News Ticker
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
  • Bupati Arief Berkomitmen Kawal Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Cepu, Blora
  • Seorang Laki-laki Warga Dander, Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai
  • Lewat TMMD, Jalan Penghubung antar Desa di Wilayah Ngawen, Blora Rampung Dibangun
  • Investasi SDM Masa Depan, Program 'Sekolah Sisan Ngaji' di Blora Dilaunching
  • Ibu Korban Pengeroyokan di Bojonegoro: Penjara Satu Tahun Tak Sebanding dengan Nyawa Anaknya
  • 3 Terdakwa Anak Kasus Pengeroyokan di Dander, Bojonegoro Dituntut Satu Tahun Penjara
  • Temuan Mayat di Rumah Kosong Gegerkan Warga Blora
  • Atasi Kelangkaan Gas LPG di Blora, Pertamina Patra Niaga Tambah Pasokan
  • Usai Minum Minuman Keras, 3 Orang Warga Balen, Bojonegoro Meninggal
  • Anak-anak Desa Bangowan, Blora Isi Waktu Jelang Buka Puasa dengan Latihan Gamelan
Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba di Sumberrejo

Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba di Sumberrejo

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (28/11/2019) kembali menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Desa Pancur Kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro Kecamatan Sumberrejo.
 
 
Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Damarwulan Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro tersebut dihadiri Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muamanah; Kepala BNN Kabupaten Tuban, AKBP I Made Arjana SH MH; Sekcam Sumberejo, Sahlan SAg MM; Danramil 0813-09 Sumberrejo yang diwakili Serka Subaji; Kapolsek Sumberejo, AKP Imam Kanafi; Kanit Narkoba Polres Bojonegoro, Ipda Edy; Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinsos Bojonegoro, Dra Dwi Harningsih; Kepala Desa se Kecamatan Sumberrejo, BPD Desa Sumuragung, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Sumuragung, serta diikuti oleh generasi muda dan masyarakat setempat.
 
Sebelumnya, pada Rabu (27/11/2019) kegiatan yang sama juga telah digelar di Desa Pancur Kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro.
 
 
 
 
Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Muawanah sat beri sambutan dalam Sosialisasi dan Pembinaan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Desa Pancur Kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro Kecamatan Sumberrejo. Kamis (28/11/2019)
 
 
Sekretaris Kecamatan Sumberrejo, Sahlan SAg MM, dalam sambutannya berharap agar masyarakat, khususnya di Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo dapat memanfaatkan kesempatan untuk mendengar paparan tentang bahaya dan risik penyalahgunaan narkoba.
 
"Memerangi narkoba harus dimulai dari diri sendiri. Orang tua berkewajiban memberikan pengawasan pada anak-anak dari penyalahgunaan narkoba. Siapa lagi klo bukan orang tua." tutur Sahlan.
 
Sahlan juga menuturkan bahwa sosialisasi narkoba sering disampaikan bukan di lingkungan akan tetapi di media, seperti media online, elektronik dan media cetak. Sahlan berharap agar masyarakat turut membantu mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba, di lingkungan masing-masing.
 
"Apabila di lingkungan kita mendapati info, agar disampaikan langsung kepada yang pihak berwajib." kata Sahlan.
 
 
Bupati Bojonegoro, DR Hj Anna Muawanah dalam sambutanya mengingatkan akan bahaya penyalahgunaan narkoba. Bupati meminta kepada semua pihak untuk bekerjasama, agar generasi penerus dan juga masyarakat Bojonegoro terbebas dari narkoba.
 
Bupati juga mengungkapkan bahwa dengan adanya hiburan café-cafe di wilayah Bojonegoro, seolah-olah pemerintah tidak memperdulikan generasi muda dan anak-anak. Namun Bupati menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan penertiban sejumlah café yang berpotensi sebagai tempat peredaran dan penyalahgunaan narkotika.
 
"Karena narkoba mengakibatkan banyak hal negatif bagi penggunanya, mulai dari kecanduan, hilang konsentrasi dan juga mengakibatkan rendahnya SDM anak bangsa." kata Bupati Anna Muawanah.
 
 
Kepala BNN Kabupaten Tuban yang sekaligus Sebagai Narasumber dalam acara tersebut, AKBP I Made Arjana SH MH, dalam paparannya menyampaikan bahwa pengguna narkoba sudah kecanduan, biasanya akan menggunakan segala cara untuk bisa mendapatkan barang haram tersebut. Mulai dari mencuri, merampas dan lain sebagainya.
 
"Narkotika bisa menhilangkan rasa nyeri, rasa ingatan dan merangsang otak menjadi negatif. Pengguna Narkotika apabila berlebihan dosisnya bisa membuat kecanduan." kata AKBP I Made Arjana.
 
 
Pada kesempatan tersebut AKBP I Made Arjana mengajak para peserta dan semua pihak untuk mewaspada penyalahgunaan narkoba sejak dini, karena bahayanya sudah mengancam pada generasi tua maupun generasi muda kususnya anak anak.
 
"Pecandu narkoba bisa mengakibatkan halusinasi, depresi dan kejang kejang sampai menyebabkan kematian." tutur AKBP I Made Arjana.
 
Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, Dra Dwi Harningsih dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk memberikan sosialisasi bahanya penyalahgunaan narkoba. Menurut Dwi Harningsih, setiap hari angka kematian pengguna narkoba lebih dari 100 orang, mayoritas generasi muda dan pelajar.
 
"Pembrantasan narkoba  merupakan tugas pemerintah dan intansi terkait serta masyarakat kita bersama. Jadikan Bojonegoro sebagai daerah yang bebas narkoba." kata Dwi Harningsih.
 
 
Dwi Harningsih juga mengungkapkan bahwa para palajar merupakan objek yang rentan menggunakan narkoba. Menurutnya, mereka kerap dijadikan sasaran pengedar narkoba. Sedangkan narkoba sendiri, memiliki dampak negatif bagi masyarakat, di antaranya adalah membuat ketergantungan bagi penggunanya dan meningkatkan agresifitas ke arah negatif. 
 
"Narkoba dapat mengakibatkan penggunanya menjadi lebih sering melamun, menurunnya prestasi, serta menjadikan orang yang anti sosial." kata Dra Dwi Harningsih. (dan/imm)
 
Ucapan SELAMAT IDULFITRI 2024 - Pemkab Blora
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Berita Video

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Seorang Kakek Didakwa Curi Ayam, Ini Penjelasan Kepala Kejaksaan Bojonegoro

Bojonegoro - Usai persidangan dengan terdakwa Suyatno (58), seorang kakek asal Dusun Krajan, Desa Pandantoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa ...

Teras

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

Menyoroti Konsep Penanggulangan Bencana di Bojonegoro

Memasukkan Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Kurikulum Sekolah di Bojonegoro

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Quote

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Semen Gresik Diving Club Borong Medali di Turnamen Bupati Tuban Cup

Tuban, 21 November 2023 - Semen Gresik Diving Club (SGDC) kembali menorehkan prestasi pada event Bupati Tuban Cup 2023. Club ...

Berita Foto

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Berita Video

Warga Bojonegoro yang Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan Meninggal

Seorang warga Dusun Gowok, Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro bernama Solikin (55), pada Rabu petang (03/01/2024) dilaporkan tenggelam di ...

Religi

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Pakaian Ihram saat Haji dan Umrah, antara Syariat dan Hakikat

Judul itu menjadi tema pembekalan sekaligus pengajian Rabu pagi (24/01/2024) di Masjid Nabawi al Munawaroh, Madinah, kepada jemaah umrah dari ...

Hiburan

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Dirut Bulog Pastikan Harga Beras Segera Turun

Blora - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi memastikan harga beras yang mahal di pasaran saat ini, akan segera ...

1713596757.2081 at start, 1713596757.4325 at end, 0.22438597679138 sec elapsed