News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
  • Bupati Blora Hadiri Peringatan 117 Tahun Perjuangan Samin Surosentiko
 Menjadi Blogger, dari Bojonegoro untuk Indonesia

Lebih dekat dengan Kak Didik Jatmiko

Menjadi Blogger, dari Bojonegoro untuk Indonesia

Oleh Vera Astanti

Lelaki ini sudah dikenal oleh masyarakat seantero dunia maya. Ketik saja namanya pada browser internet, Anda akan menemukan bejibun artikel, foto, postingan Facebook, Twitter, Instagram dan Path. Waktu peringatan Hari Jadi Bojonegoro ke 338, Bupati Suyoto bahkan memberikan penghargaan khusus padanya.

Nah, mari mengenal lelaki dari kawasan barat Bojonegoro ini. Dia adalah Didik Jatmiko (27), yang sering dipanggil @kakdidik13 (Selanjutnya baca; Kak Didik). Dia asli pemuda dari Desa Sedahkidul, Kecamatan Purwosari. Sore tadi BeritaBojonegoro.com (BBC) berbincang santai dengan Kak Didik.

Pemuda yang bertumbuh tambun ini sangat suka berorganisasi. Dia mengaku aktif di beberapa organisasi seperti Pramuka, Blogger, kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK), dan beberapa lainnya lagi.

Kecintaannya terhadap organisasi dimulai sejak SMP. Saat itu dia mengenal Pramuka dan PMR lalu aktif di dalamnya. Menurut Kak Didik, pemuda harus mengenal dan aktif berorganisasi, apalagi lelaki. “Karena lelaki nantinya menjadi pemimpin rumah tangga,” katanya terkekeh. Dia masih lajang.

Kak Didik juga pernah menjadi Duta Bojonegoro dan mewakili Jawa Timur untuk ajang bergengsi Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Kalimantan pada 2014 lalu. Itu dia harus menunggu dua kali seleksi. Setiap tahun ada 1 seleksi. Dia gagal dua kali, baru kemudian lolos.

Saat ini Kak Didik dipercaya sebagai ketua Blogger Bojonegoro. Cerita perkenalan dan bagaimana dia bisa bergabung dengan Blogger Bojonegoro bisa dibilang unik. Dia bercerita, saat itu dia sedang mencari kata kunci design baju Bojonegoro lewat browser internet, munculah website Blogger Bojonegoro. Dia lalu menghadiri kopdar (kopi darat, istilah untuk sialturahmi dan tatap muka para pemakai aktif dunia maya) pertama di Perpusda Bojonegoro.

Di sanalah dia merasa bahwa pertemuan itu bukan kebetulan. Karena saat itu jugalah dia bertemu dengan Guru TIK nya sewaktu SMP lalu. Namanya Prawoto. Tidak disangka dia bertemu dengan guru kesayangannya yang ternyata adalah pembina Blogger Bojonegoro. “Ada semacam kedekatan dan chemistry saat pertemuan itu,” katanya dengan penuh optimis. Tanpa pikir panjang dia memantapkan diri menjadi seorang blogger dan gabung dengan Blogger Bojonegoro.

"Awalnya saya tidak suka menulis. Namun sejak acara di Asean Blogger, saya belajar tentang personal branding, belajar menulis dan mulai ketagihan ngeblog," katanya.

Baginya, berdasar aktivitas dan pengalamannya berselancar di dunia maya aktif selama ini, internet merupakan akses sekaligus pusat informasi. "Sekarang ini internet sangat penting untuk informasi. Seolah-olah dunia sudah berada di genggaman. Dengan menjadi blogger kita bisa menjadi duta apapun,” terangnya.

Dengan aktif ngeblog, jaringan bisa luas. Setiap daerah ada bloggernya. Mereka bisa leluasa saling belajar dan sharing informasi tentang apa yang ada di daerahnya masing-masing.

Banyak prestasi diraih oleh Kak Didik berkat keaktifannya di Blogger Bojonegoro. Diantaranya Juara 1 Live Blogging pada Festival TIK di Bandung 2015, Juara 3 Pemandu Stand di Pekan KIM Jawa Timur 2014, ajang bergengsi JPI di Yogyakarta dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito (Kalimantan Selatan) tahun 2014, Duta Pemuda Provinsi Jawa Timur 2014, dan masih banyak lagi.

Kak Didik benar-benar menikmati dan bangga dengan statusnya sebagai seorang Blogger. Lewat BBC Kak Didik berpesan untuk semua teman-teman Blogger untuk memahami UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik ) dan juga internet sehat.

“Sehingga dalam berselancar  di dunia maya tidak kebablasan. Yang terpenting adalah apa yang bisa dilakukan oleh pemuda Bojonegoro untuk Indonesia,”  katanya energik.

Tahun 2015 tinggal beberapa minggu lagi. Ketika ditanya apa resolusi (target utama) 2016 nanti, Kak Didik menjawab, "Jalani apa yang ada dengan tetap semangat dan berkarya,” katanya memungkasi.(ver/moha)

 

Foto Kak Didik bersama Kepala Biro Humas Sekjen MPR RI Ma'ruf Cahyono di Surakarta beberapa waktu lalu saat kegiatan Netizen Gathering Bareng MPR-RI. Sumber Foto Dokumen Pribadi Didik Jatmiko

Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713542528.6464 at start, 1713542528.9557 at end, 0.30931997299194 sec elapsed