojonegoro.
Awali serah terima bantuan jamban, PEPC menggelar kegiatan Musyawarah Desa dan Kampanye Kesehatan bertempat di Balai Desa Kaliombo pada hari Jum’at (08/03/2019).  
 
Acara tersebut dihadiri oleh Edi Arto selaku Community Relations & CSR PEPC, Dasmin selaku Kepala Desa Kaliombo, Bayudono selaku Camat Purwosari, Dr Novi selaku Kepala Puskesmas Purwosari, beserta 130 KK penerima manfaat di Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro.
 
Dalam kegiatan Kampanye Kesehatan tersebut, Edi Arto menyebutkan tingginya komitmen PEPC terhadap ketersediaan akses sanitasi sekaligus mendukung Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC) yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.
 
“Program Akses Sanitasi yang menyasar 4 Desa di wilayah Bojonegoro ini sudah diimplementasikan PEPC sejak tahun 2016 sehingga total Penerima Manfaat hingga saat ini adalah 390 KK,” jelas Edi. 
 
Adapun 4 Desa yang disasar termasuk dalam wilayah Area Akses Jalan (AAJ) Project Gas Jambaran – Tiung Biru (JTB). Edi melanjutkan, sebagai upaya optimalisasi pemberdayaan masyarakat, PEPC bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro bergerak di bidang peningkatan kesehatan masyarakat.
 
Program pengembangan masyarakat berupa akses sanitasi yang dilakukan PEPC bertujuan untuk memperoleh manfaat yang berkelanjutan.  Selain menyerahterimakan 210 paket jamban kepada TP PKK Kabupaten dan Pemerintah Desa sejak tahun 2016, PEPC juga bekerjasama dengan TP PKK dalam upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui pemanfaatan jamban atau dengan tidak BAB sembarangan.
 
“Kegiatan Kampanye Kesehatan ini merupakan bagian penting dalam keberlanjutan program Akses Sanitasi, untuk meningkatkan rasa tanggung jawab penerima manfaat dalam mempergunakan akses sanitasi yang efisien dan efektif,” kata Edi.
 
Hadir dalam kegiatan penyuluhan dan kampanye kesehatan tersebut, Narasumber dari Puskesmas Purwosari. Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, 130 KK yang hadir mendapat informasi terkait pentingnya akses sanitasi dimana tinjauan kesehatan membuktikan bahwa sanitasi yang tidak layak menjadi faktor penyebab penularan berbagai penyakit seperti diare, kolera, disentri, hepatitis A, tifus, polio dan terhambatnya pertumbuhan pada Balita.
 
Faktor tersebut menyebabkan urgensi penyediaan akses sanitasi yang layak khususnya bagi masyarakat perdesaan baik di Indonesia maupun di negara lainnya kian mendesak. Hal tersebut juga memicu PBB menetapkan sanitasi sebagai hak azazi manusia pada tahun 2010 silam.
 
Keberhasilan program peningkatan kesehatan pada penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation) serta peningkatan penyediaan akses sanitasi (supply improvement).
 
“Setelah diberikan fasilitas sanitasi dan penyuluhan kesehatan,  PEPC berharap  para penerima manfaat dapat mengembangkan perilaku higienis dan pada akhirnya memperbaiki tingkat kesehatan, khususnya di Kabupaten Bojonegoro,” imbuh Edi.
 
Baik Kepala Desa Kaliombo maupun Camat Purwosari menyatakan apresiasinya terhadap program pengembangan masyarakat yang diterapkan oleh PEPC.
 
“Sinergitas PEPC dengan Pemerintah Kabupaten sesuai dengan cita-cita Bojonegoro menuju Open Defecation Free (ODF). Dalam hal ini, kami dari Pemerintah Kecamatan Purwosari mengucapkan terima kasih karena melalui program CSR nya, PEPC telah membantu kami meningkatkan kesehatan warga kami,” ujar Bayudono.
 
Saat ini, PEPC menjadi operator proyek Jambaran Tiung Biru dengan target on-stream pada tahun 2021 yang memproduksi sales gas sebesar 192 MMSCFD. Dalam menjalankan proses bisnisnya, PEPC akan berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif pada pengembangan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah Bojonegoro. (*/imm)
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713549901.5185 at start, 1713549901.8525 at end, 0.33400988578796 sec elapsed