News Ticker
  • Pj Bupati Bojonegoro Pimpin Apel Pengamanan Pilkada Serentak 2018
  • Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng
  • 30 Mahasiswa UGM KKN PPM di Desa Palon Kecamatan Jepon Blora
  • Polres Blora Gelar Apel Gabungan dalam Pengamanan Pilkada
  • Kapolres Bojonegoro Ingatkan Para Pendukung Paslon Agar Tidak Saling Ejek Melalui Medsos
  • Nikmat
  • Pengawas Pemilu Kabupaten Blora Gelar Apel Siaga Pengawasan
  • KPU Blora Mulai Didistribusikan Logistik Pilgub Jateng 2018
  • Antisipasi Politik Uang, Panwaskab Bojonegoro Akan Laksanakan Patroli Pengawasan
  • Diduga Pengendara Mengantuk, Honda Supra di Dander Bojonegoro Ditabrak Yamaha Jupiter
  • Peran Bidan Dalam Menekan Angka Kematian Ibu
  • Sat Lantas Polres Bojonegoro Pasang Speed Alarm System pada Armada Bus AKDP
  • Kapolres Bojonegoro Imbau Seluruh Paslon Tidak Laksanakan Politik Uang
  • Jelang Masa Tenang, Panwaskab Bojonegoro Akan Tertibkan APK Pilkada 2018
  • Panwaskab Bojonegoro Imbau Seluruh Paslon Tidak Lakukan Kampanye Saat Masa Tenang
  • Diduga Pengemudi Kurang Kosentrasi, Mobil Xenia di Ngraho Bojonegoro, Tabrak Pagar Jembatan
  • KPU Bojonegoro Distribusikan Logistik Pemilukada 2018 ke PPK
  • Cinta
  • Mulai Juni 2018, 10 Kecamatan di Blora Bisa Cetak e-KTP
  • "VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan
Muhammad Jamil Muhlisin, Dokter Teladan Tingkat Nasional Asal Blora

Muhammad Jamil Muhlisin, Dokter Teladan Tingkat Nasional Asal Blora

Oleh Priyo Spd

Blora- Siapa yang tidak mengenal Dokter Jamil?dia adalah Dokter asal Kecamatan Kunduran dengan nama lengkap dr. Muhammad Jamil Muhlisin, MM, dokter dengan sapaan akrab dr.Jamil ini ternyata telah menorehkan sejumlah prestasi yang luar biasa hingga tingkat nasional.

Lahir di Blora, 26 April 1972 silam, dokter yang berperawakan tegap ini mulai menorehkan prestasinya sejak memimpin Puskesmas Kunduran pada tahun 2012.

Saat ditemui, Senin (27/11/2017) pagi, ia bercerita bahwa berawal di Puskesmas Kunduran inilah sejumlah prestasi mulai tercipta. Selama dua tahun ia melakukan beberapa inovasi dalam pelayanan kesehatan pada Puskesmas yang terletak di Kecamatan paling barat Kabupaten Blora.

Menurutnya di tahun 2014, Puskesmas Kunduran berhasil meraih predikat Puskesmas dengan pelayanan publik terbaik se Kabupaten Blora dan Juara Lomba K3 se Kabupaten Blora.

Tidak hanya itu, dibawah kepemimpinannya, Puskesmas Kunduran di tahun 2015 menjadi satu-satunya Puskesmas di Indonesia yang mendapatkan Penghargaan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) sebagai Puskesmas dengan pelayanan Radiologi terbaik se Indonesia.

“Di tahun 2015 dan 2016 kami berhasil mempertahankan diri sebagai Juara Pertama Lomba K3 se Kabupaten Blora serta Juara Lomba Gerakan Sayang Ibu dan Anak. Selain itu, masih di tahun 2015 kami berhasil mendapat penghargaan sebagai Puskesmas Berprestasi se Jawa Tengah,” ucap bapak dari 3 anak yaitu Kavin Avissena Nabiel, Faathir Hannan Almair dan Kaana Taqiyya.

Atas prestasi tersebut, dr. Jamil (sapaan akrabnya) dinobatkan sebagai Dokter Teladan tingkat Kabupaten Blora pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2016. Dirinya dinilai telah berhasil menjadi penggerak pembangunan berwawasan kesehatan dan penggerak masyarakat untuk hidup sehat.

“Baru di tahun 2017 ini, tepatnya bulan Juni saya maju sebagai Dokter Teladan tingkat Jawa Tengah. Alhamdulillah memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah dan diajukan sebagai penerima Dokter Teladan tingkat Nasional tahun 2017 di Jakarta, mewakili Jateng,” lanjutnya.

Selama satu minggu, 13-19 Agustus 2017 lalu ia berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan sebagai Dokter Teladan Tingkat Nasional diterimakan langsung oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) bertempat di Hotel Sahid Jakarta.

“Saya sangat bersyukur dengan raihan prestasi ini, dan berharap kedepan bisa menjadi inspirasi, penyemangat dan diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Blora. Saya terbuka dan bersedia berbagi pengalaman dan ilmu kepada siapapun,” ujarnya.

Saat di Jakarta, dirinya juga diundang ke Istana Negara pada tanggal 17-18 Agustus 2017 untuk upacara hari kemerdekaan di Jakarta dan menghadiri sajian makan bersama dan ramah tamah bersama Presiden RI Joko Widodo. Sebelumnya dr Jamil juga menghadiri sidang paripurna DPRRI dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI  dalam rangka HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan RI dan menghadiri renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta bersama presiden dan pejabat negara lainnya.

Terpisah, Bupati Blora Djoko Nugroho dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun 2017, di Hotel Arra Kecamatan Cepu merasa bangga atas prestasi yang diraih Dokter Jamil. Usai menerima piagam dan piala penghargaan Dokter Teladan tingkat Nasional dari Dokter Jamil, Bupati yang akrab disapa Pak Kokok ini pun langsung memberikan pujian dan semangat.

“Rasanya tidak percaya ada Dokter Teladan tingkat Nasional dari Blora. Ini sungguh luar biasa, bukti bahwa sebenarnya Blora bisa berprestasi di dunia kesehatan. Semoga ini menjadi pelopor, penggerak dan menginspirasi peningkatan layanan kesehatan di Kabupaten Blora,” kata Bupati.

Selain berprestasi di bidang kesehatan, Dokter Jamil yang kini dipercaya sebagai Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora juga aktif di berbagai organisasi, diantaranya : ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Blora mulai  2011 hingga sekarang, ketua Dewan Pembina Persatuan Dokter Umum Indonesia, Komisariat Blora sejak 2013 hingga sekarang. Di sela-sela kesibukannya dr Jamil juga masih menyempatkan sebagai ketua bidang tinggi yayasan pendidikan Al-Huda Kunduran, Wakil Ketua pengajian Al Hikmah Kunduran, ketua pembangunan Masjid Besar Baitul Hikmah Kunduran, pengurus ta'mir masjid dan juga aktif di setiap kegiatan keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan  lainnya.

Dirinya meniti karier di dunia kesehatan sejak tahun 2002 sebagai Dokter PTT dan praktek di Puskesmas Japah. Lantas tahun 2005 hingga 2009 memutuskan sebagai dokter swasta dan membuka praktek di rumahnya yang berada di RT 06, RW 02 Kelurahan Kunduran, Kecamatan Kunduran.

Di tahun 2009 mulai masuk sebagai CPNS dan bertugas di Puskesmas Sonokidul Kecamatan Kunduran. Kemudian di tahun 2011 dipromosikan sebagai Kepala Puskesmas Rowobungkul Kecamatan Ngawen. Baru setahun di Rowobungkul, ia dipindah tugaskan ke Puskesmas Kunduran sebagai Kepala Puskesmas pada tahun 2012 hingga 2017, dan kini jadi Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora. (teg/moha)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Teras

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro Apa yang dilakukan oleh Kang Yoto, sapaan Suyoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode yakni 2008-2013 dan ...

Opini

Peran Bidan Dalam Menekan Angka Kematian Ibu

Hari Bidan Nasional 24 Juni

Peran Bidan Dalam Menekan Angka Kematian Ibu

*Oleh dr Achmad Budi Karyono GARDA terdepan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan para ibu, khususnya ibu hamil adalah bidan. Hari ...

Quote

Nikmat

Nikmat

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd Nikmat dapat diartikan lezat, senang dan pemberian atau anugerah dari Allah Swt. Bentuk nikmat ...

Sosok

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Lobak, Timun, Batang, Sawi, Wortel dan aneka buah serta sayur ternyata tak hanya difungsikan menjadi sayur ...

Eksis

Bertemu J-Rocks Band di Belakang Panggung, MGS SMAN 1 Bojonegoro

Eksklusif

Bertemu J-Rocks Band di Belakang Panggung, MGS SMAN 1 Bojonegoro

Oleh Siti Ainur Rodhiyah Bojonegoro - Terlihat sebuah mobil tiba menuju belakang Gedung Serba Guna Bojonegoro, tempat dilaksanakannya malam pagelaran ...

Religi

Tuntunan Shalat Ied (Fiqih Dua Hari Raya)

Oase Ramadan

Tuntunan Shalat Ied (Fiqih Dua Hari Raya)

*Oleh Drs H Sholikhin Jamik SH MHes LEBARAN hampir tiba. Hari kemenangan, hari iedul fitri. Berikut ini beberapa nukilan yang ...

Berita Foto

Menabrak Formalitas

Menabrak Formalitas

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Tak ingin terlihat monoton dengan pose foto bersama yang begitu begitu saja, sejumlah pejabat yang ...

Feature

"VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

"VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Berawal dari ketakutan pada matematika dan kerisauan akan budaya yang semakin terkikis, tiga mahasiswa Universitas ...

Resensi

32 Khutbah Jumat Cak Nur

32 Khutbah Jumat Cak Nur

32 Khutbah Jumat Cak Nur Oleh Muhammad Roqib Bagaimana bila khutbah yang dilakukan setiap hari Jumat ditulis dalam sebuah buku?. ...

Statistik

Hari ini

7 kunjungan

18 halaman dibuka

11 pengunjung online

Bulan ini

83.059 kunjungan

141.747 halaman dibuka

Tahun ini

689.324 kunjungan

1.211.753 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 646.363

Indonesia: 12.840

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015