News Ticker
  • Karyawan EMCL Serahkan Hewan Kurban Pada Masyarakat Kecamatan Gayam
  • Jamaah BWA Tuban Salat Ied Iduladha Hari Ini
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor Kemitraan Pemerintah dengan Pengusaha Hotel dan Restoran
  • Kembangkan Bumdes, PATRADAYA Tingkatkan Partisipasi Warga Desa Pekuwon
  • Harmonis
  • Pemkab Bojonegoro Gelar Dialog Publik di Desa Dolokgede Tambakrejo
  • Polwan Polres Bojonegoro Adakan Kegiatan "Polwan Sahabat Remaja"
  • Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan, Operasi Cipta Kondisi 2018
  • Disnakan Bojonegoro Periksa Kondisi Hewan Kurban di Lapak Penjual dan Peternak
  • Lokakarya Tematik Akhiri Masa KKN Mahasiswa IPB di Blora
  • Penerimaan Pendapatan Pajak Parkir di Bojonegoro Hingga Agustus 2018 Capai Rp 160 Juta
  • Polisi Amankan Seorang Warga Jombang Pelaku Curanmor di Balen Bojonegoro
  • Malam Resepsi Tutup Rangkaian Kegiatan Agustusan di Blora
  • Gaul Bebas Kian Marak, HIV/AIDS Makin Merebak
  • Polisi Amankan Seorang Bandar Judi Dadu di Sekar Bojonegoro
  • Perayaan HUT Kemerdekaan RI, Warga Kembangbilo Tuban Gelar Festival Lesung
  • Inilah Pemenang Karnaval “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara” Kabupaten Blora
  • Pawai Pembangunan “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara” di Blora Berlangsung Meriah
  • Mendadak Belok, Truk Ditabrak Motor di Dander Bojonegoro Pengendara Motor Luka-Luka
  • Kapolres Tuban Pantau Kesiapan Anggota Pengamanan Gereja

MTQ Tingkat Kabupaten Bojonegoro Resmi Dibuka Pj Bupati Bojonegoro

Oleh Muliyanto

Bojonegoro Kota - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bojonegoro, pada Senin (07/05/2018),  bertempat di Aula MAN 1 Model Terpadu Bojonegoro, dibuka secara resmi oleh  PJ Bupati Bojonegoro, Dr Suprianto, SHMH. Acara tersebut mengambil tema “Melalui Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018 Kita Ciptakan Masyarakat Agamis, Harmonis yang Produktif dan Berprestasi”.

Selain PJ Bupati Bojonegoro, dalam pembukaan tersebut juga dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Perwakilan dari Kemenag Bojonegoro, Camat se-Kabupaten Bojonegoro dan Peserta MTQ.

Menurut rencana, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tersebut dilaksanakan mulai tanggal 7-9 Mei 2018. Peserta yang telah terdaftar sejumlah 230 peserta, terbagi dalam golongan anak-anak dibawah 12 tahun, golongan remaja usia dibawah 22 tahun, golongan dewasa usian dibawah 38 tahun, golongan cacat netra usia dibawah 47 tahun. Sementara cabang yang dilombakan ada Musabaqoh Tartil Quran, Musbaquh Tilawatil Quran, Musabaqoh Hifdil Quran, Musabaqoh Tafsir Al Quran, Musabaqoh Fahm Al Quran dan Musabaqoh Khattil Al-Quran.

 

Kabag Kesra Pemkab Bojonegoro,  Drs Sahari MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud diselenggarakan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja LPTQ Kabupaten dan LPTQ Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2017.

“Serta untuk menetapkan Rencana Strategis dan Program Kerja LPTQ tahun 2018, dalam upaya peningkatan prestasi.” jelas Sahari dalam laporannya.

Adapun tujuan diadakannya MTQ tersebut adalah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang diarahkan untuk pembentukan watak kepribadian dengan menjunjung tinggi disiplin dan sportifitas, dalam mencapai prestasi para kafilah. Selain itu, juga untuk memupuk dan meningkatkan rasa persatuan, kebersamaan, persahabatan dan persaudaraan antar peserta MTQ.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit kafilah berbakat untuk dikembangkan lebih lanjut serta menunjang usaha pemerintah dalam meningkatkan prestasi kafilah Bojonegoro di tingkat nasional.” jelas Sahari.

 

PJ Bupati Bojoengoro Dr Suprianto SH MH dalam sambutannya menyampaikan, bahwa MTQ merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa Indonesia. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat kegiatan tersebut merupakan event keagamaan yang menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang sangat efektif.

“Bagi pemerintah, MTQ kali ini merupakan kegiatan perekat kebersamaan masyarakat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H. Lantunan kalam ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ, mampu meghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat.” tutur Pj Bupati.

Pelaksanaan MTQ ini untuk menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat Bojonegoro untuk senatiasa mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna umat manusia.

“Kegiatan Musabaqoh ini juga dapat menjadi tolak ukur dinamika aktivitas pembinaan seni baca Al-Quran yang berlangsung di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro.” lanjut Pj Bupati.

 

Al-Quran sebagi sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan, tidak akan pernah habis untuk digali dan tidak akan pernah habis usang untuk dikaji. Al-Quran mengisyaratkan walaupun seluruh air laut menjadi tinta ditambah dengan laut yang serupa dan seluruh pohon menjadi pena, pastilah tidak akan cukup menuliskan kalimat-kalimat hikmah keagungan tuhan.

“Keluhuran nilai-nilai ajaran Al-Quran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun informal, termasuk diantaranya melalui MTQ.” imbuh Pj Bupati.

Di akhir sambutannya, Pj Bupati mengungkapkan bahwa dalam setiap pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Bojonegoro telah dikenal menjadi salah satu kafilah yang cukup diperhitungkan dan berpotensi memiliki dominasi perolehan prestasi yang membanggakan.

Bojonegoro pernah memiliki qori’ dan qori’ah terbaik tingkat Asian yaitu Drs Nurul Huda Mhi dan ananda Rofi’atul Muna tingkat remaja dan anak-anak serta ananda Illiya Fairuz yang baru bulan Maret 2018 kemarin juga menjuarai MTQ Mahasiswa Tingkat ASEAN di Malaysia.

“Hal ini tentu bisa mendorong buat adik-adik kita untuk bisa mengikuti prestasi-prestasi para pendahulunya.” pungkas Pj Bupati, mengakhiri sambutannya. (mol/imm)

 

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Teras

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro Apa yang dilakukan oleh Kang Yoto, sapaan Suyoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode yakni 2008-2013 dan ...

Opini

Gaul Bebas Kian Marak, HIV/AIDS Makin Merebak

Gaul Bebas Kian Marak, HIV/AIDS Makin Merebak

*Oleh Atik Kholifah SKM PERGAULAN remaja di masa sekarang sungguh sangat merisaukan. Kita biasa menjumpai di tempat-tempat keramaian, muda mudi ...

Quote

Harmonis

Harmonis

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd.I Istilah harmonis sering diberi makna keselarasan, keseimbangan, ketentraman, kehangatan, seiya sekata dan penuh kasih ...

Sosok

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Lobak, Timun, Batang, Sawi, Wortel dan aneka buah serta sayur ternyata tak hanya difungsikan menjadi sayur ...

Eksis

Petani Asal Bojonegoro Ini Tak Menyangka Anaknya Lulus Seleksi Akpol 2018

Petani Asal Bojonegoro Ini Tak Menyangka Anaknya Lulus Seleksi Akpol 2018

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Suwito (56), warga Desa Sumberejo RT 002 RW 001 Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, yang sehari-hari ...

Religi

Gelar Tabligh Akbar, Kapolres Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Kebhinnekaan

Gelar Tabligh Akbar, Kapolres Bojonegoro Ajak Masyarakat Jaga Kebhinnekaan

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro Kota - Sebagaimana telah direncanakan sebelumnya, pada Senin (30/07/2018) mulai pukul 19.00 WIB tadi malam, Polres ...

Berita Foto

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Pilkada Serentak 2018

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro (Tambakrejo) - Perjuangan mengawal logistik pilkada serentak 2018 menuju tempat pemungutan suara (TPS) di daerah sangat ...

Resensi

Alice in Cheongdam Dong 2

Alice in Cheongdam Dong 2

Oleh Delfariza Amaliya Penulis : Ahn Jae Kyung Penerjemah : Dwita Rizki Nientyas Tahun : 2014 Penerbit : Qanita, PT ...

Pelesir

Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk Bojonegoro, Kembangkan Wisata Agro Jambu Kristal

Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk Bojonegoro, Kembangkan Wisata Agro Jambu Kristal

Oleh Muliyanto Bojonegoro (Trucuk) -Di Kabupaten Bojonegoro terdapat tiga desa yang yang mengembangkan Wisata Agro Jambu Kristal, yaitu di Desa ...

Statistik

Hari ini

272 kunjungan

461 halaman dibuka

20 pengunjung online

Bulan ini

81.446 kunjungan

143.336 halaman dibuka

Tahun ini

894.842 kunjungan

1.570.190 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 640.769

Indonesia: 11.088

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015