News Ticker
  • Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Resmikan 2 Jembatan di Margomulyo
  • Hingga November 2020, Kasus DBD di Blora Capai 119 Orang, 2 Orang Meninggal Dunia
  • Tingkatkan Silaturahmi UIama dan Umara, Bupati Bojonegoro Beri Pembinaan pada Takmir Masjid
  • Petani di Kedewan Bojonegoro Kendalikan Hama Tikus Secara Alami Dengan Burung Hantu
  • Dispensasi Kawin Menurut Peraturan Mahkamah Agung RI, Nomor 5 Tahun 2019
  • AMSI Kembali Gelar Indonesian Digital Conference 2020
  • Menuju Zero Emisi Dalam Kegiatan Operasi Sukowati Field Yang Lebih Efisien
  • Pelanggar Prokes di Ngawen Blora Masih Tinggi, Petugas Gencar Lakukan Razia
  • Difabel Blora Ajak Anggota Bisa Hidup Mandiri dengan Memiliki Usaha
  • Petugas Gabungan di Sumberrejo Bojonegoro Gelar Operasi Yustisi Protokol Covid-19
  • Wakil Bupati Bojonegoro Laksanakan Pembinaan Karang Werda di Kecamatan Balen
  • Implementasikan Program 'Astuti', Kapolres Bojonegoro Bagi-Bagi Nasi Kotak dan Masker
  • Sejumlah Proyek di Blora Diperkirakan Tidak Selesai pada Akhir Tahun 2020
  • Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bojonegoro, Kembali Jalani Rapid Test
  • 61 Pelanggar Protokol Covid-19, Jalani Sidang Tipiring di Pengadilan Negeri Bojonegoro
  • Mulai Besok, Jembatan Glendeng Penghubung Bojonegoro-Tuban, Kembali Ditutup Total
  • Pohon Penghijauan di Baureno Bojonegoro Roboh di Badan Jalan, Arus Lalu Lintas Tersendat
  • Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, Pimpin Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19
  • 27 Jemaah Pengajian Positif Covid-19, Dinkes Blora Lakukan Swab Test Klaster Pengajian
  • 52 Surat Suara Rusak, KPU: Kebutuhan Surat Suara Pilkada Blora Telah Tercukupi
  • KPU Blora Berhentikan Seorang Anggota PPS, Lantaran Aktif Dalam Partai Politik
  • 2 Lembaga Survey Unggulkan Pasangan Artys di Pilkada Blora 2020
  • Wakil Bupati Bojonegoro Beri Penyuluhan Hukum pada Aparatur Pemerintahan Desa di Kasiman
  • Tekan Penularan Covid-19, Petugas Gabungan di Kunduran Blora Bagikan Masker Gratis

Peternak di Tambakrejo Bojonegoro Ikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Konsentrat dan Silase

Bojonegoro - Guna memenuhi ketersediaan pakan ternak, khususnya saat musim kemarau, dan upaya pemenuhan kebutuhan gizi ternak khususnya kambing maupun sapi agar mencapai produksi yang maksimal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perinaker) Kabupaten Bojonegoro menggelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Konsentrat dan Silase .
 
 
Acara yang berlangsung di Desa Napis Kecamatan Tambakrejo tersebut dihadiri Bupati Bojonegoro, Hj Anna Muawanah; Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitrama SSTP; Camat Tambakrejo, Hary Kristanto SSTP, Kapolsek Tambakrejo, Iptu Mujiono; Danramil Tambakrejo; Kepala Desa se Kecamatan Tambakrejo, dan diikuti perwakilan Kelompok Ternak di Kecamatan Tambakrejo.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitrama dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam rangka mendukung dan mengaplikasikan 17 program Prioritas Bupati Bojonegoro yang tertuang dalam RPJMD 2018 -2023, khusunya dalam memberikan ketrampilan bagi masyarakat untuk dapat produktif, yang nantinya diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran, pihaknya perlu mengadakan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
 
"Pelatihan peningkatan kompetensi masyarakat ini menjadi salah satu alternatif dalam menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi keluarga melalui produktivitas industri rumah atau hasil produk rumahan yang ramah lingkungan," kata Welly Fitrama.
 
 
 

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitrama SSTP, saat beri sambutan dalam acara Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Konsentrat dan Silase, di Kecamatan Tambakrejo. Sabtu (14/11/2020)

 
Welly neuturkan bahwa sepanjang tahun 2020, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perinaker telah melaksanakan kegiatan pelatihan kompetensi kepada 2.286 orang, dengan rincian pada APBD Induk tahun 2020 sejumlah 1.386 orang, terdiri dari pelatihan sejumlah 700 orang, bimbingan teknis sejumlah 480 orang, dan uji sertifikasi kompetensi sejumlah 206 orang. Sedangkan pada Perubahan APBD tahun 2020 sejumlah 900 orang, dengan rincian pelatihan bagi pemegang Kartu Petani Mandiri (KPM) di 29 lokasi sebanyak 580 orang, pelatihan yang berasal dari usulan masyarakat di 10 lokasi sebanyak 200 orang, dan pelatihan untuk GP Ansor di 6 lokasi sebanyak 120 orang, yang dimulai pada tanggal 11 November 2020 sampai tanggal 27 November 2020 mendatang.
 
"Kegiatan ini merupakan bentuk negara, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro hadir di tengah masyarakat,  sebagai pondasi dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi," kata Welly Fitrama.
 
 
 

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat beri sambutan dalam acara Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Konsentrat dan Silase, di Kecamatan Tambakrejo. Sabtu (14/11/2020)

 
Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan perkembangan jaman saat ini, di mana pasokan rumput atau hijauan makin lama semakin berkurang, terlebih lagi saat musim kemarau, maka diperluakn upaya agar pemenuhan kebutuhan pakan ternak.
 
"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bojonegoro menginisiasi agar kebutuhan pakan ternak saat musim kemarau atau lahan yang semakin sempit, tetap terpenuhi." kata Bupati Anna Muawanah.
 
Bupati menjelaskan bahwa untuk memenuhi ketersediaann pakan ternak, khususnya saat musim kemarau, yang namanya silase itu diperlukan, karena saat musim tanam atau panen, jerami sangat banyak, bahkan berlebihan, dan tidak sedikit yang dibakar.
 
Bupati berpesan agar setelah mendapatkan pelatihan, nantinya jerami yang ada saat musim panen, disimpan. Itu kalau di fermentasi, jadi silase, bisa untuk satu tahun.
 
"Jerami diproses dengan bahan lain, kemudian di fermentasi, bisa bertahan hingga satu tahun. Nati bisa digunakan saat musim kemarau." kata Bupati Anna Muawanah.
 
 
Bupati menjelaskan bahwa selain jerami, bongol jagung juga bisa digiling untuk pakan ternak. Kemudian singkong, bisa diperas diambil tepungnya, sementara ampasnya bisa untuk pakan ternak.
 
Menurut Bupati, dengan perkembangan teknologi saat ini sudah seharusnya tidak sekadar memberi makan sapi, namun bagaimana agar sapi mendapatkan gizi yang cukup agar berat badannya naik dengan cepat, sehingga perlu diberikan makanan tambahan.
 
Bupati juga menyampaikan bahwa selain silase, sapi juga perlu mendapatkan gizi yang cukup agar pertumbuhannya maksimal, sehingga diperlukan pakan yang memenuhi gizi sesuai yang dibutuhkan sapi, yaitu dengan konsentrat.
 
Menurut Bupati pelatihan tersebut selain untuk peningkatan budidaya peternakan di daerah sendiri, maka perlu dicoba untuk menjadi rekanan perusahaan-perusahaan atau peternakan di wilayah perkotaan
 
"Nanti kalau sudah pandai membuat konsentrat, bisa dijual kepada peternak di perkotaan, karena di perkotaan bahan bakunya sudah sulit, sehingga bisa kerja sama dengan peternak yang ada di desa-desa, yang sumber atau bahan bakunya melimpah." kata Bupati Anna Muawanah. (dan/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

'Bobota', Robot Pintar untuk Dukung Tugas Kepolisian di Bojonegoro

Berita Video

'Bobota', Robot Pintar untuk Dukung Tugas Kepolisian di Bojonegoro

Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, membuat inovasi berbasis Informasi Teknologi (IT), yakni dengan mengembangan robot pintar yang diberi nama Robot Bojonegoro ...

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Corona Asal Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Berita Video

Video Prosesi Pemakaman Positif Corona Asal Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Bojonegoro - Seorang warga Kabupaten Bojonegoro, yang berstatus positif terkonfirmasi virus Corona (Covid-19), pada Sabtu (11/07/2020), sekitar pukul 01.30 WIB ...

Teras

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Peristiwa Orang Tersengat Listrik

2020, di Bojonegoro Telah Terjadi 16 Kasus Orang Tersengat Listrik, Korban Jiwa 18 Orang

Bojonegoro - Berdasarkan data yang di himpun media ini, bahwa sejak Januari 2020 hingga Rabu (14/10/2020) hari ini, di Kabupaen ...

Opini

Dispensasi Kawin Menurut Peraturan Mahkamah Agung RI, Nomor 5 Tahun 2019

Opini

Dispensasi Kawin Menurut Peraturan Mahkamah Agung RI, Nomor 5 Tahun 2019

SECARA yuridis formal Mahkamah Agung Republik Indonesia sudah mengeluarkan regulasi yang mengatur penanganan dan penyelesaian perkara dispensasi nikah atau dispensasi ...

Quote

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

Quote Islami

Tuntunan Ibadah Salat Tarawih di Rumah Saja, saat Pandemi Covid-19

KONDISI mewabahnya virus Corona (Covid-19) dalam bulan Ramadan ini tidak mengalami penurunan, bahkan semakin meningkat, maka untuk mencegah bahkan memutus ...

Sosok

Cerita Pratama Arhan Alif Rifai, Pemain Timnas U-19 Indonesia, Anak Pedangang Sayur di Blora

Sosok

Cerita Pratama Arhan Alif Rifai, Pemain Timnas U-19 Indonesia, Anak Pedangang Sayur di Blora

Blora - Pemain muda klub Liga 1 PSIS Semarang asal Kabupaten Blora, Pratama Arhan Alif Rifai, mendapat beberapa kesempatan baru ...

Eksis

Selama Masa Pandemi, Siswa SD di Blora ini Cetak 8 Kali Juara Nasional

Amayr Raheesh Al Makki

Selama Masa Pandemi, Siswa SD di Blora ini Cetak 8 Kali Juara Nasional

Blora - Masa Pandemi Covid 19 yang belum selesai hingga saat ini, tidak membuat Amayr Raheesh Al Makki, siswa kelas ...

Infotorial

Energi di Tengah Pandemi

Energi di Tengah Pandemi

Lebaran tahun ini terasa berbeda untuk Siti Mahmudah. Ia tidak bisa berkunjung ke rumah sanak saudara untuk bersilaturahmi. Juga tidak ...

Berita Foto

Foto Tembok Jembatan Glendeng, Penghubung Tuban-Bojonegoro yang Alami Retak

Jembatan Glendeng Retak

Foto Tembok Jembatan Glendeng, Penghubung Tuban-Bojonegoro yang Alami Retak

Bojonegoro - Tembok penahan pada Jembatan Glendeng, yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo, yang berada di Desa Simo Kecamatan ...

Religi

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

Oase Ramadan

Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah saat Pandemi Virus Corona

KARENA pelaksanaan salat idulfitri berjamaah di tanah lapang atau di masjid rentan mengorbankan kepentingan yang lebih utama, yaitu memutus rantai ...

Pelesir

Keindahan Air Terjun di Dusun Mboti Tambakrejo Bojonegoro yang Masih Tersembuyi

Wisata

Keindahan Air Terjun di Dusun Mboti Tambakrejo Bojonegoro yang Masih Tersembuyi

Bojonegoro - Dusun Mboti Desa Turi Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro, selain keindahan alamnya, juga memiliki potensi wisata alam berupa air ...

Hiburan

Produser Film Internasional, Setting Lokasi di Bojonegoro

Produser Film Internasional, Setting Lokasi di Bojonegoro

Bojonegoro - Proses preproduksi film internasional berjudul Autobiography, kerja sama produksi antara sineas Indonesia dengan sineas Polandia, Perancis, Jerman dan ...

Statistik

Hari ini

140 kunjungan

183 halaman dibuka

13 pengunjung online

Bulan ini

46.008 kunjungan

59.184 halaman dibuka

Tahun ini

3.387.281 kunjungan

4.788.673 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 668.436

Indonesia: 11.171

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1607204167.4672 at start, 1607204167.881 at end, 0.4137499332428 sec elapsed