News Ticker
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
Cerita Siswa SMP Negeri 1 Blora Raih Juara Tingkat Nasional

Azfer Anarchia Raheel Al-Makki

Cerita Siswa SMP Negeri 1 Blora Raih Juara Tingkat Nasional

Blora – Meski masih dalam masa pandemi COVID 19, namun tidak menyurutkan semangat SMP Negeri 1 Blora untuk menorehkan berbagai prestasi bagi anak didiknya, bahkan sampai tingkat nasional.
 
Salah satunya adalah Azfer Anarchia Raheel Al-Makki, siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Blora ini berhasil meraih Medali Perunggu (Juara 3) dalam ajang Olimpiade IPA dan Matematika (OMIPA) SMP/MTs Tingkat Nasional yang dilaksanakan secara daring pada Juni 2021 kemarin.
 
Lomba sendiri digelar oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Azfer juga menjadi Finalis dalam ajang Asean Student Science Olympiad (ASCIENCO) 2021 Olimpiade Tingkat ASEAN Regional Indonesia.
 
#adsense
 
Putra pertama dari Andy Kurniawan dan Lila Yuniar Omegyastantri ini mengaku, selama pandemi ini, dia mengisi waktunya dengan mengikuti sekolah daring. Mengerjakan tugas dari sekolah dan menggambar.
 
“Saya memang suka menggambar. Banyak banget gambarnya,” katanya Azfer. Kamis (22/07/2021).
 
Selain menggambar di atas kertas, Azfer juga menggambar dengan menggunakan media dan program komputerisasi. Bahkan dia beberapa kali mengikuti kompetisi menggambar karikatur dan komik tingkat Nasional yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas).
 
“Tapi ya belum berhasil dapat peringkat,” tuturnya
 
Menurutnya, meski pandemi, dia tidak akan pernah putus asa dan patah semangat. Sebab, banyak waktu luang yang bisa diisi untuk menimba ilmu di luar materi pelajaran dari sekolah.
 
“Kalau saya sudah gede, saya ingin kuliah bidang Kedokteran di Universitas. Kalau ada seperti ini bisa membantu banyak orang,“ tutur Azfer menambahkan.
 
 
 

Azfer Anarchia Raheel Al-Makki, siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Blora dengan sejumlah penghargaan yang telah diraih. (istimewa)

 
Sementara itu, Kepala SMPN 1 Blora Andreas Sutrasno mengatakan, dalam masa pandemi seperti ini sekolah terus memacu anak didik untuk terus berkompetisi dan menorehkan prestasi. Seperti yang ditorehkan Azfer Anarchia Raheel Al-Makki ini.
 
“Tahun 2021 ini, banyak prestasi yang sudah diraihnya. Bahkan, sejak Pandemi, Azfer beberapa kali jadi juara Olimpiade baik tingkat provinsi maupun nasional,” kata Andreas Sutrasno.
 
Andreas menambahkan, bahwa SMPN 1 Blora juga sangat mengapresiasi prestasi-prestasi yang diraih Azfer. Selain itu akan mengembangkan potensinya dengan mengikutkan diberbagai lomba.
 
“Anak ini memang aktif dan kreatif. Sekolah bangga kepadanya. Meski di tengah pandemi, anak-anak tetap bisa eksis untuk meraih prestasi,” tuturnya mengimbuhkan.
 
#adsense
 
Beberapa prestasi yang diraih mulai dari Juara 1 Matematika “National Topaz Online Competition 2020” (NTOC) Tingkat Nasional Level 4 SMP/MTs yang diselenggarakan oleh TOPAZ Global Education. Juara 2 Matematika Kategori SMP/MTs Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan CEO Star Gemilang, Juara 2 SAINS Kategori SMP/MTs Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan CEO Star Gemilang. Juara 3 SAINS Kategori SMP/MTs Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh TOPAZ Global Education.
 
Selain itu, Azfer Anarchia Raheel Al-Makki juga berhasil meraih berbagai Medali. Mulai Medali Perak (Juara 2) Biologi “Advanced Bio-Physics Olympiad (ABPO) National 2020” yang diselenggarakan oleh POSI Indonesia. Medali Perak (Juara 2) Matematika “Advanced Mathematic Olympiad (AMO) National 2020” yang diselenggarakan oleh POSI Indonesia. Medali Perunggu (Juara 3) Matematika “Indonesian Olympiad of Science (IOS) Tingkat Nasional 2020” yang diselenggarakan oleh POSI Indonesia.
 
Berikutnya, Medali Perunggu (Juara 3) IPA “Indonesian Olympiad of Science (IOS) Tingkat Nasional 2020” yang diselenggarakan oleh POSI Indonesia. Medali Perak (Juara 2) IPA “Kompetisi Online Matematika dan IPA (KOMI) Tingkat Nasional 2020” yang diselenggarakan oleh Fraterblam Group. Medali Perunggu (Juara 3) MATEMATIKA “Kompetisi Online Matematika dan IPA (KOMI) Tingkat Nasional 2020” yang diselenggarakan oleh Fraterblam Group.
 
#adsense
 
Selain itu, menjadi Juara 1 Competition of Science and Mathematics (COSMIC) Semesta Day 2020 Se-Jawa Tengah dan DIY yang diselenggarakan oleh Semesta Bilingual Boarding School. Honorable Achievement “Intellectual Championship (IC) 2020” yang diselenggarakan oleh Indonesia Memory Sports Council (IMSC). Honorable Achievement “Kompetisi Matematika Internasional Online Tahunan Ke-IV 2020” yang diselenggarakan BRICSMATH.COM+
 
Pernah juga ikut lomba Honorable Achievement Lomba Matematika, Sains dan Inggris (MSI) XVII SMP Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan SMA Taruna Nusantara. Honorable Achievement Olimpiade Sains Nasional (OLNAS) 2020 yang diselenggarakan Ruang Dosen Republik Indonesia (RDRI). Honorable Achievement in The National Science and Social Olympiads (SSO) XXI 2020 for SMP/MTs of SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Honorable Achievement in Sains Competitions OMEGA SCIENCE DAY 2020 yang diselenggarakan oleh HMP IPA Universitas Negeri Malang dan Honorable Achievement in Olimpiade Update Science, Social and Language Competition 2020 (OPSILON FESTIVAL III) yang diselenggarakan oleh Media Partner Olimpiade Update. (teg/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713449129.8406 at start, 1713449129.9728 at end, 0.13220000267029 sec elapsed