News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
Bertemu Menhub, Bupati Bahas Rencana Pengembangan Perkeretaapian di Bojonegoro

Bertemu Menhub, Bupati Bahas Rencana Pengembangan Perkeretaapian di Bojonegoro

Jakarta - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah pada Kamis (14/11/2019), menggelar pertemuan dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.
 
Pertemuan yang digelar di ruang Silver Kementrian Perhubungan RI di Jalan Merdeka Barat tersebut dalam rangka membahas rencana pengembangan Perkeretaapian Perkotaan di Bojonegoro.
 
Turut hadir dalam rapat tersebut Direktur Jenderal Perkeretaapian, Ir Zulfikri MSc DEA; Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Zulmafendi dan dari jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro.
 
 
Dalam pertemuan dengan Menteri Budi Karya tersebut Bupati Anna Muawanah menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berencana mengembangkan perkeretaapian perkotaan di Bojonegoro, dengan menyediakan kereta api perintis, untuk melayani masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya dengan rute Bojonegoro - Surabaya.
 
"Kereta api tersebut akan dihibahkan kepada Kementrian Perhubungan, sehingga operasional dan perawatannya ditangani oleh Kementrian Perhubungan. melalui Badan Usaha Milik Negara yaitu PT. KAI (Persero)," kata Bupati Anna Muawanah.
 
 
Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro juga telah melakukan kerjasama dengan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan PT. KAI (Persero), tanggal 04 Januari 2019, tentang rencana pengembangan perkeretaapian perkotaan di Kabupaten Bojonegoro dan nota kesepahaman dengan PT. INKA (Persero), tanggal 8 Juli 2019, tentang kerjasama pengembangan sistem transportasi dan sistem logistik di Kabupaten Bojonegoro.
 
"Kerjasama tersebut telah dibuat study kelayakan yang bersifat bisnis, bersama PT. KAI (Persero), tentang rencana pengembangan perkeretaapian perkotaan di Bojonegoro." kata Bupati.
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah saat menggelar pertemuan dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Jakarta. Kamis (14/11/2019),

 
Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya, mengapresiasi dan menyambut baik rencana Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tersebut, namun Menteri Perhubungan meminta rute kereta perintis tersebut tidak hanya dari Surabaya (Pasar Turi ) sampai di Bojonegoro saja, tapi juga harus menjangkau sampai stasiun terdekat, sala satunya Cepu Blora, sehubungan dengan adanya rencana pembangunan Bandar Udara Ngloram di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora.
 
"Sehingga diharapkan bisa sebagai penghubung antar moda transportasi udara dan perkeretaapian, dengan rute Cepu - Bojonegoro - Babat - Lamongan - Surabaya Pasar Turi," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya.
 
Lebih lanjut Budi Karya juga berharap, jumlah penyediaan train set kereta api perintis oleh Pemerintah Kabupaten adalah sebanyak 4 train set, sehingga bisa melayani masyarakat pengguna kereta api setiap 2 jam sekali.
 
Menurutnya, penyediaan 4 train set ini dilaksanakan secara bertahap selama 2 tahun, karena melibatkan stasiun Cepu yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
 
"Saya berharap Kabupaten Blora ikut berpartisipasi menyumbang minimal satu train set dari empat  train set yang diperlukan." tutur Menteri Budi Karya.
 
 
Menteri Budi Karya juga menuturkan bahwa bentuk kerjasama dalam pengoperasian dan maintenance kereta api perintis ini nantinya melalui Direktur Jenderal Perkeretaapian. Dan saat ini akan dilihat lagi regulasinya. Rencananya dalam waktu dekat Kementerian Perhubungan akan mengundang Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, PT KAI (Persero) dan PT. INKA (Persero) untuk duduk bersama membicarakan masalah tersebut.
 
"Dalam waktu dekat akan kita undang para pihak untuk duduk bersama membicarakan masalah tersebut, yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI." kata Budi Karya.
 
 
Di akhir pertemuan, Menteri Budi Karya  juga memberikan atensi terhadap perlintasan sebidang di Kabupaten Bojonegoro, berkaitan akan dioperasikannya kereta api semi cepat rute Jakarta - Surabaya yang nantinya akan melewati Kabupaten Bojonegoro.
 
"Kami juga akan mengundang Kementrian Pekerjaan Umum RI agar dapat memprioritaskan peningkatan keselamatan di perlintasan sebidang Kereta Api, pada rute Surabaya - Cepu, untuk dijadikan tidak sebidang dengan membangun beberapa fly over pada rute dimaksud." kata Menteri Budi Karya. (dan/imm)
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714061967.0895 at start, 1714061967.3852 at end, 0.29572200775146 sec elapsed