News Ticker
  • Wisata di Tuban Perlu Pengembangan dan Peningkatan Fasilitas
  • Sri Astini Manfaatkan Limbah Sedotan Jadi Tikar Cantik
  • Muspika Gayam Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Aula Belajar Desa Beged
  • Polres Tuban Kembali Ringkus Dua Orang Produsen Miras
  • Mempersiapkan
  • Pemkab Bojonegoro Beri Santunan Kematian bagi Warga Miskin
  • Pemkab Bojonegoro Luncurkan Kartu Pedagang Produktif
  • Hindari Tabrakan, Truk di Margomulyo Bojonegoro Terguling ke Tebing Jalan
  • Diduga Serangan Jantung, Petani di Kanor Bojonegoro Meninggal di Sawah
  • Ketua KONI Bojonegoro yang Dilengserkan, Lukman Wafi, Akan Menghadap Bupati
  • Mosi Tidak Percaya, Ketua KONI Bojonegoro Dilengserkan
  • Urai Sampah, DLH Blora Gunakan Lalat Tentara Hitam
  • Problem Base Solution: Mengubah Masalah Rakyat Sebagai Masalah Pemerintah
  • Pemkab Blora Serahkan Hibah Bongkaran Bangunan Pasar
  • Kedekatan
  • Akibat Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Padangan Bojonegoro Roboh
  • Menghadirkan
  • Bawaslu Undang Anam Warsito, Terkait Dugaan Pelanggaran Pemilu oleh Bupati Bojonegoro
  • Kasus Demam Berdarah di Tuban Meningkat
  • Motor Tabrak Sepeda di Dander Bojonegoro, 2 Orang Luka-Luka
  • Tabrakan Motor di Ngasem Bojonegoro, Seorang Kakek Patah Tulang Kaki
  • Bupati Bojonegoro Serahkan Sertifikat PTSL di Desa Jumput Sukosewu
  • Polisi Bojonegoro Gandeng Komunitas Offroad, Cek TPS Daerah Terpencil
  • Warga Lamongan, Tewas Tertabrak Kereta Api di Baureno Bojonegoro
  • Tabrak Lari di Padangan Bojonegoro, Seorang Pemotor Tewas di TKP

Siswa Smansa Blora Rayakan Kelulusan dengan Bersedekah

Oleh Priyo Spd

Blora - Kelulusan sekolah memang pantas untuk disyukuri, bahkan dirayakan. Namun bentuk syukur dan perayaan itu jangan sampai memancing ulah yang bisa menimbulkan rasa resah. Hal itu yang tampaknya ingin ditunjukkan oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Blora ketika menerima pengumuman kelulusan, Kamis sore (3/5/2018).

Ketika banyak teman sebayanya dari sekolah lain merayakan kelulusan dengan coretan tinta warna-warni di seragam hingga berkonvoi keliling kota menggunakan kendaraan hasil pembelian orang tua, siswa SMA Negeri 1 Blora ini justru secara spontanitas mengumpulkan uang saku mereka untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama lewat sedekah.

Sore itu, menjelang matahari terbenam di ujung barat, Arivo, Briliyan, Ibad, Reza dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan dana dari seluruh teman seangkatan mereka untuk membeli puluhan bungkus makanan dan sembako.

Dalam waktu beberapa jam saja, mereka telah berhasil mengumpulkan dana hampir satu juta rupiah. Memang tidak begitu besar. Namun niat tulus ikhlas berbagi kebahagiaan lewat bersedekah inilah yang dirasa sangat mulia.

Menjelang azan maghrib berkumandang, mereka berkeliling Kota Blora membagikan nasi bungkus. Setelah salat magrib bersama, kegiatan sedekah dilanjutkan dengan menyalurkan bantuan sembako ke Panti Asuhan.

Arivo Dwi Saputro, salah satu siswa pencetus kegiatan ini ketika dihubungi Kamis petang menerangkan bahwa gagasan bersedekah dalam merayakan kelulusan ini sebenarnya sudah direncanakan olehnya bersama beberapa teman ngopinya. Namun karena hasilnya tidak seberapa, maka gagasan ini ia sampaikan di kelompok yang lebih besar.

“Kegiatan ini sudah kami rencanakan bersama teman-teman yang sering ngopi Mas. Tetapi tadi setelah dipikir-pikir uangnya tidak seberapa, kemudian kami memberikan woro-woro di grup whatsapp Smansa. Ternyata antusias dari teman-teman anggota grup tinggi mas, hingga akhirnya dana terkumpul sebesar Rp 910.000,-,” terang siswa kelas XII MIPA 5 ini.

Dari dana sebesar itu, Rp 400.000,- digunakan untuk membeli nasi bungkus, kemudian Rp 300.000,- digunakan untuk membeli sembako. Sisanya diberikan secara tunai untuk donasi ke Panti Asuhan.

“Nasi bungkus dibagikan oleh teman-teman kepada tukang becak, tukang parkir dan beberapa orang tua yang masih bekerja di jalanan. Sedangkan sembako dan uang tunai sisanya disalurkan teman-teman ke Panti Asuhan Safinatun Najah yang ada di Jl. Maguan-Tunjungan. Alhamdulillah kita merasa senang, selain senang karena lulus sekolah juga senang karena bisa berbagi dengan sesama,” lanjutnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa dirinya bersama teman-teman satu angkatan memilih bersedekah ketimbang merayakan kelulusan dengan corat-coret dan konvoi.

“Alasan yang pertama adalah dari hati Mas. Hati kami merasa terpanggil untuk membagikan kebahagiaan kelulusan dengan sesama. Lalu yang kedua adalah menindaklanjuti pesan dari Kepala Sekolah yang melarang siswa Smansa untuk coret coret. Karena kalau dipikir-pikir coret coret kan juga mengeluarkan uang untuk beli pilox, tapi tidak bermanfaat. Toh seragam kita untuk kedepannya dapat disumbangkan ke adik kelas yang membutuhkan,” beber Arivo.

Atas dasar itu, untuk mengisi kegiatan kelulusan mereka daripada tidak ada acara. Maka tercetuslah ide untuk bersedekah.

“Masak saat lulusan tidak ada acara, ya kurang oke gitu rasanya. Terus kita memilih acara tersebut sekalian berbagi dengan sesama Mas,” pungkas Arivo.

Septiya Risqi Umami, salah satu siswi SMA Negeri 1 Blora yang juga Mbak Duta Wisata Blora 2017 ini merasa bangga dan senang bisa mengikuti kegiatan sosial bersama teman-temannya disaat merayakan kelulusan.

Septi yang duduk di kelas XII IPS 2 ini merasa kegiatan bakti sosial atau sedekah yang dilakukan bersama teman-temannya akan lebih bermanfaat ketimbang corat-coret dan konvoi di jalanan yang kerap membuat resah penduduk sekitar begitu juga orang tua sendiri.

“Apapun hasil UN yang diperoleh, sebaiknya kita tetap bersyukur dan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang di sekitar kita. Pesan saya agar siswa siswi yang telah lulus tetap menjadi siswa yang berkarakter bangsa Indonesia. Isi kelulusan kalian dengan hal yang postif, dengan begitu orang tua kalian akan lebih bangga,” ucap Septi.

Terpisah, Taufan Affandi salah satu guru SMA Negeri 1 Blora ketika dimintai tanggapan atas kegiatan yang dilakukan anak didiknya itu, menyatakan rasa bangganya memiliki siswa yang berhati mulia.

“Kami mewakili seluruh guru, sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Karena uforia kelulusan seperti ini sangat langka. Selain menunjukkan kepedulian sesama, kegiatan ini juga bisa memupuk solidaritas kebersamaan. Semoga kegiatan anak-anak Smansa ini bisa dijadikan contoh untuk adik-adik kelas tahun berikutnya dan mungkin juga untuk sekolah lainnya,” kata Taufan, yang dalam kesehariannya mengajar mata pelajaran seni budaya ini.

Untuk diketahui, di tahun kelulusan 2018 ini seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Blora baik jurusan MIPA maupun IPS dinyatakan lulus 100 persen. Pengumuman kelulusan dilaksanakan Kamis sore dengan mengundang seluruh orang tua/wali murid. (teg/kik)

Berita Terkait

Videotorial

Festival Banyu Urip 2018, Destinasi Wisata Hiburan di Bojonegoro

Festival Banyu Urip 2018, Destinasi Wisata Hiburan di Bojonegoro

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Ribuan warga memadati jalan-jalan, warung-warung dan lapangan sepakbola Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro saat digelar perhelatan ...

Teras

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Kejadian bunuh diri atau gantung diri di wilayah Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2018, menunjukkan angka yang relatif cukup tinggi. Lantas ...

Opini

Problem Base Solution: Mengubah Masalah Rakyat Sebagai Masalah Pemerintah

Problem Base Solution: Mengubah Masalah Rakyat Sebagai Masalah Pemerintah

Jumlah lembaga, aparatur dan anggaran masing lembaga boleh dibilang cukup untuk menjalankan misi pemerintahan efektif. Sudah umum didengar keluhan adanya ...

Quote

Mempersiapkan

Mempersiapkan

Dalam menapaki perjalanan hidup dan banyaknya aktivitas, alangkah baik bila diawali dengan kemampuan, pemahamam lebih dan mempersiapkan diri dengan matang, ...

Sosok

Sari Koeswoyo, Antara Seorang Ibu dan Pelaku Seni

Sosok

Sari Koeswoyo, Antara Seorang Ibu dan Pelaku Seni

Oleh Muliyanto Tanggal 22 Desember, diperingati sebagai Hari Ibu. Hari di mana perempuan-perempuan Indonesia menyelenggarakan Kongres Perempuan Pertama pada 22 ...

Eksis

Sepasang Kakak-Adik di Blora Ciptakan Lampu Emergency Hemat Listrik

Sepasang Kakak-Adik di Blora Ciptakan Lampu Emergency Hemat Listrik

Oleh Priyo Spd Blora- Sering terjadinya listrik padam di wilayah Blora, membuat sepasang kakak-adik, warga Kelurahan Jetis Kecamatan Blora, menciptakan ...

Religi

Hukum Nikah Sirri

Hukum Nikah Sirri

*Oleh Drs H Sholikin Jamik SH MHes. Istilah nikah sirri atau nikah yang dirahasiakan memang dikenal di kalangan para ulama, ...

Infotorial

Ibu Inspiratif, Mengubah “Limbah” Menjadi Berkah

Ibu Inspiratif, Mengubah “Limbah” Menjadi Berkah

Oleh Imam Nurcahyo Ngaisah namanya. Perempuan kelahiran 44 tahun lalu ini ibu rumah tangga biasa, layaknya perempuan desa di sekitarnya. ...

Berita Foto

Festival Perahu Hias, Bengawan Solo Bojonegoro

Festival Perahu Hias, Bengawan Solo Bojonegoro

Festival Perahu Hias merupakan rangkaian dari Festival Bengawan Bojonegoro 2018, digelar Minggu, 30 Desember 2018. Festival Bengawan Bojonegoro 2018, digelar ...

Feature

Miniatur Motor Berbahan Limbah Bambu

Miniatur Motor Berbahan Limbah Bambu

Oleh Priyo SPd Blora - Banyaknya pohon bambu yang tumbuh di wilayah Desa Sumurboto Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, membuat warga ...

Resensi

Alice in Cheongdam Dong 2

Alice in Cheongdam Dong 2

Oleh Delfariza Amaliya Penulis : Ahn Jae Kyung Penerjemah : Dwita Rizki Nientyas Tahun : 2014 Penerbit : Qanita, PT ...

Pelesir

Waduk Selo Parang di Blora Pikat Pengunjung Wisata

Waduk Selo Parang di Blora Pikat Pengunjung Wisata

Blora- Masyarakat Desa Tempel Lemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah memanfaatkan kawasan waduk Selo Parang menjadi tempat wisata baru ...

Hiburan

Barista Asal Mojokerto Juarai Latte Art Battle di Bojonegoro

Barista Asal Mojokerto Juarai Latte Art Battle di Bojonegoro

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Dalam partai final Latte Art Battle di KDS Toserba Bojonegoro yang digelar pada Sabtu (01/12/2018) ...

Statistik

Hari ini

3.681 kunjungan

6.007 halaman dibuka

171 pengunjung online

Bulan ini

76.813 kunjungan

132.655 halaman dibuka

Tahun ini

76.813 kunjungan

132.655 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 745.953

Indonesia: 11.435

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015