News Ticker
  • Sesosok Bayi Laki-laki Ditemukan di Cepu, Blora, 4 Orang Minat Mengadopsi
  • Sepuluh Kali Raih Predikat Opini WTP, Bupati Arief: Kami Persembahkan untuk Masyarakat Blora
  • Pasangan Nurul Azizah-Nafik Sahal Serahkan Dokumen Persyaratan Calon Perseorangan ke KPU Bojonegoro
  • Calon Jemaah Haji asal Bojonegoro Diberangkatkan Pj Bupati Adriyanto
  • Kecelakaan di Balen, Bojonegoro, Seorang Balita Meninggal Dunia di TKP
  • Motif Pelaku Pembacokan di Bojonegoro akibat Faktor Ekonomi, Bukan Asmara
  • Polisi Bojonegoro Tangkap Terduga Pelaku Pembacokan Pria asal Demak
  • Pj Bupati Bojonegoro Pimpin Upacara Pembukaan TMMD di Kecamatan Tambakrejo
  • Seorang Pria asal Demak Jadi Korban Pembacokan di Bojonegoro
  • Polda Jatim Tetapkan 4 Kades di Padangan, Bojonegoro Jadi Tersangka Korupsi Dana BKK
  • Pemkab Bojonegoro Bersama Kemenkeu Jatim Gelar ‘Public Sector Leaders Forum’
  • Truk Tangki Tabrak Motor di Margomulyo, Bojonegoro, 3 Orang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrakan Bus dan Motor di Baureno, Bojonegoro, Kernet Bus dan Pembonceng Motor Meninggal Dunia
  • Pemkab Bojonegoro Kembali Raih Penghargaan Predikat Opini WTP atas LKPD Tahun 2023
  • Warga Kalitidu, Bojonegoro Dilaporkan Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Pilkada Serentak Bakal Digelar 27 November 2024, Berikut ini Tahapannya
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Genap Berusia 74 Tahun, RSUD dr Soetijono Blora Kini Miliki 6 Inovasi Layanan Kesehatan 
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Pj Bupati Bojonegoro Launching Program ‘Paman Sehati’
  • Pertemuan Rutin PKK, DWP, dan Perwosi se-Bakorwil II Bojonegoro Digelar di Bojonegoro
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
Media Sosial Bukan Hanya untuk Curhat, Tetapi Bermanfaat bagi Sesama

Profil Netizen Bojonegoro Yanuar Panji Abadi

Media Sosial Bukan Hanya untuk Curhat, Tetapi Bermanfaat bagi Sesama

Oleh Vera Astanti

TINGGINYA pengguna media sosial khususnya facebook di Indonesia menjadikan facebook sebagai tempat pertama dalam menerima ataupun mencari informasi. Dengan perkembangan teknologi, dunia terasa ada di genggaman tangan saja. Siapapun yang memiliki akun media sosial bisa mengunggah informasi apapun. Kerapkali informasi yang tersebar ini hoax ataupun mengandung kebencian sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Hadirnya satu fasilitas facebook yakni grup dimanfaatkan oleh Yanuar untuk membuat satu grup yang memuat informasi seputar Bojonegoro. Grup yang sudah berdiri sejak 31 Januari 2014 itu saat ini sudah memiliki anggota 38 ribu. Di mana sistem perekrutan anggota tidak menggunakan undangan. Sehingga anggota yang ingin menjadi anggota grup bisa menggabungkan sendiri.

"Saya ingin grup ini menjadi salah satu grup yang aktif menginformasikan perkembangan terkini terkait situasi dan kondisi Bojonegoro. Melalui grup facebook ini, nantinya akan terbentuk sebuah komunitas. Di mana komunitas ini berisikan anak-anak muda yang memiliki kegiatan positif." ungkapnya kepada BeritaBojonegoro.com.

Namun membuat grup berbeda dengan memajukannya. Memajukan sebuah grup tidaklah mudah. Sebab kemajuan sebuah grup, tidak hanya anggota tetapi juga harus dikelola dengan baik. Grup yang Yanuar kelola sebisa mungkin memperhatikan kenyamanan para anggota.

Sebagai admin berusaha memilah postingan yang sekiranya bisa membuat suasana tidak kondusif. Selain itu, ia juga menerima setiap kritik dan saran. Kritik dan saran tersebut dirangkum dan terbentuklah rule atau peraturan grup. Peraturan ini didapat dari pemahaman dan pengalaman saat mengelola grup. Sebagai contoh, ada hari khusus di mana anggota bisa berdangang, di hari Rabu #rabuniaga. Dan #freepost di hari Minggu. Bebas posting, tidak terbatas pada informasi. Bisa humor dan sebagainya. Namun tetap pada koridor peraturan grup.

"Jadi dengan satu grup medsos, kita ingin menyuguhkan sebuah pengalaman bermedia sosial. Di mana anggota bisa memberi maupun megakses informasi, serta kegiatan lain yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Namun tentu saja, sebagai admin di grup dunia maya memiliki suka dukanya sendiri. Yanuar menuturkan bahwa menjadi admin grup facebook itu sukarela. Tidak dibayar, dan harus siap dihujat. Karena banyak anggota yang tidak terima jikalau post nya dihapus admin. Padahal admin tidak akan menghapus postingan jika tidak ada pelanggaran terhadap peraturan grup. Ditambah lagi tanggungjawab menjadi pemilik grup lebih besar.

"Jadi owner itu kita harus benar-benar bijak mengambil keputusan. Karena, selain harus mengontrol admin lain, kita harus bisa mengontrol diri sendiri. Jika terdapat masalah di grup, sudah menjadi tugas saya sebagai owner untuk mem back up admin yang sedang mendapat masalah,Terkena masalah dalam arti, ada anggota yang tidak terima karena postingannya dihapus salah satu admin," tuturnya.

Dalam mengelola sebuah grup, Yanuar berpendapat bahwa semakin besar anggotanya, maka adminnya juga harus diperbanyak, supaya seimbang. Saat ini grup yang dia kelola jumlah admin ada 13 orang. Dan dalam waktu kedepan akan diperbanyak.

Sebagai seorang admin grup dunia maya, Yanuar juga harus tetap melanjutkan hidupnya di dunia nyata. Untuk itulah salah satu fungsi admin dengan jumlah banyak. Mereka bisa saling bergantian mengelola grup.  

"Jika di siang hari saya bekerja, ada admin lain yang  stay untuk tugas kontrol grup. Jadi kita saling mengisi saja," tuturnya.

Menghidupkan sebuah grup facebook tidaklah mudah. Karena bukan hanya admin, tetapi keberadaan anggota juga yang menentukan perkembangan suatu grup. Sehingga Yanuar berharap adanya kerjasama dari para anggota jika ada post melanggar aturan, untuk melaporkan kiriman atau coleg/tag admin.

Sampai akhirnya kerja keras semuanya berbuah manis. Sekarang ini grup Media Bojonegoro yang dia kelola bersama teman-temannya sering dijadikan bahkan menjadi media favorit untuk bertanya atau membagi informasi. Fast respon, hampir setiap pertanyaan yang diunggah, selalu mendapat jawaban dari anggota lain dengan cepat. Juga kala kita membagi informasi, selalu ada anggota yang menanggapi informasi tsb. Walau tidak semua menanggapi dengan positif, tapi itulah perbedaan. Semakin banyak orang, semakin banyak pula sudut pandang.
 
Meski kadangkala, ada anggota yang menyampaikan keluh kesahnya terhadap kebijakan atau pembangunan di Bojonegoro yang di posting grup. Yanuar mengakui bahwa, Bojonegoro sebagai kota yang menerapkan Open Government Parnertship memiliki beberapa akses untuk melaporkan langsung kepada Bupati,contohnya sms bupati. Namun para anggota justru mempostingnya di grup.

"Dengan posting di Medsos, walau tidak jelas ada tindak lanjut untuk laporannya, setidaknya keluhan mereka ada yang mendengar. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Ketika membagi keluh kesah, itu akan sedikit meringankan beban di benak kita. Itu mungkin kenapa orang cenderung memanfaatkan medsos untuk anggota apresiasi atau keluh kesah untuk kotanya."

Terakhir, Yanuar berharap dengan adanya media sosial, semakin tambah umur semakin dewasa dalam menentukan sikap menggunakan media sosial. Keberadaan media sosial tidak hanya untuk ajang pamer, curhat dan debat. Tapi di sisi lain, dengan medsos bisa menjadi bermanfaat bagi 

Lelaki kelahiran Bojonegoro, 23 Januari 1987 ini memiliki beberapa akun media sosial selain facebook yaitu whatsapp, BBM dan instagram. (ver/kik)

Iklan Sesarengan mBangun Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1715722807.495 at start, 1715722807.6126 at end, 0.11767911911011 sec elapsed