News Ticker
  • Jembatan Trucuk Dipastikan Selesai Agustus 2018
  • Terkait Pengelolaan Parkir di Bojonegoro, Komisi A Beri Beberapa Rekomendasi
  • Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Raih Predikat 100 Desa Terbaik Nasional
  • Sat Lantas Polres Blora Sosialisasikan Keselamatan Berlalulintas di Sekolah
  • Kebakaran Hutan Terjadi di Kecamatan Trucuk Bojonegoro
  • Nasehat
  • Mahasiswa UNY KKN di Blora, Bupati Harap Mahasiswa Bantu Maksimalkan Potensi Desa
  • Polres Bojonegoro Ungkap 2 Kasus Pencurian, 3 Orang Pelaku Diamankan
  • Setubuhi 2 Orang Gadis, Lelaki Asal Ngasem Bojonegoro Ditangkap Polisi
  • Polres Bojonegoro Tangkap Seorang Pengedar Narkotika Jenis Sabu
  • Polres Bojonegoro Rilis Ungkap Kasus Bulan Juli 2018
  • Antisipasi Tindak Kriminalitas, Sat Shabara Polres Blora Latihan Bongkar Pasang Senjata
  • Pembangunan Masjid Agung Baitunnur Blora Mulai Dikerjakan
  • Berpikir
  • Harga Telur Ayam Broiler di Bojonegoro Melambung
  • Tim Geopark Bojonegoro Hadiri Konferensi Nasional Geopark Indonesia
  • Refreshing
  • Diserempet Motor, Pengayuh Sepeda di Sugihwaras Bojonegoro Luka-Luka
  • Sudah Belasan Hektare Hutan Jati di Bojonegoro Terbakar, Diduga Akibat Kelalaian Manusia
  • Semak Belukar Hutan Jati di Dander Bojonegoro Terbakar

Peristiwa Kebakaran

Kebakaran Kandang di Balen, 21 Ekor Kambing Mati Terpanggang

Oleh Imam Nurcahyo

Bojonegoro (Balen) - Kandang kambing milik Mulyono (55) dan Juwanto (61),  keduanya warga Dusun Balun Desa Balenrejo RT 002 RW 001 Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (15/04/2018) sekira pukul 02.00 WIB dini hari tadi, terbakar. Dalam kandang tersebut terdapat 27 ekor kambing, 6 (enam) ekor kambing dapat diselamatkan sedangkan 21 ekor lainnya mati terpanggang.

Diduga, sumber api berasal dari obat nyamuk bakar yang mula-mula membakar dinding kandang yang selanjutnya membakar timbunan makanan kambing berupa kulit kedelai kering, sehingga api membesar dan menimbulkan kebakaran tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, kedua korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 29 juta rupiah.

 

Menurut keterangan Kapolsek Balen, AKP Rasito, bahwa berdasarkan keterangan saksi-saksi, kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula pada Minggu (15/04/2018), sekira pukul 02.00 WIB, saat saksi Nur Efendi (32), sedang tidur di rumahnya, mendengar suara kayu dan bambu yang terbakar serta merasakan hawa panas, sehingga saksi langsung bangun dan berupaya mencari sumber suara tersebut.

“Saat itulah saksi melihat kandang kambing milik orang tuanya, Mulyono dan pamannya Juwanto telah terbakar,” terang Kapolsek, sebagaimana dikutip dari keterangan saksi.

Mengetahui kejadian tersebut, saksi segera berteriak meminta tolong kepada para tetangga untuk membantu melakukan pemadaman api.

“Selanjutnya para tetangga berdatangan dan langsung membantu melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Sementara warga lainnya segera meminta bantuan kepada Dinas Pemadam Kebakaran,” lanjut Kapolsek.

 

Kapolsek menambahkan, setelah dilakukan upaya pemadaman dengan dibantu dua unit mobbil pemadan api dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, akhirnya api tersebut benar-benar dapat dipadamkan.

“Namun kebakaran tersebut telah menghanguskan kadang berikut puluhan ekor kambing yang berada di dalam kandang tersebut,” lanjut Kapolsek.

Masih menurut Kapolsek, berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan saksi korban, diduga sumber api berasal dari obat nyamuk bakar yang ditaruh di kandang kambing dengan cara digantungkan di dinding kandang yang terbuat dari bahan bambu yang sudah dalam keadaan lapuk dan mudah terbakar, sehingga diduga obat nyamuk tersebut mula-mula membakar dinding kandang tersebut.

“Setelah obat nyamuk membakar dinding, selanjutnya percikan api terjatuh di timbunan makanan kambing berupa kulit kedelai kering dan api membesar sehingga menimbulkan kebakaran tersebut.” terang Kapolsek.

 

Akibat peristiwa kebakaran tersebut, selain bangunan kandang yang hangus terbakar, sebanyak 8 ekor kambing, milik Mulyono, semuanya mati terbakar. Sedangkan 19 ekor kambing milik Juwanto, sebanyak 13 ekor kambing hangus terbakar, sedangkan 6 ekor lainnya, berhasil diselamatkan.

“Ada 21 ekor kambing yang hangus terbakar, sedangkan 6 ekor lainnya selamat,” imbuh Kapolsek.

Dengan adanya kejadian tersebut korban Juwanto mengalami kerugian 13 ekor kambing senilai Rp 12 juta. Sedangkan korban Mulyono, mengalami kerugian 8 ekor kambing senilai Rp 12 juta dan kandang kambing senilai Rp 5 juta.

“Kerugian materiil seluruhnya kurang lebih Rp 29 juta,” lanjut Kapolsek.

Setelah dilaksanakan olah TKP, selanjutnya kambing yang mati terbakar tersebut diserahkan kepada pemiliknya untuk dikubur, dengan dibantu warga sekita.

 

Secara terpisah, Kasi Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, kepada awak media ini menerangkan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Pos Bojonegoro baru menerima laporan pukul 03.15 WIB.

Selanjutnya pihaknya segera mengirimkan 2 (dua) unit armada pemadam kebakaran serta 5 (lima) personel pemadam kebakaran serta 2 (dua) personil firerescue. Petugas tiba di lokasi pukul 03.22WIB.

 “Api baru benar-benar dapat dipadamkan sekira pukul 04:05 WIB,” terang Sukirno.  (red/imm)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Teras

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro Apa yang dilakukan oleh Kang Yoto, sapaan Suyoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode yakni 2008-2013 dan ...

Opini

Manajemen Pelayanan Publik

Manajemen Pelayanan Publik

*Oleh Moh. Lutfi PELAYANAN publik merupakan suatu pelayanan yang wajib dilakukan oleh pemerintah sebagai manivestasi keperdulian kepada masyarakatnya. Pelayanan publik ...

Quote

Nasehat

Nasehat

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd.I Nasehat memiliki arti murni, suci, bersih, ajaran kebaikan, agar selalu pada jalan kebenaran. Sebagai ...

Sosok

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Lobak, Timun, Batang, Sawi, Wortel dan aneka buah serta sayur ternyata tak hanya difungsikan menjadi sayur ...

Eksis

Musisi Blora Raih Rekor Dunia RHR

Musisi Blora Raih Rekor Dunia RHR

Oleh Priyo Spd BLORA- Prestasi membanggakan diukir musisi asal Blora, dia adalah Sarasta Adi Cahyono, yang meraih rekor dunia versi ...

Religi

Tuntunan Shalat Ied (Fiqih Dua Hari Raya)

Oase Ramadan

Tuntunan Shalat Ied (Fiqih Dua Hari Raya)

*Oleh Drs H Sholikhin Jamik SH MHes LEBARAN hampir tiba. Hari kemenangan, hari iedul fitri. Berikut ini beberapa nukilan yang ...

Berita Foto

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Pilkada Serentak 2018

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro (Tambakrejo) - Perjuangan mengawal logistik pilkada serentak 2018 menuju tempat pemungutan suara (TPS) di daerah sangat ...

Feature

"VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

"VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Berawal dari ketakutan pada matematika dan kerisauan akan budaya yang semakin terkikis, tiga mahasiswa Universitas ...

Resensi

32 Khutbah Jumat Cak Nur

32 Khutbah Jumat Cak Nur

32 Khutbah Jumat Cak Nur Oleh Muhammad Roqib Bagaimana bila khutbah yang dilakukan setiap hari Jumat ditulis dalam sebuah buku?. ...

Pelesir

4 Tempat Wisata di Banyuwangi Bagi Pecinta Alam

4 Tempat Wisata di Banyuwangi Bagi Pecinta Alam

Oleh Imam Nurcahyo SEDANG berada di Banyuwangi dan bingung harus berkunjung ke mana saja selama di sana? Anda tidak perlu ...

Statistik

Hari ini

512 kunjungan

973 halaman dibuka

112 pengunjung online

Bulan ini

59.184 kunjungan

101.583 halaman dibuka

Tahun ini

772.182 kunjungan

1.351.863 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 639.783

Indonesia: 13.144

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015