News Ticker
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
  • Berkah Ramadan, Petani Blewah di Blora Mengaku Untung Besar
  • Kembali Targetkan Raih Opini WTP, Ini yang Dilakukan Pemkab Blora
Keselamatan Facebook Untuk Jurnalis

Keselamatan Facebook Untuk Jurnalis

*Oleh Imam Nurcahyo

Facebook baru saja meluncurkan keselamatan atau keamanan Facebook untuk Jurnalis (Facebook Safety for Journalists) , karena nyaris semua media (jurnalis) sekarang ini memanfaatkan facebook sebagai bagian dari kerja jurnalistiknya. Inisiatif ini diciptakan sebagai langkah lanjutan sejak peluncuran Facebook Journalism Project pada awal 2017.

Dalam fitur baru ini diperkenalkan sebuah halaman yang didedikasikan khusus website Facebook untuk Jurnalis, yang menyediakan informasi   mengenai topik terkait keamanan online, seperti bagaimana caranya mengaktifkan autentikasi dua faktor, mengatur pengaturan privasi, memoderasi komentar, memblokir kata-kata kasar, mengontrol cara berbagi lokasi, membantu melindungi komunikasi, melaporkan konten berbahaya, dan penyamaran akun, dan merespon jika akun mereka di-hack.

 

Berikut adalah 10 langkah untuk diikuti:

1.Lindungi kata sandi Anda

Kata sandi Facebook Anda harus unik, aman, dan tidak pernah dibagikan dengan siapa saja atau di mana saja. Informasi utama untuk dihindari mencakup segala sesuatu yang dapat diidentifikasi secara pribadi, seperti nama Anda, nomor telepon, tanggal lahir, dan alamat surat. Tipsnya adalah menggunakan pengelola kata sandi yang akan menyimpan kata sandi Anda dengan aman, juga menciptakan kata sandi yang kuat untuk semua akun Anda.

2.Dapatkan peringatan untuk masuk yang tidak dikenali

Gunakan peringatan masuk untuk mendapatkan pemberitahuan kapan saja seseorang berupaya untuk mendapatkan akses ke akun Anda dari perangkat baru atau tidak dikenali.

Nyalakan peringatan tentang masuk yang tidak dikenali dengan mengunjungi bagian Keamanan dan Masuk, pada Pengaturan. Saat peringatan dinyalakan, Anda akan menerima email atau pemberitahuan kapan saja seseorang masuk ke dalam akun Anda dari perangkat atau browser yang tidak dikenali.

3. Nyalakan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun Anda. Ini dapat ditemukan dalam bagian Keamanan dan Masuk pada Pengaturan. Saat menyalakan autentikasi dua faktor, Anda diminta memasukkan kode keamanan khusus setiap kali Anda mencoba mengakses akun Facebook dari komputer, ponsel, atau browser baru.

Berikut ini beberapa opsi untuk mengambil kode keamanan khusus Anda:

  • Gunakan Generator Kode jika Anda tidak memiliki aplikasi Facebook di smartphone atau tablet Anda.
  • Jika Anda menggunakan Chrome atau Opera versi terbaru, daftarkan kunci keamanan fisik ke akun Anda sehingga Anda akan cukup menggunakan perangkat keras kecil yang cocok di drive USB komputer Anda. Kunci keamanan dapat dibeli melalui perusahaan seperti Yubico, dan kunci tersebut mendukung standar Universal 2nd Factor (U2F) terbuka yang di-hosting oleh FIDO Alliance.
  • Facebook juga dapat mengirimi Anda pesan teks (SMS; biaya mungkin berlaku) dengan kode masuk setiap kali Anda memerlukannya.
  • Anda juga dapat memperoleh 10 kode pemulihan untuk dicetak atau ditulis. Simpan di tempat yang aman bagi Anda saat memerlukannya, atau bagikan dengan teman atau kolega yang tepercaya sebagai opsi cadangan.

4. Gunakan alat Pemeriksaan dari Facebook

Gunakan Pemeriksaan Keamanan untuk meninjau dan mengelola pengaturan keamanan profil Anda. Anda dapat:

  • Melihat browser dan aplikasi mana yang Anda gunakan untuk masuk ke Facebook di masa lalu, tapi belum digunakan dalam lebih dari sebulan. Anda dapat dengan cepat menghapus akses dari perangkat mana pun yang tidak Anda perlukan lagi.
  • Kelola peringatan untuk saat akun Anda masuk dari perangkat atau browser yang tidak dikenali.
  • Dapatkan tips tentang cara memperkuat kata sandi Anda dan seberapa sering mengubahnya.

Gunakan Pemeriksaan Privasi untuk memastikan hanya orang yang Anda percaya dapat melihat informasi dan kiriman Anda, karena terkadang Anda ingin berbagi secara publik dan terkadang hanya dengan teman. Anda dapat meninjau siapa yang dapat melihat kiriman dan informasi dari profil Anda, seperti nomor ponsel dan alamat email Anda. Ini juga menampilkan pengaturan Anda untuk aplikasi yang Anda masuki menggunakan Facebook. Anda dapat menggunakan Pemeriksaan Privasi untuk meninjau dan menyesuaikan pengaturan privasi Anda untuk membantu memastikan bahwa Anda membagikan cerita Anda dengan orang-orang yang Anda inginkan untuk melihatnya.

5. Kelola kehadiran Anda di profil dan Halaman

Anda dapat bersifat publik atau pribadi sebagaimana yang Anda inginkan dengan pemirsa Anda di Facebook. Berikut ini saran tentang cara mengelola apa yang Anda kirim:

Profil

  • Gunakan alat Pemilih Pemirsa untuk mengelola siapa yang dapat melihat kiriman Anda. Anda dapat memilih membagikan sesuatu dengan semua orang, hanya teman Anda, atau bahkan pemirsa khusus. Saat membuat pemirsa khusus, Anda dapat membagikan sesuatu secara selektif kepada orang tertentu.
  • Kontrol siapa yang melihat apa yang Anda kirim dengan memperbarui Pengaturan di tab Kronologi dan Penandaan. Anda dapat menyetujui atau menolak tanda yang ditambahkan teman-teman pada kiriman Anda. Setelah Anda menyetujui sebuah tanda, orang yang ditandai dan temannya dapat melihat kiriman Anda. Tinjauan tanda dapat ditemukan di Pengaturan pada "Kronologi dan Penandaan."
  • Gunakan tinjauan Kronologi untuk memilih apakah kiriman yang menandai Anda muncul di Kronologi Anda. Apabila orang yang bukan teman menandai Anda di suatu kiriman, kiriman akan masuk ke tinjauan Kronologi secara otomatis. Jika Anda juga ingin meninjau tanda yang dibuat oleh teman, Anda dapat mengaktifkan tinjauan Kronologi untuk tanda dari semua orang. Tinjauan Kronologi dapat ditemukan di Pengaturan pada "Kronologi dan Penandaan."
  • Kelola bagaimana profil Anda muncul bagi orang lain dengan menggunakan alat "Lihat Sebagai". Cukup buka profil Anda, klik "Lihat Sebagai" dan lihat seperti apa profil Anda di publik atau orang tertentu.

Halaman

Baik Anda merupakan editor media sosial, jurnalis menggunakan Halaman untuk menjangkau pembaca atau pemirsa Anda, atau moderator Halaman, ada beberapa opsi untuk menjaga Halaman Anda tetap aman. Memilih dan menetapkan peran pengurus akan membantu Anda mengelola halaman Anda tanpa mengompromikan kata sandi. Setiap orang akan masuk ke akun pribadinya dan mengelola Halaman dari sana. Sangat penting menetapkan peran Halaman dengan cara ini karena tidak semua orang harus memiliki kontrol pengurus lengkap terhadap halaman; beberapa orang hanya memerlukan tanggung jawab penyuntingan atau pengiklan.

  • Pastikan pengurus Halaman menggunakan akun asli dan menyalakan autentikasi dua faktor, sehingga mereka tidak akan kehilangan akses ke akunnya. Facebook menghapus akun palsu dan penyamar saat kami mengetahuinya.
  • Gunakan moderasi Halaman dan alat filter, yang dapat ditemukan pada pengaturan Halaman, untuk secara proaktif memoderasi komentar dan kiriman menurut pengunjung. Alat ini juga akan memblokir kata-kata dan menyalakan filter kata tidak senonoh bagi Halaman Anda. Jangan lupa memfilter variasi berbeda dari kata-kata yang dilarang. Anda dapat menambahkan titik atau spasi di antaranya dan tagar. Misalnya, untuk memfilter kata “senjata,” juga mencakup “g.u.n.,” “#gun,” dan “g u n.” Meskipun Anda tidak dapat menonaktifkan komentar di kiriman Halaman, Anda dapat menyembunyikan atau menghapus masing-masing komentar. Saat Anda menyembunyikan komentar, orang yang mengirimnya tidak akan tahu bahwa komentar tersebut disembunyikan.
  • Anda dapat melarang orang yang terus-menerus menerbitkan spam ke Halaman Anda. Anda dapat melepaskan larangan kapan saja. Ketika Anda melarang seseorang dari Halaman Anda, mereka masih dapat membagikan konten dari Halaman Anda ke tempat lain di Facebook, tetapi tidak dapat lagi menerbitkan ke Halaman, menyukai atau mengomentari kiriman pada Halaman Anda, mengirim pesan ke Halaman Anda, atau menyukai Halaman Anda.
  • Jika Anda ingin seseorang di lokasi berbeda menyiarkan secara langsung dari Halaman Facebook Anda, pertimbangkan untuk memberinya peran "Kontributor Siaran Langsung". Ini akan memberikannya kemampuan untuk melakukan Siaran Langsung, akan tetapi akan membatasi akses ke fitur lain di Halaman Anda.
  • Facebook juga mengizinkan Anda menghapus komentar mana pun yang ingin Anda hapus dari profil atau Halaman Anda, baik komentar itu melanggar standar komunitas kami atau tidak.
  1. Kontrol lokasi Anda di kiriman

Facebook memberikan Anda opsi untuk menyertakan lokasi di kiriman Anda. Facebook tidak membagikan lokasi secara default, tapi merupakan ide yang bagus untuk memperbarui atau mematikan layanan lokasi ponsel Anda sebelum mengirim dari area yang sensitif. Anda dapat memperbarui pengaturan lokasi Anda di perangkat Android atau iOS Anda.

7. Lindungi komunikasi Anda

Gunakan layanan pengiriman pesan seperti WhatsApp dan Facebook Messenger untuk komunikasi pribadi dengan sumber-sumber.

  1. WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end secara default untuk setiap pesan dan telepon yang Anda lakukan. Saat end-to-end terenkripsi, pesan dan telepon Anda diamankan sehingga hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda dapat mengaksesnya, dan tidak ada seorang pun di antaranya, bahkan tidak juga WhatsApp. Untuk perlindungan tambahan, setiap pesan yang Anda kirim memiliki pengunci tersendiri yang unik. Semua ini terjadi secara otomatis: tidak perlu menyalakan pengaturan atau menyiapkan obrolan rahasia khusus untuk mengamankan pesan Anda. Anda juga dapat menampilkan pemberitahuan keamanan untuk menerima pemberitahuan saat kode keamanan kontak telah berubah.
  2. Anda dapat mengirim pesan dengan enkripsi end-to-end dalam Messenger menggunakan perangkat iOS atau Android Anda. 'Percakapan rahasia' ini ditujukan khusus untuk Anda dan satu orang lain. Di Messenger, mulai percakapan baru dan ketuk baik tombol beralih dengan gembok di Android atau kata 'Rahasia' di iPhone untuk memulai percakapan rahasia dengan seseorang. Ingat, Anda perlu mengikuti langkah-langkah ini untuk setiap mitra percakapan.

Jurnalis juga dapat menggunakan Facebook dengan browser Tor untuk membantu menyembunyikan alamat IP mereka sehingga Facebook, pengiklan, jaringan telepon lokal, dan ISP tidak akan melihat dari mana Anda masuk. Ini melindungi keamanan lokasi dan koneksinya ke Facebook lebih lanjut. Akses Facebook menggunakan browser Tor di https://www.facebook.com/facebookcorewwwi/. Facebook juga memberikan dukungan untuk Tor di Android melalui aplikasi Orbot proxy, yang dapat Anda unduh dari Google Play.

8. Blokir pelecehan

Saat Anda memblokir seseorang, mereka tidak akan dapat lagi melakukan hal seperti menandai Anda atau melihat hal yang Anda kirim di Kronologi Anda. Jika Anda berteman, memblokir juga akan menjadikan Anda berhenti berteman dengannya.

Untuk memblokir seseorang di Desktop:

  1. Klik di kanan atas halaman Facebook mana saja
  2. Klik Pintasan Privasi
  3. Klik Bagaimana cara menghentikan gangguan dari seseorang?
  4. Masukkan nama orang yang ingin Anda blokir, lalu klik Blokir
  5. Pilih orang spesifik yang ingin Anda blokir dari daftar yang muncul, lalu klik Blokir kembali

Untuk memblokir seseorang di Messenger:

iPhone dan iPad:

  1. Buka percakapan dengan orang yang ingin Anda blokir
  2. Ketuk nama mereka di bagian atas percakapan
  3. Gulir turun dan ketuk Blokir
  4. Ketuk di samping Blokir Pesan

Android:

  1. Buka percakapan dengan orang yang ingin Anda blokir
  2. Ketuk , gulir turun, lalu ketuk Blokir
  3. Ketuk Blokir semua pesan

Orang tersebut tidak akan diberi tahu jika Anda memblokirnya.

Jika Anda tidak dapat menemukan orang yang ingin Anda blokir dengan cara ini, cobalah masuk ke profil orang itu lalu pilih Blokir dari menu pada foto sampulnya.

9. Laporkan untuk konten mengganggu dan penyamaran

Cara terbaik untuk melaporkan konten yang melanggar, spam, atau penyamaran di Facebook adalah dengan menggunakan tautan “Laporkan” yang muncul di dekat konten itu sendiri. Kami akan meninjau laporan tersebut dan mengambil tindakan yang sesuai.

Berikut beberapa contoh cara melaporkan konten kepada kami:

  • Untuk melaporkan komentar di Facebook:
    • Di pojok kanan atas, klik panah ke bawah
    • Pilih Laporkan kiriman
  • Untuk melaporkan pesan di Messenger pada desktop:
    • Buka pesan yang hendak dilaporkan
    • Klik roda gigi Opsi di kanan atas
    • Klik Laporkan atau Blokir lalu ikuti petunjuk di layar
  • Untuk melaporkan penyamaran:
    • Buka profil yang menyamar
    • Klik “...” di sebelah “Pesan” pada foto sampul
    • Pilih Laporkan
  • Untuk melihat petunjuk bagi semua jenis konten, buka https://www.facebook.com/report

Hubungi aparat penegak hukum jika Anda merasa terancam. Untuk melaporkan pelanggaran penegakan hukum, ambil cuplikan layar dan salin tautan URL dari segala bentuk tindakan yang tidak diinginkan sebelum memblokir pelakunya. Setelah memblokir seseorang, interaksi mereka dengan Anda sebelumnya tidak akan dapat dilihat lagi.

10. Ketahui apa yang harus dilakukan jika Anda diretas

Jika Anda merasa akun Anda diretas atau diambil alih, Anda akan ingin mengamankannya dengan segera. Pengaktifan autentikasi dua faktor akan membantu mencegah ini.

Jika Anda tidak bisa masuk ke akun, kami menyarankan mengubah kata sandi Anda. Periksa informasi kontak yang tersimpan di akun Anda untuk memastikannya benar dan belum diubah. Kami dapat membantu Anda mengamankan akun Anda dengan meminta Anda untuk mengubah kata sandi dan meninjau aktivitas masuk terkini. Atau Anda dapat mengunjungi facebook.com/hacked. (*/imm)

Unduh panduan keselamatan kami sebagai PDF di sini.

Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713264251.2399 at start, 1713264251.4245 at end, 0.1845338344574 sec elapsed