News Ticker
  • Jenazah Remaja Putri Warga Dander Bojonegoro Telah Diambil Keluarganya
  • Update Covid-19 Kabupaten Blora: Jumlah ODP 211 Orang, PDP 3 Orang, Positif Nihil
  • Update Covid-19: Jumlah ODP di Kabupaten Bojonegoro Sebanyak 50 Orang
  • Seorang Remaja Putri Warga Dander, Meninggal Dunia Mendadak di Bojonegoro
  • InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona
  • 'Jangan Mudik' Upaya Meredam Penyebaran Virus Corona
  • Bupati Bojonegoro Minta Santri yang Tinggal di Pondok Pesantren Dipulangkan
  • Bupati Minta Warga Bojonegoro yang Bekerja di Zona Merah agar Dikarantina
  • Bupati Bojonegoro Minta Karyawan Migas dari Luar Daerah Dipulangkan
  • Pemkab Blora Siapkan Klinik Bakti Padma untuk Observasi ODP Virus Corona
  • Update Covid-19: Jumlah ODP di Kabupaten Bojonegoro Sebanyak 46 Orang
  • Update Covid-19: Satu Orang PDP Virus Corona di Bojonegoro Meninggal Dunia di Rumah Sakit
  • Pemkab Bojonegoro Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 5 April 2020
  • 1.000 Masker Hasil Produksi BLK Blora Dibagikan Kepada Masyarakat
  • Polisi Gunakan Watercanon untuk Semprotkan Disinfektan di Ruas Jalan di Kota Bojonegoro
  • Update Covid-19: Dinkes Bojonegoro Umumkan Kasus Pertama PDP Virus Corona
  • Cegah Virus Corona, Aparat di Dander Bojonegoro Bubarkan Acara Resepsi Pernikahan
  • Cegah Corona, Polisi di Bojonegoro Ciduk Belasan Pemuda Saat Berkumpul di Warung Kopi
  • Cegah Corona, Belasan Pemuda di Bojonegoro Diciduk Polisi Saat Berkumpul di Warung Kopi
  • Dishub Bojonegoro Tutup Sementara Layanan Pengujian Kendaraan Bermotor
  • 3 Orang di Blora Protes Ulah Oknun Anggota DPRD yang Videonya Viral
  • Antisipasi Kelangkaan Masker di Pasaran, BLK Blora Produksi Masker Mandiri
  • Diduga Serangan Jantung, Warga Sukosewu Bojonegoro Meninggal Dunia di Ngraho
  • Update Covid-19: Jumlah ODP di Kabupaten Bojonegoro Bertambah Jadi 37 Orang
  • Pemkab Bojonegoro Pasang Bilik Disinfektan di Stasiun dan Terminal Rajekwesi

Siswa-Siswi SMAN 1 Bojonegoro Antusias Ikuti Belajar Energi Migas, Bersama EMCL

Bojonegoro – Kegiatan belajar energi minyak dan gas bumi di SMA Negeri 1 Bojonegoro berlangsung seru, Selasa (19/11/2019). Sebanyak 100 siswa-siswi antusias mengikuti materi belajar energi migas, public speaking dan lomba public speaking yang digelar di SMA Negeri 1 Bojonegoro tersebut. Belajar energi migas terselenggara atas kerjasama ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB) sebagai mitra di bidang pendidikan.
 
Belajar energi migas dimulai pukul 08.00 pagi. Turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Bojonegoro, Drs Markasim, External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin, Ketua YKIB, Muhammad Roqib SH, dan narasumber public speaking dari We Pro Surabaya, Rian Priyo Hadi SPd.
 
 
 
Waka Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Bojonegoro, Drs Markasim, saat membuka acara mengaku senang mendapatkan kunjungan kegiatan belajar energi migas ini.
 
“Kegiatan belajar energi migas ini bisa menjadi pengetahuan bagi siswa, mengakrabkan sekolah dengan pihak EMCL, dan mengenalkan industri minyak dan gas bumi kepada siswa,” ujarnya.
 
Ia yakin materi energi minyak dan gas bumi yang disampaikan oleh narasumber dari EMCL akan memberi manfaat bagi siswa di masa depannya.
 
“Bekal ilmu dan pengetahuan tentang energi minyak dan gas bumi ini suatu saat pasti akan berguna. Siswa bisa jadi apa saja kelak saat mereka sudah lulus sekolah dan kuliah, tetapi pada saat mereka berhubungan dengan energy migas, mereka paling tidak sudah punya bekal pengetahuan,” ujarnya.
 
 
 

Para pemenang lomba public speaking saat foto bersama, usai Kegiatan belajar energi minyak dan gas bumi di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Selasa (19/11/2019)

 
External Affairs Manager EMCL, Ichwan Arifin, mengungkapkan, kegiatan belajar energi migas ini bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman dari tenaga ahli yang selama ini bekerja di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, kepada para siswa terutama jenjang SMA dan SMK di Kabupaten Bojonegoro.
 
“Kami ingin berbagi ilmu dan pengalaman  tentang energi minyak dan gas bumi, juga aktivitas EMCL di Lapangan Banyu Urip. Harapannya bisa memberi inspirasi kepada para siswa-siswi SMA dan SMK di Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya.
 
Ichwan Arifin mengatakan, usia siswa SMA adalah masa yang paling penting dalam perjalanan hidup. Menurutnya, sejak masa sekarang siswa sudah harus mempunyai peta jalan ke depan mau menjadi apa.
 
“Masa depan itu harus dipersiapkan sejak sekarang.  Setelah lulus sekolah dan kuliah mau jadi apa. Kalau mau jadi dokter misalnya, maka tentu saja harus masuk fakultas kedokteran dulu. Begitu pula kalau ingin meraih cita-cita yang lain, harus disiapkan sejak sekarang,” ujarnya.
 
 
 
Materi belajar energi migas disampaikan oleh Andi Purwanto, Maintenance and Reliability Supervisor Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu. Ia telah bergabung dengan ExxonMobil sejak tahun 2007 dan pernah bertugas sebagai Mechanical Technician di Wyoming, Amerika Serikat, dan sebagai Lead Mechanic ExxonMobil di Nigeria. Pengalamannya selama bertugas itu dibagikannya kepada para siswa-siswi yang mengikuti belajar energy migas.
 
“Standar keselamatan bekerja di ExxonMobil di Amerika Serikat, Nigeria, dan juga di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, di Indonesia ini sama. Tidak boleh ada yang cidera saat bekerja di lapangan minyak dan gas bumi yang dikelola oleh ExxonMobil,” ungkapnya.
 
 
 
Ia juga mengungkapkan, kebutuhan minyak di Indonesia cukup besar yakni sekitar 1,6 juta barel per hari. Akan tetapi, kata dia, produksi minyak nasional hanya sekitar 700-800 ribu barel per hari. “Produksi minyak di Lapangan Banyu Urip saat ini di kisaran 220 ribu barel per hari dan memberi kontribusi sekitar 25 persen produksi minyak nasional. Kami terus berusaha memenuhi target produksi minyak nasional,” ujarnya.
 
Siswa yang mengikuti belajar energi migas sangat antusias dan kritis. Azzahra, salah satu siswi, misalnya menanyakan, pemerintah pernah menyampaikan akan menaikkan target produksi minyak nasional menjadi 1 juta barel per hari. Lalu, bagaimana bisa mencapai target produksi minyak tersebut?.
 
Menanggapi hal itu, Andi Purwanto, mengungkapkan, pemerintah melalui SKK Migas memang terus berusaha menaikkan target produksi minyak nasional. Salah satu di antaranya dengan memaksimalkan produksi minyak dari sumur-sumur tua.
 
 
 

Para pemenang lomba public speaking saat foto bersama, usai Kegiatan belajar energi minyak dan gas bumi di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Selasa (19/11/2019)

 
Usai materi belajar energi migas, acara dilanjutkan dengan materi public speaking yang disampaikan oleh Rian Priyo Hadi, public speaker professional dari We Pro Surabaya. Ia menyamapaikan materi public speaking dengan sangat menarik dan membuat siswa-siswi antusias mengikutinya. Selanjutnya, lima siswa mengikuti lomba public speaking. Mereka tampil di depan dan menyampaikan presentasi tentang energi minyak dan gas bumi dengan gayanya masing-masing.
 
 
 
Setelah dilakukan penjurian, kelima peserta lomba public speaking yang meraih juara 1 yakni Hisanifa Arifani, juara 2 yakni Alfauzi Satriyo Wicaksono, juara 3 yakni Rizki Maulana Saputra, juara harapan 1 yakni Pramesti Hajar Budi, dan juara harapan 2 yakni Ade Gumelar Pangestu. Juara 1 dapat hadiah sepeda gunung, juara 2 dapat hadiah sepeda BMX, juara 3 dapat hadiah jam tangan, juara harapan 1 dan juara harapan 2 dapat hadiah souvenir menarik.
 
Sebelumnya kegiatan belajar energi migas ini juga telah digelar di SMA Negeri 1 Kalitidu dan SMK Negeri 5 Bojonegoro. Sesuai rencana kegiatan belajar energi migas selanjutnya akan digelar di SMA Negeri 2 Bojonegoro. (kik/imm)
Berita Terkait

Videotorial

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19

InsertLive Covid Campaign: Kampanye Lawan Corona

#MediaLawanCovid19 kembali meluncurkan konten edukasi bersama, salah satunya melalui video, pada Minggu (29/03/2020) . Kampanye besar kedua ini dilakukan untuk ...

Berita Video

Cegah Corona, Polisi di Bojonegoro Ciduk Belasan Pemuda Saat Berkumpul di Warung Kopi

Berita Video

Cegah Corona, Polisi di Bojonegoro Ciduk Belasan Pemuda Saat Berkumpul di Warung Kopi

Bojonegoro - Aparat Kepolisian Resor (Polres Bojonegoro) mulai bertindak tegas, dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) khususnya di Kabupaten ...

Teras

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

Mempertanyakan Keseriusan Manajemen Persibo Bojonegoro #2

DALAM tulisan sebelumnya, untuk kembali membangun Persibo, menurut penulis paling tidak ada tiga hal utama yaitu, pertama aspek legalitas, kedua ...

Opini

Tuntas Stunting Untuk Investasi Bangsa

Opini

Tuntas Stunting Untuk Investasi Bangsa

"Tulisan ini menyembung tulisan saya terdahulu terkait penanganan stunting atau tengkes." Dari riset gizi tahun 2019, di Indonesia besaran prevalensinya ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Blora - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora, pada Jumat (17/01/2020), menerima kepulangan Sri Naning Wahyu Kurniawati (26) ...

Eksis

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Bojonegoro - Komunitas otomotif yang tergabung dalam Suzuki Jimny Katana Indonesia (SKIN) Chapter Bojonegoro dan Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengcab ...

Infotorial

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Bojonegoro - Zumba Party, sebagai rangkaian Road to Anniversary Aston Bojonegoro City Hotel and Fave Hotel Sudirman Bojonegoro, dalam rangka ...

Berita Foto

Bupati Bojonegoro Gelar Video Conference Terkait Virus Corona

Berita Foto

Bupati Bojonegoro Gelar Video Conference Terkait Virus Corona

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah pada Kamis (19/03/2020) siang, bertempat di Command Center Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Kabupaten ...

Feature

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Bojonegoro - Sebagian masyarakat Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (07/02/2020) pagi, menggelar tradisi Nyadran atau Manganan, dengan ...

Religi

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Bojonegoro - Nyai Dr HC Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke-4, Almarhum KH Abdurrahman Wahid; Gubernur Jawa ...

Pelesir

Wakil Bupati Resmikan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora

Wakil Bupati Resmikan Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora

Blora - Kabupaten Blora kini punya Wisata Edukasi Kebun Anggur, yang berloksi di Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kota. Kebun anggur ...

Hiburan

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Full Moon Festival #2

Cak Nun bersama Kyai Kanjeng Meriahkan Full Moon Festival di Negeri Atas Angin Bojonegoro

Bojonegoro - Full Moon Festival kembali digelar untuk yang kedua kalinya, Selasa (10/03/2020) malam, di puncak di Negeri Atas Angin ...

Statistik

Hari ini

10.998 kunjungan

16.642 halaman dibuka

585 pengunjung online

Bulan ini

422.399 kunjungan

586.149 halaman dibuka

Tahun ini

1.018.692 kunjungan

1.460.027 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 492.219

Indonesia: 8.953

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1585551820.2605 at start, 1585551820.509 at end, 0.24846291542053 sec elapsed