News Ticker
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Balen Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Trucuk Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Temayang Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sukosewu Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Sekar Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Padangan Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Purwosari Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Ngasem Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Margomulyo Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kepohbaru Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kedungadem Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kasiman Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kapas Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Gayam Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Dander Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Ngraho Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Ngambon Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kedewan Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kalitidu Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Gondang Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Bubulan Bojonegoro
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Bojonegoro Kota
  • Inilah Hasil Pilkades Serentak 2020, Kecamatan Kanor Bojonegoro

Oase Ramadan

Amalan-Amalan Untuk Memakmurkan Ramadan

*Oleh Drs H Sholikhin Jamik SH MHes

RAMADAN itu lautan berkah dan ampunan. Karena itu sebagai umat muslim perlu maksimal memakmurkannya. Jangan sampai Ramadan lewat begitu saja. Di bawah ini beberapa amalan yang dapat atau biasa dikerjakan untuk menghidupkan bulan Ramadan:

1. Memperbanyak Membaca Al-Quran dengan Tadabur

Ramadan adalah bulan Al-Quran oleh karena itu kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran disertai tadabbur (penghayatan) dan berusaha untuk mengamalkannya.

Disebutkan dalam riwayat sahih bahwa Malaikat Jibril –Alaihis Salam selalu datang pada bulan Ramadan mengajarkan Al-Quran kepada Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam, dan pada akhir hayat Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam Malaikat Jibril –Alaihis Salam datang dua kali untuk mengajarkan Al-Quran kepada Beliau.

Demikianlah yang dilakukan para Salaf As-Saleh, yaitu memakmurkan Ramadan dengan Al-Qur’an. Az-Zuhry –Rahimahullah apabila telah masuk bulan Ramadan mengatakan: "Ini adalah bulan membaca Al-Quran dan memberi makan (orang yang membutuhkan)".

Imam Malik –Rahimahullah apabila masuk bulan Ramadan meninggalkan membaca hadis dan majelis-majelis ilmu dan beliau menghadap secara penuh kepada Al-Quran dengan membacanya dari mushaf.

2. Memelihara Salat Sunah Rawatib

Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Tiadalah seorang hamba muslim yang salat karena Allah setiap hari dua belas rakaat, (salat) thathawwu’ (sunnah) bukan fardhu, melainkan Allah membangunkan untuknya rumah di surga." (HR Muslim)

3. Mengerjakan Salat Dhuha

Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Shalat Dhuha adalah Shalatul Awwaabiin (shalatnya orang-orang yang selalu kembali kepada Allah)." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi dengan sanad sahih)

4. Bersedekah

Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Shadaqatus Sirr (sedekah yang dilakukan sembunyi-sembunyi) memadamkan kemarahan Rabb." (HR Al-Baihaqi dengan sanad sahih)

5. Memberi Makan Orang Yang Puasa

Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa memberi buka orang yang puasa, ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun." (HR Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dengan sanad sahih)

6. Berdzkir Setelah Salat Subuh Sampai Matahari Terbit lalu Salat Dua Rakaat

Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa salat Subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai Matahari terbit kemudian salat dua rakaat, hal itu baginya seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna." (HR At-Tirmidzi dengan sanad sahih)

7. Memperbanyak Berdzikir

Abu Hurairah –Radhiallahu ‘Anhu meriwayatkan, Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mengucapkan laa ilaha ilallah wahdahu laa syarikalahu lahulmulku wa lahul hamdu wahuwa ala kulli syaiin qodiir (tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan bagiNya pula segala pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) Dalam sehari seratus kali, Niscaya ucapannya itu menyamai pahala membebaskan sepuluh budak. Juga, ditulis baginya seratus kebaikan dan dihapus darinya seratus kejelekan. Juga, dalam sehari itu dia dijaga dari setan sampai sore harinya. Tidak ada seorang pun yang mengamalkan sesuatu yang lebih baik darinya selain seseorang yang mengucapkan lebih banyak darinya." (HR Bukhari dan Muslim)

Jabir –Radhiallahu ‘Anhu meriwayatkan, Nabi –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mengucapkan subahanallahu wabihamdih (Maha suci Allah dengan segala pujian bagiNya) niscaya ditanamkan baginya sebatang pohon kurma di surga." (HR At-Tirmidzi dll dengan sanad sahih)

Beliau –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda pula: “Barangsiapa mengucapkan subahanallahu wabihamdih dalam sehari seratus kali, niscaya dihapus kesalahannya walau sebanyak buih (busa) di lautan." (HR Bukhari dan Muslim)

Beliau –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda pula: "Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat dalam timbangan dan mendatangkan cinta Ar-Rahman, subhanallahu wabihamdi, subhanallahu hiladziim (Maha suci Allah dengan segala pujian baginya, Maha suci Allah yang Maha agung)." (HR Bukhari dan Muslim)

8. Memperbanyak Istighfar

Allah Ta’ala memuji orang yang melakukan istighfar: "Dan orang-orang yang selalu beristighfar pada waktu sahur (penghujung malam)." (QS Ali Imraan: 17)

Ibnu Umar –Radhiallahu ‘Anhuma berkata: "Dalam satu majelis kami menghitung Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam sebanyak seratus kali mengucapkan Robbighfirlii watubalaiya innaka antattawabul ghafuur (Wahai Rabb, ampuni dan terimalah taubat hamba, sesungguhnya Engkau adalah Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun)." (HR Imam Ahmad dll dengan sanad sahih)

9. Bersalawat dan Salam Kepada Nabi Muhammad –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam dan Keluarganya

Allah Ta’ala berfirman: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatnya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam pernghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzaab: 56)

Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa bersalawat kepadaku sekali maka Allah bersalawat kepadanya sepuluh kali." (HR. Muslim dan lain-lain)

Inilah di antara amalan untuk memakmurkan Ramadan dan masih banyak lagi amal kebaikan lainnya, semoga Allah Ta’ala mempermudah kita untuk mengamalkannya, amien. (*/imm)

Ilustrasi foto: percikaniman.id

*) Penulis: Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro

Berita Terkait

Videotorial

Kalender Event Bojonegoro 2020

Videotorial

Kalender Event Bojonegoro 2020

Kalender Event Bojonegoro 2020 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, pada Jumat (31/01/2020) malam, bertempat di Taman Lokomotif, melaunching Kalender Event Bojonegoro 2020, ...

Berita Video

Ini Kata Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, di Momen Peringatan Hari Ibu 2019

Ini Kata Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, di Momen Peringatan Hari Ibu 2019

Bojonegoro - Nyai Dr HC Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke-4, Almarhum KH Abdurrahman Wahid dan Gubernur ...

Teras

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

Hari Batik Nasional, Sudahkah Anda Menggunakan Batik?

HARI INI, 2 Oktober 2019, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini terjadi ketika pada 2 Oktober ...

Opini

Stunting, Masalah Gizi di Era Milenial

Opini

Stunting, Masalah Gizi di Era Milenial

DALAM 10 tahun terakhir, kita ramai mendapat peristilahan baru pada masalah gizi, yaitu istilah stunting, yang seolah-olah istilah baru di ...

Quote

Pendekatan

Quote

Pendekatan

Seorang kepala sekolah selalu datang 30 menit sebelum jadwal pelajaran dimulai atau pintu gerbang ditutup untuk memberi salam, berjabat tangan ...

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Sosok

13 Tahun Tak ada Kabar, Sri Naning Wahyu Kurniawati, TKI Asal Blora Ini Akhirnya Pulang

Blora - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora, pada Jumat (17/01/2020), menerima kepulangan Sri Naning Wahyu Kurniawati (26) ...

Eksis

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Komunitas Otomotif di Bojonegoro Gelar Bakti Sosial pada Warga Terdampak Bencana di Sekar

Bojonegoro - Komunitas otomotif yang tergabung dalam Suzuki Jimny Katana Indonesia (SKIN) Chapter Bojonegoro dan Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengcab ...

Infotorial

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Zumba Party, Dalam Rangka HUT Aston dan Fave Hotel Bojonegoro Berlangsung Meriah

Bojonegoro - Zumba Party, sebagai rangkaian Road to Anniversary Aston Bojonegoro City Hotel and Fave Hotel Sudirman Bojonegoro, dalam rangka ...

Berita Foto

Serba-Serbi Pilkades Serentak 2020 di Kabupaten Bojonegoro

Berita Foto

Serba-Serbi Pilkades Serentak 2020 di Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu (19/02/2020) hari ini, digelar di 233 desa di ...

Feature

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Tradisi Nyadran di Desa Napis Tambakrejo Bojonegoro, Kearifan Lokal yang Masih Dilestarikan

Bojonegoro - Sebagian masyarakat Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (07/02/2020) pagi, menggelar tradisi Nyadran atau Manganan, dengan ...

Religi

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Sinta Nuriyah dan Khofifah, Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Bojonegoro - Nyai Dr HC Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Istri Presiden RI ke-4, Almarhum KH Abdurrahman Wahid; Gubernur Jawa ...

Pelesir

'Full Moon Golden Festival' Negeri Atas Angin Bojonegoro, Berlangsung Meriah

Wisata

'Full Moon Golden Festival' Negeri Atas Angin Bojonegoro, Berlangsung Meriah

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah benar-benar ingin memajukan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro, salah satunya ...

Hiburan

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Kapolres Bojonegoro Ajak Pelajar, Netizen dan Awak Media, Nonton Bareng Film Sang Prawira

Bojonegoro - Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan SIK MH, pada Rabu (04/12/2019) malam, mengajak sejumlah pelajar, netizen dan awak ...

Statistik

Hari ini

17.276 kunjungan

38.910 halaman dibuka

670 pengunjung online

Bulan ini

211.616 kunjungan

320.918 halaman dibuka

Tahun ini

476.182 kunjungan

685.390 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 578.502

Indonesia: 9.789

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015

1582189212.9416 at start, 1582189213.1544 at end, 0.21283102035522 sec elapsed