News Ticker
  • Awali 2022 dengan Semangat Baru, ShopeePay Talk Beberkan Kiat Tekuni Hobi jadi Bisnis Menguntungkan
  • Pemkab Bojonegoro Berencana Bangun 'Frontage Road' dan 'Flyover' Jalur Kereta Api
  • Resmi Jadi Tersangka, Satu 'Reseller' Investasi Bodong asal Tuban Terancam 3,5 Tahun Penjara
  • Diduga Rem Blong, Truk di Bojonegoro Masuk Jurang, 1 Orang Tewas dan 3 Lainnya Luka-luka
  • Kisah Nostalgia Toko 'Oen', Bisnis Legendaris asal Semarang yang Sukses Lalui Tantangan Zaman dan Pandemi
  • Menikmati Wisata Petik Buah Durian di Desa Klino, Kecamatan Sekar, Bojonegoro
  • Demo Warga di Kilang Minyak GRR Tuban Sempat Memanas, Kades Wadung Marah hingga Ancam Lapor Ahok
  • Warga Jenu, Tuban Gelar Demo, Tuntut Rekrutmen Kerja di Kilang Minyak Grass Root Refinery
  • Selama Januari 2022, Sat Lantas Polres Blora Tindak 497 Pelanggaran Knalpot Brong
  • Kisah Sukses Bandeng Juwana Elrina, dari Usaha Keluarga hingga Dikenal Luas di Indonesia
  • Aparat bersama Warga di Bojonegoro Perbaiki Tanggul Kali Ingas yang Jebol
  • Usai 6 Orang di Cepu Tewas Akibat Pesta Miras, Polisi Blora Sita Ratusan Liter Miras
  • Suwandi Terpilih Jadi Ketua PWI Tuban Periode 2022-2025 Gantikan Pipiet Wibawanto
  • Bupati Bojonegoro Harap Penanganan Tanggul Kali Ingas yang Jebol Dilakukan secara Permanen
  • Tanggul Kali Ingas di Kanor, Bojonegoro Jebol, Ratusan Hektare Tanaman Padi Tergenang
  • Pertamina EP Sukowati Field Launching Produk UMKM Desa Ngampel
  • Pembelajaran Tatap Muka Berlangsung, Lakukan Empat Tips Ini Agar Anak Tetap 'Happy!'
  • Berikut Ini Nama 30 ASN Pemkab Bojonegoro yang Baru Dimutasi dan Dilantik Bupati
  • Bupati Lantik 30 ASN di Lingkungan Pemkab Bojonegoro yang Baru Dimutasi
  • Kebijakan Minyak Goreng Satu harga Rp 14.000 per Liter Belum Diikuti Semua Toko di Tuban
  • Bupati Blora Harap Tahapan Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Segera Disepakati
  • Polres Bojonegoro Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 5 Orang Tersangka
  • Polres Bojonegoro Tangkap 9 Tersangka Kasus Pengeroyokan, 5 Orang Masih DPO

Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Gerakan Menuju Smart City 2021

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada Senin (06/12/2021) mengikuti Penilaian Evaluasi Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 secara daring, dari Ruang Command Center Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) di Jalan AKBP M Suroko, Bojonegoro.
 
Kegiatan ini dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kepala Dinas Kominfo, Inspektorat, Bappeda, BPKAD, Kabag Organisasi, dan Ketua Timlak DTIK.
 
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementrian PPN/Bapenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian PAN dan RB.
 
Dalam kegiatan ini tim penilaian evaluasi terdiri dari para ahli di antaranya Rudi Hartanto dari UGM, Hery Abdul Azis dari Kemenkominfo, dan Rosikin dari Kemen PAN-RB.
 
 
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro Nur Sujito, mengawali paparannya menyampaikan bahwa regulasi yang mendasari pelaksanaan Smart City di Kabupaten Bojonegoro yaitu Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Masterplan Smart City Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018-2023, Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Masterplan Smart City Kabupaten Bojonegoro Tahun 2019-2023, Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Satu Data Kabupaten Bojonegoro.
 
Selain itu juga telah diterbitkan Surat Edaran Sekretaris Daerah tanggal 13 September 2019 Nomor 473.1/570/412.213/2019, untuk Penerapan Masterplan Smart City di semua OPD.
 
"Inti dari program Smart City ini adalah masyarakat Bojonegoro yang sejahtera, Pemkab Bojonegoro yang Produktif dan Energik, serta masyarakatnya sejahtera, itu goal-nya," tutur Nur Sujito.
 
 
Nur Sujito menjelaskan bahwa gambaran anggaran Smart City Bojonegoro dari APBD Kabupaten Bojonegoro untuk belanja IT hingga tahun 2020 juga selalu meningkat dari tahun ke tahun.
 
"Hal Ini untuk memperkuat Smart City di Kabupaten Bojonegoro." kata Nur Sujito.
 
Nur Sujito menambahkan bahwa 5 persen dari APBD Bojonegoro tahun 2020 telah dilaksanakan beberapa hal seperti Penguatan SDM TIK melalui kegiatan pelatihan, pembangunan 6 videotron (terbanyak di Jatim), revitalisasi pasar tradisional (sampai saat ini ada 4 pasar).
 
"Selanjutnya implementasi Kartu Petani Mandiri untuk membantu penyediaan pupuk dan benih bagi petani yang lahannya dibawah 2 hektare." kata Nur Sujito.
 
 
Selain itu, ada perbaikan 3.704 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang pada 2021 menyasar sekitar 7.000 RTLH. Pemkab Bojonegoro juga membangun jembatan Luwehaji-Blora untuk mendukung Bandara Ngloram Blora. Kemudian ada kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional yang hingga saat ini dengan jumlah penduduk 1,3 juta, sebanyak 97,86 persen telah dicover dengan JKN, atau sudah UHC.
 
"Begitu pula untuk peningkatan SDM ada beasiswa perguruan tinggi, Program Satu Desa Dua Sarjana, beasiswa Saintis dan beasiswa untuk masyarakat miskin," kata Nur Sujito.
 
Sementara itu terkait penguatan 419 desa yang merupakan bagian dari Pemkab Bojonegoro, semuanya telah disediakan aplikasi atau website Sistem Informasi Desa (SID) yang terangkum dalam website Satu Data Bojonegoro pada laman https://data.bojonegorokab.go.id. Pemkab melalui Dinas Kominfo juga melatih operator semua desa dan menyediakan helpdesk.
 
"Terkait pelayanan, existing hari ini terdapat 103 aplikasi yang aktif digunakan dan sekitar 70-an aplikasi yang sudah interoperabilitas dengan aplikasi internal maupun di pusat. Terkait anggaran Smart City, kami juga mendapat dukungan anggaran CSR perusahaan di antaranya untuk penanganan COVID-19 dan penguatan SDM dengan AWS," tutur Nur Sujito.
 
 
Lebih lanjut Nur Sujito memaparkan capaian 6 dimensi Smart City Bojonegoro, yaitu yang pertama Smart Government, yang terbaru adalas Satu Data Bojonegoro dengan capaian tahun 2020 di antaranya WTP 6 kali berturut-turut dan Indeks SPBE 2,97 yang pada tahun 2021 ditargetkan naik menjadi 3,50. Kedua, Smart Branding Pemkab memprioritaskan pengembangan wisata dengan target 2021 berupa penguatan 20 desa wisata, penguatan desa mandiri, penataan 4 pasar tradisional, dan penyelenggaraan 17 event festival.
 
Ketiga, Smart Economy melalui Kartu Petani Mandiri, Kartu Pedagang Produktif, Beasiswa Perguruan Tinggi, Dana Alokasi Khusus Pendidikan, Revitalisasi Pasar Tradisional. Target 2021, untuk 57.000 Petani memiliki KPM, 35.000 Pedagang memiliki KPP, penurunan presentase Penduduk Miskin, 6 Pelatihan Kerja dan 3 Job Fair, serta Bantuan Modal Ke 30 BUMDes.
 
Keempat, Smart living seperti bidang kesehatan pengembangan aplikasi Siap RS berbasis mobile, kampung KB, dan tanggap covid-19. Capaian tahun 2020 diantaranya status jalan mantap di Bojonegoro existing saat ini sepanjang 670 km. Sedangkan target tahun 2021 adalah 3,915 unit RTLH diperbaiki, penuntasan 190,67 km jalan cor kabupaten, dan penurunan presentase baduta stunting.
 
 
Kelima, Smart Society melalui penyediaan Gedung Pusat Informasi Publik (ada Media Center, Command Center), Smart Technology Building dengan lokasi desa yang telah tersambung fiber optic, kegiatan Sambang Desa sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat langsung, yang dilaksanakan di desa. Juga ada Cangkrukan Karo Bu’e sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat yang dilaksanakan di Pendopo Malowopati, beasiswa perguruan tinggi, dan pelatihan SDM IT.
 
Keenam, capaian Smart Environment antara lain pembangunan infrastruktur Sudetan Kali Gandong, pengurangan dampak banjir bandang, peresmian Waduk Gongseng, pengendalian banjir, pengairan pertanian di tujuh kecamatan, penyediaan air baku, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Taman Wisata Desa, pembangunan trotoar, dan pembangunan Pusat Bibit Tanaman.
 
Pada akhir penilaian evaluasi Smart City, Nur Sujito menandaskan bahwa Bojonegoro adalah Kabupaten yang terbuka dalam informasi publik.
 
Menurutnya, Bojonegoro meraih penghargaan tertinggi (A) pada kategori Badan Publik Informatif tingkat kabupaten/kota se-Jawa Timur. Salah satu desa di Bojonegoro yaitu Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang pada tahun 2020 menempati posisi 9 sebagai desa terbuka tingkat nasional. Existing sampai hari ini Dda desa Ngambon dan Desa Tlogorejo, di mana Desa Tlogorejo meraih 2 kriteria, yaitu desa dengan penyediaan laporan berkala terbaik dan desa dengan penyediaan informasi setiap saat terbaik.
 
"Quick Win kami tahun 2021 ada 4 program, di antaranya yang segera rilis adalah Kartu Potensi Olahraga Bojonegoro untuk memupuk bibit-bibit atlet dari kecil. Pemkab menyediakan bantuan dari APBD untuk tahun 2022 sebesar 13 milyar rupiah," kata Nur Sujito.
 
 
Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kusnandaka Tjatur Prasetijo menyampaikan bahwa pemaparan yang disampaikan oleh Kadin Kominfo pada dasarnya untuk menjawab bagaimana capaian target dalam melaksanakan Smart City. (red/imm)
 
 
Edtor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
SKK Migas - Pertamina EP
Berita Terkait

Videotorial

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Video

Road to IDC AMSI 2021 Siap Digelar di 8 Wilayah

Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap digelar pekan depan di delapan provinsi ...

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Berita Video

Heboh Seekor Buaya Muncul di Tengah Sawah di Temayang, Bojonegoro

Bojonegoro - Seekor buaya air tawar (crocodylus novaeguinae) ditemukan di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Opini: Cegah Stroke dengan Makanan Sehat

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada tanggal 29 Oktober 2021. Peringatan tersebut diprakarsai oleh World Stroke Organization ...

Quote

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Bagaimana Ucapan Idulfitri yang Benar Sesuai Sunah Rasulullah

Saat datangnya Hari Raya Idulfitri, sering kita liha atau dengar ucapan: "Mohon Maaf Lahir dan Batin, seolah-olah saat IdulfFitri hanya ...

Eksis

Siswa SMAN 1 Bojonegoro Raih Medali Perak di Ajang Kompetisi Sains Nasional 2021

Farryzki Noor Thoriq

Siswa SMAN 1 Bojonegoro Raih Medali Perak di Ajang Kompetisi Sains Nasional 2021

Bojonegoro - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bojonegoro, kembali meraih prestasi yang sangat membanggakan sekaligus mengharumkan sekolah di ...

Infotorial

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

PEPC JTB Kuatkan Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Bojonegoro - Pembangunan berkelanjutan saat ini dipandang sebagai sebuah DNA bagi keberadaan perusahaan migas. Komitmen pembangunan berkelanjutan menjadi suatu keniscayaan ...

Berita Foto

Sinergi Pertamina dengan Masyarakat Desa

Berita Foto

Sinergi Pertamina dengan Masyarakat Desa

Bojonegoro - Senior Production Engineer Pertamina EP Sukowati Field, Hafis Anshari, di dalam waktu senggangnya Kamis (22/7/2021), bercengkrama dengan petani ...

Religi

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Warga Muhammadiyah Kota Bojonegoro Gelar Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa

Bojonegoro - Jemaah atau warga Muhammadiyah di Kota Bojonegoro, pada Rabu (26/05/2021) malam atau usai sala magrib, menggelar salat gerhana ...

1643274626.7317 at start, 1643274626.9532 at end, 0.22147703170776 sec elapsed