News Ticker
  • Video: Sejumlah Desa di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang
  • Progres Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Masuk Tahap Pembebasan Lahan
  • Sejumlah Desa di 4 Kecamatan di Bojonegoro Dilanda Banjir Bandang
  • Jelang Musim Penghujan, Bupati Blora Minta BPBD Siapkan Posko Aduan Kebencanaan
  • Hujan Disertai Angin Kencang Melanda Blora, Sejumlah Pohon Tumbang
  • Ditlantas Polda Jateng Gelar Sosialisasi ETLE Drone di Kabupaten Blora
  • Teken MoU, Pabrik Biomassa Segera Berdiri di Blora, Pertengahan 2026 Siap Operasional
  • Diduga Gagal Pernapasan, Seorang Kakek di Sumberrejo, Bojonegoro Meninggal saat Makan di Warung
  • Warga Blora Dikagetkan Munculnya Sumber Air Misterius di Depan Rumah
  • Raih Predikat Kabupaten Sehat, Blora Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa dari Kemenkes
  • 2 Motor di Sumberrejo, Bojonegoro Tubruk Truk dari Belakang, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Bawaslu Blora Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024
  • Hindari Kendaraan dari Depan, Sebuah Truk di Dander, Bojonegoro Terperosok dan Terguling di Sungai
  • Bupati Blora Resmikan Jembatan Badong, Harap Bisa Buka Akses Blora Selatan
  • Jadi Korban Kecelakaan Tabrak Lari di Kapas, Bojonegoro, Warga Sukesewu Meninggal Dunia
  • Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU
  • Masyarakat di Pelosok Desa di Bojonegoro Kini Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU
  • Diduga Sengaja Dibuang, Sesosok Bayi Perempuan Ditemukan di Parengan, Tuban
  • Diduga Sengaja Dibuang, Sesosok Bayi Perempuan Ditemukan di Selogabus, Parengan, Tuban
  • Bantuan Keuangan Desa, Upaya Pemkab Bojonegoro Percepat Pembangunan di Desa  
  • Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora
  • Imbas Kenaikan Harga Kedelai, Perajin Tahu Tempe di Blora Kurangi Jumlah Produksi
  • Bantuan Keuangan Desa, Upaya Pemkab Bojonegoro Percepat Pembangunan Infrastruktur di Desa
 Menjadi Blogger, dari Bojonegoro untuk Indonesia

Lebih dekat dengan Kak Didik Jatmiko

Menjadi Blogger, dari Bojonegoro untuk Indonesia

Oleh Vera Astanti

Lelaki ini sudah dikenal oleh masyarakat seantero dunia maya. Ketik saja namanya pada browser internet, Anda akan menemukan bejibun artikel, foto, postingan Facebook, Twitter, Instagram dan Path. Waktu peringatan Hari Jadi Bojonegoro ke 338, Bupati Suyoto bahkan memberikan penghargaan khusus padanya.

Nah, mari mengenal lelaki dari kawasan barat Bojonegoro ini. Dia adalah Didik Jatmiko (27), yang sering dipanggil @kakdidik13 (Selanjutnya baca; Kak Didik). Dia asli pemuda dari Desa Sedahkidul, Kecamatan Purwosari. Sore tadi BeritaBojonegoro.com (BBC) berbincang santai dengan Kak Didik.

Pemuda yang bertumbuh tambun ini sangat suka berorganisasi. Dia mengaku aktif di beberapa organisasi seperti Pramuka, Blogger, kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK), dan beberapa lainnya lagi.

Kecintaannya terhadap organisasi dimulai sejak SMP. Saat itu dia mengenal Pramuka dan PMR lalu aktif di dalamnya. Menurut Kak Didik, pemuda harus mengenal dan aktif berorganisasi, apalagi lelaki. “Karena lelaki nantinya menjadi pemimpin rumah tangga,” katanya terkekeh. Dia masih lajang.

Kak Didik juga pernah menjadi Duta Bojonegoro dan mewakili Jawa Timur untuk ajang bergengsi Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Kalimantan pada 2014 lalu. Itu dia harus menunggu dua kali seleksi. Setiap tahun ada 1 seleksi. Dia gagal dua kali, baru kemudian lolos.

Saat ini Kak Didik dipercaya sebagai ketua Blogger Bojonegoro. Cerita perkenalan dan bagaimana dia bisa bergabung dengan Blogger Bojonegoro bisa dibilang unik. Dia bercerita, saat itu dia sedang mencari kata kunci design baju Bojonegoro lewat browser internet, munculah website Blogger Bojonegoro. Dia lalu menghadiri kopdar (kopi darat, istilah untuk sialturahmi dan tatap muka para pemakai aktif dunia maya) pertama di Perpusda Bojonegoro.

Di sanalah dia merasa bahwa pertemuan itu bukan kebetulan. Karena saat itu jugalah dia bertemu dengan Guru TIK nya sewaktu SMP lalu. Namanya Prawoto. Tidak disangka dia bertemu dengan guru kesayangannya yang ternyata adalah pembina Blogger Bojonegoro. “Ada semacam kedekatan dan chemistry saat pertemuan itu,” katanya dengan penuh optimis. Tanpa pikir panjang dia memantapkan diri menjadi seorang blogger dan gabung dengan Blogger Bojonegoro.

"Awalnya saya tidak suka menulis. Namun sejak acara di Asean Blogger, saya belajar tentang personal branding, belajar menulis dan mulai ketagihan ngeblog," katanya.

Baginya, berdasar aktivitas dan pengalamannya berselancar di dunia maya aktif selama ini, internet merupakan akses sekaligus pusat informasi. "Sekarang ini internet sangat penting untuk informasi. Seolah-olah dunia sudah berada di genggaman. Dengan menjadi blogger kita bisa menjadi duta apapun,” terangnya.

Dengan aktif ngeblog, jaringan bisa luas. Setiap daerah ada bloggernya. Mereka bisa leluasa saling belajar dan sharing informasi tentang apa yang ada di daerahnya masing-masing.

Banyak prestasi diraih oleh Kak Didik berkat keaktifannya di Blogger Bojonegoro. Diantaranya Juara 1 Live Blogging pada Festival TIK di Bandung 2015, Juara 3 Pemandu Stand di Pekan KIM Jawa Timur 2014, ajang bergengsi JPI di Yogyakarta dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito (Kalimantan Selatan) tahun 2014, Duta Pemuda Provinsi Jawa Timur 2014, dan masih banyak lagi.

Kak Didik benar-benar menikmati dan bangga dengan statusnya sebagai seorang Blogger. Lewat BBC Kak Didik berpesan untuk semua teman-teman Blogger untuk memahami UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik ) dan juga internet sehat.

“Sehingga dalam berselancar  di dunia maya tidak kebablasan. Yang terpenting adalah apa yang bisa dilakukan oleh pemuda Bojonegoro untuk Indonesia,”  katanya energik.

Tahun 2015 tinggal beberapa minggu lagi. Ketika ditanya apa resolusi (target utama) 2016 nanti, Kak Didik menjawab, "Jalani apa yang ada dengan tetap semangat dan berkarya,” katanya memungkasi.(ver/moha)

 

Foto Kak Didik bersama Kepala Biro Humas Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono di Surakarta beberapa waktu lalu saat kegiatan Netizen Gathering Bareng MPR-RI. Sumber Foto Dokumen Pribadi Didik Jatmiko

Ucapan HARI PAHLAWAN 2023 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Video: Sejumlah Desa di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang

Berita Video

Video: Sejumlah Desa di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang

Akibat hujan deras, sejumlah desa di Kabupaten Bojonegoro pada Jumat sore (01/12/2023), diterjang banjir bandang. Selain menggenangi rumah warga, banjir ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Infotorial

Progres Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Masuk Tahap Pembebasan Lahan

Bendung Gerak Karangnongko

Progres Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Masuk Tahap Pembebasan Lahan

Bojonegoro - Progres pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendung Gerak Karangnongko yang terletak di Sungai Bengawan Solo, antara Desa Ngelo, ...

Berita Foto

Foto Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora

Berita Foto

Foto Evakuasi Serpihan Pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU yang Jatuh di Blora

Blora - Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan warga sekitar terus melakukan pencarian terhadap serpihan pesawat tempur T-50i Golden ...

Religi

Melihat Sirine Peninggalan Belanda Penanda Buka Puasa di Pendopo Bupati Blora

Melihat Sirine Peninggalan Belanda Penanda Buka Puasa di Pendopo Bupati Blora

Blora Jika biasanya penanda buka puasa adalah suara azan magrib, namun berbeda dengan yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. ...

Hiburan

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Hiburan Komplit Khas Karnaval SCTV Hadir di Blora

Blora- Sejumlah musisi terbaik tanah air dan artis sinetron memeriahkan Karnaval SCTV yang digelar selama dua hari di Lapangan Kridosono,Blora, ...

1701484267.1903 at start, 1701484267.3743 at end, 0.18393993377686 sec elapsed