News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
Minimalisir Dampak Banjir, Pemkab Bojonegoro Normalisasi Sejumlah Anak Sungai

Minimalisir Dampak Banjir, Pemkab Bojonegoro Normalisasi Sejumlah Anak Sungai

Bojonegoro - Untuk mencegah pendangkalan sungai agar dapat berfungsi sebagai mana mestinya, sekaligus untuk meminimalisir terjadinya banjir luapan sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA), lakukan normalisasi sejumlah sungai sekaligus membuat longstorage atau tempat tampungan air, di sejumlah anak sungai di Kabupaten Bojonegoro.
 
Selain untuk mengembalikan fungsi sungai dan pengendali banjir, normalisasi sungai dan pembuatan long storage tersebut juga untuk mengembalikan dimensi sungai atau memperbesar alur sungai, sehingga mampu menyediakan air irigasi pertanian terutama pada musim kemarau.
 
 
Saat ini, Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro telah menyelesaikan pembangunan sudetan (long storage) Kali Gandong, yang berada di Dukuh Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, yang telah diresmikan beberapa waktu lalu.
 
Selain itu, Dinas PU SDA Bojonegoro juta telah menyelesaikan normalisasi yang sekaligus membuat long storage di 3 anak sungai, yaitu Long storage Kali Ingas, yang meliputi wilayah Kecamatan Baureno dan Kanor; Long storage Kali Pundung Kembar, di Kecamatan Baureno; dan Longstorage Desa Sumberwangi Kecamatan Kanor.
 
Sementara, ada 5 anak sungai yang saat ini sedang dalam proses normalisasi dan pembuatan long storage, yaitu Long storage Kali Afvoer Sukorejo (Kali Loro) merupakan tampungan air dari cekdam di Desa Ngampel Kecamatan Kapas; Long storage Desa Balongdowo Kecamatan Kepohbaru; Long storage Desa Butoh Kecamatan Sumberjo; Long storage Kali Kerjo, meliputi Desa Sugihwaras, Baureno, Blongsong, Sumbergede dan Bumirejo Kecamatan Baureno, dan normalisasi anak sungai Kali Pacal yang melintas di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro.
 
 
 
 
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Bojonegoro, Ir Tejdo Sukmono MM, saat beri keterangan. Rabu (11/11/2020) 
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Bojonegoro, Ir Tejdo Sukmono MM, kepada awak media ini Rabu (11/11/2020) menjelaskan bahwa tujuan normalisasi sungai tersebut agar sungai dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
 
"Selain pengembalian fungsi sungai, fungsi lainnya adalah untuk pengendali banjir, membuat long storage, mengembalikan dimensi sungai, memperbesar alur sungai, menahan luberan akibat luapan banjir pada musim penghujan, dan menyediakan air irigasi terutama pada musim kemarau." kata Tedjo Sukmono.
 
Menurutnya, kegiatan normalisasi sungai tersebut dengan mengangkat sedimen dari dalam sungai dengan menggunakan alat berat, dan mengembalikan alur sungai sehingga sungai dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
 
"Caranya dengan mengangkat sedimen dari dalam sungai dan meletakkan di kanan-kiri sungai, sekaligus dibuat semacam tanggul, sehingga nantinya setelah dinormalisasi, dapat berfungsi sebagai tampungan air atau long storage" kata Tedjo Sukmono.
 
 
 
Tedjo menjelaskan long storage adalah tempat tampungan air yang memanjang di sungai atau kali yang telah dilakukan normalisasi, sehingga sepanjang sungai tersebut ketersediaan air selalu ada, sekaligus dapat meninggikan muka air sehingga air irigasi bisa mengalir secara gravitasi atau dengan bantuan pompa. Nantinya, di bagikan hilir dapat dilengkapi dengan bangunan cekdam.
 
"Selain sebagai tampungan air, manfaat long storage  juga dapat digunakan untuk penyedia air irigasi pertanian dan dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan ikan air tawar. Selain itu potensi lain bisa untuk pengembangan pariwisata dan konservasi air untuk membantu pelestarian mata air dan kelestarian sumur masyarakat." kata Tedjo Sukmono.
 
 

Long storage Kali Ingas, yang melintas di wilayah Kecamatan Baureno dan Kanor, yang sedang dinormalisasi Dinas PU SDA Bojonegoro.

 
 
Untuk diketahui, Kabupaten Bojonegoro kondisi geografisnya rawan akan bencana, mulai dari kekeringan saat musim kemarau dan bencana banjir saat musim penghujan. Selain banjir Bengawan Solo, di Kabupaten Bojonegoro juga terdapat potensi banjir bandang dan banjir luapan sungai, khususnya daerah-daerah yang berada di bantaran sungai yang ada di Bojonegoro.
 
Hal tersebut dikarenakan telah terjadi pendangkalan sungai, sehingga saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, sungai tersebut tidak mampu menampung air hujan, sehingga meluap atau meluber di sepanjang wilayah aliran sungai tersebut.
 
Dengan dilaksanakan normalisasi sungai dan pembangunan long storage tersebut diharapkan dapat meminimalisir dampak bencana banjir luapan sungai saat musim penghujan, dan tampungan air dari long storage tersebut dapat menyediakan air irigasi pada musim kemarau. (dan/imm)
 
Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1714271776.8931 at start, 1714271777.3038 at end, 0.4106969833374 sec elapsed