News Ticker
  • Pamit Pergi ke Warung Tuak, Warga Semanding, Tuban Ditemukan Tewas di Bekas Galian Tambang
  • Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Ditutup Total, Arus Lalu Lintas Dialihkan
  • Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro
  • Diduga Pengemudi Mengantuk, Truk Tabrak Portal Jembatan Kare di Kanor, Bojonegoro
  • Jelang Pemberangkatan Jemaah Haji, Kemenag Tuban Gelar Bimbingan Manasik Haji
  • Mulai Besok, Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total
  • Promo Halal Bihalal dengan Sajian Spesial di ASTON Bojonegoro City Hotel
  • Jelang Akhir Bulan, Intip Empat Ide Kegiatan Seru yang Ramah Kantong
  • Pemkab Blora Segera Bangun Rumah Pemotongan Hewan Ternak Modern
  • Nafisatul, Atlet Angkat Besi asal Blora Raih Medali Perunggu di Sea Games 2022
  • Ribuan Santri di Jatim Doakan Ganjar Pranowo Presiden 2024
  • Diterjang Angin Kencang, Sejumlah Rumah di Desa Socorejo, Tuban Alami Kerusakan
  • Pemkab Blora Dorong Banjir di Cepu dapat Segera Ditangani dengan Solusi yang Tepat
  • Bupati Apresiasi 2 Mahasiswi, Anak Petani Blora yang Lulus dengan Predikat Cum Laude
  • Profesional Muda? Simak Hacks Keuangan ala Financial Planner Ini bagi Kamu yang Baru Mulai Bekerja
  • Sebagai Penghasil Sapi Terbesar di Jateng, Bupati Blora Ajak Peternak Waspadai Wabah PMK
  • Cegah Penyebaran PMK, Petugas Gabungan di Bojonegoro Lakukan Pengawasan di Pasar Hewan
  • Ini Tips Berbisnis Ibu Titin, Sosok Ibu Tunggal yang Berhasil Membesarkan Ketiga Anaknya
  • Seorang Warga Ngasem, Bojonegoro Ditemukan Meninggal Membusuk di Pinggir Sungai
  • Pemkab Tuban Alokasikan Anggaran Rp 10 Miliar untuk Renovasi GOR Rangga Jaya Anoraga
  • Polisi Blora Tangkap Seorang Residivis Narkotika Berikut Barang Bukti 3 Paket Ganja
  • Antisipasi PMK, Petugas Gabungan di Blora Lakukan Pengawasan Pasar Hewan
  • Rumah Dinas Milik Perhutani di Temayang, Bojonegoro Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp 200 Juta
  • Polisi Bojonegoro Akan Lakukan Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Pembacokan, Diduga Alami Gangguan Jiwa

Amayr Raheesh Al Makki

Selama Masa Pandemi, Siswa SD di Blora ini Cetak 8 Kali Juara Nasional

Blora - Masa Pandemi Covid 19 yang belum selesai hingga saat ini, tidak membuat Amayr Raheesh Al Makki, siswa kelas 2 SD Islam Baitunnur Blora untuk berdiam diri.
 
Amayr Raheesh Al Makki, yang biasa disapa dengan Raheesh, usiannya terbilang masih belia yaitu 8 tahun 4 bulan. Ia baru duduk di kelas 2 SD, namun dia sudah menorehkan berbagai prestasi. Mulai penghargaan Olimpiade tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional. Setidaknya total sudah ada 8 Kejuaran Nasional yang diraihnya di masa pandemi Covid-19 kali ini.
 
 
Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebih 9 bulan dan mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara daring tak terkecuali anak-anak sekolah, tak membuat putus semangat buat Raheesh. Keadaan tersebut menuntut Raheesh dan anak-anak lain harus terbiasa bersekolah dengan sistem pembelajaran dari rumah. Sehingga pembelajaran dan ilmu yang didapatkan tetap maksimal.
 
Pandemi Covid-19 ini bisa diambil sisi positifnya untuk semua orang, waktu yang lebih banyak dirumah dimanfaatkan Amayr Raheesh Al Makki untuk mencetak prestasi di tingkat nasional.
 
Selama kurang lebih 9 bulan, Raheesh telah beberapa kali berhasil menyabet Juara 3 Emerald Mathematic Competition Tingkat Nasional Level Kelas 3 SD 2020 (Program Akselerasi).
 
Raheesh juga berhasil meraih beberapa penghargaan dalam Olimpiade di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Mulai dari Juara 1 Sains Tingkat Nasional Kompetisi Online Matematika dan Sains 2020 yang diselenggarakan Fraternite Blambangan Group. Kemudian Juara 2 Matematika Tingkat Nasional Kompetisi Online Matematika dan Sains 2020, yang diselenggarakan Fraternite Blambangan Group. Dan Juara Harapan 1 Sempoa Kategori Foundation 2 Kualifikasi Jateng 2020, yang diselenggarakan oleh Sempoa SIP Foundation Nasional
 
Berikutnya, juara 10 (The Best Ten) Tingkat Nasional Olimpiade Online Bahasa Inggris 2020, yang diselengarakan Topaz Education Centre, juara 6 (The Best Ten) Bahasa Inggris Tingkat Nasional Mathematic, English and Sains Competition 2020, yang diselenggarakan Tunas Cerdas Ceria Education Centre..
 
Dilanjutnya juara 8 (The Best Ten) Sains Tingkat Nasional Mathematic, English and Sains Competition 2020, yang diselenggarakan Tunas Cerdas Ceria Education Centre. Juara 1 Olimpiade Online Bahasa Inggris Tingkat Nasional, yang diselenggarakan Star Gemilang EO, juara 1 Olimpiade Online Sains Tingkat Nasional, yang diselenggarakan Star Gemilang EO, juara 2 Olimpiade Sains Tingkat Provinsi, yang diselenggarakan TOPAZ Global Education, serta juara 3 Emerald Mathematic Competition Tingkat Nasional Level Kelas 3 SD 2020 (Program Akselerasi).
 
 

Amayr Raheesh Al Makki (tengah), siswa kelas 2 SD Islam Baitunnur Blora saat usai mengikuti lomba di salah satu kejuaraan.

 
 
Kepada awak media ini Selasa (10/11/2020) Raheesh mengaku, pelaksanaan lomba tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka langsung, untuk tahun ini dilaksanakan secara online atau daring.
 
“Selama Pandemi ini, kami memang dituntut untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Karena kita tetap harus bisa mengikuti pelajaran di sekolah lewat daring dan mengerjakan tugas-tugas online yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Walaupun sesekali diselingi dengan bermain game, tapi memang harus tetap konsisten dan disiplin dalam mengatur jam belajar. Jam bermain dan jam untuk mengikuti event lomba secara online,” ucapnya. Selasa (10/11/2020).
 
Menurutnya, lomba secara online juga melatih dirinya untuk menghadapi kondisi kurang nyaman ketika mereka login, membuka dan memulai mengerjakan soal. Terkadang juga ada kendala teknis yang berbeda ketika mengerjakan lomba secara offline.
 
“Di sinilah saya dilatih untuk tidak gugup dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena semua terkelola oleh system di komputer,” tutur Raheesh.
 
 
 
Anak dari pasangan Andy Kurniawan dan Lila Yuniar Omegyastantri ini menegaskan, karena sering mengikuti olimpade dan lomba-lomba, sehingga menambah wawasannya untuk mengenali karakter soal.
 
“Kalau soalnya sudah jelas ya lancar. Dapat info dari kakak. Juga sering ikut lomba juga. Kaka ikut klub olimpiade nasional. Jadi ya lewat itu infonya. Biasanya kita taunya dari itu,” tuturnya menambahkan.
 
Dalam waktu dekat ini, dia akan kembali mengikuti babak Final Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang rencananya akan digelar pada 27 Desember 2020 di Jogjakarta. Untuk menghadapinya, Raheesh mengaku sudah mulai mempersiapkan diri. Mulai dengan banyak membaca dan menambah referensi soal-soal latihan Olimpiade.
 
Dalam babak Final Olimpiade Sains Tingkat Nasional ini, Raheesh akan mewakili Provinsi Jawa Tengah. Di mana sebelumnya dia berhasil menyisihkan 96 peserta dari perwakilan Kabupaten masing-masing. Ada 56 peserta dari beberapa Provinsi yang akan bertanding di babak Grand Final Tingkat Nasional 2020 nanti. Diantaranya Jawa Timur, DIY, Jawa Barat dan Jabodetabek.
 
 
 
Sebagai seorang anak yang punya passion terhadap ilmu matematika dan sains, Raheesh mengaku sudah terbiasa membaca buku-buku yang berhubungan dengan bidang tersebut. Sebab sejak kecil orangtuanya berusaha menyediakan buku-buku yang berhubungan dengan minatnya. Dari mulai komik sains, teks book matematika dan bacaan sains populer.Belakangan juga mulai belajar dari OCW(Open Course Ware) yang tersedia gratis di internet.
 
“Jadi sebetulnya jaman sekarang dengan ketersediaan akses internet sampai ke pelosok, tidak ada alasan,” katanya. (teg/imm)
 
SKK Migas - Pertamina EP
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Peringatan tersebut diprakarsai oleh World Stroke Organization ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Infotorial

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Swiwings Indonesia, Buka Cabang di Kota Bojonegoro

Bojonegoro - Swiwings Indonesia, salah satu bisnis waralaba yang telah memiliki cabang di sejumlah kota di Pulau Jawa, kini membuka ...

Berita Foto

Foto Mobil Tertabrak Kereta Api di Kalitidu, Bojonegoro

Berita Foto

Foto Mobil Tertabrak Kereta Api di Kalitidu, Bojonegoro

Bojonegoro - Sebuah mobil Daihatsu Grandmax pikap yang hendak melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di kilometer 112+300, ...

Religi

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Bojonegoro - Jemaah atau warga Muhammadiyah di Kota Bojonegoro, pada Rabu (26/05/2021) malam atau usai sala magrib, menggelar salat gerhana ...

1653203003.8476 at start, 1653203003.9856 at end, 0.1380558013916 sec elapsed