News Ticker
  • Jembatan Trucuk Dipastikan Selesai Agustus 2018
  • Terkait Pengelolaan Parkir di Bojonegoro, Komisi A Beri Beberapa Rekomendasi
  • Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Raih Predikat 100 Desa Terbaik Nasional
  • Sat Lantas Polres Blora Sosialisasikan Keselamatan Berlalulintas di Sekolah
  • Kebakaran Hutan Terjadi di Kecamatan Trucuk Bojonegoro
  • Nasehat
  • Mahasiswa UNY KKN di Blora, Bupati Harap Mahasiswa Bantu Maksimalkan Potensi Desa
  • Polres Bojonegoro Ungkap 2 Kasus Pencurian, 3 Orang Pelaku Diamankan
  • Setubuhi 2 Orang Gadis, Lelaki Asal Ngasem Bojonegoro Ditangkap Polisi
  • Polres Bojonegoro Tangkap Seorang Pengedar Narkotika Jenis Sabu
  • Polres Bojonegoro Rilis Ungkap Kasus Bulan Juli 2018
  • Antisipasi Tindak Kriminalitas, Sat Shabara Polres Blora Latihan Bongkar Pasang Senjata
  • Pembangunan Masjid Agung Baitunnur Blora Mulai Dikerjakan
  • Berpikir
  • Harga Telur Ayam Broiler di Bojonegoro Melambung
  • Tim Geopark Bojonegoro Hadiri Konferensi Nasional Geopark Indonesia
  • Refreshing
  • Diserempet Motor, Pengayuh Sepeda di Sugihwaras Bojonegoro Luka-Luka
  • Sudah Belasan Hektare Hutan Jati di Bojonegoro Terbakar, Diduga Akibat Kelalaian Manusia
  • Semak Belukar Hutan Jati di Dander Bojonegoro Terbakar

Menilik Semangat Juang dan Berbagi Pak Tris Pinggiran

Oleh Muliyanto

"Jika ingin sukses dalam hidup, muliakanlah dan bahagiakanlah kedua orang tuamu, terutama ibumu, ibumu dan ibumu. Pasti Allah akan memuliakanmu.”

Kalimat itulah yang selalu memotivasi Haji Sutrisno (48), atau orang lebih akrab menyapanya Pak Tris Pinggiran.

Pak Tris Pinggiran lahir 48 tahun lalu dari keluarga sederhana, pedagang di pasar yang bernama H. Sukri di Kelurahan Banjarejo – Bojonegoro.  Kelurahan Banjarejo berada di dekat aliran sungai terpanjang se Jawa, Bengawan Solo. Dari situlah  masyarakat kemudian mengenalnya dengan panggilan Pak Tris Pinggiran. Pinggiran yang berarti rumah Pak Tris berada di daerah pinggiran Bengawan Solo. 

Demikianlah, darah semangat dan kegigihan  berdagang sang ayah ternyata menurun pada Pak Tris yang kini menekuni bisnisnya.

Pak Tris mengawali bisnisnya dengan berjualan keliling gas elpiji dan air galon dari rumah ke rumah yang dilakukannya sendiri. Untuk mengais rezeki yang halal dan bermanfaat, prinsip Pak Tris, tak perlu malu.

Berkat kesabaran, ketekunan dan keuletannya, sedikit demi sedikit Pak Tris bisa mengumpulkan modal untuk menambah usahanya berupa persewaan terop dan alat pesta. Hingga kini pelanggannya terus bertambah mulai masyarakat hingga instansi Pemerintah Daerah.

Saat ini usahanya terus berkembang hingga merambah ke Bisnis Properti (Perumahan). Dalam perjalanannya suka duka, jatuh bangun pernah dialami. Bahkan Pak Tris sempat terlilit hutang begitu besar, hingga tidak mampu melunasi. 

Berbagai upaya dilakukan untuk menutup hutangnya. Alhamdulillah berkat rahmat dan pertolongan Allah, kemauan kuat serta kerja keras pria lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini berhasil membuatnya keluar dari keterpurukan. Sedikit demi sedikit hutang terlunasi dan mampu bangkit.

Hingga sekarang, pria energik bertubuh ramping ini memiliki beragam usaha. Di antaranya agen gas elpiji, agen air galon, lima kolam renang ternama, persewaan terop dan alat pesta terkenal di Bojonegoro, bisnis property terlaris, hingga lapangan futsal.

Keberhasilan usaha pria santun dan disiplin ini tentu saja tidak lepas dari peran keluarga yang senantiasa mendukung, khususnya sang istri tercinta Saptati Hadiani  S Pd dan keempat anaknya. 

Jiwa peduli terhadap masyarakat kecil di sekitarnya membuat Pak Tris senantiasa berbagi setiap saat. Dia sering berkeliling ke pasar-pasar tradisional, membantu pedagang kecil yang terlilit hutang dan memberdayakannya. Pak Tris memotivasi mereka hingga bisa bangkit dan mampu melunasi hutang.

Kedermawanan Pak Tris Pinggiran tentu saja bukan isapan jempol. Dia dengan suka rela dan gembira memberi peluang kerja, mengangkat ekonomi masyarakat pinggiran dan tidak pelit untuk berbagi ilmu wirausaha kepada orang yang membutuhkan. Pak Tris percaya semua orang mempunyai hak untuk sukses dalam berwirausaha.

Semangatnya mencintai produk lokal juga tak kalah luar biasa. Dia membiasakan diri dan keluarganya untuk berbelanja di warung tetangga dan pasar tradisional. Wajah dan gaya ndesonya tidak sedikitpun menyurutkan semangat dan tekad besarnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Bojonegoro.

Dengan jargon “Ayo Bela Bojonegoro dan Ayo Beli Bojonegoro” Pak Tris ingin mengajak masyarakat Bojonegoro untuk mencintai dan memakai produk lokal agar ekonomi masyarakat berkembang. Kepedulian sosial, pendidikan dan pentingnya menyiapkan generasi cerdas dan bertakwa juga dia lakoni. Pak Tris mengelola beberapa Yayasan pendidikan Islam mulai TK, SD, SMP, serta membantu anak yatim, membangun masjid serta musholla. 

Di sela kesibukannya, dia masih menyempatkan diri berbagi ilmu bisnis hingga sekarang dipercaya sebagai Ketua IIBF (Indonesian Islamic Business Forum) Wilayah Jawa Timur. 

Pak Tris Pinggiran hingga saat ini masih berkeliling jualan tak kenal kata lelah. Pria santun inilah yang mungkin ditunggu masyarakat Bojonegoro untuk memimpin. (mol/moha)

Berita Bojonegoro
Berita Terkait
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro
Berita Bojonegoro

Teras

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Ngaji Urip Bareng Kang Yoto

Oleh Muhammad Roqib Bojonegoro Apa yang dilakukan oleh Kang Yoto, sapaan Suyoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode yakni 2008-2013 dan ...

Opini

Manajemen Pelayanan Publik

Manajemen Pelayanan Publik

*Oleh Moh. Lutfi PELAYANAN publik merupakan suatu pelayanan yang wajib dilakukan oleh pemerintah sebagai manivestasi keperdulian kepada masyarakatnya. Pelayanan publik ...

Quote

Nasehat

Nasehat

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd.I Nasehat memiliki arti murni, suci, bersih, ajaran kebaikan, agar selalu pada jalan kebenaran. Sebagai ...

Sosok

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Eny Kojiro, Perempuan Asal Bojonegoro yang Geluti Seni Menghias Tumpeng

Oleh Muliyanto Bojonegoro - Lobak, Timun, Batang, Sawi, Wortel dan aneka buah serta sayur ternyata tak hanya difungsikan menjadi sayur ...

Eksis

Musisi Blora Raih Rekor Dunia RHR

Musisi Blora Raih Rekor Dunia RHR

Oleh Priyo Spd BLORA- Prestasi membanggakan diukir musisi asal Blora, dia adalah Sarasta Adi Cahyono, yang meraih rekor dunia versi ...

Religi

Tuntunan Shalat Ied (Fiqih Dua Hari Raya)

Oase Ramadan

Tuntunan Shalat Ied (Fiqih Dua Hari Raya)

*Oleh Drs H Sholikhin Jamik SH MHes LEBARAN hampir tiba. Hari kemenangan, hari iedul fitri. Berikut ini beberapa nukilan yang ...

Berita Foto

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Pilkada Serentak 2018

Perjuangan Petugas di Tambakrejo Bojonegoro Saat Mengawal Logistik Pilkada Menuju TPS

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro (Tambakrejo) - Perjuangan mengawal logistik pilkada serentak 2018 menuju tempat pemungutan suara (TPS) di daerah sangat ...

Feature

"VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

"VOC-Games" Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

Oleh Imam Nurcahyo Bojonegoro - Berawal dari ketakutan pada matematika dan kerisauan akan budaya yang semakin terkikis, tiga mahasiswa Universitas ...

Resensi

32 Khutbah Jumat Cak Nur

32 Khutbah Jumat Cak Nur

32 Khutbah Jumat Cak Nur Oleh Muhammad Roqib Bagaimana bila khutbah yang dilakukan setiap hari Jumat ditulis dalam sebuah buku?. ...

Pelesir

4 Tempat Wisata di Banyuwangi Bagi Pecinta Alam

4 Tempat Wisata di Banyuwangi Bagi Pecinta Alam

Oleh Imam Nurcahyo SEDANG berada di Banyuwangi dan bingung harus berkunjung ke mana saja selama di sana? Anda tidak perlu ...

Statistik

Hari ini

546 kunjungan

1.031 halaman dibuka

122 pengunjung online

Bulan ini

59.210 kunjungan

101.630 halaman dibuka

Tahun ini

772.237 kunjungan

1.351.969 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 639.783

Indonesia: 13.144

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015