News Ticker
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Peras Kades Pejok Ratusan Juta, Dua Oknum Wartawan Diringkus Polisi

Peras Kades Pejok Ratusan Juta, Dua Oknum Wartawan Diringkus Polisi

Oleh Piping Dian Permadi 

Bojonegoro Kota - Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro amankan dua oknum wartawan setelah tertangkap tangan melakukan pemerasan terhadap Kepala Desa Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro Senin (20/03/2017). Kedua pelaku kini tengah mendekam di tahanan Mapolres Bojonegoro guna penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro SH SIK MSI, dalam keterangan resminya saat press rilis Selasa (21/03/2017) menjelaskan,  awalnya Satreskrim Polres Bojonegoro mendapatakan laporan dari Kades Pejok Sri Hartini, bahwa pada hari Minggu (12/03/2017) sekira pukul 15.00 WIB bertempat di Desa Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro telah terjadi aksi pemerasan.

"Pada saat itu korban memberikan uang Rp 10 juta kepada dua tersangka," kata Kapolres.

Dua tersangka yang mengaku sebagai wartawan tersebut adalah RS (43) alamat Jalan Kapas Madya 4F No 67 Kelurahan Kapas Madya Baru Rt 06/ 01 Kecamatan Tambaksari Kota Madya Surabaya atau alamat kos Jalan Abdul Rahman No 151 Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Yang kedua adalah BP (40) alamat Desa Kedungrukem RT 05/02 Kecamatan? Benjeng Kabupaten Gresik. 

Korban menceritakan bahwa kedua pelaku mengaku sebagai wartawan dari salah satu media cetak dan mengaku mendapat utusan dari Kejati Jatim untuk melakukan investigasi di Desa Pejok Kecamatan? Kepohbaru Kabupaten? Bojonegoro tentang adanya ketidaksamaan dana hibah pada tahun 2016.

Kedua pelaku menakut-nakuti korban bila permasalahan yang ada diangkat masuk ke ranah hukum baik di kepolisian dan di kejaksaan maka biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak. Dan karena korban ketakutan akan pernyataan tersebut, selanjutnya korban lngin berdamai dengan kedua pelaku.

Dengan adanya korban yang mengajak berdamai selanjutnya timbul niatan dari pelaku untuk meminta uang kepada korban namun uang yang diminta oleh korban adalah untuk mengangkat profil Desa Pejok dan kedua Pelaku meminta uang kepada korban sebanyak Rp 100 juta.

"Kok banyak sekali kalau untuk iklan," tanya Kapolres kepada tersangka.

Kedua tersangka kebingungan menjawab pertanyaan tersebut. Uang tersebut oleh pelaku akan digunakan untuk mengangkat profil Desa Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten? Bojonegoro yang akan diiklankan di media miliknya yaitu media Laras Post dan Berita TKP. 

Kedua pelaku menggambarkan bila ingin profile Desa Pejok dinaikkan di media cetak maka harga atau besar tarif yaitu sebesar Rp 80.000.000 per iklan per lembar dan untuk permasalahan ini yang mengangkat adalah dari 2 media, maka besar biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 160.000.000. Namun  korban tidak menyanggupi akan tarif harga tersebut.

Selanjutnya pelaku menurunkan tarif sebesar Rp100 juta kepada dua media atau Rp 50.000.000 per iklan. Karena korban hanya memilik uang sebesar Rp 10.000.000, maka uang tersebut diserahkan kepada pelaku. 

"Untuk sisa pembayaran akan diberikan pada tanggal 20 Maret 2017 sebesar Rp 45.000.000,dan sisanya lagi akan diberikan tanggal 30 Maret 2017 sebesar Rp 45.000000," lanjutnya.

Karena merasa korban telah diperas dan diancam selanjutnya korban melakukan pengaduan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Dengan adanya pengaduan dari korban, selanjutnya pada hari yang telah ditentukan yaitu pada tanggal 20 Maret 2017 petugas Kepolisian Resort Bojonegoro melakukan penyelidikan dan pada saat itu juga petugas kepolisian mengamankan kedua pelaku beserta barang bukti.

Barang bukti yang diamankan yaitu 1 unit sepeda motor Honda Beat Nopol W-4045-TH beserta bukti pajak , 1 lembar surat tugas nomor : 0187/RED/Berita TKP/III/2017 tanggal 07 Maret 2017 yang dikeluarkan oleh Media Berita TKP, 2 bendel koran mingguan Berita TKP tanggal 02 s/d 16 Maret 2017, 1 buah handphone merk Evercros wama putih, 1 buah handphone merk Evercros warna merah, 1 buah HP merk Evercros warna hitam, 1 buah tas wama hitam bertuliskan santer.

1 lembar kwitansi penyerahan uang tertanggal 12 Maret 2017 senilai Rp 5.000.000, dan 1 lembar amplop warna putih bersetempel kepala Desa Pejok Kecamatan? Kepohbaru Kabupaten? Bojnegoro atas nama Narto berisi uang tunai sebesar Rp 6.000.000. 1 buah ID Card Laras Post atas nama Rudi Siswanto, 1 buah ID Card Nusantara Motor atas nama Rudi Siswanto,3 buah bolpoint, 1 buah HP Mertk Axio,1 buah HP Merk Cross, 1 bendel koran mingguan Laras Post, 1 buah tas wama coklat merk pinsolo 2014.

"Saya imbau agar masyarakat jangan mudah percaya dan segera melaporkan ke pihak berwajib jika mengalami hal serupa," pungkas Kapolres. (pin/kik)

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713980076.8766 at start, 1713980077.1529 at end, 0.27633595466614 sec elapsed