News Ticker
  • Seorang Pria asal Demak Jadi Korban Pembacokan di Bojonegoro
  • Polda Jatim Tetapkan 4 Kades di Padangan, Bojonegoro Jadi Tersangka Korupsi Dana BKK
  • Pemkab Bojonegoro Bersama Kemenkeu Jatim Gelar ‘Public Sector Leaders Forum’
  • Truk Tangki Tabrak Motor di Margomulyo, Bojonegoro, 3 Orang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrakan Bus dan Motor di Baureno, Bojonegoro, Kernet Bus dan Pembonceng Motor Meninggal Dunia
  • Warga Kalitidu, Bojonegoro Dilaporkan Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Genap Berusia 74 Tahun, RSUD dr Soetijono Blora Kini Miliki 6 Inovasi Layanan Kesehatan 
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
Pemkab Bojonegoro Gelar Sambang Desa di Desa Cangaan Kecamatan Kanor

Pemkab Bojonegoro Gelar Sambang Desa di Desa Cangaan Kecamatan Kanor

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada Rabu (12/02/2020) malam, untuk kedua kalinya kembali menggelar kegiatan Sambang Desa di Desa Cangaan Kecamatan Kanor, yang mengambil tema Wujud Transparansi dan Akuntabilitas Pemkab Bojonegoro.
 
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah; Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawanto MPd; para Asisten Setda Pemkab Bojonegoro, Staf Ahli Bupati, sejumlah kepala OPD terkait, Forpimca Kanor, Kepala Desa se Kecamatan Kanor, perwakilan kelompok tani di Kecamatan Kanor, warga masyarakat desa setempat dan tamu undangan lainnya.
 
Dalam kegiatan tersebut disosialisasikan Implemenasi Program Kartu Petani Madiri (KPM) dan Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan tahun 2020, dengan narasumber, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth SP MM dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Drs Nur Sujito MM.
 
 
 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth SP MM, saat beri sambutan dalam acara Sambang Desa di Desa Cangaan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Rabu (12/02/2020)

 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth, dalam paparannya menyampaikan bahwa sejak kepemimpinan Bupati Anna Muawanah dan Wakil Bupati Budi Irawanto, Pemkab Bojonegoro memiliki sejumlah progam prioritas, salah satunya adalah Kartu Petani Mandiri (KPM), yang ditujukan kepada petani yang basisnya kepala keluarga (KK) yang memiliki sawah tidak lebih dari 2 hektare.
 
Menurutnya, Kartu Petani Mandiri (PPM) memiliki sejumlah manfaat, di antaranya para petani akan diberikan bantuan hibah berupa uang, untuk memenuhi kebutuhan pupuk maupun sarana dan pra sarana produksi (saprodi) dan para petani dapat mengakses asuransi usaha tapi padi (AUTP), di mana preminya dibayar oleh Pemkab Bojonegoro.
 
"Natinya manakala ada petani yang gagal panen, baik akibat bencana maupun diserang hama, maka akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi." kata Helmy Elisabeth.
 
 
 
Adapun persyaratan untuk mendapatkan Kartu Petani Mandiri (KPM) yaitu, para petani harus bergabung menjadi anggota Kelompok Tani di desannya. Hal itu penting karena KPM dan bantuan untuk petani akan disalurkan melalui kelompok tani. Karena sesuai regulasi yang ada, bantuan dana hibah sifatnya adalah untuk kelompok, instansi atau lembaga dan tidak boleh untuk perorangan.
 
"Saya titip kepada ketua kelompok tani, silakan mengidentifikasi anggotanya untuk diusulan mendapatkan KPM. Nantinya petugas lapangan dari Dinas Pertanian Bojonegoro akan mendampingi kelompok tani dalam memenuhi persyaratan untuk mengajukan bantuan kepada Pemkab Bojonegoro." kata Helmy.
 
 
 
 

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Drs Nur Sujito MM, saat beri sambutan dalam acara Sambang Desa di Desa Cangaan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Rabu (12/02/2020)

 
Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Nur Sujito, dalam paparannya menyampaikan bahwa pada 2020, alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur di wilayah Kecamatan Kanor mencapai Rp 117 miliar lebih, atau 10 pesen dari total anggaran pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bojonegoro.
 
"Anggaran tersebut untuk pembangunan jalan poros kecamatan sepanjang 12 kilometer dan pekerjaan pembangunan jembatan Kanor - Rengel, yang menghubungkan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro dan Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban," kata Nur Sujito.
 
Adapun pembangunan ruas jalan di wilayah Kecamatan Kanor yang akan dikerjakan pada 2020 meliputi ruas jalan Baureno - Simorejo, ruas jalan Sumberrejo - Kanor dan ruas jalan Talun - Sumberwangi. Sementara untuk pembangunan jembatan Kanor - Rengel, pada 2020 baru pada tahap pembangunan pondasi dasarnya saja.
 
"Karena sampai saat ini pembebasan tanahnya belum selesai. Mudah-mudahan bulan April 2020 pembebasan lahannya selesai dan mulai Juni 2020 pembangunannya sudah dapat dimulai." kata Nur Sujito.
 
 
 
Sedangkan untuk pembangunan ruas jalan Medalem - Simorejo dan Simorejo - Semambung, atau sampai jembatan Kanor - Rengel, belum akan dibangun pada 2020.
 
"Karena harus ngalah dengan akses pembangunan jembatan Kare. Inshaa Allah kedua ruas jalan tersebut baru dibangun pada 2021," kata Nur Sujito.
 
Nur Sujito juga menyampaikan bahwa selain pembangunan jalan dan jembatan Kare di Kecamatan Kanor, pada 2020 Pemkab Bojonegoro juga akan membangun infrastruktur jalan poros kecamatan sepanjang 136 kilometer, dengan konstruksi rigid beton.
 
"Selain itu ada pembangunan drainase di 23 titik, TPT ada 15 titik jembatan kecil kecil ada 11 dan jembatan sedang ada 1 di Desa Simbatan Kecamatan Kanor," kata Nur Sujito.
 
 
 
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah saat beri sambutan dalam acara Sambang Desa di Desa Cangaan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Rabu (12/02/2020)

 
Bupati Anna Muawanah dalam sambutannya berharap agar para petani di Kabupaten Bojonegoro, agar benar-benar memanfaatkan program prioritas yang diluncurkan Pemkab Bojonegoro, yaitu Kartu Petani Mandiri (KPM) agar nantinya para petani melalui kelompok tani, akan mendapatkan bantuan pupuk dan saprodi, serta bantuan asuransi usaha tanaman padi (AUTP), sehingga kalau petani gagal panen, akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi.
 
"Dengan memiliki KPM bapak ibu akan mendapatkan bantuan hibah. Selain itu, tidak usah membayar premi asuransi, karena Pemkab Bojonegoro sudah membayar seluruh premi asuransi petani yang menjadi peserta KPM." kata Bupati.
 
 
 
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan bahwa manakala masih ada petani yang belum tergabung dalam kelompok tani, diharapkan untuk segera membentuk kelompok tani, sehingga nantinya dapat menjadi peserta KPM dan dapat menerima bantuan.
 
Demikian juga jika ada kelompok tani yang sudah tidak mengurusi anggotanya, para anggota bisa membentuk kelompok tani yang baru.
 
"Untuk itu saya berharap agar masyarakat benar-benar memanfaatkan program KPM ini. Bapak ibu hanya tinggal datang untuk mendaftarkan kepesertaannya agar bisa mendapatkan manfaat dari KPM. Saya minta Pak Camat untuk segera melakukan pendataan dan segera menyelesaikan prosesnya." kata Bupati. (red/imm)
 
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1715209045.6963 at start, 1715209045.9904 at end, 0.29416918754578 sec elapsed