News Ticker
  • Tips Bagi Calon Pelamar Dalam Mengikuti Proses Seleksi CPNS 2018
  • Inilah Alur Pendaftaran CPNS 2018
  • Jelang Pileg dan Pilpres, Polres Tuban Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu
  • Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Hari Ini, Situs SSCN BKN Belum Dapat Diakses
  • Polisi di Bojonegoro Amankan Seorang Pelaku Penadahan
  • Perbedaan
  • Pecah Ban, Mobil Milik DLH Bojonegoro Tabrak Tumpukan Batu di Pinggir Jalan
  • Ratusan Warga Mojoagung Soko Tuban, Minta Kejaksaan Tindak Tegas Kades Korupsi
  • Penerimaan CPNS 2018 di Kabupaten Bojonegoro Tersedia 384 Formasi
  • Formasi Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Blora Sebanyak 508 Lowongan
  • Lagi, Kebakaran Menimpa Rumah Milik Warga Balen Bojonegoro
  • Penanggulangan Kemiskinan Menjadi Prioritas Pemerintah
  • Tabrakan Motor di Baureno Bojonegoro Kedua Pengendara Luka-Luka
  • Berikut ini Syarat Dasar Bagi Pelamar CPNS 2018
  • Sat Lantas Polres Bojonegoro Launching SIMELI
  • Sat Narkoba Polres Bojonegoro Laksanakan Binluh Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Pada Pelajar
  • Kapolres Bojonegoro Tekankan 7 Hal Kepada Anggotanya
  • Kapolres Bojonegoro Harap Komunitas Mancing Turut Berperan Dalam Menjaga Lingkungan
  • Perubahan
  • Menristekdikti: Kampus Tak Boleh Digunakan Untuk Politik Praktis

Muhammad Jamil Muhlisin, Dokter Teladan Tingkat Nasional Asal Blora

Oleh Priyo Spd

Blora- Siapa yang tidak mengenal Dokter Jamil?dia adalah Dokter asal Kecamatan Kunduran dengan nama lengkap dr. Muhammad Jamil Muhlisin, MM, dokter dengan sapaan akrab dr.Jamil ini ternyata telah menorehkan sejumlah prestasi yang luar biasa hingga tingkat nasional.

Lahir di Blora, 26 April 1972 silam, dokter yang berperawakan tegap ini mulai menorehkan prestasinya sejak memimpin Puskesmas Kunduran pada tahun 2012.

Saat ditemui, Senin (27/11/2017) pagi, ia bercerita bahwa berawal di Puskesmas Kunduran inilah sejumlah prestasi mulai tercipta. Selama dua tahun ia melakukan beberapa inovasi dalam pelayanan kesehatan pada Puskesmas yang terletak di Kecamatan paling barat Kabupaten Blora.

Menurutnya di tahun 2014, Puskesmas Kunduran berhasil meraih predikat Puskesmas dengan pelayanan publik terbaik se Kabupaten Blora dan Juara Lomba K3 se Kabupaten Blora.

Tidak hanya itu, dibawah kepemimpinannya, Puskesmas Kunduran di tahun 2015 menjadi satu-satunya Puskesmas di Indonesia yang mendapatkan Penghargaan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) sebagai Puskesmas dengan pelayanan Radiologi terbaik se Indonesia.

“Di tahun 2015 dan 2016 kami berhasil mempertahankan diri sebagai Juara Pertama Lomba K3 se Kabupaten Blora serta Juara Lomba Gerakan Sayang Ibu dan Anak. Selain itu, masih di tahun 2015 kami berhasil mendapat penghargaan sebagai Puskesmas Berprestasi se Jawa Tengah,” ucap bapak dari 3 anak yaitu Kavin Avissena Nabiel, Faathir Hannan Almair dan Kaana Taqiyya.

Atas prestasi tersebut, dr. Jamil (sapaan akrabnya) dinobatkan sebagai Dokter Teladan tingkat Kabupaten Blora pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2016. Dirinya dinilai telah berhasil menjadi penggerak pembangunan berwawasan kesehatan dan penggerak masyarakat untuk hidup sehat.

“Baru di tahun 2017 ini, tepatnya bulan Juni saya maju sebagai Dokter Teladan tingkat Jawa Tengah. Alhamdulillah memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah dan diajukan sebagai penerima Dokter Teladan tingkat Nasional tahun 2017 di Jakarta, mewakili Jateng,” lanjutnya.

Selama satu minggu, 13-19 Agustus 2017 lalu ia berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan sebagai Dokter Teladan Tingkat Nasional diterimakan langsung oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) bertempat di Hotel Sahid Jakarta.

“Saya sangat bersyukur dengan raihan prestasi ini, dan berharap kedepan bisa menjadi inspirasi, penyemangat dan diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Blora. Saya terbuka dan bersedia berbagi pengalaman dan ilmu kepada siapapun,” ujarnya.

Saat di Jakarta, dirinya juga diundang ke Istana Negara pada tanggal 17-18 Agustus 2017 untuk upacara hari kemerdekaan di Jakarta dan menghadiri sajian makan bersama dan ramah tamah bersama Presiden RI Joko Widodo. Sebelumnya dr Jamil juga menghadiri sidang paripurna DPRRI dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI  dalam rangka HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan RI dan menghadiri renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta bersama presiden dan pejabat negara lainnya.

Terpisah, Bupati Blora Djoko Nugroho dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun 2017, di Hotel Arra Kecamatan Cepu merasa bangga atas prestasi yang diraih Dokter Jamil. Usai menerima piagam dan piala penghargaan Dokter Teladan tingkat Nasional dari Dokter Jamil, Bupati yang akrab disapa Pak Kokok ini pun langsung memberikan pujian dan semangat.

“Rasanya tidak percaya ada Dokter Teladan tingkat Nasional dari Blora. Ini sungguh luar biasa, bukti bahwa sebenarnya Blora bisa berprestasi di dunia kesehatan. Semoga ini menjadi pelopor, penggerak dan menginspirasi peningkatan layanan kesehatan di Kabupaten Blora,” kata Bupati.

Selain berprestasi di bidang kesehatan, Dokter Jamil yang kini dipercaya sebagai Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora juga aktif di berbagai organisasi, diantaranya : ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Blora mulai  2011 hingga sekarang, ketua Dewan Pembina Persatuan Dokter Umum Indonesia, Komisariat Blora sejak 2013 hingga sekarang. Di sela-sela kesibukannya dr Jamil juga masih menyempatkan sebagai ketua bidang tinggi yayasan pendidikan Al-Huda Kunduran, Wakil Ketua pengajian Al Hikmah Kunduran, ketua pembangunan Masjid Besar Baitul Hikmah Kunduran, pengurus ta'mir masjid dan juga aktif di setiap kegiatan keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan  lainnya.

Dirinya meniti karier di dunia kesehatan sejak tahun 2002 sebagai Dokter PTT dan praktek di Puskesmas Japah. Lantas tahun 2005 hingga 2009 memutuskan sebagai dokter swasta dan membuka praktek di rumahnya yang berada di RT 06, RW 02 Kelurahan Kunduran, Kecamatan Kunduran.

Di tahun 2009 mulai masuk sebagai CPNS dan bertugas di Puskesmas Sonokidul Kecamatan Kunduran. Kemudian di tahun 2011 dipromosikan sebagai Kepala Puskesmas Rowobungkul Kecamatan Ngawen. Baru setahun di Rowobungkul, ia dipindah tugaskan ke Puskesmas Kunduran sebagai Kepala Puskesmas pada tahun 2012 hingga 2017, dan kini jadi Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora. (teg/moha)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Teras

“Saya Ingin Selalu Memberi”

Kang Yoto, Mantan Bupati Bojonegoro

“Saya Ingin Selalu Memberi”

Oleh Muhammad Roqib Kang Yoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode yakni 2008 2013 dan 2013 2018, sungguh menikmati masa-masa senggangnya ...

Opini

Gaul Bebas Kian Marak, HIV/AIDS Makin Merebak

Gaul Bebas Kian Marak, HIV/AIDS Makin Merebak

*Oleh Atik Kholifah SKM PERGAULAN remaja di masa sekarang sungguh sangat merisaukan. Kita biasa menjumpai di tempat-tempat keramaian, muda mudi ...

Quote

Perbedaan

Perbedaan

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd.I Allah menciptakan mahluk di dunia ini dengan berbagai perbedaan, tidak ada yang sama persis ...

Sosok

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Lobak, Timun, Batang, Sawi, Wortel dan aneka buah serta sayur ternyata tak hanya difungsikan menjadi sayur ...

Eksis

Petani Asal Bojonegoro Ini Tak Menyangka Anaknya Lulus Seleksi Akpol 2018

Petani Asal Bojonegoro Ini Tak Menyangka Anaknya Lulus Seleksi Akpol 2018

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Suwito (56), warga Desa Sumberejo RT 002 RW 001 Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, yang sehari-hari ...

Religi

Ternyata, Ada Fakta Hidup di Alam Fana Itu

Ternyata, Ada Fakta Hidup di Alam Fana Itu

*Oleh Roli Abdul Rokhman SAg MPdI Saudaraku, sadarilah...! Selama kita masih suka mengagungkan harta, maka diri kita pasti akan mengalami ...

Berita Foto

Mural Siswa SMA Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro

Mural Siswa SMA Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro (Kalitidu) Siswa SMA Negeri 1 Kalitidu membuat lukisan atau mural di tembok yang ada di sekililing ...

Resensi

Alice in Cheongdam Dong 2

Alice in Cheongdam Dong 2

Oleh Delfariza Amaliya Penulis : Ahn Jae Kyung Penerjemah : Dwita Rizki Nientyas Tahun : 2014 Penerbit : Qanita, PT ...

Pelesir

Ruwatan Massal Digelar di Objek Wisata Khayangan Api Bojonegoro

Ruwatan Massal Digelar di Objek Wisata Khayangan Api Bojonegoro

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Bulan Suro, bagi sebagian orang Jawa masih dianggap sebagai bulan yang sakral. Bulan untuk tirakat dan ...

Statistik

Hari ini

2.626 kunjungan

4.723 halaman dibuka

97 pengunjung online

Bulan ini

59.719 kunjungan

106.750 halaman dibuka

Tahun ini

988.026 kunjungan

1.734.154 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 624.798

Indonesia: 10.473

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015