News Ticker
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
  • Berkah Ramadan, Petani Blewah di Blora Mengaku Untung Besar
  • Kembali Targetkan Raih Opini WTP, Ini yang Dilakukan Pemkab Blora
  • Diduga Sakit Epilepsi Kambuh, Warga Bubulan, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Sungai
  • Gebyar Ramadan Blora 2024 Kini Dikonsep Semakin Matang
  • Tinjau Tebing Sungai Longsor di Cepu, Blora, Bupati Koordinasi dengan BBWS Bengawan Solo
  • Tergerus Banjir Bengawan Solo, Akses Jalan Kedungtuban-Cepu, Blora Terancam Putus
  • Tebing Bengawan Solo Longsor, Empat Rumah Warga di Blora Terancam
  • Berjalan Kaki saat ke Sekolah, Siswi SMK dapat Sepeda dari Ka SPKT Polsek Blora
  • Polisi di Bojonegoro Bagikan 3.000 Nasi Bungkus bagi Warga Terdampak Banjir Bengawan Solo
Jaga Ketersediaan Air Baku Pertanian, Tahun 2020 Pemkab Bojonegoro Bangun 7 'Long Storage'

Jaga Ketersediaan Air Baku Pertanian, Tahun 2020 Pemkab Bojonegoro Bangun 7 'Long Storage'

Bojonegoro - Sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan air baku pertaniana atau irigasi pada musim kemarau, sekaligus untuk meminimalisir terjadinya banjir luapan sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA), pada tahun 2020 ini membangun 7 long storage atau tempat tampungan air, di sejumlah anak sungai di Kabupaten Bojonegoro.
 
Pembangunan long storage atau tempat tampungan air tersebut juga sebagai upaya Pemkab Bojonegoro dalam mendorong pemerintah desa untuk membuat long stored di wilayahnya, demi pemenuhan kebutuhan air baku Irigasi dan domestik.
 
 
Hingga awal November 2020 ini, 3 long storage telah selesai di bangun dan saat ini ada 4 long storage yang masih dalam tahap pengerjaan.
 
Selain itu, Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro telah menyelesaikan pembangunan sudetan (long storage) Kali Gandong, yang berada di Dukuh Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, yang telah diresmikan beberapa waktu lalu.
 
 
 
 
 
 

Sudetan (long storage) Kali Gandong, yang berada di Dukuh Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, yang telah selesai dibangun Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaen Bojonegoro, Ir Tejdo Sukmono MM, kepada awak media ini Rabu (11/11/2020) menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan normalisasi sejumlah sungai sekaligus membuat longstorage atau tempat tampungan air, di sejumlah anak sungai di Kabupaten Bojonegoro.
 
Menurutnya, tujuan pembuatan long storage tersebut adalah mengembalikan dimensi sungai, memperbesar alur sungai, menahan luberan akibat luapan banjir pada musim penghujan, dan menyediakan air irigasi terutama pada musim kemarau.
 
"Caranya dengan mengangkat sedimen dari dalam sungai dan meletakkan di kanan-kiri sungai, sekaligus dibuat semacam tanggul, sehingga nantinya setelah dinormalisasi, dapat berfungsi sebagai tampungan air atau long storage" kata Tedjo Sukmono.
 
Tedjo menjelaskan long storage adalah tempat tampungan air yang memanjang di sungai atau kali yang telah dilakukan normalisasi, sehingga sepanjang sungai tersebut ketersediaan air selalu ada, sekaligus dapat meninggikan muka air sehingga air irigasi bisa mengalir secara gravitasi atau dengan bantuan pompa. Nantinya, di bagikan hilir dapat dilengkapi dengan bangunan cekdam.
 
"Selain sebagai tampungan air, manfaat long storage  juga dapat digunakan untuk penyedia air irigasi pertanian dan dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan ikan air tawar. Selain itu potensi lain bisa untuk pengembangan pariwisata dan konservasi air untuk membantu pelestarian mata air dan kelestarian sumur masyarakat." kata Tedjo Sukmono.
 
 
 
 
Berikut ini Sudetan dan Long Storage yang dibagun Pemkab Bojonegoro Tahuin 2020:
 
 
 

Sudetan (long storage) Kali Gandong, yang berada di Dukuh Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, yang telah selesai dibangun Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Sudetan Kali Gandong, di Dukuh Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang (selesai dibangun)
Sudetan Kali Gandong: memiliki ukuran panjang 800 meter dan lebar bawah (dasar) antara 8 hingga 10 meter; Estimasi volume tampungan sebanyak 12.000 meter kubik; Manfaat Sudetan Kali Gandong, untuk mengurangi debit banjir bandang di lingkungan pemukiman di Dusun Sugihan Desa kedungsumber, dan dapat dimanfaatkan sebagai tampungan air irigasi seluas kurang lebih 50 hektare, serta untuk menambah resapan air ke dalam tanah sehingga dapat melestarikan sumur masyarakat.
 
 
 

Long Storage Kali Ingas, yang telah selesai dibangun Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage Kali Ingas (selesai dibangun)
Long Storage Kali Ingas  yang melintas mulai dari Desa Kalisari, Lebaksari, Kadungrejo, Kauman Kecamatan Baureno, dan  Desa Pucangarum, Kedungprimpen, Temu, Gedongarum, Simorejo, dan Sumberwangi Kecamatan Kanor.
Long Storage Kali Ingas ini merupakan back water dari Bendung Gerak Babat dan telah dibangun beberapa chekdam seperti di Desa Kadungrejo, Desa Pucangarum, Desa Temu, Desa Sumberwangi, Desa Samberan, Desa Kedungarum, Desa Sedeng.
Long Storage Kali Ingas memiliki Ukuran panjang kurang lebih 19 kilometer dan lebar bawah antara 8 hingga 10 meter; Estimasi volume tampungan kurang lebih 171.000 meter kubik; Manfaat Long Storage Kali Ingas pada musim penghujan sebagai pengendali banjir luapan Sungai Bengawan Solo, dan pada musim kemarau dimanfaatkan untuk kebutuhan air irigasi pertanian seluas kurang lebih 2.500 hektare, meliputi Desa Kadungrejo, Kauman, Pucangarum Kecamatan Baureno, dan Desa Kedungprimpen, Temu, Kedungarum, Simorejo, Sumberwangi, Sedeng, Palembon, Samberan Kecamatan Kanor.
 
 
 

Long Storage dan Chekdam Kapasan Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno, yang telah selesai dibangun Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage dan Chekdam Kapasan Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno (selesai dibangun)
Long Storage dan Cekdam Kapasan berada di Kali Pundung Kembar, meliputi. Desa Kauman, Kadungrejo, Karangdayu, Pomahan dan Pucangarum Kecamatan Baureno.
Long Storage dan Cekdam Kapasan ini merupakan salah satu anak sungai Kali Ingas yang menyatu dengan kali Pundung Kembar. Memiliki Ukuran panjang 5,5 kilometer dan lebar bawah 4 hingga 6 meter; Estimasi volume tampungan sebesar 53.625 meter kubik; Manfaat Long Storage dan Chekdam Kapasan pada musim penghujan sebagai pengendali banjir luapan dari Sungai Bengawan Solo dan luapan kali Pundung Kembar. Pada musim kemarau dimanfaatkan untuk kebutuhan air irigasi seluas kurang lebih 995 hektare, dengan cara memompa backwater di cekdam Kapasan. Desa-desa yang memanfaatkan yaitu Desa Kadungrejo, Kauman, Pucangarum, Pomahan dan Karangdayu Kecamatan Baureno.
 
 
 

Long Storage Desa Sumberwangi Kecamatan Kanor, yang telah selesai dibangun Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage Desa Sumberwangi Kecamatan Kanor (selesai dibangun)
Long Storage Desa Sumberwangi memiliki ukuran panjang 2.000 meter dan lebar bawah antara 1 hingga 3 meter; Estimasi volume tampungan sebanyak 2.000 meter kubik; Manfaat Long Storage Desa Sumberwangi pada musim penghujan sebagai pengendali banjir luapan Kali Ingas dan pada musim kemarau dimanfaatkan untuk kebutuhan air irigasi seluas kurang lebih 75 hektare, meliputi Desa Sumberwangi dan Simorejo Kecamatan Kanor.
 
 
 

Long Storage Afvoer Sukorejo, yang sedang dinormalisasi Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage Afvoer Sukorejo (proses dibangun)
Long Storage Afvoer Sukorejo atau Kali Loro, merupakan tampungan air dari cekdam di Desa Ngampel Kecamatan Kapas. Memiliki  ukuran panjang 500 meter dan lebar bawah 6 hingga 8 meter. Estimasi volume tampungan sebesar 3.500 meter kubik; Manfaat Long Storage Afvoer Sukorejo untuk pengendali banjir luapan Kali Loro dan untuk melayani kebutuhan irigasi di Desa Ngampel, Sambiroto, Semanding, Bakalan, Semenpinggir Kecamatan Kapas.
 
 
 

Long Storage Desa Balongdowo Kecamatan Kepohbaru, yang sedang dinormalisasi Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage Desa Balongdowo Kecamatan Kepohbaru (proses dibangun)
Long Storage Balongdowo ini memanfaatkan Afvoer yang sebelumnya yang selalu terbuang dan tidak termanfaatkan. Dengan dilakukan normalisasi afvoer maka akan mampu menambah tampungan air.
Long Storage Balongdowo memiliki ukuran panjang 2,5 kilometer dan lebar bawah 1 hingga 2 meter; Estimasi volume tampungan sebesar 5.000 meter kubik; Manfaat Long Storage Balongdowo untuk tampungan air di long storage tersebut dimanfaatkan untuk aliran irigasi persawahan di Desa Balongdowo seluas kurang lebih 150 hektare.
 
 
 

Long Storage dan Cek Dam Desa Butoh Kecamatan Sumberjo, yang sedang dinormalisasi Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage dan Cek Dam Desa Butoh Kecamatan Sumberjo (proses dibangun)
Long Storage dan Cek Dam Desa Butoh Kecamatan Sumberjo ini dimanfaatkan untuk mengendalikan banjir dari Kali Deru, yang memiliki ukuran panjang 1,5 kilometer dan lebar bawah antara 4 hingga 6 meter; Estimasi volume tampungan sebesar 7.500 meter kubik; Manfaat Long Storage dan Cek Dam Desa Butoh Kecamatan Sumberjo pada musim penghujan berfungsi sebagai pengendali banjir dan juga dapat dimanfaatkan untuk irigasi di Desa Butoh Kecamatan Sumberrejo seluas kurang lebih 100 hektare.
 
 
 

Long Storage Kali Kerjo Kecamanan Baureno, yang sedang dinormalisasi Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
Long Storage Kali Kerjo Kecamanan Baureno (proses dibangun)
Long Storage Kali Kerjo ini dimanfaatkan untuk mengendalikan banjir dari Kali Kerjo yang melintas di Desa Sugihwaras, Baureno, Blongsongong, Sumbergede dan Bumirejo Kecamatan Baureno.
Long Storage Kali Kerjo yang memiliki ukuran panjang Memiliki Ukuran panjang kurang lebih 3 kilometer dan lebar bawah 6 hingga 10 meter; Estimasi volume tampungan sebesar 30.000 meter kubik; Manfaat Long Storage Kali Kerjo pada musim penghujan sebagai pengendali banjir dan pada musim kemarau dimanfaatkan untuk kebutuhan air irigasi Desa Sugihwaras, Baureno, Blongsongong, Sumbergede dan Bumirejo Kecamatan Baureno. (dan/imm)
 
Ucapan SELAMAT HARI PERS NASIONAL 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1711666380.4801 at start, 1711666380.6921 at end, 0.21207404136658 sec elapsed