News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
SD Negeri Mojodelik II Juara Babak Seperempat Final LCCG 2017

SD Negeri Mojodelik II Juara Babak Seperempat Final LCCG 2017

Oleh Heriyanto

Bojonegoro – Lomba Cerdas Cermat Gayam (LCCG) 2017 memasuki babak seperempat final. Tiga regu yakni regu A dari SD Negeri Beged, regu B dari SD Negeri Mojodelik II, dan regu C dari SD Negeri Gayam I, berkompetisi dalam babak seperempat final yang dilaksanakan di SD Negeri Mojodelik II, Kecamatan Gayam, Jumat (17/03/2017) tadi.

Memasuki babak seperempat final jalannya kompetisi semakin seru. Peserta dari regu A SDN Beged yakni April Mayla Revalina, Yunita Dewi Rahmawati, dan Siti Eka Nur Fitriana. Peserta dari regu B SDN Mojodelik II yakni Dewi Rokhmatul Ummah, Andika Saputra, dan Titania Aurelia Prameswari. Sedangkan, peserta dari grup C SDN Gayam I yakni Veren Mytha Cahaya, Edi Prayitno, dan Yuliana Rahmawati.

Tim juri yakni Frensi Agustina S.Pd dari Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB), Dayat S.Pd dan Drs Nafsir dari UPT Pendidikan Wilayah X Kabupaten Bojonegoro. Hadir pula Kepala UPT Pendidikan Wilayah X Kabupaten Bojonegoro, Sujatmiko S.Pd MM. Perwakilan dari EMCL juga hadir yakni Malik Ukay Mulki dan Rifki Ramadan.

Sejak awal lomba dimulai kompetisi berlangsung menegangkan. Pada sesi soal wajib grup B dari SDN Mojodelik II giliran pertama menjawab soal-soal yang ditanyakan tim juri. Tim juri menanyakan 25 soal wajib yakni meliputi mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, agama, ilmu pengetahuan umum, matematika, dan soal energi. Hampir semua pertanyaan yang disampaikan oleh tim juri bisa dijawab. Begitu pula grup C dari SDN Gayam I dan grup A dari SDN Beged mampu menjawab soal-soal yang ditanyakan oleh tim juri.

Untuk soal energi, peserta lomba mendapatkan penjelasan dan pemaparan lebih mendalam seputar pengetahuan energi dan aktivitas ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, dari Malik Ukay Mulki.

Skor masing-masing regu pada saat sesi soal wajib yakni regu A SDN Beged memperoleh 1.700, skor regu B SDN Mojodelik II sebanyak 1.900, dan regu C SDN Gayam I sebanyak 1.500.

Setelah sesi soal wajib, tim juri memberi waktu istirahat bagi semua peserta. Pada saat itu, panitia memutarkan video produksi minyak mentah lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, dan energi dalam keseharian.

Tim juri lalu melanjutkan sesi soal rebutan atau adu cepat. Masing-masing regu tampak mengerahkan kemampuannya untuk meraih skor maksimal. Pada sesi ini apabila mampu menjawab benar dapat skor 100 dan apabila salah dikurangi skornya 100. Ada 50 soal yang ditanyakan oleh tim juri.

Setelah sesi soal rebutan dilanjutkan dengan sesi soal bonus. Hingga berakhirnya lomba tercatat perolehan skor regu A SDN Beged sebanyak 2.200, perolehan skor regu B SDN Mojodelik II sebanyak 3.200, dan perolehan skor regu C SDN Gayam I sebanyak 2.700. Dengan demikian tim juri menetapkan juara babak seperempat final Lomba Cerdas Cermat Gayam 2017 yakni SD Negeri Mojodelik II.

Kepala UPT Pendidikan Wilayah X Kabupaten Bojonegoro, Sujatmiko S.Pd, MM, mengungkapkan, lomba cerdas cermat ini dapat memotivasi siswa agar lebih giat belajar dan meraih prestasi. Ia berharap suatu saat kelak dari peserta lomba cerdas cermat maupun para pendukung ada yang bisa meraih cita-citanya.

“Kalah menang dalam setiap lomba itu sudah biasa. Yang penting adalah lomba ini dijadikan wahana untuk terus mengasah kemampuan dan meningkatkan prestasi,” ujarnya.

Kepala SD Negeri Mojodelik II, Hari Subagyo S.Pd, mengaku sangat senang menjadi tuan rumah lomba babak seperempat final LCCG 2017. “Lomba cerdas cermat ini bukan hanya membuat peserta lomba semakin giat belajar, melainkan juga membuat semua siswa semakin giat belajar,” ujarnya.

Perwakilan EMCL, Rifki Ramadan, mengaku sangat senang bisa mengikuti lomba cerdas cermat Gayam ini. Ia mengaku seperti kembali ke masa sekolah dulu ketika masih duduk di bangku SD Negeri Sumengko, Kalitidu.

“Lomba cerdas cermat ini akan sangat berkesan bagi siswa. Lomba ini merupakan salah satu komitmen EMCL memajukan dunia pendidikan di wilayah operasi,” ujarnya.

Lomba Cerdas Cermat Gayam 2017 ini terselenggara atas kerja sama ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB). Lomba Ini diikuti 21 SD dan MI di wilayah Kecamatan Gayam. Final LCCG akan digelar di kantor Kecamatan Gayam pada 4 April mendatang. Selain itu, akan digelar Gemilang LCCG 2017 yang menampilkan pameran sains, pameran robotik, bazar buku, kesenian lokal, dan pameran batik jonegoroan. (her/kik)

 

Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713623188.149 at start, 1713623188.3737 at end, 0.22468209266663 sec elapsed