News Ticker
  • Jalan Randublatung-Getas Diharapkan Jadi Akses Penghubung Blora dan Ngawi
  • Pemkab Bojonegoro Imbau Petani Ikuti AUTP, Agar Saat Gagal Panen Mendapatkan Ganti Rugi
  • Pemkab Bojonegoro Telah Cairkan Dana Bantuan Santunan Kematian Bagi 270 Orang
  • Pemkab Bojonegoro Targetkan Sertifikasi Sejumlah Aset Daerah
  • 36 ASN di Lingkungan Pemkab Bojonegoro Terima SK Pensiun
  • Peringatan Hari Bhayangkara ke-73, Polres Bojonegoro Gelar Lomba Foto
  • Wakil Bupati Bojonegoro Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2019
  • Bojonegoro Siap Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur 2019
  • Porprov Jatim 2019, KONI Bojonegoro Optimis Mampu Raih Medali Lebihi Target
  • Seorang Tukang Warga Malo, Meninggal Dunia Saat Kerja di Kasiman Bojonegoro
  • Bupati Blora Hadiri dan Buka Manasik Haji Tahun 2019
  • Inilah Pagu PPDB Online SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Bojonegoro
  • Inilah Pembagian Zona PPDB Online SMA Negeri di Kabupaten Bojonegoro
  • Inilah Jadwal Pelaksanaan PPDB Jenjang SMA dan SMK Provinsi Jawa Timur  
  • Hari Ini PPDB Online Untuk Jenjang SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur Dibuka
  • Kapolres Bojonegoro Imbau Tidak Ada Pengerahan Massa Besar-Besaran Dalam Kampanye Pilkades
  • Atlet Catur Bojonegoro Raih Emas di Kejurprov Jatim di Tulungagung
  • Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional Pertama Akan Digelar di Bojonegoro
  • Lahir 1 Juli, Bocah Ini Dapat Sepeda Gratis, Jalan Santai yang Digelar Polres Bojonegoro
  • Wakil Bupati Bojonegoro Hadiri Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah
  • Forpimda Bersama Ribuan Masyarakat Bojonegoro Deklarasi Tolak Aksi Kerusuhan
  • Peringatan Hari Bhayangkara, Polres Bojonegoro Gelar Jalan Sehat
  • Warga Sukosewu Bojonegoro Meninggal Dunia Saat Hendak Jual Beras
  • Pemilihan Kepala Desa Sukoharjo Kalitidu Bojonegoro Diputuskan Diundur 2020
  • Kecelakaan Motor di Kalitidu Bojonegoro, Kedua Pengendara dan Seorang Pembonceng Luka-Luka

Bahari Lestari, Nelayan Berseri

Momentum Hari Nelayan Indonesia pada 6 April 2019 mengingatkan kita pada kekayaan laut Indonesia. Negeri bahari ini memiliki potensi sumber daya laut yang luar biasa. Namun anugerah tersebut tidak akan bisa dinikmati jika tidak diperlakukan secara bijak.
 
 
beritabojonegoro.com - Indonesia memiliki wilayah seluas 7,81 juta kilometer persegi, dan hampir 50 persennya adalah lautan. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi hasil laut yang begitu besar.
 
Potensi laut Indonesia ini bisa dimaksimalkan dalam sektor perikanan dan pariwisata. Saat ini, perikanan masih yang utama. Khususnya bagi nelayan, sektor budidaya dan tangkap ikan masih menjadi tumpuan. Namun kenyataannya, jumlah nelayan di Indonesia cenderung menurun.
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sebuah kuliah umum di kampus ITB bertajuk “Prioritas Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Indonesia” menyatakan jumlah rumah tangga nelayan dalam 10 tahun terakhir menurun dari 1,6 juta menjadi 800 ribu. Angka ini didasarkan pada data sensus rumah tangga nelayan.
 
Nelayan tidak melaut ditengarai karena tangkapan ikan semakin menurun. Tangkapan terus berkurang disebabkan, antara lain karena anomali cuaca dan overfishing.Menyikapi kondisi ini, Menteri Susi dalam acara Under Water Festival pada 2 April 2019, menghimbau agar masyarakat menjaga kelestarian laut.
 
“Kita ambil ikannya tanpa merusak alam,” ucapnya. Upaya-upaya pelestarian seperti pembuatan habitat buatan, adalah inisiatif yang baik menurutnya.
 
 
 

Aktivitas nelayan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur. (Foto Istimewa) 

 
Semangat inilah yang diwujudkan dalam program apartemen ikan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur. 
 
Apartemen ikan menjadi solusi untuk menjaga kelestarian dan memulihan sumber daya laut. Apartemen ikan ini juga membantu menjaga ekosistem dan habitat asli ikan. Selain itu, juga dapat difungsikan sebagai pengganti terumbu karang yang rusak.
 
Program pengadaan apartemen ikan di Desa Karangagung diprakarsai operator minyak dan gas bumi Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan SKK Migas bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tuban serta rukun nelayan. Perakitan dan pelarungannya sendiri dilakukan secara gotong royong oleh para nelayan. 
 
Ketua HNSI Tuban, Faisol Rozi mengapresiasi EMCL dan SKK Migas atas dukungan untuk nelayan di wilayahnya. Dengan apartemen ikan, dia yakin secara bertahap akan meningkatkan tangkapan nelayan.
 
“Apartemen ikan atau nelayan Tuban menyebutnya rumpon, sangat berguna di laut,” ujar Faisol.
 
Menurut Faisol, dengan adanya rumpon di laut, ikan bisa berkembang biak dengan baik. Selama ini nelayan Tuban juga menanam rumpon sendiri meski secara tradisional menggunakan bambu, ban, dan furnitur rumah-rumahan.
 
“Keberadaan apartemen ikan memudahan nelayan pemancing dalam memperoleh ikan, karena biasanya mereka memancing dengan cara menggeret pancing. Sekarang mereka cukup menetap di titik apartemen ikan saja, sehingga hasil tangkap mereka menjadi lebih stabil,” tukasnya.
 
Kepala Desa Karangagung, Murto menjelaskan, apartemen ikan bantuan EMCL telah dilarungkan sejak Agustus 2018. Kata dia, keberadaan habitat buatan berukuran 7x7x7 meter ini telah memberikan harapan pendapatan ikan bagi para nelayan.
 
Murto berpesan agar warga bisa menjaga bantuan ini. Selain rumpon, Murto mengatakan bahwa EMCL juga membantu revitalisasi tambat labuh di Karangagung Barat. Menurutnya, bantuan tambat labuh tersebut sangat terasa manfaatnya bagi nelayan, karena kapal aman di kala musim baratan (angin kencang).
 
Atas Persetujuan SKK Migas, EMCL juga memprakarsai program peningkatan pendapatan nelayan dan keluarganya dengan program pendampingan pengolahan hasil tangkapan. Produk-produk olahan ini menjadi bertambah nilai jualnya karena dikemas dengan baik. Apalagi dengan sentuhan desain yang sesuai dan promosi yang efektif mampu meningkatkan penjualan produk.
 
Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Tuban, Amenan, menjelaskan Tuban mempunyai kampung nelayan dari wilayah Kecamatan Bancar sampai Kecamatan Palang. Sekarang ada 18 ribu lebih orang yang bergantung di pekerjaan ini.
 
“Kami berharap bantuan-bantuan seperti ini bisa bermanfaat buat nelayan Tuban,” kata Amenan.
 
 
 

Aktivitas nelayan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur. (Foto Istimewa) 

 
Sementara itu, External Affairs Manager EMCL, Dave A. Seta menyampaikan bahwa program-program tersebut adalah komitmen untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan. Bagi EMCL, nelayan adalah mitra. Lancarnya kegiatan operasi minyak di Kapal Alir Muat Terapung FSO Gagak Rimang yang berada di laut Jawa sekitar wilayah Tuban, juga berkat dukungan para nelayan.
 
“Kami mengapresiasi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tuban, khususnya para nelayan yang telah mendukung kesuksesan kegiatan proyek negara di FSO Gagak Rimang,” tuturnya.
 
Dave menjelaskan, minyak mentah dari Lapangan Banyu Urip di Bojonegoro dialirkan melalui pipa darat sepanjang 72 km dan 23 km dari pantai Palang ke tengah laut di sekitar wilayah Tuban hingga FSO Gagak Rimang. EMCL bersama Pemerintah Kabupaten Tuban dan pihak Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) perlu memastikan kelancaran dan keselamatan di jalur pipa serta wilayah sekitar FSO tersebut. Sinergi yang baik dengan para nelayan beserta organisasinya telah mewujudkan itu semua.
 
“Keselamatan nelayan saat melaut di sekitar FSO itu penting bagi kami. Jarak aman 500 meter hingga 1.250 meter yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2010 tentang kenavigasian, menjadi acuan kita bersama,” imbuh Dave.
 
Dia berharap, dengan demikian, nelayan bisa melaut aman dan pulang membawa tangkapan.
 
“Semoga dalam momentum hari nelayan ini, semangat bersinergi semua pihak bisa mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan, dan kelestarian sumber daya laut tetap terjaga,” pungkas Dave.(*/imm)
 
Berita Terkait

Videotorial

Wakil Bupati Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri 1440 H

Wakil Bupati Bojonegoro Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri 1440 H

Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawanto MPd, sampaikan ucapan Selamat Idulfitri 1440 Hijriyah. Taqabbalallahu minna waminkum, taqabbal minna ya karim, ...

Berita Video

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Gayam Bojonegoro

Berita Video

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Gayam Bojonegoro

Kebakaran tersebut menghanguskan rumah yang sekaligus dipergunakan sebagai tempat penggilingan padi, milik Moh Uzaini (58), warga Desa Gayam RT 004 ...

Teras

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Gantung Diri, Tanggung Jawab Siapa?

Kejadian bunuh diri atau gantung diri di wilayah Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2018, menunjukkan angka yang relatif cukup tinggi. Lantas ...

Opini

Stroke, Komplikasi Hipertensi

Hari Hipertensi Sedunia

Stroke, Komplikasi Hipertensi

Hari ini 17 Mei, diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Penyakit yang menempati 10 besar penyakit di hampir setiap rumah sakit. ...

Quote

Perbedaan Gugatan Cerai dan Permohonan Cerai Talak

Perbedaan Gugatan Cerai dan Permohonan Cerai Talak

Ketika memberi sosialisasi Undang Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dan Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun ...

Sosok

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Serba-Serbi Pemilu 2019

Mochlasin Afan, Caleg DPRD Bojonegoro Partai Demokrat, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

Bojonegoro - Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 telah usai dilaksananan dan perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2019 tingkat ...

Eksis

Kombat, Komunitas Pecinta Musang Dari Bojonegoro

Kombat, Komunitas Pecinta Musang Dari Bojonegoro

Bojonegoro - Setiap malam minggu, di seputar Taman Rajekwesi yang terletak di Jalan Rajekwesi Bojonegoro, tampak perkumpulan anak-anak millennial, bercengkerama ...

Infotorial

Bulan Mei: Hari Buku dan Kebangkitan Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban

Bulan Mei: Hari Buku dan Kebangkitan Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban

Bulan Mei merupakan bulan penting dalam dunia pendidikan. Selain memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, juga ada ...

Berita Foto

Pos Pantau Tinggang Kecamatan Ngraho Bojonegoro

Berita Foto

Pos Pantau Tinggang Kecamatan Ngraho Bojonegoro

Pos Pantau Tinggang Kecamatan Ngraho Bojonegoro Kapolsek Ngraho, Ajun Komisaris Polisi (AKP) H Purwanto S SH bersama anggota, saat laksanakan ...

Feature

Pembuat Kue Kering di Blora, Kebanjiran Order Hingga Kuwalahan Penuhi Pesanan

Pembuat Kue Kering di Blora, Kebanjiran Order Hingga Kuwalahan Penuhi Pesanan

Blora - Memasuki pertengahan di bulan Ramadan, sejumlah pembuat kue kering di Blora mulai kebanjiran order. bahkan begitu banyaknya pesanan ...

Religi

Tuntunan Pelaksanaan dan Tata Cara Salat Idulfitri

Tuntunan Pelaksanaan dan Tata Cara Salat Idulfitri

Waktu dan Tempat Salat Id. Salat Idulfitri dikerjakan setelah matahari terbit dan berketinggian dua kali panjangnya penggalah (kurang lebih 6 ...

Pelesir

Wahana Wisata Waduk Selo Parang Blora, Destinasi Wisata Pilihan Libur Lebaran

Wahana Wisata Waduk Selo Parang Blora, Destinasi Wisata Pilihan Libur Lebaran

Blora - Wahana wisata Waduk Selo Parang di Desa Tempellemahbang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menjadi salah satu pilihan ...

Hiburan

Marching Band Taruna Satlak Hiu Latsitardanus ke-39, Pukau Warga Kota Bojonegoro

Marching Band Taruna Satlak Hiu Latsitardanus ke-39, Pukau Warga Kota Bojonegoro

Bojonegoro - Marching Band gabungan Taruna Akademi TNI, Akpol dan Praja IPDN, yang tergabung dalam Satlak Hiu Latihan Integrasi Taruna ...

Statistik

Hari ini

3.851 kunjungan

5.360 halaman dibuka

84 pengunjung online

Bulan ini

66.304 kunjungan

102.030 halaman dibuka

Tahun ini

1.017.756 kunjungan

1.641.986 halaman dibuka

Ranking Alexa 

Global: 668.531

Indonesia: 9.905

Ranking SimilarWeb 

Site Overview

Traffic Overview

Online sejak 1 Agustus 2015