News Ticker
  • Pengertian Zakat dan Macamnya (Bagian #2)
  • Puluhan Orang di Bojonegoro Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan COVID-19
  • Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Penutupan Pelatihan Batik di BLK Blora
  • Masjid Baitunnur Blora Akan Gelar Salat Idulfitri 1442 H dengan Protokol Kesehatan Ketat
  • Polisi Bojonegoro Gelar Ikrar dan Tanda Tangani Komitmen Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
  • Kapolres Bojonegoro Serahkan Hadiah Pemenang Lomba TikTok Larangan Mudik
  • Pedagang Pasar Temayang, Bojonegoro, Terima Uang Palsu Pecahan Rp 100 Ribu
  • EMCL Santuni Ratusan Anak Yatim dan Bagikan Seribu Paket Sembako di Bojonegoro
  • Pengertian Zakat dan Macamnya (Bagian #1)
  • Persoalan Stunting Menjadi Perhatian Khusus DPRD dan Sejumlah Elemen di Bojonegoro
  • Diduga Lupa Matikan Kompor dan Ditinggal ke Pasar, Dapur Milik Warga Bojonegoro Kota, Terbakar
  • Diduga Akibat Lupa Matikan Kompor Gas, Rumah Warga Dander, Bojonegoro, Ludes Terbakar
  • 2 Unit Bangunan Toko di Ngraho, Bojonegoro Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp 45 Juta
  • Kapolres Blora Cek Pos Penyekatan di Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur
  • Eratkan Silaturahmi Bersama Masyarakat di Wilayah Operasi, PEPC Berbagi di Bulan Suci Ramadan
  • Kapolres Bojonegoro Tegaskan Petugas Akan Meminta Kendaraan Pemudik untuk Putar Balik
  • Hukum Puasa Ramadan bagi Orang yang Sudah Sangat Tua dan Uzur
  • Safari Ramadan, Pertamina EP Sukowati Field Distribusikan Bantuan Paket Sembako
  • Jelang Idulfitri, Bupati Blora Minta Posko PPKM Skala Mikro Tingkat Desa Dimaksimalkan
  • Bupati dan Wakil Bupati Blora Serahkan Zakat untuk Warga Kurang Mampu
  • Kapolres Bojonegoro Pimpin Penyekatan Larangan Mudik di Perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah
  • Karyawan Pabrik Sepatu di Bojonegoro Gelar Aksi Demo
  • Hari Kedua Larangan Mudik Lebaran, Terminal Rajekwesi Bojonegoro Sepi
  • 4 Film Lokal Ini Wajib Masuk Daftar Tontonan Akhir Pekan Sambil Ngabuburit!

Jurus Jitu Mengasah Karier Memasak bagi Pemula: Persiapan Awal, Beli 5 Alat Masak Ini

TAHUKAH kamu, jaringan koki dan pemilik restoran di Amerika bernama American Harvest Ventures mengatakan bahwa masak bisa jadi keterampilan paling penting untuk dimiliki dalam hidup.
Esensinya, masak memang dilakukan untuk kebutuhan pangan manusia, namun kegiatan memasak pun ternyata dapat menstimulasi kreativitas seseorang dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Mulai dari meracik bumbu, memilih bahan makanan, menciptakan cita rasa, menghias dan membentuk makanan, hingga memilih topping atau garnish untuk penyajiannya tentu melibatkan proses berpikir dan imajinasi yang kreatif.
 
 
Selain itu, dengan hadirnya pandemi, memasak pun kian populer dan menjadi salah satu cara untuk menuangkan stress dan bahkan dijadikan peluang untuk menciptakan bisnis rumahan selama di rumah aja.
 
Tidak sedikit pula masyarakat akhirnya menjadikan hobi masak sebagai peruntungan karir dengan membuat konten di kanal YouTube, Instagram hingga Tik Tok serta menjadikannya peluang usaha kecil yang menguntungkan dari rumah dengan memanfaatkan platform online dan teknologi untuk memasarkannya.
 
Lantas, apa saja yang diperlukan untuk mengasah karir memasak dan mendapatkan peluang dari hobi ini? Salah satu perlengkapan yang sangat penting adalah alat memasak yang berkualitas baik dan mendukung untuk segala jenis masakan.
 
Berikut adalah lima alat masak yang bisa bantu mempersiapkan karir memasak dan impian menjadi chef:
 
 
1. Pan atau Wajan Penggorengan
 
Pan atau wajan penggorengan adalah alat masak yang wajib ada di setiap rumah. Tahukah kamu darimana kata wajan berasal? Wajan yang diambil dari Bahasa Jawa ini berarti besi atau baja yang kuat dan kokoh sehingga dapat digunakan untuk proses memasak dengan tingkat panas yang tinggi. Selain wajan, alat ini juga dikenal dengan beberapa sebutan lain seperti pan, penggorengan atau bajan. Wajan kembali terbagi menjadi berbagai jenis dengan keunggulan berbeda sesuai proses memasak. Ada fry pan yang permukaannya lebih datar dan ada wok pan yang lebih cekung. Selain itu, ada yang berlapis granit, keramik hingga berbahan stainless. Bagi pemula, pastikan kamu membeli pan atau wajan dengan kualitas yang baik ya. Selain bisa menunjang proses dan hasil masakan, pan atau wajan kualitas baik pun bisa bertahan hingga tahunan.
 
 
2. Panci
 
Untuk mendukung proses memasak makanan berkuah, saus hingga merebus, kamu disarankan untuk memiliki panci dengan kualitas jempolan. Oleh chef, panci umumnya digunakan untuk memasak dengan suhu panas sekitar 2400-3000 F (1315-1648 C). Namun, pemula pun sebaiknya memiliki satu panci dengan kualitas yang baik. Tidak perlu fokus pada ukuran, namun lebih pada fungsi dan ketahanan. Beberapa jenis panci yang sedang banyak digandrungi adalah panci stainless dan kaca yang bisa didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Jangan lupa juga perhatikan perawatan pada panci agar bisa digunakan untuk jangka panjang.
 
 
3. Spatula
 
Jika sudah punya pan atau wajan berkualitas bagus, jangan lupa untuk menggunakan spatula yang sesuai agar tidak merusak pan atau wajan. Banyak chef yang merekomendasikan spatula yang berbahan dasar silikon atau nilon untuk menghindari tertinggalnya bekas goresan pada wajan atau panci yang dapat merusak lapisannya dan berbahaya untuk tubuh kita. Tidak seperti sendok makan, spatula memiliki panjang gagang yang sudah disesuaikan, sehingga tangan tetap berada pada jarak aman dari panasnya api dari kompor. Terdapat juga spatula lain dengan bahan lain seperti stainless steel dan kayu yang dapat dijadikan referensi sesuai jenis wajan atau pan yang kita miliki.
 
 
4. Pisau Berkualitas
Tak lengkap rasanya jika dalam proses memasak belum menggunakan pisau berkualitas bagus. Jika biasanya hanya memiliki dan menggunakan satu pisau untuk semua bahan termasuk sayuran, buah, daging, ikan hingga perbawangan, kamu sudah seharusnya berinvestasi pada satu set pisau khusus untuk masing-masing bahan masakan. Pisau berkualitas yang berbahan dasar stainless steel dan memiliki mata pisau tajam membuat proses memotong, mengupas dan merajang dapat diselesaikan lebih cepat. Kini sudah banyak tersedia salah satunya di Ace Hardware, Informa, dan Modena Home Center, maupun platform e-commerce, salah satunya Shopee. Pelanggan dapat memanfaatkan ShopeePay sebagai metode pembayaran ketika berbelanja di toko-toko tersebut.
 
 
5. Talenan
 
Dibandingkan empat alat masak yang disebutkan sebelumnya, talenan seringkali dianggap kurang penting. Padahal, talenan melengkapi fungsi pisau dalam proses memasak saat memotong bahan makanan. Melakukannya di atas permukaan talenan yang rata akan memudahkan dan mempercepat proses tersebut. Ada talenan yang terbuat dari kayu, ada pula yang dari plastik yang memiliki fungsi untuk memotong berbagai bahan makanan berbeda seperti daging atau sayuran. Jangan lupa untuk melakukan langkah yang benar saat membersihkan dan menyimpan talenan agar tidak mudah rusak.
 
 
 
Untuk mempersiapkan perjalanan memasak kamu, selain mempertimbangkan harga, jangan lupa perhatikan juga kualitas bahan, ketahanan, serta fungsi alat masak tersebut. Mengingat alat masak akan digunakan sehari-hari, tidak ada salahnya mengeluarkan dana lebih untuk menjamin tiga aspek tersebut terpenuhi lho.
 
Tak perlu khawatir, semua alat masak tadi bisa dibeli dengan mudah di banyak tempat baik offline maupun online seperti Ace Hardware, Informa hingga Modena Home Center. Namun jika tidak ingin repot bepergian, cukup buka aplikasi Shopee untuk memesan secara online. Gunakan metode pembayaran digital ShopeePay di toko-toko tersebut dan di e-commerce Shopee untuk menikmati berbagai promo menarik sehingga belanja lebih memuaskan.
 
Selamat memasak dan berkreasi! (adv/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Videotorial

Video: Kapolres Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia SIK MM MH, beserta staf dan jajaran sampaikan ucapan Selamat Hari Natal 2020 dan ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Tuberkulosis, Sang Monster yang Mematikan

Opini

Tuberkulosis, Sang Monster yang Mematikan

SAYA kali ini mencoba membahas penyakit TBC. Apakah nanti COVID-19 ini akan menjadi penyakit TBC yang sudah ratusan tahun kita ...

Quote

Hakikat Puasa Ramadan

Oase Ramadan

Hakikat Puasa Ramadan

PENGELOMPOKAN tingkatan orang yang berpuasa di Bulan Suci Ramadan menurut Imam al Ghazali, memberi kesan publik seolah-olah ada puasa untuk ...

Sosok

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Pameran Foto: Jejak Karya Almarhum Budi 'Uglu' Sugiharto

Surabaya - Budi Sugiharto yang akrab disapa Uglu, pada Selasa (16/03/2021) sekitar pukul 06.00 WIB, tutup usia. Fotografer sekaligus wartawan ...

Eksis

Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat

Komunitas Difabel Blora Segera Punya Kantor Sekretariat

Blora - Setelah belasan tahun numpang di rumah salah satu anggota, Komunitas Difabel Blora Mustika (DBM) akan segera memiliki kantor ...

Infotorial

4 Film Lokal Ini Wajib Masuk Daftar Tontonan Akhir Pekan Sambil Ngabuburit!

4 Film Lokal Ini Wajib Masuk Daftar Tontonan Akhir Pekan Sambil Ngabuburit!

SETELAH menjalani kegiatan yang padat dari hari Senin hingga Jumat, pikiran dan tenaga harus diistirahatkan sejenak. Meski sebagian orang masih ...

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Berita Foto

Foto: Goa Janggut di Kawasan Hutan Ngorogunung, Bubulan, Bojonegoro

Bojonegoro - Goa Janggut memang masih belum banyak dikenal orang. Namun goa ini menyimpan keindahan berupa stalaktit dan stalagmit berusia ...

Feature

Desa Ngunut, Dander, Bojonegoro, Berupaya Kembangkan Agrowisata Jeruk Keprok

Desa Ngunut, Dander, Bojonegoro, Berupaya Kembangkan Agrowisata Jeruk Keprok

Bojonegoro - Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, selama ini dikenal karena memiliki objek wisata air Grogoland. Namun kini, sejumlah ...

Religi

Pengertian Zakat dan Macamnya (Bagian #2)

Oase Ramadan

Pengertian Zakat dan Macamnya (Bagian #2)

IBADAH zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu dan memiliki kelapangan ...

Pelesir

Menikmati Wedang Ronde Khas Bojonegoro di Malam Ramadan

Wisata Kuliner

Menikmati Wedang Ronde Khas Bojonegoro di Malam Ramadan

Bojonegoro - Wedang ronde, mungkin bagi sebagian masyarakat di Kabupaten Bojonegoro saat ini jarang ditemui, namun di pelosok Bojonegoro bagian ...

Hiburan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Peringati Hari Kartini, Pelukis Perempuan Bojonegoro Gelar Pameran Lukisan

Bojonegoro - Sebanyak 50 lukisan hasil karya seni 16 pelukis perempuan Bojonegoro dan 5 pelukis perempuan dari Solo, Surabaya, dan ...

Statistik

Hari ini

318 kunjungan

435 halaman dibuka

32 pengunjung online

Bulan ini

20.571 kunjungan

29.229 halaman dibuka

Tahun ini

451.203 kunjungan

637.154 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 1.372.689

Indonesia: 21.637

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1620692952.4746 at start, 1620692952.6437 at end, 0.16912388801575 sec elapsed